DekorumaShopee

5 Cara Membuat Carica Tahan Lama: Bahan & Alat 2024

cara membuat carica

Cara Membuat Carica – Salah satu buah dapat digunakan dalam berbagai olahan makanan maupun minuman. Carica adalah salah satu buah sangat lezat dan banyak dikenal di Indonesia. Rasanya manis dan sedikit asam menjadikan minuman sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Perlu diketahui minuman tersebut merupakan khas buatan dari Wonosobo atau Dieng, dimana orang-orang biasanya akan membawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah. Sebenarnya tidak perlu membeli karena bisa membuat dengan cara sendiri.

Sedikit berbeda dengan resep kambing guling karena Carica adalah jenis minuman memiliki manfaat ketebalan tubuh. Adanya berbagai macam manfaat meminum Carica, maka beberapa orang berusaha membuat sendiri.

Namun, banyak orang yang tidak mengetahui cara membuatnya sendiri di rumah. Padahal, membuat minmuman tersebut sangat mudah dan tidak memerlukan banyak waktu. Dalam pembahasan ini, kami akan memberikan panduan cara membuat carica yang mudah dan praktis.

Alat Membuat Carica

Cara membuat minuman tersebut bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan alat yang mudah didapatkan. Karena membuat minuman tersebut sedikit berbeda dengan minuman lainnya, dimana membutuhkan alat-alat seperti berikut ini.

TenzoLiving
  • Pisau
  • Sarung Tangan
  • Telenan
  • Wadah
  • Blender
  • Panci
  • Spatula
  • Saringan
  • Kain
  • Kulkas
  • Sendok

Bahan Membuat Carica

Setelah melihat beberapa alat membuat manisan tersebut, maka langkah selanjutnya perlu membutuhkan bahan-bahan membuatnya. Apa saja bahanya? berikut dibawah ini bisa dijelaskan secara singkat.

  • Carica 2 kg
  • Kapur sirih 1 sendok
  • Air 3 liter
  • Gula pasir 750 gram

Cara Membuat Carica

bahan carica

Minuman tersebut sama seperti kolang-kaling merupakan buah yang cukup populer di kalangan pecinta kuliner. Buah berasal dari wilayah Timur Indonesia ini memiliki rasa yang manis dan tekstur kenyal.

Sebenarnya minuman tersebut bisa dijadikan bahan campuran dalam beberapa hidangan, seperti bubur kacang hijau, es campur, atau bahkan dimakan langsung. Untuk kamu yang ingin mencoba membuat carica sendiri di rumah, berikut langkah-langkahnya:

1. Menyiapkan Bahan

Sebelum mulai membuatnya, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang telah diberikan pada pembahasan diatas. Selain itu perlu menyiapkan juga peralatan membuatnya.

2. Merebus

Setela bahan siap, langkah selanjutnya adalah merebus. Caranya adalah cuci bersih lalu kupas kulitnya hingga benar-benar bersih. Kemudian rebus dalam air mendidih selama kurang lebih 30 menit atau hingga bahan empuk.

3. Masak Carica

Setelah matang, tiriskan carica dan hancurkan hingga ukurannya menjadi kecil-kecil. Kemudian tambahkan gula pasir ke dalam wajan dan panaskan hingga gula larut. Setelah itu, tuangkan ke dalam wajan dan masak hingga semua bahan tercampur rata.

4. Bungkus Dalam Kemasan

Setelah matang, ambil selembar daun pisang dan taruh di atasnya. Kemudian bungkus dengan menggunakan daun pisang dan ikat dengan tali rapia.

5. Selesai

Setelah dibungkus, simpan dalam wadah tertutup dan letakkan dalam lemari es agar lebih awet. Minuman tersebut dapat bertahan hingga 2 minggu jika disimpan di dalam kulkas dengan suhu yang dingin.

Itulah langkah-langkah cara membuat carica yang mudah dan praktis. Dengan menggunakan bahan-bahan yang terjangkau, kamu sudah dapat membuat camilan yang enak dan sehat.

Langkah Penting Membuat Carica Agar Tidak Gagal

Perlu diketahui salah satu olahan yang terbuat dari buah nangka muda diolah dengan cara dikeringkan dan diawetkan. Olahan ini menjadi salah satu makanan khas dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Olahan ini menjadi sangat populer sehingga dapat ditemukan dimana-mana. Namun, tidak semua dijual pada pasaran memiliki kualitas yang baik. Jika ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu agar hasilnya tidak gagal.

  • Memilih bahan berkualitas serta memilik tekstur bagus
  • Karena bahan utama adalah buah nangka atau pepaya, maka buang bijinya terlebih dahulu
  • Untuk api dipastikan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil
  • Menambahkan bahan tambahan lainnya
  • Menyimpan pada tempat yang tepat

Harga Carica

Seperti sudah dijelaskan pada pembahasna diatas bahwa minuman manisan tersebut dapat dibeli pada pasar ataupun toko-toko tertentu. Namun pada umumnya orang-orang membeli manisan tersebut di wilayah kota Wonosobo atau Dieng karena memiliki ciri khas rasa tersendiri.

Perlu diketahui juga bahwa manisan tersebut diperjual belikan dengan bungkusan murah, sedang dan mahal serta harga juga berbeda-beda. Berikut dibawah ini adalah harga carica pada pasaran.

BingkisanHarga
Carica MurahRp. 20.000,-
Carica SedangRp. 30.000,-
Carica MahalRp. 50.000,-

Akhir Kata

Nah jadi kesimpulannya adalah terdapat minuman ciri khas dari kota Wonosobo dan Dieng dapat dibuat di rumah. Sebenarnya jenis minuman tersebut memiliki jenis tersendiri yaitu manisan. Apabila kalian ingin membuat sendiri, silahkan lihat pembahasan diatas.

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Cara Membuat Carica. Nantikan informasi selanjutnya meliputi cara membuat minuman lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian yang ingin membuat minuman segar tersebut.

Bagikan:

DekorumaShopee