DekorumaShopee

10 Resep Ikan Tuna Balado Padang Lezat & Gurih

resep ikan tuna balado

Resep Ikan Tuna Balado – Sudah diketahui terdapat makanan yang menjadi andalan masyarakat Indonesia. Resep gampang dan cepat dibuat menjadi populer di kalangan netizen. Salah satunya adalah resep ikan tuna balado bisa dicoba di rumah. Masakan berbahan dasar ikan tuna ini memiliki cita rasa pedas menggugah selera. Selain itu, ikan tuna juga kaya akan nutrisi baik untuk kesehatan.

Ikan tuna balado merupakan salah satu hidangan khas Minangkabau yang terkenal di seluruh Indonesia. Olahan ikan dengan bumbu pedas khas Padang ini memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat.

Ikan tuna balado cocok disajikan saat acara keluarga atau bahkan saat makan siang. Rasanya pedas dan gurih bisa menjadi teman makan nasi lezat. Terlebih lagi, ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan mudah ditemukan di pasar ikan.

Sama halnya dengan resep ayam suwir yang bisa di sajikan dengan sambal balado dan sambal pedas manis. Walaupun begitu tetap saja pecinta ikan tuna tetap ingin membuatnya. Apabila ingin tahu resep ikan tuna balado bisa ikuti pembahasan dibawah ini.

Resep Ikan Tuna Balado

hidangan tuna

Ikan tuna berasal dari ikan laut memang banyak di gemari banyak orang. Maka dari itu beberapa nelayan lebih mengutamakan menjadi ikan tuna dibandingkan ikan lainnya. Karena nilai jual ikan tuna sangat besar di Indonesia dan beredar luas di beberapa restoran ternama.

TenzoLiving

Sebelum membuat ikan tuna balado alangkah baiknya mengetahui beberapa resep agar menghasilkan cita rasa yang lezat. Apabila ingin lihat resep ikan tuna balado silahkan lihat pembahasan dibawah ini.

  • Ikan Tuna
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Cabe merah besar
  • Tomat
  • Terasi
  • Garam
  • Gula
  • Minyak goreng

Cara Membuat Ikan Tuna Balado

ikan tuna padang

Resep ikan tuna balado adalah salah satu menu makanan khas Indonesia yang sangat lezat dan menggugah selera. Sajian ini terkenal dengan rasa pedasnya khas. Tidak sulit untuk membuatnya sendiri di rumah, bahkan bagi pemula sekalipun. Berikut adalah cara menyajikan ikan tuna balado yang pedas.

1. Siapkan Resep

Pertama, siapkan terlebih dahulu resep diperlukan, seperti ikan tuna segar, bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, tomat, terasi, garam, gula, dan minyak goreng.

2. Cuci Bersih Ikan Tuna

Kemudian, cuci bersih ikan tuna serta potong menjadi bagian yang sesuai dengan selera. Taburi dengan garam dan diamkan selama beberapa menit.

3. Masak Ikan Tuna

Selanjutnya, ambil wajan dan panaskan sedikit minyak di dalamnya. Setelah itu masukkan ikan tuna ke dalam wajan tunggu sampai matang lalu tiriskan.

4. Siapkan Bumbu Balado

Berikutnya, siapkan bumbu balado lalu iris bawang merah atau bawang putih. Kemudian, potong cabe merah besar dan tomat menjadi ukuran kecil-kecil.

5. Tumis Sampai Merata

Setelah itu, panaskan wajan lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan cabe merah besar lalu tumis hingga agak layu, selanjutnya masukkan tomat atau terasi. Tumis hingga bumbu matang hingga tercampur rata. Tambahkan garam tambahkan gula aduk rata.

6. Selesai

Setelah bumbu balado matang, masukkan ikan tuna yang sudah digoreng tadi ke dalam wajan. Aduk rata hingga seluruh bagian ikan terbalut bumbu. Tunggu beberapa saat hingga bumbu meresap ke dalam ikan.

Variasi Bumbu Ikan Tuna Balado

ikan tuna pedas manis

Ikan tuna balado merupakan hidangan khas Sumatera Barat terkenal dengan sensasi pedasnya. Namun, selain menggunakan bumbu balado khas, terdapat pula variasi bumbu dapat digunakan untuk mengolah ikan tuna menjadi hidangan lezat. Berikut ini adalah variasi bumbu ikan tuna balado yang bisa coba di rumah.

1. Bumbu Balado Original

Bumbu balado original adalah bumbu paling umum digunakan pada ikan tuna balado. Bumbu ini terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, cabe rawit merah, tomat, gula, garam dan minyak goreng.

Cara membuatnya cukup mudah, tumis bumbu dengan minyak goreng sampai harum, lalu masukkan ikan tuna telah dibersihkan dan dipotong sesuai selera. Masak hingga ikan matang dan bumbu meresap sempurna.

2. Bumbu Kacang

Bumbu kacang juga cocok digunakan pada ikan tuna balado. Bahan-bahan diperlukan untuk membuat bumbu kacang adalah kacang tanah, cabe rawit, tomat, bawang putih, gula, garam dan minyak goreng.

Kacang tanah dicampur dengan cabe rawit, tomat, bawang putih, gula atau garam, lalu blender halus. Tumis bumbu sudah dihaluskan dengan minyak goreng sampai harum, lalu masukkan ikan tuna telah dibersihkan serta dipotong sesuai selera. Masak hingga ikan matang dan bumbu meresap sempurna.

3. Bumbu Jeruk Nipis

Bumbu jeruk nipis memberikan rasa segar pada ikan tuna balado. Bahan-bahan digunakan untuk membuat bumbu jeruk nipis adalah cabe hijau, cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, jeruk nipis, gula serta garam.

Tumis bawang merah serta bawang putih sampai harum, lalu masukkan cabe hijau telah diiris tipis serta cabe merah keriting dihaluskan. Tambahkan gula atau garam secukupnya, lalu masukkan ikan tuna telah dibersihkan atau dipotong sesuai selera. Setelah ikan matang, tambahkan perasan jus jeruk nipis, aduk rata, dan hidangkan.

4. Bumbu Rendang

Untuk yang suka dengan rasa pedas serta gurih bisa mencoba menggunakan bumbu rendang pada ikan tuna balado. Bahan-bahan diperlukan untuk membuat bumbu rendang adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, kunyit, lengkuas, jahe, santan, dan daun jeruk.

Bumbu rendang dibuat dengan merebus bumbu-bumbu tersebut dalam santan hingga mendidih setelahnya bumbu meresap sempurna. Lalu masukkan ikan tuna telah dibersihkan lalu dipotong sesuai selera ke dalam bumbu rendang, masak hingga ikan matang serta bumbu meresap sempurna.

Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan Tuna

membersihkan ikan tuna

Menggunakan bumbu balado kaya akan cita rasa pedas dan sedikit manis, membuat ikan tuna menjadi lebih nikmat. Disajikan dengan nasi hangat lalu irisan tomat serta mentimun sebagai pelengkap, menghasilkan hidangan berwarna-warni atau menggugah selera.

Jika ingin memasak ikan tuna menjadi balado lezat serta sedap, sebaiknya pilih ikan tuna segar serta bebas bau amis. Pastikan ikan tuna bisa beli juga memiliki daging yang kokoh atau kental. Berikut ini adalah beberapa tips mempersiapkan ikan tuna sebelum membuat balado:

1. Bersihkan Ikan Tuna

Setelah membeli ikan tuna segar, segera bersihkan ikan tersebut dari kotoran, sisik serta isi perutnya. Bersihkan ikan dengan air bersih atau air jeruk nipis, lalu bilas kembali dengan air yang bersih.

2. Potong Ikan Tuna

Sebelum memasak ikan tuna, potong ikan sesuai dengan selera. Selain itu dapat memotong ikan tuna dengan ukuran besar atau kecil tergantung selera. Pastikan setiap potongan ikan tuna memiliki ukuran sama agar matangnya merata ketika dimasak.

3. Rendam Ikan Tuna

Sebelum ikan tuna dimasak, rendam ikan dalam air garam selama 10 menit agar ikan terasa lebih kenyal serta lezat saat dimasak. Setelah itu bilas hingga bersih dengan air bersih. Rendam kembali dalam air jeruk nipis untuk menghilangkan amisnya.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Resep Ikan Tuna Balado. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan dari resep makanan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba membuat masakan ikan tuna balado dirumah.

Bagikan:

DekorumaShopee