DekorumaShopee

20 Resep Martabak Telur Kulit Pangsit Tanpa Daging 2024

resep martabak telur kulit pangsit

Resep Martabak Telur Kulit Pangsit – Salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer. Banyak sekali penjual martabak telur kulit pangsit yang bisa ditemukan di berbagai sudut kota. Dibuat dari adonan pangsit yang diisi dengan telur, daging cincang, bawang merah dan bumbu rempah, martabak telur kulit pangsit ini memiliki rasa yang gurih dan enak.

Makanan ini biasanya dihidangkan dengan saus sambal atau kecap manis yang membantu meningkatkan cita rasa lezatnya. Setiap penjual martabak telur kulit pangsit tentu memiliki resep dan cara pembuatan berbeda-beda. Namun, di antara banyak resep. Resep martabak telur kulit pangsit satu ini bisa dijadikan referensi untuk mencoba membuatnya di rumah.

Resep ini menghasilkan martabak telur kulit pangsit yang crispy dan enak, cocok dihidangkan sebagai menu sarapan atau camilan. Bahan-bahan diperlukan untuk membuat martabak telur kulit pangsit ini cukup mudah didapat di pasar atau toko bahan baku. Salah satu bahan utama yang dibutuhkan adalah kulit pangsit yang bisa dibeli dalam kemasan siap pakai.

Sama halnya dengan resep martabak mie bihun, dimana beberapa bahan dapat di beli minimarket terdekat. Apabila ingin mencoba membuat martabak telur kulit pangsit silahkan ikuti pembahasan dibawah ini.

Resep Martabak Telur Kulit Pangsit

bahan martabak telur

Memang untuk menambahkan rasa pada martabak telur harus menggunakan resep rahasia. Akan tetapi dari resep tersebut terdapat beberapa bahan yang harus dibeli pada minimarket terdekat.

TenzoLiving

Tidak perlu khawatir untuk bahan martabak kulit pangsit tidak begitu banyak atau tidak sulit temukan. Untuk lebih jelasnya lihat beberapa resep bahan martabak telur kulit pangsit dibawah ini.

BahanJumlah
Tepung terigu250 gram
Kanji (tepung ubi kayu)50 gram
Maizena50 gram
Garam1/2 sendok teh
Air dingin500 ml

Cara Membuat Martabak Telur Kulit Pangsit

cara memasak martabak telur kulit pangsit

Setelah melihat resep dan bahan-bahan yang di perlukan membuat martabak telur tersebut. Maka agar tidak salah membuatnya silahkan ikuti langkah-langkah membuat martabak telur kulit pasit dibawah ini.

  1. Campurkan tepung terigu, kanji, maizena, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga bahan-bahan tercampur sempurna.
  2. Tambahkan air sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung sambil terus diaduk hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
  3. Setelah adonan kalis, diamkan selama sekitar 20-30 menit. Tutup wadah dengan kain atau plastik wrap agar adonan tidak kehilangan kelembapan.
  4. Setelah 20-30 menit, ambil sejumput adonan dan pipihkan dengan menggunakan rolling pin atau alat penggilas lainnya. Pastikan ketebalan kulit pangsit sesuai dengan selera.
  5. Setelah selesai, panggang kulit pangsit di atas teflon atau wajan datar tanpa minyak hingga kedua sisinya matang dan berwarna kecokelatan.
  6. Kulit pangsit martabak telur siap dipakai untuk membuat martabak telur.

Cara Membuat Martabak Telur Kulit Pangsit Agar Renyah

cara membuat martabak telur renyah

Martabak telur kulit pangsit merupakan salah satu jenis makanan yang bisa ditemukan di hampir seluruh daerah di Indonesia. Martabak ini terdiri dari bahan dasar kulit pangsit yang diisi dengan berbagai macam bahan seperti telur, daging ayam, sayuran, hingga keju.

Agar menghasilkan martabak telur kulit pangsit yang empuk dan renyah, maka ada beberapa cara harus diperhatikan saat membuatnya. Berikut ini adalah beberapa cara membuat martabak telur kulit pangsit agar renyah.

1. Gunakan Tepung Terigu Berkualitas

Tepung terigu adalah salah satu bahan utama dalam pembuatan kulit pangsit yang empuk dan kenyal. Agar kulit pangsit mengembang dan empuk, maka sebaiknya gunakan tepung terigu yang berkualitas.

Gunakan tepung terigu yang memiliki kadar protein di atas 10%. Selain itu, pada saat mencampurkan tepung terigu, pastikan untuk menggunakan air dingin dan diaduk secara perlahan-lahan agar adonan tidak cepat panas dan membentuk gluten yang berlebihan.

2. Beri Sedikit Garam pada Adonan Kulit Pangsit

Agar kulit pangsit terasa gurih, maka sebaiknya beri sedikit garam pada adonan kulit pangsit. Namun, jangan terlalu banyak memberikan garam karena dapat membuat adonan kulit pangsit terasa amis dan tidak enak.

3. Gunakan Baking Powder

Jika ingin kulit pangsit terasa empuk dan mengembang, maka bisa menambahkan baking powder pada adonan kulit pangsit. Baking powder akan membantu mengembangkan adonan sehingga kulit pangsit menjadi lebih tebal dan empuk. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan baking powder karena dapat membuat kulit pangsit menjadi terlalu bergelembung dan tidak enak.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dibahas mengenai cara membuat martabak telur kulit pangsit yang lezat dan mudah di rumah. Meskipun memerlukan sedikit usaha untuk membentuk martabak, hasilnya sangat memuaskan. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan petunjuk yang mudah diikuti, siapa pun dapat membuat martabak telur kulit pangsit yang lezat ini di rumah.

Tidak hanya itu, martabak telur kulit pangsit juga merupakan makanan yang populer dan dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Oleh karena itu, dengan menguasai resep ini, kita dapat dengan mudah menghidangkan makanan khas Indonesia di rumah sendiri.

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Resep Martabak Telur Kulit Pangsit. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan dari resep makanan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin membuat martabak telur di rumah.

Bagikan:

DekorumaShopee