DekorumaShopee

15 Cara Membuat Manisan Dari Agar agar Tanpa Dijemur

Cara Membuat Manisan Dari Agar agar

Cara Membuat Manisan Dari Agar agar – Salah satu makanan ringan yang paling disukai oleh banyak orang. Terlebih lagi, manisan yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti agar-agar, membuatnya semakin diminati. Selain terasa lezat, manisan yang terbuat dari agar-agar memiliki keistimewaan yaitu lebih sehat karena tidak menggunakan bahan pengawet atau pewarna tambahan.

Sebelum memulai membuat manisan agar-agar, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak manisan agar agar antara lain air, air perasan jeruk, gula pasir, garam, agar-agar bubuk, dan bahan pendamping seperti buah-buahan atau cokelat serut, untuk memberikan rasa dan aroma yang lebih menyegarkan.

Sama halnya dengan cara membuat carica tahan lama dikarenakan membutuhkan bahan atau resep rahasia. Oleh karena itu agar makanan tersebut cepat mengeras dapat menggunakan beberapa bahan tambahan lainnya seperti contoh gula atau air perasan jeruk.

Hal tersebut akan meningkatkan cita rasa sempurna bahkan orang yang mengkomsumsi akan terheran. Akan tetapi harus dilengkapi dengan proses pembuatan baik dan benar. Tidak perlu khawatir kami telah menyediakan beberapa cara membuat manisan dari agar agar cepat kering.

Resep Manisan Dari Agar agar

manisan agar agar tidak dijemur

Manisan adalah salah satu jenis makanan ringan populer di Indonesia. Salah satu makanan ini memiliki ciri khas rasa manis dan biasanya terbuat dari buah-buahan, seperti mangga, nangka, nanas, pepaya, dan masih banyak lagi.

TenzoLiving

Jika ingin menghasilkan cita rasa lezat seta manis harus menggunakan resep bahan rahasia dari beberapa chef proffesional. Berikut ini akan membahas resep manisan agar agar enak serta mudah untuk dibuat.

BahanJumlah
Agar-agar bubuk putih2 sendok makan
Santan kelapa500 ml
Gula pasir150 gram
Garam1/4 sendok teh
Air1 liter
Kelapa parut100 gram

Cara Membuat Manisan Dari Agar agar

proses membuat manisan agar cepat keras

Salah satu makanan menggunakan resep agar agar buah adalah salah satu makanan penutup yang enak dan menyegarkan, khususnya di musim panas. Cara membuatnya juga cukup mudah dan tidak memerlukan bahan-bahan yang sulit didapat.

Agar proses pembuatan berjalan lancar maka membutuhkan langkah-langkah tepat. Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana dalam membuat manisan agar agar buah.

1. Siapkan Buah-buahan

Bersihkan buah-buahan tersebut sebelum dipotong-potong. Pertama potong buah menjadi kecil-kecil sesuai selera. Setelah membuat agar-agar kita bisa menambahkan buah tadi pada saat agar-agar belum mengeras.

2. Masak Agar agar

Cara kedua yaitu didihkan air, lalu masukkan gula pasir dan aduk hingga larut. Setelah itu, masukkan agar agar bubuk ke dalam panci dan aduk secara perlahan agar tidak menggumpal. Masak dengan api kecil hingga mendidih.

3. Tambahkan Buah Pada Adonan

Setelah adonan sudah mendidih, tambahkan potongan buah lalu aduk rata. Matikan api dan tunggu hingga adonan sedikit dingin sebelum menuangkan pada cetakan agar-agar. Selain itu bisa mencampurkan beberapa jenis buah berbeda.

4. Tunggu Sampai Keras

Setelah itu adonan dituangkan pada cetakan telah di sediakan lalu tunggu hingga mengeras. Setelah itu langsung bisa disajikan dengan makanan ringan lainnya.

Manfaat Konsumsi Manisan Agar Agar

contoh rasa manisan

Agar Agar memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu, konsumsi agar agar dalam bentuk makanan dapat membantu menghasilkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat dari konsumsi manisan agar agar untuk kebaikkan dalam tubuh ataupun sekitarnya.

1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Agar agar memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga agar agar dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan dan melancarkan buang air besar. Hal ini terjadi karena serat yang terdapat pada manisan dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dari kotoran yang menempel.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Agar agar juga dapat membantu menjaga kadar gula darah. Konsumsi manisan agar agar dalam porsi yang tepat dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Hal ini sangat bermanfaat terutama bagi penderita diabetes dan orang yang mengalami gangguan metabolisme.

3. Menambah Energi dan Vitalitas

Makanan manis agar agar juga dapat menambah energi dan vitalitas pada tubuh. Karena manisan agar agar terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan pengawet berbahaya, karena dapat mempercepat penyerapan nutrisi oleh tubuh. Memilih kadar tepat dapat menambah stamina dan vitalitas tubuh.

Kesimpulan

Nah jadi kesimpulannya adalah membuat makanan tersebut belum tentu harus menggunakan buah-buahan asli namun bisa menggunakan bahan lainnya. Seperti sudah dijelaskan pada pembahasan di atas bahwa membuat manisan bisa menggunakan bahan agar agar dengan biaya terjangkau.

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Cara Membuat Manisan Dari Agar agar. Nantikan informasi selanjutnya meliputi resep makanan ringan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba membuat manisan di rumah.

Bagikan:

DekorumaShopee