10 Resep Cue Tongkol Balado Pedas Sederhana

Resep Cue Tongkol Balado

Resep Cue Tongkol Balado – Bagi pencinta makanan pedas pasti tidak akan mengabaikan sensasi lebih terasa di lidah. Namun, jangan khawatir, resep ini masih bisa disesuaikan dengan selera kamu.

Ikan tongkol menjadi salah satu ikan sering banyak digunakan dalam masakan Indonesia karena memiliki daging yang lezat serta kaya akan nutrisi. Ketika dicampur dengan bumbu balado yang pedas, ikan ini semakin nikmat saat disantap bersama nasi hangat. Cue Tongkol Balado juga dapat menjadi pilihan untuk kamu yang ingin menyantap makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu.

Tidak perlu khawatir tentang kesulitan dalam membuat Cue Tongkol Balado ini. Resep ini sangat mudah diikuti dengan bahan-bahan yang bisa kamu temukan di supermarket terdekat tentunya. Jangan lupa untuk menyiapkan wajan dan bahan-bahan lainnya dengan benar agar hasil masakanmu tercipta dengan sempurna.

Sama halnya resep ikan tuna balado membutuhkan beberapa resep agar terasa pedas yang tidak membuat perut sakit. Pastikan untuk mencoba resep ini dan memberikan kesan baru pada masakanmu. Untuk resepnya bisa ikuti pembasan dibawah ini.

Resep Cue Tongkol Balado

bahan cue tongkol

Jika mencari hidangan pedas yang nikmat, tidak salah memilih Cue Tongkol Balado. Terbuat dari ikan tongkol yang diolah dengan menggunakan bumbu racikan khas Indonesia, Cue Tongkol Balado merupakan hidangan yang patut coba.

Untuk menghemat biaya membeli tongkol balado maka lebih baik membuat masakan sendiri di rumah. Berikut ini adalah resep yang mudah dipraktikkan untuk membuat Cue Tongkol Balado pedas dengan bahan mudah didapat.

Nama BahanJumlah
Ikan tongkol1 kg
Bawang merah200 gram
Bawang putih5 siung
Cabe merah besar10 buah
Cabe rawit15 buah
Tomat2 buah
Jahe1 ruas jari
Garamsecukupnya
Gula Jawasecukupnya
Air
Minyak gorengsecukupnya

Cara Membuat Cue Tongkol Balado

cara memasak cue tongkol balado

Bagi pencinta makanan pedas, Cue Tongkol Balado pastinya menjadi menu favorit maka wajib dicoba. Menu ini terkenal dengan cita rasa balado pedas dan menggugah selera. Cue Tongkol Balado dapat menjadi pilihan makan malam yang tepat dan menyenangkan.

Sensasi pedas akan merasakan kenikmatan dengan campuran bumbu serta daging ikan tongkol berkualitas, akan membuat lidahmu merasa senang. Oleh karena itu agar menghasilkan rasa balado pedas bisa lihat cara membuat cue tongkol balado dibawah ini.

  1. Bersihkan dan cuci ikan tongkol lalu potong-potong sesuai selera
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe rawit, jahe hingga harum dan matang.
  3. Tambahkan tomat dan masak hingga layu.
  4. Tambahkan potongan ikan tongkol dan aduk hingga tercampur rata.
  5. Tambahkan garam dan gula jawa secukupnya.
  6. Tuangkan air dan masak hingga ikan dan bumbu meresap.
  7. Setelah ikan matang, tambahkan minyak goreng secukupnya agar Cue Tongkol Balado tidak kering dan terasa gurih.
  8. Aduk hingga bumbu tercampur rata dan matang.

Cara Memasak Cue Tongkol Agar Tidak Keras

cue tongkol keras

Cue tongkol balado adalah hidangan khas dari Padang terbuat dari ikan tongkol yang diolah bersama bumbu balado pedas dan lezat. Namun, seringkali saat memasak cue tongkol mengalami kesulitan dalam membuat ikan tidak cepat mengeras.

Pada dasarnya untuk membuat cue harus memilih beberapa bahan berkualitas. Berikut adalah beberapa cara memasak cue tongkol agar tidak keras.

1. Pilih Cue Tonkol Segar

Sebelum memasak, pastikan cue tongkol yang akan digunakan masih segar. Ikan sudah tidak segar dapat membuat ikan cepat mengeras saat dimasak, selain itu akan mengakibatkan makanan cepat basi.

2. Rendam Air Es

Sebelum dimasak, rendam cue tongkol dalam air es selama beberapa jam. Hal ini dapat membuat daging ikan menjadi lembut atau tidak mudah mengeras saat dimasak.

3. Memasak Cepat

Untuk membuat ikan cue tongkol tidak cepat mengeras saat dimasak, gunakan teknik memasak yang tepat. Jangan terlalu lama memasak ikan agar tidak matang terlalu kering. Gunakan api kecil agar ikan bisa matang secara merata. Tambahkan bumbu balado ketika ikan hampir matang agar tidak lama direbus bersama bumbu yang sudah matang dan kering.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, resep cue tongkol balado ini sangat cocok untuk yang ingin mencoba masakan tradisional Indonesia pedas dan nikmat. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara memasak sederhana dapat membuat hidangan lezat ini di rumah. Selain itu, kelezatan hidangan ini juga dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Anda dapat menambahkan lebih banyak cabai untuk rasa yang lebih pedas atau menurunkan jumlahnya jika tidak terlalu suka dengan pedas.

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Resep Cue Tongkol Balado. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan resep makanan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba membuat masakan tongkol balado di rumah.

Bagikan: