DekorumaShopee

10 Resep Sambal Mangga Kweni Khas Palembang

Resep Sambal Mangga Kweni

Resep Sambal Mangga Kweni – Jika seorang pencinta kuliner Indonesia, maka tidak dapat dipungkiri bahwa sambal menjadi salah satu sajian wajib yang selalu dihadirkan dalam setiap hidangan. Dengan beragam jenis sambal yang ada di Indonesia, maka tidak heran jika sambal menjadi salah satu ciri khas dari masakan Indonesia.

Mangga kweni sendiri memiliki ciri khas berbeda dari mangga pada umumnya. Buah mangga ini memiliki kulit lebih tipis dan lebih halus, serta memiliki daging buah yang lebih manis dan sedikit asam. Kombinasi rasa manis dari mangga kweni dengan kepedasan dari cabe rawit, membuat sambal mangga kweni menjadi sajian yang begitu lezat serta menggugah selera.

Sambel mangga kweni bisa disajikan dengan kerang hijau rebus serta nasi putih yang hangat. Jika tertarik membuat kerang hijau silahkan cek cara masak kerang rebus sambal kecap ataupun bisa diganti menggunakan sambal mangga kweni.

Akan tetapi untuk menghasilkan rasa pedas sambal kweni khas palembang membutuhkan beberapa bahan rahasia. Jika belum mengetahui resep rahasia sambal mangga kweni silahkan simak pembahasan dibawah ini dengan sesakma.

Resep Sambal Mangga Kweni

bahan sambal mangga kweni

Sambal mangga kweni adalah hidangan khas Indonesia yang mendapat banyak penggemar karena penyajiannya yang begitu unik. Sambal ini memadukan rasa pedas, sedikit asam, dan manis dari beberapa bahan yang digunakan, sehingga menghasilkan rasa yang begitu lezat.

TenzoLiving

Buah mangga kweni merupakan bahan utama dalam resep ini, yaitu mangga memiliki rasa manis dan sedikit asam. Selain itu, beberapa bahan lain juga diperlukan untuk membuat sambal mangga kweni lezat ini. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan beserta dengan harganya di pasaran.

BahanJumlah
Mangga kweni500 gram
Cabai merah10 buah
Bawang putih5 siung
Gula pasir2 sendok makan
Garam1 sendok teh
Air jeruk limau50 ml
Minyak gorengsecukupnya

Cara Membuat Sambal Mangga Kweni

cara membuat sambal mangga kweni

Sambal mangga kweni adalah hidangan sangat populer di Indonesia. Sambal mangga kweni terdiri dari mangga kweni dipotong dadu kecil dan campuran rempah-rempah. Sambal mangga kweni sangat cocok dikonsumsi sebagai pelengkap hidangan sedang disajikan.

Sambal mangga kweni memiliki rasa pedas dan manis sangat enak. Bagi yang ingin mencoba membuat sambal mangga kweni sendiri di rumah, ikuti cara membuat sambal mangga kweni yang mudah serta praktis berikut ini.

  • Pertama-tama, siapkan semua bahan dibutuhkan. Cuci bersih mangga kweni kemudian potong dadu kecil. Tumbuk cabai merah dan bawang putih sampai halus. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bumbu telah dihaluskan hingga harum. Tambahkan gula pasir dan garam kemudian aduk rata.
  • Selanjutnya, masukkan mangga kweni yang telah dipotong dadu kecil dan aduk rata. Tambahkan air jeruk limau dan terus aduk hingga merata. Tambahkan air sedikit demi sedikit jika terlalu kering.
  • Setelah itu, tes rasa sambal mangga kweni. Tambahkan garam atau gula jika diperlukan. Angkat dan sajikan sambal mangga kweni selagi masih hangat.
  • Sambal mangga kweni yang pedas manis siap disajikan sebagai pelengkap hidangan favorit. Nikmati sensasi rasa mangga yang segar dan aroma rempah-rempah yang sedap di mulut.

Cara Memilih Buah Mangga Kweni

cara memilih mangga kweni

Mangga Kweni adalah salah satu jenis mangga sering dijadikan bahan dasar sambal. Mangga Kweni memiliki rasa manis, sedikit asam, dan harum membuat sambal dihasilkan menjadi lebih enak dan lezat. Namun, ketika memilih mangga kweni tepat untuk membuat sambal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sambal menghasilkan berkualitas dan enak untuk dinikmati.

1. Warna Buah

Pilihlah buah mangga kweni yang kulitnya berwarna kuning cerah dengan bercak merah tua pada bagian atas buah. Pilihlah yang memiliki warna yang merata dan tidak ada bagian yang terlalu hijau. Hal tersebut menunjukkan bahwa mangga tersebut telah masak dan matang sempurna.

2. Kematangan Buah

Pilihlah buah mangga kweni rasanya manis asam dan memiliki aroma harum khas. Jika buah terlalu matang memiliki daging tekstur lembek dan bahkan bisa membentuk cairan ketika diperas. Apabila buah kurang matang, belum bisa dijadikan bahan baku karena tekstur daging buahnya masih keras dan rasanya masih kecut.

3. Ukuran Buah

Ukuran buah mangga kweni panjang dan besar bukanlah satu-satunya pertimbangan utama untuk memilih buah baik. Pilihlah buah proporsional dan ukurannya pas, bukan terlalu kecil atau terlalu besar. Buah mangga kweni cukup besar biasanya memiliki sedikit serat dan memiliki daging buah lebih sedikit dibandingkan buah mangga kweni ukurannya sedang.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, resep sambal mangga kweni adalah opsi sempurna bagi yang mencari variasi rasa pada makanan sehari-hari. Dari penambahan cabai hingga bahan-bahan lainnya, sambal mangga kweni memiliki rasa yang unik dan sangat cocok dicampur dengan berbagai sajian seperti nasi goreng, mi goreng, atau bahkan sate. Tak hanya itu, keuntungan dari resep ini adalah mudah didapatkan karena bahan-bahannya cukup sederhana.

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Resep Sambal Mangga Kweni. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan dari resep makanan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba membuat sambal mangga kweni di rumah.

Bagikan:

DekorumaShopee