10 Resep Masakan Kerang Remis: Kuah & Kering 2023

Anjar Rizki

resep makanan kerang remis

Resep Masakan Kerang Remis – Sudah dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang menjadi favorit bagi pecinta seafood. Tidak hanya lezat dan bergizi, kerang remis juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan, terutama bagi sistem sirkulasi darah dan sistem pencernaan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika resep masakan kerang remis sering dicari dan menjadi idola bagi para penggemar seafood.

Rebus, bakar, atau goreng, kerang remis dapat disajikan dalam berbagai macam bentuk dan variasi. Cara memasak kerang remis yang paling umum adalah dengan merebusnya bersama dengan berbagai rempah dan bahan lainnya, seperti bawang putih, cabe merah, daun jeruk, dan kemangi. Dalam resep masakan kerang remis ini, kita akan menggunakan bumbu-bumbu alami dan segar untuk menciptakan rasa yang lezat dan aromatik.

Tidak sulit untuk menemukan kerang remis, terutama di kawasan pesisir dan daerah yang terkenal dengan hasil lautnya. Hal ini menjadikan kerang remis mudah didapatkan dan diproduksi. Selain itu ada resep ayam bakar minang serta bisa di jadikan peluang bisnis membuka restoran makanan.

Dalam resep masakan kerang remis kali ini, kita akan membuat hidangan kerang remis yang segar, dengan balutan bumbu kuah santan yang gurih. Hidangan ini akan cocok disajikan sebagai menu makan malam yang elegan, atau sebagai hidangan pembuka untuk acara spesial. Mari simak resep masakan kerang remis berikut ini.

Resep Masakan Kerang Remis

bahan kerang remis kuah

Kerang Remis adalah jenis kerang yang sangat populer dalam hidangan seafood di Indonesia, dan kerang remis goreng tepung adalah salah satu hidangan seafood yang paling populer di restoran-restoran Indonesia.

Apabila membeli kerang remis pada restoran maka membutuhkan biaya yang cukup mahal. Nah untuk menghembat biaya silahkan lihat beberapa resep masakan kerang remis dibawah ini.

ResepJumlah
Kerang Remis1 kilogram
Tepung Terigu200 gram
Tepung Maizena50 gram
Bawang Putih4 siung
Ladasecukupnya
Air Jeruk Nipis2 sendok makan
Garamsecukupnya
Minyak Gorengsecukupnya

Cara Memasak Masakan Kerang Remis

Beberapa resep bisa digunakan untuk masakan kuah ataupun kering sesuai dengan selera masing-masing. Jika sudah menyiapkan beberapa resep di atas silahkan ikuti langkah-langkah dibawah untuk proses memasak kerang remis.

  1. Cuci bersih kerang remis, rendam dalam air garam selama 10 menit. Lalu tiriskan.
  2. Haluskan bawang putih dan lada, campur dengan air jeruk nipis dan sedikit garam.
  3. Setelahh itu segera campurkan tepung terigu beserta maizena lalu aduk sampai merata.
  4. Gulingkan kerang remis ke dalam adonan tepung, lalu goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api yang sedang hingga berwarna kecokelatan dan matang.
  5. Tiriskan kerang remis dari minyak, sajikan kerang remis goreng tepung di atas piring saji.
  6. Kerang remis goreng tepung siap disajikan dengan berbagai macam toping sambal ataupun saos.

Resep Masakan Kerang Remis Panggang Bumbu Kacang

cara memasak kerang remis

Masakan kerang remis panggang dengan bumbu kacang adalah hidangan laut yang nikmat dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Kerang remis dipanggang dan dilumuri dengan bumbu kacang yang dibuat dari campuran kacang tanah, bawang putih serta gula merah.

Berikut ini adalah resep untuk membuat masakan kerang remis panggang dengan bumbu kacang.

  • 500 gram kerang remis
  • 100 gram kacang tanah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah
  • 50 gram gula merah
  • 150 ml air
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • Garam secukupnya

Cara Memasak Kerang Remis Panggang Bumbu Kacang

Setelah melihat beberapa resep kerang remis panggang bumbu kacang maka langkah selanjutnya harus mengetahui cara memasaknyna. Karena cara memasak kerang remis panggang tersebut sedikit berbeda dengan kerang remis kuah.

Selain itu pastikan sudah mempersiapkan beberapa peralatan untuk memanggang serta resep yang telah diberikan pada pembasan diatas. Apabila sudah lengkap semuanya bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini

  1. Pertama-tama, bersihkan kerang remis dan buang kerang yang sudah mati. Setelah itu, tumbuk kasar kacang tanah, bawang putih, dan cabai merah. Kemudian, campurkan dengan gula merah dan sedikit garam.
  2. Selanjutnya, panaskan minyak sayur di atas wajan dan tumis campuran bumbu hingga harum. Masukkan air, aduk rata, dan masak hingga bumbu meresap. Kemudian, angkat dari api dan sisihkan.
  3. Panaskan oven pada suhu 200 derajat Celsius. Letakkan kerang remis pada loyang dan panggang selama 5-7 menit hingga matang. Setelah itu, olesi kerang dengan bumbu kacang yang sudah disiapkan sebelumnya.
  4. Masukkan loyang kembali ke dalam oven dan panggang selama 3-5 menit hingga bumbu kacang agak kering. Angkat dan siap disajikan.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Resep Masakan Kerang Remis. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan dari resep masakan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba memasak di rumah.

Bagikan: