DekorumaShopee

10 Resep Bumbu Paniki Manado 100% Asli

Resep Bumbu Paniki Manado

Resep Bumbu Paniki Manado – Salah satu kota kuliner yang kaya akan hidangan lezat. Salah satu hidangan khas Manado yang cukup menarik adalah Bumbu Paniki Manado. Bumbu Paniki Manado dibuat dari daging kelelawar diolah dengan rempah-rempah khas Manado sehingga menghasilkan rasa unik dan lezat.

Daging kelelawar memang merupakan bahan baku cukup kontroversial dan menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Namun, di Manado, daging kelelawar telah menjadi makanan yang biasa dan populer di kalangan penduduk setempat. Bumbu Paniki Manado merupakan salah satu olahan yang paling terkenal dan menjadi favorit di antara banyak hidangan Manado yang tersedia.

Keunikan rasa Bumbu Paniki Manado berasal dari campuran berbagai bahan rempah-rempah khas Manado yang digunakan dalam proses pembuatan. Selain itu, daging kelelawar digunakan juga memiliki tekstur unik dan seratnya yang halus. Hal ini membuat cita rasa dari hidangan Bumbu Paniki Manado menjadi berbeda dengan makanan daging biasanya dan terasa lebih gurih dan sedikit manis.

Jika ingin tahu masakan daging lainnya silahkan cek resep daging bumbu rujak khas Jawa Timur serta memiliki cita rasa cukup lezat. Sama halnya dengan bumbu paniki harus mengetahui beberapa resep rahasia yang akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini.

Resep Bumbu Paniki Manado

bahan bumbu paniki

Salah satu bahan rempah-rempah yang menjadi andalan dalam pembuatan Bumbu Paniki Manado adalah bawang putih. Bawang putih dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan bahan-bahan lain seperti cabai merah, kemiri, jahe, kunyit, dan daun jeruk purut.

TenzoLiving

Campuran rempah-rempah ini kemudian dihaluskan dan dicampur dengan daging kelelawar hingga setiap serat daging terasa terendam dengan rata. Jika ingin tahu resep bumbu paniki Manado lebih lengkap silahkan lihat dibawah ini.

Bahan
Daging Paniki
Bawang Putih
Bawang Merah
Cabai Merah
Cabai Rawit
Lengkuas
Jahe
Air Asam Jawa
Asam Sitrun
Caraferin
Garam
Kunyit
Santan Kelapa
Minyak Goreng

Cara Membuat Bumbu Paniki Manado

cara masak bumbu paniki

Bumbu paniki manado adalah masakan khas Sulawesi Utara terkenal dengan rasa pedas, gurih, dan nikmatnya. Bumbu paniki manado terbuat dari sejenis kelelawar khasiatnya sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada banyak cara membuat bumbu paniki manado enak, tetapi kali ini kita akan mencoba membuatnya dengan resep sederhana tapi tidak mengurangi kenikmatan rasanya.

Setelah semua bahan tersedia, kita dapat mulai membuat bumbu paniki manado dengan langkah-langkah berikut.

  1. Bersihkan daging paniki dengan air bersih dan potong-potong sesuai selera.
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, lengkuas, dan jahe dengan menggunakan blender atau ulekan.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah panas, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum.
  4. Masukkan potongan daging paniki ke dalam wajan yang sudah berisi bumbu. Aduk-aduk hingga rata.
  5. Tambahkan air asam jawa, asam sitrun, caraferrin, dan garam ke dalam wajan. Aduk-aduk kembali hingga rata.
  6. Tuang santan kelapa ke dalam wajan tersebut dan aduk-aduk hingga rata.
  7. Terakhir, tambahkan kunyit ke dalam bumbu paniki manado untuk memberi warna kuning khas. Aduk-aduk hingga rata.
  8. Bumbu paniki manado siap disajikan dengan nasi putih sebagai penemani.

Contoh Olahan Bumbu Paniki Manado

olahan bumbu paniki

Bumbu paniki manado merupakan salah satu masakan khas dari daerah Manado, Sulawesi Utara terkenal akan kelezatannya. Dalam penyajiannya, bumbu paniki tak jauh berbeda dengan masakan lainnya, yaitu menggunakan bumbu-bumbu khas, seperti daun jeruk purut, kemiri, cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan banyak lagi yang lainnya.

Untuk membuat hidangan ini semakin lezat, pemilihan bahan bumbu tepat sangatlah penting. Oleh karena itu kalian dapat mencoba beberapa variasi bahan bumbu paniki manado berikut ini.

1. Kacang Panjang dan Tempe

Jika suka dengan sayuran, bisa menambahkan kacang panjang dan tempe sebagai bahan bumbu paniki. Bahan ini akan memberikan aroma dan cita rasa yang lebih kaya pada hidangan bumbu paniki.

Untuk bumbunya, siapkan bawang merah, bawang putih, cabe merah, jahe, kunyit, kemiri, daun bawang, daun jeruk purut, dan tentunya bumbu-bumbu lainnya biasa digunakan dalam bumbu paniki manado. Campurkan bahan-bahan tersebut dan masak hingga tanak.

2. Daging Kambing

Selain daging ayam atau daging sapi dapat mencoba menggunakan daging kambing sebagai bahan bumbu paniki. Daging kambing memberikan rasa khas dan sedikit pedas enak untuk disantap di siang atau malam hari. Untuk bahan-bahannya, siapkan daging kambing dicincang, cabe merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, daun jeruk purut, daun bawang, dan berbagai bumbu lainnya seperti garam, gula, dan kacang mede.

3. Ikan Tuna

Bagi yang pecinta ikan, bisa menggunakan ikan tuna sebagai bahan bumbu paniki. Ikan tuna memiliki rasa lezat dan segar dan cukup fleksibel untuk diolah sebagai bahan bumbu paniki. Untuk bahan-bahannya, siapkan ikan tuna sudah di potong-potong, bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, daun jeruk purut, daun bawang, dan bumbu tambahan seperti cuka dan air jeruk nipis untuk memberikan sensasi yang segar pada hidangan bumbu paniki ikan tuna.

Kesimpulan

Dari beberapa bahan yang digunakan dalam resep bumbu paniki manado, terlihat bahwa kultur dan kebiasaan masyarakat Manado sangat mempengaruhi masakan mereka. Bumbu paniki memberikan rasa pedas dan asam khas, yang merupakan ciri khas dari masakan tradisional Manado.

Kandungan protein tinggi pada daging paniki juga membuat masakan ini dapat menjadi pilihan kuliner sehat dan bergizi. Kita bisa mempraktikkan resep bumbu paniki manado ini di rumah, dengan menyesuaikan dengan selera dan budget yang dimiliki. Selain itu, kita juga bisa menikmati masakan khas Manado lainnya.

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Resep Bumbu Paniki Manado. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan dari resep bumbu lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba memasak bumbu paniki di rumah.

Bagikan:

DekorumaShopee