DekorumaShopee

20 Resep Kue Sultana 1 Kg Renyah dan Lezat

resep kue sultana

Resep Kue Sultana – Jumlah variasi kue tradisional Indonesia memang sangat banyak dan beragam. Salah satunya adalah kue sultanamenjadi salah satu favorit di kalangan pecinta kuliner manis. Kue sultana memiliki rasa manis dan tekstur kenyal menjadi camilan cocok untuk menemani waktu santai atau digunakan sebagai hidangan penutup dalam acara spesial.

Kue sultana sendiri terbuat dari bahan sederhana dan mudah ditemukan di pasaran, seperti tepung terigu, telur, gula, susu, dan mentega. Namun hal membuat kue ini istimewa adalah rasa dihasilkan dari racikan bahan-bahan tersebut. Beberapa resep tambahan seperti kismis, almond, dan bubuk kayu manis juga turut memberikan sentuhan rasa khas pada kue sultana.

Apabila ingin mencoba membuat kue sultana di rumah bisa mencari resep yang telah banyak tersedia di internet atau meminta bantuan dari orang yang sudah terbiasa membuat kue ini. Selain itu jika ingin membuat jenis kue lainnya di rumah bisa melihat resep kue lapis jongkong yang telah dibahas sebelumnya.

Karena beberapa kue dapat di perjual belikan pada pasar tradisional hingga toko makanan ringan. Maka dari itu masyarakat Indonesia ingin mencoba membuat kue sultana. Mungkin untuk penjelasan lebih lengkapnya dapat dijelaskan pada pembahasan dibawah ini.

Resep Kue Sultana

kue sultana

Kue sultana merupakan jenis kue yang sudah cukup lama dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu kue sultana menjadi makanan ringan cukup viral.

TenzoLiving

Oleh karena itu beberapa orang ingin mencoba membuat dan menjual beberapa kue pada masyarakat. Sebelum membuat kue tersebut silahkan lihat beberapa resep agar menghasilkan rasa lezat serta renyah.

Nama BahanJumlah
Tepung terigu300 gr
Mentega150 gr
Gula pasir150 gr
Kuning telur3 butir
Kismis (sultana)200 gr
Baking powder1 sdt
Vanilla powder1 sdt

Cara Membuat Kue Sultana

cara membuat kue sultana

Kue sultana merupakan salah satu jenis kue sangat lezat serta banyak disukai orang. Kue yang biasanya terbuat dari tepung terigu, gula, mentega atau kismis ini mempunyai rasa manis, lembut serta empuk.

Cara membuat adonannya cukup mudah menjadi salah satu alasan mengapa kue ini sering dijadikan pilihan sebagai hidangan penutup atau snack di berbagai acara. Berikut langkah-langkah untuk membuat adonan kue sultana sempurna.

  1. Cara pertama yaitu panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius.
  2. Ambil mentega atau gula, kocok dengan mixer hingga berwarna putih pucat dan mengembang.
  3. Kocok kuning telur terlebih dahulu, lalu masukkan ke dalam adonan mentega serta gula sedikit-sedikit.
  4. Selanjutnya, masukkan tepung terigu, baking powder atau vanilla powder. Aduk rata menggunakan spatula.
  5. Setelah adonan tercampur rata, masukkan kismis dan aduk kembali hingga tercampur rata.
  6. Siapkan loyang yang telah dioles dengan mentega dan tepung terigu. Kemudian, tuang adonan ke dalam loyang tersebut.
  7. Panggang adonan selama 30-40 menit hingga matang atau berwarna kecoklatan.
  8. Angkat kue dari oven serta biarkan dingin sebelum kamu potong dan sajikan.

Cara Menghias Kue Sultana

kemasan kue sultana

Sultana atau kue busa merupakan salah satu kue basah sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula dan mentega kemudian dilapisi dengan taburan gula halus di atasnya.

Selain rasanya enak, tampilan kue sultana cantik dan menarik juga membuatnya menjadi favorit di meja makan. Agar kue sultana lebih menarik, berikut adalah cara mudah menghias kue sultana.

1. Mempersiapkan Alat Menghias

menghias kue sultana adalah menyiapkan alat-alat yang diperlukan, seperti icing sugar, pewarna makanan, kertas lilin, dan spatula kecil.

2. Memberikan Warna

Salah satu cara menghias kue sultana adalah dengan memberikan warna pada icing sugar. Icing sugar dapat diberi pewarna makanan berbeda-beda agar kue sultana lebih menarik. Pewarna makanan umum digunakan adalah pewarna makanan cair yang sudah siap pakai. Namun, jika tidak memiliki pewarna makanan dapat membuatnya sendiri dari bahan alami seperti daun pandan atau buah-buahan.

Rasa Toping Kue Sultana

roti enak

Berbicara soal kue sultana rasanya tidak lengkap jika tidak membahas mengenai topping atau hiasan menambah cita rasa pada kue. Ada berbagai macam topping bisa dipilih untuk menambah kelezatan kue sultana. Berikut beberapa variasi topping untuk kue sultana bisa dicoba.

1. Keju

Keju parut menjadi topping sangat cocok untuk kue sultana. Rasanya gurih serta nutrisi yang terkandung menjadikannya sebagai topping yang populer untuk kue sultana. Cara membuatnya sangat mudah, taburkan keju parut di atas kue sultana yang masih panas atau diamkan selama beberapa saat agar keju meleleh dan tercampur dengan adonan kue.

2. Coklat

Topping coklat batang adalah salah satu pilihan terbaik untuk kue sultana. Coklat meleleh serta padat memberikan sensasi enak saat dikunyah. Coklat batang biasa digunakan untuk roti bisa di potong dadu kecil atau ditaburkan di atas kue sultana. Selain itu, coklat bubuk juga bisa digunakan sebagai bahan hiasan untuk kue sultana.

3. Buah

Buah menjadi topping paling sehat bagi kue sultana. Buah segar seperti stroberi, kiwi, atau blueberry dapat menjadi pilihan topping untuk kue sultana. Selain itu, pisang serta alpukat juga cocok digunakan untuk topping kue sultana khususnya jika dicampur dengan cokelat meleleh.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Resep Kue Sultana. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan dari resep kue lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba membuat kue sultana di rumah.

Bagikan:

DekorumaShopee