DekorumaShopee

10 Resep Kerang Hijau Asam Manis Pedas Ala Restoran

resep kerang hijau asam manis pedas

Resep Kerang Hijau Asam Manis Pedas – Salah satu makanan banyak di sukai oleh semua kalangan. Sudah tidak asing lagi kerang hijau memiliki rasa yang unik dan bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan. Salah satu resep kerang hijau yang sangat populer adalah kerang hijau asam manis pedas.

Kerang hijau asam manis pedas adalah hidangan seafood yang sangat nikmat. Rasanya yang asam, manis, dan pedas membuat hidangan ini sangat cocok untuk disantap sebagai lauk pendamping nasi. Tidak hanya enak, kerang hijau juga mengandung berbagai nutrisi baik untuk tubuh.

Adapun jenis kerang lainnya yang dapat di masak yaitu resep masakan kerang remis serta memiliki khasiat untuk tubuh. Namun pembahasan saat ini akan membahas mengenai resep kerang hijau.

Apabila tertarik ingin membuat kerang hijau asam manis pedas silahkan persiapkan beberapa resep serta bahan. Mungkin untuk resep atau bahan bisa dilihat pada pembahasan dibawah ini.

Resep Kerang Hijau Asam Manis Pedas

bahan kerang hijau asam pedas

Resep kerang hijau asam manis pedas menjadi salah satu hidangan seafood yang populer di Indonesia. Kelezatan dan keunikan rasa pada masakan ini terletak pada racikan bumbu yang digunakan.

TenzoLiving

Di bawah ini adalah bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat kerang hijau asam manis pedas yang lezat.

  • Kerang hijau sebanyak 500 gram
  • Jeruk nipis
  • Cabe merah potong dadu
  • Bawang merah iris tipis
  • Bawang putih iris tipis
  • Jahe iris
  • Daun salam
  • Serai iris
  • Air matang sebanyak 250 ml
  • Gula pasir sebanyak satu sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk sebanyak satu sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kerang Hijau Asam Manis Pedas Ala Rumahan

cara masak kerang hijau

Kerang hijau asam manis pedas adalah salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia. Hidangan ini dikenal dengan rasa yang segar, asam, dan pedas. Kerang hijau bisa diolah dengan bumbu yang bervariasi, misalnya saja dengan menggunakan bumbu asam manis pedas. Cara memasak kerang hijau asam manis pedas yang enak dan mudah dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini.

  1. Bersihkan kerang hijau dari kotorannya dan cuci hingga bersih. Bisa juga direndam dalam air garam selama kurang lebih 20 menit.
  2. Lumuri kerang hijau dengan jeruk nipis agar bau amisnya hilang. Diamkan sebentar sampai meresap.
  3. Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, daun salam, dan serai hingga harum.
  4. Masukkan cabe merah, aduk rata dengan bumbu yang sudah ditumis tadi.
  5. Setelah merata, masukkan kerang hijau ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga tercampur dengan bumbu.
  6. Tambahkan air, gula, dan garam sesuai dengan selera. Aduk rata dan masak hingga air menyusut.
  7. Taburi kaldu ayam bubuk jika suka.
  8. Kerang hijau asam manis pedas siap disajikan dengan nasi hangat atau bisa juga sebagai lauk tambahan.

Cara Memasak Kerang Hijau Asam Manis Pedas Ala Restoran

cara masak ala restoran kerang hijau

Walaupun ada cara memasak ala rumahan akan tetapi untuk cara di atas kurang maksimal. Mungkin untuk lebih memaksimalkan hasil cita rasa kerang hijau harus ala restoran. Apabila ingin menggunakan cara memasak kerang hijau asam manis pedas ala restoran silahkan lihat langkah-langkah dibawah ini.

1. Bersihkan Kerang Hijau

Sebelum dimasak, pastikan kerang yang akan digunakan dalam resep kerang hijau asam manis pedas sudah bersih dari kotoran dan pasir. Cuci kerang dengan air mengalir dan sikat sampai bersih.

2. Pisahkan Kerang Sudah Mati

Saat membeli kerang hijau, pastikan kamu memilih yang masih hidup. Jika kamu menemukan kerang yang sudah mati, segera pisahkan dari kerang yang masih hidup. Dalam memasak kerang hijau asam manis pedas, kamu tidak boleh menggunakan kerang yang sudah mati karena akan berdampak pada rasa dan aroma yang dihasilkan.

3. Tambahkan Air Secukupnya

Saat memasak kerang hijau asam manis pedas, usahakan untuk menambahkan air secukupnya. Jangan terlalu banyak karena kerang hijau akan mengeluarkan air saat dimasak dan jika kamu menambahkan air terlalu banyak, rasa yang dihasilkan akan terlalu encer.

4. Tambahkan Resep

Agar kerang hijau asam manis pedas yang kamu buat memiliki rasa yang lezat, kamu harus menambahkan bumbu dan bahan dengan proporsi yang tepat. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit karena akan berdampak pada rasa yang dihasilkan.

5. Gunakan Api Normal

Saat memasak kerang hijau asam manis pedas, gunakan api yang sedang atau kecil agar tidak membuat kerang hijau terlalu matang dan mengakibatkan tekstur yang keras.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Resep Kerang Hijau Asam Manis Pedas. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan dari resep makanan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba memasak kerang hijau di rumah.

Bagikan:

DekorumaShopee