Insureka1

10 Resep Ayam Bakar Minang Tanpa Santan Khas Padang

resep ayam bakar minang tanpa santan

Resep Ayam Bakar Minang Tanpa Santan – Salah satu makanan menjadi favorit bagi banyak orang. Kombinasi bumbu khas yaitu pedas serta gurih membuat hidangan ini sangat menggugah selera. Tak hanya itu, ayam bakar minang juga memiliki sejarah panjang dan menjadi bagian dari budaya Minangkabau.

Namun ada beberapa ingin menghindari mengonsumsi santan karena masalah kesehatan atau alergi. Jadi tidak perlu khawatir untuk kalian alergi santan karena ayam bakar minang dapat menggunakan resep lainnya. Walaupun menggunakan resep sedikit berbeda akan tetapi rasanya tidak kalah saing lezatnya.

Samal halnya resep ikan tuna balado khas padang tidak menggunakan santan tetapi bisa menyamakan rasanya. Untuk memasak ayam bakar minang tersebut harus melihat beberapa resep rahasia.

Adapun beberapa resep ayam bakar minang rahasia dan bisa di jadikan sebuah peluang bisnis untuk luar daerah kota Padang. Jika ingin membuatnya silahkan ikuti pembahasan dibawah ini.

Resep Ayam Bakar Minang Tanpa Santan

bumbu ayam bakar padang

Setiap orang mungkin memiliki resep ayam bakar minang tanpa santan yang berbeda-beda. Hal terpenting yaitu resep bumbu yang digunakan harus sesuai agar dapat memberikan rasa khas serta pedas seperti ayam bakar minang asli.

Insureka

Resep ayam bakar Minang tanpa santan adalah hidangan tradisional Indonesia terkenal dengan cita rasa pedasnya kental. Berikut adalah resep untuk membuat ayam bakar Minang tanpa santan.

Nama BahanJumlah
Ayam1 ekor
Bawang putih10 siung
Bawang merah5 siung
Cabe merah10 buah
Cabe rawit10 buah
Jahe1 ruas jari
Kemiri5 butir
Lengkuas1 ruas jari
Gula pasir2 sendok makan
Garam1 sendok makan
Air250 ml

Cara Membuat Ayam Bakar Minang Tanpa Santan

ayam bakar minang

Ayam bakar Minang adalah salah satu makanan khas Indonesia terkenal dengan cita rasa pedas serta lezat. Namun bagi yang tidak terlalu suka dengan masakan berlemak, tentu akan menghindari penggunaan santan dalam memasak ayam bakar Minang.

Sebelum membuat, sebaiknya persiapkan kompor atau panggangan. Panggang ayam yang sudah dilumuri bumbu tadi sampai matang hingga berkulit garing. Jangan lupa untuk membalik ayam secara berkala untuk memastikan bagian dalam ayam pun matang sempurna.

Apabila peralatan dan resep ayam bakar sudah di sediakan, maka silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Pertama-tama, marinasi ayam dengan air jeruk nipis, garam dan bawang putih yang telah dihaluskan selama 30 menit agar ayam menjadi lebih empuk.
  2. Kemudian, tumis bawang putih, jahe, cabe rawit, cabe merah dan serai telah dihaluskan hingga harum.
  3. Masukkan gula merah telah dihaluskan ke dalam tumisan tersebut sambil terus diaduk hingga gula merah larut.
  4. Selanjutnya, tambahkan asam Jawa serta garam secukupnya ke dalam tumisan tersebut, aduk rata dan masak hingga bumbu meresap.
  5. Setelah itu, celupkan ayam yang telah dimarinasi ke dalam bumbu tumisan hingga terbalut rata, lalu diamkan selama 30 menit.
  6. Selanjutnya, bakar ayam di atas panggangan atau alat pemanggang lainnya hingga matang lihat sampai berwarna kecoklatan. Anda juga dapat menggoreng ayam menggunakan minyak secukupnya jika tidak mempunyai alat pemanggang.
  7. Ayam bakar Minang tanpa santan siap disajikan. Hidangkan bersama nasi putih atau sambal untuk menambah cita rasa pedasnya.

Cara Ayam Bakar Minang Tanpa Santan Tetap Gurih

cara membuat ayam bakar minang

Jika menginginkan hidangan ayam bakar Minang gurih namun tanpa menggunakan santan. Sebenarnya cukup memperhatikan beberapa trik sederhana selama memasak. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik agar ayam bakar Minang tanpa santan tetap empuk dan gurih:

1. Pilih Ayam Kualitas Baik

Langkah pertama untuk membuat ayam bakar Minang enak adalah memilih ayam berkualitas baik. Hindari memilih ayam basi atau sudah kadaluarsa. Pilihlah ayam segar dan berkualitas baik agar hasil masakan Anda pun menjadi lebih enak dan lezat.

2. Rendam Ayam dalam Air Jeruk Nipis

Setelah memilih ayam yang baik, langkah selanjutnya adalah merendam ayam dalam air jeruk nipis. Cara ini dapat membantu mengurangi bau amis pada ayam serta memberikan cita rasa yang lebih segar dan nikmat. Rendam ayam dalam air jeruk nipis selama minimal 30 menit agar rasa atau aroma jeruk nipis meresap sempurna ke dalam daging ayam.

3. Gunakan Bumbu Pas

Salah satu kunci untuk membuat ayam bakar Minang tanpa santan lezat adalah dengan menggunakan bumbu-bumbu tepat. Bumbu yang sering digunakan untuk membuat ayam bakar Minang adalah bawang merah, bawang putih, cabe rawit, kunyit, jahe atau rempah-rempah lainnya. Pastikan Anda menyesuaikan takaran bumbu sesuai dengan selera serta jangan lupa untuk meresapkan bumbu selama minimal 2 jam sebelum mulai memasak ayam.

4. Gunakan Api Tepat

Saat memasak ayam bakar Minang, pastikan Anda menggunakan api yang tepat. Jangan terlalu panas atau terlalu kecil. Gunakan api sedang agar ayam matang merata agar tidak gosong. Jangan lupa untuk membalik ayam agar matang sempurna dari kedua sisi.

5. Oven Ayam Bakar

Jika memiliki oven dapat memanggang ayam bakar Minang dengan suhu 180 derajat celcius selama sekitar 45 menit. Cara ini dapat membantu Anda mendapatkan ayam bakar yang matang sempurna tanpa khawatir terlalu banyak mengepul.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Resep Ayam Bakar Minang Tanpa Santan. Nantikan informasi selanjutnya meliputi resep makanan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin memasak ayam bakar minang di rumah.

Bagikan:

Insureka1