10 Cara Membuat Martabak Mie Bihun: Resep & Bahan 2023

Anjar Rizki

cara membuat martabak mie bihun

Cara Membuat Martabak Mie Bihun – Salah satu makanan ringan kerap diperjual belikan pada pinggir jalanan. Namun makan ini menjadi salah satu favorit orang Indonesia karena rasanya yang lezat serta mudah untuk disajikan.

Namun tetap saja ada beberapa orang ingin membuat dirumah dengan cara sendiri serta menggunakan bahan sendiri. Oleh karena itu kami telah membuat informasi meliputi bahan, cara membuat dan sajian apa yang cocok dengan martabak.

Walaupun ada jenis makanan kambing guling tetap saja martabak adalah makanan yang menjadi nomor satu masyarakat Indonesia. Mungkin martabak lebih mudah dibuat sedangkan kambing guling memerlukan waktu pembuatan yang cukup lama.

Apabila ingin mencoba membuat martabak tersebut harus mempersiapkan beberapa baha. Untuk informasi tersebut bisa langsung simak pembahasan dibawah ini dengan sesakma.

Bahan-bahan Untuk Membuat Martabak Mie Bihun

sajian martabak bihun

Sebelum membuat makanan tersebut, sebaiknya harus mempersiapkan beberapa bahan untuk membuatnya. Walaupun jenis martabak terbilang makanan ringan namun bisa disajikan dengan nasi ataupun lauk pauk lainnya.

Tentu saja ada dari kalian pernah membuat martabak bihun dengan menggunakan beberapa bahan. Apabila belum pernah dan ingin tahu apa saja bahan membuat martabak bihun silahkan lihat pembahasan dibawah ini.

  • Tepung terigu 150 gram
  • Telur 2 buah
  • Air matang 200 ml
  • Minyak sayur secukupnya
  • Bihun 50 gram
  • Daging ayam 100 gram
  • Wortel 1 buah
  • Bawang merah 3 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Lada bubuk ¼ sendok teh
  • Garam ½ sendok teh
  • Gula Pasir ½ sendok teh

Cara Membuat Martabak Mie Bihun

resep martabak bihunm

Martabak mie bihun adalah salah satu sajian khas Indonesia yang bisa dijadikan menu sarapan atau makanan ringan. Kudapan yang satu ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapat dan juga mudah dibuat.

Mie bihun dan telur adalah bahan utama untuk membuatnya. Namun, ada pula varian isi lain seperti daging cincang, keju atau sayuran. Berikut langkah-langkah cara membuat martabak mie bihun.

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, di antaranya.
    • 1 bungkus mie bihun
    • 4 butir telur ayam
    • 2 siung bawang putih, dicincang halus
    • 1 batang daun bawang, iris tipis
    • 1 sendok makan kecap manis
    • 1 sendok teh garam
    • 1/2 sendok teh merica bubuk
    • Minyak secukupnya untuk menggoreng
  2. Rendam mie bihun dalam air panas hingga lembek, lalu tiriskan.
  3. Kocok 2 butir telur ayam bersama garam, merica bubuk, dan kecap manis. Tambahkan bawang putih dan daun bawang, aduk rata.
  4. Panaskan minyak dalam wajan. Masukkan mie bihun, aduk-aduk hingga tercampur rata dengan telur. Tambahkan telur ayam yang sudah dikocok dan aduk hingga seluruh bahan tercampur rata.
  5. Biarkan martabak bihun hingga matang dan berkulit di bagian bawah. Balik martabak mie bihun dengan menggunakan spatula, dan biarkan hingga matang dan berkulit di bagian yang lain.
  6. Ambil martabak bihun dari wajan. Potong-potong martabak tersebut sesuai selera. Sajikan di atas piring, dan taburi dengan bawang goreng.

Resep Martabak Mie Bihun

martabak bihun lonjong

Setelah melihat cara membuat tentu saja ada dari kalian sudah mencobanya dan hasilnya kurang memuaskan. Sebenarnya ada beberapa resep agar martabak mie bihun tetap crispy dan lezat ketika dihidangkan atau dijual. Berikut adalah resep martabak mie bihun.

1. Gunakan Sedikit Air

Untuk membuat adonan martabak bihun, jangan terlalu banyak menggunakan air. Gunakan air sedikit demi sedikit agar adonan tidak terlalu lembek dan basah. Hal ini akan membuat adonan martabak bihun lebih kering dan crispy ketika digoreng.

2. Gunakan Minyak Panas

Ketika menggoreng martabak mie bihun, pastikan bahwa minyak sudah dipanaskan terlebih dahulu. Gunakan minyak goreng yang cukup dalam dan panaskan sampai mengeluarkan udara panas. Hal ini akan membuat martabak mie bihun matang dengan baik dan tetap crispy.

3. Gunakan Bahan Berkualitas Tinggi

Selain teknik pengolahan, kualitas bahan-bahan yang digunakan dalam martabak bihun juga merupakan faktor penting untuk mendapatkan hasil yang lezat dan crispy. Pastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan segar dan berkualitas. Pilih bahan-bahan yang masih segar dan tidak rusak agar martabak bihun tetap lezat dan sedap saat disajikan.

4. Sajikan dengan Saus

Terakhir, saus dan bahan pelengkap juga menjadi faktor penting agar martabak bihun tetap lezat dan crispy. Sajikan martabak bihun dengan saus yang cocok dan tidak terlalu banyak. Pilih saus yang ringan dan segar, seperti saus tomat atau saus sambal. Jangan menggunakan saus yang terlalu banyak karena bisa membuat martabak bihun terasa lembek dan tidak crispy.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Cara Membuat Martabak Mie Bihun. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan cara membuat makanan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin bikin martabak bihun dirumah.

Bagikan: