DekorumaShopee

12 Cara Meminjam Uang di Shopee: Simpel dan Mudah

Cara Meminjam Uang di Shopee

Cara Meminjam Uang di Shopee – Shopee selalu menjadi marketplace yang inovatif, terus memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam berbelanja online. Tidak hanya menyediakan berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari, Shopee juga menyediakan layanan pinjaman uang yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya.

Dengan adanya Shopee Pinjam, pengguna dapat dengan mudah mengajukan pinjaman tanpa harus datang ke kantor bank atau lembaga keuangan lainnya. Proses pengajuan pun sangat mudah, cukup melengkapi data dan persyaratan yang diminta oleh pihak Shopee, disisi lain pengguna juga dapat memilih nominal pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan untuk membayarnya.

Menjadi salah satu solusi bagi masyarakat Indonesia yang masih kesulitan dalam mengakses layanan pinjaman dari lembaga keuangan formal seperti pinjaman koperasi dimana kerap dihadapi adalah persyaratan yang cukup ketat dan proses persetujuan yang lama. Namun, dengan hadirnya layanan pinjaman uang di Shopee, pengguna dapat dengan mudah mengatasi masalah keuangan yang dihadapi, terutama untuk keperluan mendesak.

Namun, perlu diingat bahwa layanan pinjaman uang di Shopee ini tetap memiliki risiko dimana pengguna harus memahami dan memperhitungkan kemampuan dan kewajiban pembayaran yang akan diemban sesuai dengan jumlah pinjaman yang mereka ajukan. Oleh karena itu, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan bahwa kemampuan keuangan sudah terbukti dan pinjaman akan digunakan sesuai dengan keperluan yang mendesak.

Cara Mendaftar Akun Shopee

Cara Mendaftar Akun Shopee

Shopee merupakan salah satu platform jual beli online ternama dan terpercaya di Indonesia. Bahkan untuk mendaftar di Shopee mudah dan gratis, berikut beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan untuk mendaftar akun Shopee.

TenzoLiving

1. Unduh Aplikasi Shopee

Aplikasi Shopee bisa diunduh di Google Play Store untuk pengguna Android, dan App Store untuk pengguna iOS.

2. Buka Aplikasi Shopee

Setelah berhasil mengunduh aplikasi Shopee, buka aplikasi di smartphone lalu pilih menu “Daftar” yang terletak di bagian bawah layar.

3. Mengisi Data Diri

Silahkan isi data diri dengan benar dan lengkap, nomor telepon, alamat email yang masih aktif. Pastikan data yang dimasukkan benar, karena ini akan mempermudah dalam transaksi di Shopee.

4. Verifikasi Nomor Telepon

Nantinya Shopee akan mengirimkan kode verifikasi berupa SMS ke nomor telepon yang di daftarkan. Silahkan masukkan kode verifikasi tersebut untuk memverifikasi nomor telepon.

5. Verifikasi Alamat Email

Setelah kode verifikasi nomor telepon terverifikasi, Shopee akan mengirimkan email ke alamat email yang kamu daftarkan. Buka email tersebut dan ikuti petunjuk untuk memverifikasi alamat email kamu.

6. Selesai

Ketika berhasil melakukan verifikasi nomor telepon dan email, kamu sudah dapat mengakses akun Shopee mu. Sekarang kamu sudah bisa melakukan transaksi dengan aman dan nyaman di platform jual beli online ini.

Syarat Mengajukan di Shopee Pinjam

Syarat Mengajukan di Shopee Pinjam

Shopee kini tidak hanya menjadi platform belanja online tetapi juga menawarkan layanan pinjaman uang online, setidaknya tidak jauh berbeda dengan KUR sama sama memberikan pinjaman. Cara meminjam uang di Shopee tergolong mudah karena hanya memerlukan beberapa persyaratan, berikut adalah persyaratan untuk meminjam uang di Shopee:

1. Memiliki Akun Shopee

Untuk meminjam uang di Shopee, kamu harus memiliki akun Shopee yang aktif. Pastikan akun Shopee kamu sudah diverifikasi dan tidak ada masalah apapun. Jika belum memiliki akun Shopee, maka daftar terlebih dahulu dengan mengisi data-data diri yang dibutuhkan dan verifikasi menggunakan nomor telepon dan email yang aktif.

2. Memiliki Limit Pinjaman

Setelah berhasil membuat akun Shopee, kamu harus melengkapi data pribadi dengan benar dan lengkap. Data pribadi yang harus dilengkapi antara lain nama lengkap, nomor KTP, nomor handphone, dan alamat lengkap dengan tujuan untuk mendapatkan limit pinjaman.

3. Mempunyai Riwayat Keuangan Baik

Shopee menawarkan pinjaman uang yang disesuaikan dengan riwayat keuangan melalui platform Shopee. Oleh karena itu, persyaratan untuk meminjam uang di Shopee yang ketiga adalah mempunyai riwayat pembelanjaan yang cukup dan aktif.

Untuk bisa mendapatkan pinjaman uang dari Shopee, kamu harus memiliki riwayat pembelanjaan selama minimal 3 bulan terakhir dengan total nominal yang mencukupi. Setiap pengguna Shopee memiliki koin Shopee Meter tinggi, sehingga pengajuan pinjaman disetujui.

Jumlah Pinjaman yang Tersedia di Shopee

Sudah banyak pengguna yang memanfaatkan layanan ini untuk memenuhi kebutuhan atau membayar tagihan yang mendesak. Tapi, berapa sih jumlah pinjaman yang tersedia di Shopee Pinjam? Berikut daftar pilihan pinjaman yang bisa diambil pada Shopee:

Jumlah PinjamanDurasi CicilanBunga (per bulan)
Rp 750.000,-3 bulan1,6%
Rp 1. 000.000,-6 bulan1,7%
Rp 1.250.000,-6 bulan1,8%
Rp 2.000.000,-6 bulan1,9%
Rp 3.500.000,-6 bulan2%

Cara Meminjam Uang di Shopee Pinjam

Cara Meminjam Uang di Shopee Pinjam

Selain itu, cara meminjam uang di Shopee juga dilengkapi dengan proses pembayaran yang fleksibel. Pengguna dapat memilih waktu pembayaran yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan masing-masing, berikut ini adalah langkah-langkah untuk meminjam uang di Shopee:

2. Ajukan Limit Pinjaman

Setelah berhasil unduh aplikasi Shopee dan buat akun, masuk ke aplikasi dan cari Fitur Pinjaman di halaman saya. Klik fitur Shopee Pinjam. Setelah itu, lengkapi data pribadi yang tertera pada laman tersebut. Pastikan informasi yang kamu masukkan valid dan terverifikasi.

Selain itu, juga harus mengunggah beberapa dokumen seperti salinan KTP, selfie dengan KTP, nomor handphone, dan email. Dokumen-dokumen tersebut harus valid dan jelas agar proses verifikasi dapat berjalan lancar. Pastikan mengunggah dokumen dengan ukuran dan format yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan.

3. Menunggu Verifikasi

Setelah mendaftar, kamu harus menunggu untuk proses verifikasi data pribadi dan dokumen yang telah di unggah. Proses verifikasi ini biasanya berlangsung selama 24 jam. Setelah semua data dan dokumen terverifikasi, maka dapat lanjut ke langkah selanjutnya.

4. Pilih Jumlah Pinjaman dan Tenor yang Diinginkan

Ada beberapa pilihan jumlah pinjaman, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 20 juta, dengan tenor yang bisa dipilih mulai dari 3 bulan hingga 6 bulan. Pilihlah jumlah pinjaman dan tenor yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan untuk membayar cicilan.

5. Proses Pencairan Pinjaman

Setelah memilih jumlah pinjaman dan tenor yang sesuai, kamu dapat menyelesaikan proses pengajuan pinjaman dengan menandatangani perjanjian pinjaman. Setelah itu, dapat menunggu proses pencairan pinjaman yang akan masuk ke rekening bank dalam waktu 1-2 hari kerja.

Cara Membayar Tagihan Pinjaman di Shopee

Setelah meminjam uang di Shopee berhasil, tentunya kita harus juga memikirkan bagaimana cara melakukan pembayaran tagihan setiap bulan. Adapun proses pembayaran pinjaman di Shopee memang terbilang mudah dan praktis, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan dalam membayar kembali pinjaman di Shopee antara lain:

1. Melalui Saldo ShopeePay

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membayar tagihan Shopee Pinjam adalah dengan menggunakan saldo ShopeePay. Kita bisa menggunakan saldo yang sudah tersedia di ShopeePay guna membayar cicilan pinjaman yang masih berjalan.

Caranya pun sangat mudah, yaitu cukup masuk ke menu Shopee Pinjam, kemudian pilih opsi bayar tagihan. Setelah itu, pilih tagihan yang ingin dibayar dan klik Bayar.

2. Transfer Bank

Selain menggunakan ShopeePay, kamu juga bisa melakukan pembayaran pinjaman di Shopee dengan transfer bank. Cara ini cukup mudah dilakukan, yaitu dengan melakukan transfer ke rekening bank yang tertera ketika melakukan pembayaran.

Kamu juga bisa mengecek rekening tujuan pembayaran pinjaman di Shopee melalui menu Pinjaman di akun Shopee. Setelah memiliki bank dimiliki, selanjutnya tinggal lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih.

3. Kartu Kredit

Cara ketiga untuk membayar kembali pinjaman di Shopee adalah dengan menggunakan kartu kredit. Kamu bisa memilih opsi Kartu Kredit saat melakukan pembayaran tagihan Shopee Pinjam setiap bulannya.

Setelah itu, cukup masukkan nomor kartu kredit, masa berlaku, dan CCV. Setelah terverifikasi, pembayaran akan langsung diproses dan pinjaman pun tercatat sudah dibayar.

4. Dana

Cara keempat yang bisa dilakukan untuk membayar kembali pinjaman di Shopee adalah dengan menggunakan aplikasi dompet digital Dana. Hanya saja ketika menggunakan cara tersebut, terbilang cukup mudah, namun diharuskan untuk dapatkan kode pembayaran terlebih dahulu.

Pada aplikasi Dana silahkan pilih opsi kirim pada halaman utama. Setelah itu, pilih bank yakni bank Permata, kemudian lanjut masukkan nomor rekening serta nominal harus dibayarkan. Jika semua telah di isi, silahkan selesaikan pembayaran tagihan Shopee Pinjam.

Keuntungan dan Kerugian Meminjam Uang di Shopee

Di era modern seperti sekarang, layanan pinjaman online semakin populer, hal tersebut karena prosesnya yang lebih mudah dan praktis. Dengan mengajukan pinjaman melalui Shopee, pengguna dapat memperoleh dana instan, adapun terdapat kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:

Keuntungan Meminjam Uang di Shopee

  • Keuntungan pertama di Shopee Pinjam adalah proses pengajuan pinjaman sangat cepat dan mudah. Tentu memungkinkan pengguna dimudahkan dalam mengajukan pinjaman tanpa khawatir mengalami kendala berarti.
  • Dalam pengajuan pinjaman Shopee Pinjam tidak perlu menyiapkan banyak dokumen dan persyaratan yang rumit ataupun agunan. Cukup pastikan memiliki limit lebih dari cukup, karena terdapat minimal dapat diajukan.
  • Setiap pengguna dapat memilih jangka waktu pengembalian pinjaman yang sesuai dengan kemampuan keuangan dimana tersedia opsi jangka waktu 3 hingga 6 Bulan.
  • Bunga pinjaman cukup terjangkau sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan besarnya cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.
  • Tidak perlu mengisi formulir ulang ketika mengajukan pinjaman. Informasi yang sudah masuk di akun Shopee dapat digunakan untuk validasi kemampuan mengajukan pinjaman

Kerugian Meminjam Uang di Shopee

  • Kerugian dari menggunakan layanan Shopee Pinjam adalah batas maksimum jumlah pinjaman cukup rendah hanya 6 bulan paling lama. Batas maksimumnya cukup rendah dan tidak cocok untuk menjalankan bisnis yang besar.
  • Denda keterlambatan pembayaran cukup tinggi ketika pengguna terlambat membayar cicilan setiap bulannya. Ini bisa menjadi masalah jika pembayaran cicilan telat karena alasan tertentu yang diluar kontrol pengguna.
  • Sementara meminjam uang di Shopee nyaman, rasio kelayakan pinjaman lebih tinggi dari jenis lain dari peluang pinjaman. Ini berarti bahwa sebelum Anda dapat meminjam, pihak Shopee akan melakukan penilaian kelayakan terhadap Anda.
  • Keterlambatan dalam pembayaran bisa menjadi masalah bagi skor kredit Anda.
  • Jangan terpengaruh dengan mudah oleh mahalnya diskon atau promosi pada aplikasi Shopee. Ini dapat membuat Anda terjebak dalam lingkaran hutang. Oleh karena itu, Anda harus bijaksana dalam mengelola keuangan Anda ketika memutuskan untuk meminjam uang melalui Shopee.

Tips untuk Meminjam Uang di Shopee

Shopee, salah satu marketplace terbesar di Asia Tenggara, kini juga menyediakan fitur pinjaman online. Fitur ini dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah financial dalam waktu yang singkat. Namun, meminjam uang online juga harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Berikut adalah beberapa tips untuk meminjam uang di Shopee:

1. Pahami Fitur Pinjaman Shopee

Sebelum meminjam uang di Shopee, pastikan kamu memahami fitur ini dengan baik. Baca dan pahami semua syarat dan ketentuan, termasuk biaya dan bunga yang harus kamu bayar. Pelajari juga cara mengajukan pinjaman dan cara melakukan pembayaran.

2. Pilih Lender Terpercaya

Shopee bekerja sama dengan beberapa lender tepercaya untuk memberikan pinjaman kepada para pengguna. Pastikan kamu memilih lender yang terpercaya dan memiliki reputasi baik di Shopee. Pelajari juga reputasi lender di platform lainnya.

3. Cek Suku Bunga dan Biaya Admin

Sebelum meminjam uang, pastikan kamu memeriksa suku bunga dan biaya admin. Pastikan suku bunga tidak terlalu tinggi dan biaya admin tidak terlalu mahal. Baca juga syarat dan ketentuan untuk menghindari denda dan biaya lainnya.

4. Ajukan Pinjaman Sesuai Kemampuan Finansialmu

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan kamu menghitung kemampuan finansialmu dengan teliti. Jangan mengajukan pinjaman melebihi kemampuanmu untuk mengembalikannya. Ini akan menghindari kamu dari masalah finansial yang lebih besar.

5. Perhatikan Waktu Pelunasan

Sebelum meminjam uang, pastikan kamu memeriksa waktu pelunasan. Setelah meminjam uang, pastikan kamu mengatur waktu pembayaran sesuai dengan kemampuan finansialmu. Jangan biarkan hutangmu menumpuk dengan membayar keterlambatan.

6. Jangan Pinjam Untuk Kebutuhan Konsumtif

Pastikan kamu hanya meminjam uang untuk kebutuhan yang penting dan mendesak, bukan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif seperti belanja online. Jangan menciptakan hutang yang tidak perlu dan berakhir dengan kerugian di kemudian hari.

7. Bayar Pinjaman dengan Tepat Waktu

Jangan biarkan pinjamanmu menumpuk dengan membayar lebih sedikit dari yang seharusnya. Pastikan kamu membayar pinjaman tepat waktu agar tidak dikenakan biaya keterlambatan dan denda lainnya. Bayar lebih cepat ketika ada kesempatan untuk menghemat biaya bunga.

FAQ Mengenai Pinjaman di Shopee

Shopee, situs belanja online populer di Indonesia, telah meluncurkan layanan pinjaman uang yang disebut ShopeePay Later. Bagi pengguna Shopee, layanan ini memberi kemudahan dalam memperoleh dana apabila sedang kekurangan uang. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan umum seputar pinjaman di Shopee:

1. Apa itu Shopee Pinjam?

Shopee Pinjam adalah layanan pinjaman online yang disediakan oleh Shopee untuk penggunanya. Dalam layanan ini, pengguna dapat meminjam uang untuk keperluan pribadi dan kemudian membayarnya kembali dengan cicilan bulanan.

2. Bagaimana cara mendaftar pinjaman di Shopee?

Untuk mendaftar pinjaman di Shopee, kamu harus terlebih dahulu memiliki akun Shopee dan telah mengisi data pribadi serta nomor kartu identitas (KTP). Kemudian, pilih “Shopee Pinjam” dan klik “Ajukan Sekarang”. Kamu akan diminta mengisi formulir dan menentukan jumlah pinjaman yang kamu inginkan.

3. Berapa lama verifikasi berlangsung?

Setelah kamu mengajukan pinjaman di Shopee, pihak Shopee akan memeriksa dan menyetujui pinjaman tersebut secara otomatis. Waktu penyelesaian pembayaran adalah maksimal 3 hari kerja.

4. Berapa batas maksimal pinjaman di Shopee?

Batas pinjaman di Shopee tergantung pada profil pengguna dan riwayat transaksi sebelumnya. Namun, batas maksimal pinjaman di Shopee adalah sebesar Rp10.000.000.

5. Bagaimana cara melihat status pengajuan pinjaman?

Kamu dapat melihat status pengajuan pinjaman di Shopee melalui aplikasi Shopee di ponsel kamu. Masuk ke menu “Shopee Pinjamr” dan pilih “Riwayat Pinjaman”. Di sana, kamu dapat melihat status persetujuan pinjaman.

6. Apa saja syarat untuk mendapatkan pinjaman di Shopee?

Untuk mendapatkan pinjaman di Shopee, kamu harus berusia antara 20-60 tahun, telah memiliki kartu identitas (KTP), dan telah terverifikasi oleh sistem Shopee. Selain itu, pengguna harus memiliki riwayat transaksi yang teruji.

Akhir Kata

Melalui fitur ini, pengguna dapat meminjam uang dengan cepat dan mudah, tanpa perlu melalui prosedur yang rumit. Namun, sebelum mengajukan pinjaman, pengguna harus memperhatikan ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan oleh Shopee, serta mempertimbangkan kemampuan untuk membayar cicilan sesuai jadwal.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk meminjam uang, Anda harus melakukan perhitungan keuangan secara matang dan hanya meminjam sesuai dengan kebutuhan yang mendesak. Semoga informasi dari Stkipmktb.ac.id bermanfaat bagi semua orang sedang membutuhkan.

Bagikan:

DekorumaShopee