8 Cara Membuat Jamu Manjakani di Rumah Untuk Wanita 2024

cara membuat jamu manjakani di rumah

Cara Membuat Jamu Manjakani di Rumah – Rahasia kecantikan dan kesehatan para wanita Indonesia terletak pada ramuan tradisional. Jamu terkenal sebagai obat alami yang terbuat dari rempah-rempah bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.

Salah satu jenis jamu menjadi favorit para wanita adalah jamu manjakani. Ramuan ini terbuat dari daun manjakani tumbuh di wilayah Asia Tenggara. Manjakani telah digunakan oleh wanita Indonesia sebagai bahan alami untuk merawat organ intim dan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah keputihan serta kekurangan gairah.

Tidak perlu khawatir jika kesulitan untuk menemukan jamu manjakani di toko-toko jamu, karena bisa membuatnya sendiri di rumah. Tidak perlu banyak bahan hanya perlu menyediakan daun manjakani serta beberapa bahan alami lainnya.

Selain itu ada bahan membuat carica di rumah dan memiliki berbagai macam manfaat untuk organ tubuh. Begitu juga dengan jamu manjakani memiliki khasiat luar biasa. Agar bisa membuat jamu manjakani dirumah, silahkan ikuti pembahasan dibawah ini.

Bahan-bahan Membuat Jamu Manjakani di Rumah

bahan jamu manjakani

Jamu manjakani adalah salah satu minuman tradisional berasal dari Indonesia. Jamu ini terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kewanitaan. Manfaat dari jamu manjakani di antaranya untuk merapatkan dan mengencangkan otot-otot vagina, mengatasi masalah keputihan, meningkatkan gairah seksual, serta mencegah infeksi pada organ intim.

Nah, jika kamu tertarik untuk mencoba membuat jamu manjakani sendiri di rumah, berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan.

  • Daun Manjakani segar
  • Cengkeh
  • Kayu manis
  • Jahe
  • Gula batu
  • Air Matang

Cara Membuat Jamu Manjakani di Rumah

jamu manjakani

Setelah melihat beberapa bahan membuat jamu tersebut maka langkah selanjutnya harus mengetahui proses pengolahan baik dan benar. Perlu diketahui untuk proses membuat manjakani membutuhkan waktu sekitar 1 jam ataupun 30 menit agar menjadi jamu berkualitas.

Apabila sudah tidak sabar ingin membuat manjakani di rumah, berikut dibawah ini adalah langkah-langkahnya.

1. Pilih Manjakani

Langkah pertama dalam membuat jamu manjakani adalah memilih daun manjakani berkualitas. Selanjutnya bisa mencari daun manjakani di pasar tradisional atau toko rempah-rempah terdekat. Pilih daun manjakani masih segar atau belum terlalu banyak mengering.

3. Bersihkan Manjakani

Selanjutnya, bersihkan daun manjakani dengan air bersih. Pastikan daun terbebas dari kotoran dan debu.

4. Rendam Manjakani

Setelah itu, rendam daun manjakani dalam air selama 10-15 menit. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun manjakani.

4. Tumbuk Daun Manjakani

Setelah direndam, sisihkan daun manjakani serta tiriskan. Kemudian tumbuk daun manjakani dengan menggunakan alat tumbuk atau juga bisa menggunakan blender. Tumbuklah daun manjakani sampai halus serta berubah menjadi bubuk.

5. Siapkan Bahan

Kemudian, siapkan semua bahan dibutuhkan untuk membuat jamu manjakani. Perlu diketahui memerlukan air, gula merah, air jeruk nipis atau kayu manis.

6. Rebus Semua Bahan

Rebus air dalam panci hingga mendidih, tambahkan kayu manis atau aduk rata. Setelah itu, masukkan gula merah dan aduk rata. Tunggu hingga gula merah larut dalam air rebusan.

7. Tambahkan Bubuk Manjakani

Setelah itu, tambahkan bubuk manjakani telah tumbuk sebelumnya ke dalam air rebusan. Aduk rata hingga bubuk manjakani larut dalam air rebusan. Matikan api dan tambahkan air jeruk nipis ke dalam adonan.

8. Selesai

Sekarang, jamu manjakani buat siap disajikan. Selain itu dapat menikmatinya dalam keadaan hangat atau dingin. Jangan lupa untuk menyaring jamu manjakani sebelum disajikan agar tidak ada serbuk manjakani masuk ke dalam minuman.

Manfaat Jamu Manjakani

manfaat jamu manjakani

Jamu manjakani adalah minuman herbal alami berasal dari Indonesia serta biasanya digunakan oleh wanita untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan terkait dengan organ intim mereka. Jamu manjakani sendiri terbuat dari ekstrak manjakani merupakan tanaman liar tumbuh di hutan-hutan Indonesia.

Tanaman manjakani memiliki banyak manfaat untuk kesehatan organ intim wanita atau dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti keputihan, gatal-gatal, radang, bau tidak sedap, serta membantu meningkatkan gairah seksual. Berikut adalah beberapa manfaat konsumsi jamu manjakani bagi kesehatan wanita.

1. Mengatasi Keputihan

Salah satu manfaat utama dari konsumsi jamu manjakani adalah untuk mengatasi keputihan. Keputihan adalah masalah kesehatan sangat umum pada wanita atau dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau gatal-gatal di area vagina. Jamu manjakani dapat membantu mengatasi keputihan secara alami, sehingga area vagina menjadi lebih sehat.

2. Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Jamu manjakani juga dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap pada area vagina. Bau tidak sedap pada area vagina biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamu manjakani mengandung zat-zat alami dapat membantu membunuh bakteri tersebut serta menghilangkan bau tidak sedap.

3. Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

Jamu manjakani dapat membantu menjaga kesehatan organ intim wanita dengan cara memperbaiki dan memperkuat dinding-dinding vagina. Seiring dengan bertambahnya usia, dinding-dinding vagina wanita bisa menjadi lemah atau rapuh, sehingga memungkinkan bakteri masuk menyebabkan infeksi atau gangguan kesehatan lainnya. Dengan konsumsi jamu manjakani secara teratur, dinding-dinding vagina bisa diperkuat dan kesehatan organ intim wanita bisa terjaga.

4. Meningkatkan Gairah Wanita

Selain manfaat kesehatan, konsumsi jamu manjakani juga bisa membantu meningkatkan gairah seksual wanita. Jamu manjakani mengandung senyawa alami bisa membantu meningkatkan aliran darah ke area genital wanita, sehingga meningkatkan sensitivitas serta gairah seksual. Banyak wanita telah mencoba jamu manjakani atau melihat peningkatan dalam aktivitas seksual dan kepuasan seksual mereka.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Cara Membuat Jamu Manjakani di Rumah. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan pembuatan jamu lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk wanita yang ingin meningkatkan kesuburan.

Bagikan: