DekorumaShopee

10 Cara Membuat Kue Meuseukat Aceh: Resep & Hiasan

Cara Membuat Kue Meuseukat Aceh

Cara Membuat Kue Meuseukat Aceh – Banyak penggemar kuliner di Indonesia yang tak asing lagi dengan keunikan dan kelezatan dari masakan Aceh. Salah satu hidangan khas dari daerah ini adalah kue meuseukat. Kue meuseukat Aceh memiliki bentuk dan rasa yang sangat unik, memikat lidah siapa saja yang mencicipinya.

Berbeda dengan beberapa kue lainnya yang bisa ditemukan di pasar tradisional atau kafe-kafe yang menjual kue tradisional, kue meuseukat Aceh lebih dikenal sebagai hidangan khas rumahan dan acara-acara khusus di Aceh. Tidak heran jika banyak orang di luar Aceh belum mengenal kue lezat ini.

Sama halnya dengan resep kue sultana membutuhkan beberapa bahan rahasia agar menghasilkan cita rasa enak. Selain itu harus memberikan hiasan pada kue untuk meningkatkan daya tarik pembeli.

Perlu diketahui untuk membuat kue meusekat harus mengetahui langkah-langkah membuatnya agar adonan dapat mengental. Jika membutuhkan cara membuat kue tersebut silahkan ikuti pembahasan dibawah ini.

Bahan Kue Meuseukat Aceh

bahan Kue Meuseukat Aceh

Kue Meuseukat Aceh adalah salah satu kuliner khas Aceh sangat populer di kalangan masyarakat. Rasanya manis dan legit membuat kue ini banyak disajikan sebagai hidangan penutup atau camilan di berbagai acara.

TenzoLiving

Berikut adalah resep cara membuat kue Meuseukat Aceh lezat dapat dicoba di rumah.

  1. 500 gram tepung ketan
  2. 600 ml air matang
  3. 200 gram gula merah, serut dan campur dengan 1/4 sendok teh garam
  4. 50 gram kelapa parut kasar, kukus sampai matang
  5. Daun pisang untuk membungkus

Cara Membuat Kue Meuseukat Aceh

adonan kue Meuseukat

Kue Meuseukat Aceh adalah salah satu kue tradisional Aceh memiliki tekstur lembut dengan rasa manis khas. Kue ini biasanya disajikan bersama dengan teh hangat pada saat berkumpul bersama keluarga atau pada saat ada acara pernikahan. Tidak butuh waktu lama-lama berikut ini adalah cara membuat kue meuseukat.

  1. Siapkan bahan-bahan terlebih dahulu.
  2. Kocok telur serta gula pasir dengan mixer hingga berwarna putih pucat atau mengembang.
  3. Tambahkan margarin, garam atau vanili bubuk. Aduk kembali hingga tercampur rata.
  4. Masukkan tepung terigu secara bertahap lalu aduk hingga rata. Lalu tambahkan air secara bertahap sambil terus diaduk hingga tercampur rata.
  5. Bagi adonan menjadi dua bagian. Tambahkan pewarna makanan pada salah satu bagian adonan serta aduk hingga warnanya merata.
  6. Siapkan wadah sudah diolesi margarin serta taburi dengan tepung terigu. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin. Tuang adonan putih pada loyang, lalu tuang adonan berwarna merah di atas adonan putih.
  7. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius selama 10 menit. Lalu panggang adonan kue Meuseukat Aceh selama 40-50 menit atau hingga matang dengan baik.
  8. Saat kue sudah matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin terlebih dahulu.
  9. Setelah itu, campurkan susu kental manis dengan sedikit air. Oleskan pada kue Meuseukat Aceh secara merata.

Cara Menghidangkan Kue Meuseukat

hiasan kue Meuseukat

Kue Meuseukat adalah makanan tradisional khas terbuat dari beras ketan. Rasanya yang manis serta lembut membuat kue ini menjadi salah satu makanan yang digemari di Aceh.

Namun, seringkali kue Meuseukat yang dibuat di rumah menjadi keras setelah beberapa jam atau bahkan tidak enak ketika disajikan. Berikut adalah beberapa tips untuk menghidangkan kue Meuseukat agar tetap empuk.

1. Simpan Kue pada Wadah yang Tepat

Setelah kue Meuseukat dingin, simpanlah kue dalam wadah yang tertutup rapat. Hindari menyimpan kue dalam wadah plastik tidak baik untuk kue karena membuat kue menjadi lembab dan membuat kue menjadi cepat basi. Oleh karena itu, disarankan untuk menyimpan kue dalam wadah kaca atau keramik yang memperbolehkan kue tetap kering serta empuk.

2. Jangan Memotong Kue Sebelum Disajikan

Ketika disajikan, jangan potong kue Meuseukat sebelum semua orang siap untuk memakannya. Kue Meuseukat memiliki tekstur lembut dan gampang rusak ketika dipotong, sehingga membuat kue menjadi cepat kering dan keras. Jika memungkinkan, sajikan kue di piring individu dan minta tamu untuk memotong kue mereka sendiri.

3. Tambahkan Bahan Empuk

Untuk membuat kue Meuseukat tetap empuk, tambahkan beberapa bahan empuk seperti santan atau susu cair. Saat menyiapkan adonan, tambahkan sedikit santan atau susu ke dalam adonan untuk membuat kue menjadi lembut. Selain itu juga bisa menambahkan sedikit minyak kelapa atau margarin ke dalam adonan untuk membuat kue menjadi lebih lembut dan mudah meleleh di mulut.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, cara membuat kue meuseukat Aceh tidaklah sulit jika sudah mengetahui bahan-bahan dan langkah-langkah benar. Kue meuseukat ini merupakan salah satu makanan ringan tradisional sangat menggugah selera, terutama bagi menyukai rasa manis.

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Cara Membuat Kue Meuseuket Aceh. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan dari resep kue lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba membuat kue tersebut di rumah.

Bagikan:

DekorumaShopee