DekorumaShopee

20 Resep Kambing Guling Khas Arab & Rumahan 2024

resep kambing guling

Resep Kambing Guling – Makanan khas Indonesia memang tak ada habisnya untuk dinikmati. Dari Sabang sampai Merauke, setiap daerah memiliki kuliner unik sangat cocok untuk lidah orang Indonesia. Salah satu makanan sangat terkenal dan diminati adalah kambing guling.

Kebanyakan orang pasti sudah tidak asing dengan menu satu ini. Dengan kambing yang empuk dan bumbu sangat kaya, kambing guling menjadi makanan sangat dinikmati pada saat acara-acara tertentu, seperti pernikahan, syukuran, dan lain sebagainya.

Resep kambing guling adalah rahasia sangat terjaga serta hanya dipahami oleh orang-orang mengerti tentang bumbu-bumbu menu ini. Oleh karena itu stkipmktb.ac.id akan memberikan informasi meliputi resep, bahan dan cara memasak kambing guling.

Karena sudah banyak orang ingin mencoba membuat kambing guling sendiri, maka kebanyakan resep kambing guling sekarang sudah bocor dan mudah didapatkan. Jika ingin mencoba membuat kambing guling sendiri, maka berikut ini adalah resep kambing guling yang bisa coba.

Cara Memilih Kambing Guling Utuh

Resep kambing guling membutuhkan kambing berkualitas baik dan segar. Jika ingin memasak kambing guling lezat untuk acara special atau momen spesial bersama keluarga serta teman-teman, pastikan untuk memilih kambing yang tepat. Berikut dibawah ini adalah cara memilih kambing guling utuh berkualitas serta memiliki tektur lezat.

TenzoLiving

1. Pilih Kambing Berkualitas

Kembing berkualitas biasanya memiliki warna merah cerah serta serat yang kurang. Kambing segar akan terlihat basah di permukaannya dan teksturnya kenyal. Sebaiknya pilih kambing yang masih memiliki tulang, karena ini menandakan bahwa kambing tersebut masih segar dan belum terpapar bahan kimia.

2. Pilih Bagian Kambing Bagus

Ada beberapa bagian kambing biasa digunakan dalam resep kambing guling. Bagian paha, lambung, serta pundak adalah bagian paling cocok untuk dimasak kambing guling. Bagian-bagian ini mengandung lemak cukup dan dagingnya empuk sehingga sangat cocok untuk dimasak dalam oven selama beberapa jam.

Harga Daging Kambing Guling

Tentu saja, selain kualitas dan bagian daging bagus, harga juga menjadi faktor penting saat memilih daging kambing. Berikut adalah daftar harga daging kambing pada umumnya digunakan untuk kambing guling:

Bagian Daging KambingHarga per Kilogram (Rp)
Paha Belakang100.000 – 120.000
Paha Depan80.000 – 100.000
Lambung50.000 – 70.000
Pundak80.000 – 100.000

Harga Kambing Guling Utuh

Memilih kambing berkualitas dengan harga yang tepat tentu akan memberikan kepuasan tersendiri saat menyajikan kambing guling dalam acara spesial. Pastikan untuk memilih kambing dari peternak secara langsung agar mendapatkan kambing segar serta berkualitas.

NoUkuranHarga
1Kambing Guling KecilRp 3.200.000
2Kambing Guling SedangRp 4.000.000
3Kambing Guling BesarRp 5.500.000
4Kambing Guling Super BesarRp 7.000.000

Bahan Kambing Guling Utuh

  • ketumbar 250 gram (haluskan)
  • bawang putih 250 gram (haluskan)
  • lada bubuk 1 ½ sendok
  • teh biji pala 1 sendok
  • kecap manis 1 botol ukuran 500 ml
  • garam 2 ½ sendok
  • keca inggris ½ botol
  • minyak goreng 75 ml
  • gula merah 200 gram (haluskan)

Cara Memasak Kambing Guling

Kambing guling adalah makanan sangat populer di Indonesia. Kambing guling biasanya disajikan di acara-acara besar seperti pernikahan, khitanan, atau acara keluarga lainnya. Dalam memasak kambing guling lezat dan praktis,terdapat langkah-langkah yang harus diikuti adalah sebagai berikut:

1. Memilih Kambing Guling

Pemilihan kambing berkualitas sangat penting untuk memastikan cita rasa lezat. Pastikan kambing dipilih segar, masih muda serta berasal dari peternakan terpercaya. Saat membeli kambing guling, jangan lupa untuk memberikan perhatian lebih pada bagian dada serta punggung. Karena bagian ini adalah bagian yang lembut dan enak saat dimasak.

2. Bersihkan Kambing Guling

Persiapan kambing sebelum digulung adalah langkah sangat penting. Hal pertama harus dilakukan adalah membersihkan kambing dari bulu-bulu serta kotoran. Setelah itu, belah perut kambing lalu keluarkan semua isi perut. Bersihkan kandang kambing dengan baik hingga tak ada tahi. Setelah semuanya bersih, gulingkan kambing dan lumuri dengan bumbu yang telah dibuat.

3. Campurkan Bumbu Resep Kambing Guling

Bumbu untuk kambing guling dapat dibuat dari berbagai macam rempah-rempah. Tergantung pada selera masing-masing, silahkan campurkan bumbu telah didapatkan pada pembahasan diatas dengan minyak goreng hingga menyerupai sebuah pasta. Setelah itu, balurkan bumbu tersebut pada kambing hingga merata.

4. Gulingkan Kambing

Setelah kambing terbalut bumbu, lakukan proses penggulingan dengan hati-hati. Pastikan keadaan api kompor sedang dan tidak terlalu besar. Kambing sebaiknya digulingkan dengan perlahan-lahan lalu sesekali diolesi dengan bumbu yang telah disiapkan. Proses penggulangan kambing hingga matang bisa memakan waktu sekitar 6-8 jam tergantung pada besar kecilnya kambing.

5. Penyajian Kambing Guling

Setelah kambing matang, angkat lalu taruh di sebuah papan kayu yang telah disiapkan. Kambing dapat disajikan dengan aneka macam lauk lain seperti nasi, sambal serta urap. Jangan lupa untuk menyediakan saus kacang atau kecap untuk teman makan kambing guling.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Resep Kambing Guling. Nantikan informasi selanjutnya meliputi resep makanan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian yang ingin memasak kambing guling rumahan, khas arab dan sebagainya.

Bagikan:

DekorumaShopee