DekorumaShopee

20 Resep Keripik Sukun Renyah Tanpa Kapur Sirih Tahan Lama

resep keripik sukun renyah tanpa kapur sirih

Jika Anda sedang mencari camilan yang unik dan berbeda dari yang biasanya, ada baiknya mencoba Resep Keripik Sukun Renyah Tanpa Kapur Sirih. Camilan yang satu ini menawarkan cita rasa yang berbeda dari keripik-keripik pada umumnya dan pastinya akan memuaskan selera.

Keripik sukun merupakan camilan yang terbuat dari irisan sukun diiris tipis dan diolah dengan cara digoreng. Sukun sendiri merupakan buah cukup populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa Timur. Buah ini memiliki aroma khas dan banyak digunakan sebagai bahan makanan dan minuman.

Namun, keunikan dari keripik sukun terletak pada bahan yang digunakan untuk membantu mengawetkan keripik sukun tersebut. Bahan biasa digunakan adalah kapur sirih, suatu bahan kimia digunakan sebagai penambah rasa dan pengawet pada makanan.

Sama halnya membuat carica khas dieng harus menambahkan penambah rasa dan pengawet makanan. Untuk menggunakan bahan pengawet dipastikan menggunakan contoh resep yang benar dan akurat. Karena cukup berbahaya jika salah memilih bahan pengawet makanan akan bisa merusak organ tubuh. Agar tidak salah memilih resep keripik sukun bisa ikuti pembahasan dibawah ini dengan sesakma.

Resep Keripik Sukun Renyah Tanpa Kapur Sirih

jenis sukun untuk keripik

Keripik sukun menjadi salah satu makanan ringan yang cukup populer. Tak heran jika banyak orang mencari resep keripik sukun renyah tanpa kapur sirih. Kapur sirih pada umumnya digunakan sebagai bahan pengawet pada keripik.

TenzoLiving

Resep keripik sukun renyah tanpa kapur sirih ini sangat mudah untuk dibuat dan bisa diolah di rumah dengan mudah. Pengolahannya juga tidak memakan waktu yang lama dan bahan-bahannya mudah didapatkan di pasar atau supermarket terdekat

Sebelum memulai membuat keripik sukun yang renyah, ada beberapa resep yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.

  • 1 kg sukun matang
  • 500 ml air
  • 1 sendok makan garam
  • Tepung beras secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Sukun Renyah Tanpa Kapur Sirih

cara membuat keripik sukun renyah

Setelah melihat beberapa resep keripik sukun maka langkah selanjutnya harus mengetahui langkah-langkah membuatnya. Karena belakangan ini orang-orang membuat keripik sukun tidak menghasilkan renyah yang maksimal.

Oleh karena itu kami telah menyediakan beberapa langkah untuk membuat keripik sukun yang renyah tanpa kapur sirih. Tidak butuh lama-lama berikut ini adalah cara membuat keripiknya.

  1. Cara Pertama yaitu siapkan sukun matang yang sudah dicuci bersih dan potong tipis-tipis sesuai selera.
  2. Kemudian, campurkan air dan garam ke dalam wadah dan aduk hingga garam larut sempurna.
  3. Setelah itu, celupkan potongan sukun ke dalam larutan garam dan biarkan selama 5-10 menit.
  4. Angkat sukun dan tiriskan, lalu taburi dengan tepung beras secukupnya.
  5. Goreng sukun dengan minyak panas hingga matang kecokelatan.
  6. Tiriskan keripik sukun yang sudah matang dan siap disajikan.

Tips Membuat Keripik Sukun Renyah

sukun renyah

Setelah berhasil mencoba membuat keripik sukun tanpa harus kapur sirih akan tetapi hasilnya tidak sesuai dengan ekspetasi. Kemungkinan besar tidak menggunakan kapur sirih. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan bahan tersebut juga harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak berlebihan agar rasa keripik sukun tetap enak dan tidak terganggu oleh rasa asam ataupun rasa terlalu asin.

Agar menghasilkan keripik sukun renyah maka membutuhkan beberapa tips agar menghasilkan kualitas terbaik. Untuk tips agar keripik sukun tetap renyah dan tahan lama ada dibawah ini.

  • Potong sukun tipis-tipis agar lebih cepat matang dan lebih renyah.
  • Jangan terlalu banyak mengikuti larutan garam agar keripik tidak terlalu asin.
  • Tambahkan tepung beras di atas potongan sukun agar hasil akhir lebih renyah.
  • Goreng keripik sukun dalam minyak panas yang banyak agar matang secara merata dan tidak mudah gosong.

Harga Keripik Sukun Renyah

harga keripik sukun

Bagi yang tidak memiliki waktu untuk membuat keripik sukun sendiri bisa membeli keripik sukun sudah jadi di pasar atau toko online. Harga keripik sukun renyah dan enak juga cukup terjangkau, berkisar antara Rp10.000 hingga Rp30.000 per kemasan, tergantung merk dan ukuran kemasan.

Dengan resep keripik sukun renyah tanpa kapur sirih sudah dijelaskan di atas bisa mencoba membuat keripik sukun sendiri di rumah. Selain lebih sehat karena tidak menggunakan kapur sirih juga bisa merasakan sensasi menggoreng dan mencicipi hasil kreasi sendiri. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Nah jadi kesimpulannya adalah apabila ingin membuat keripik sukun harus mengetahui resep-resepnya terlebih dahulu agar menghasilkan kualitas terbaik. Apabila berhasil mencoba silahkan coba hasil dari buatan kalian dengan keripik sukun yang telah dibeli pada minimarket. Nantinya terdapat beberapa perbedaan dikarenakan tidak menggunakn kapur sirih.

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Resep Keripik Sukun Renyah Tanpa Kapur Sirih. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan dari resep makanan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba membuat keripik sukun renyah.

Bagikan:

DekorumaShopee