DekorumaShopee

10 Cara Masak Kerang Rebus Sambal Kecap Sederhana

Cara Masak Kerang Rebus Sambal Kecap

Cara Masak Kerang Rebus Sambal Kecap – Sajian makanan laut memang selalu menjadi primadona bagi banyak orang di seluruh dunia termasuk Indonesia. Salah satu hidangan yang paling disukai yaitu kerang, makanan yang mudah dimasak dan memiliki cita rasa yang lezat. Salah satu cara masak kerang yang mudah dan praktis yaitu dengan merebusnya dan menyajikannya dengan sambal kecap.

Kerang rebus sambal kecap ini sangat sering dijadikan sebagai makanan pelengkap di restoran-restoran seafood di Indonesia. Namun kini, kamu juga bisa mencoba masak di rumah dan menikmati hidangan yang lezat ini bersama keluarga tercinta.

Selain itu ada jenis kerang hijau dapat dimasak serta disajikan bersama keluarga. Apabila tertarik ingin membuat kerang hijau silahkan lihat resep kerang hijau asam manis pedas. Karena cita rasa kerang hijau ataupun kerang rebus harus ditambahkan dengan rasa pedas ataupun asam.

Tidak hanya itu saja untuk menghasilkan cita rasa enak sebaiknya gunakan cara masak sesuai dengan rekomendasi chef proffesional. Nah karena chef proffesional jarang memberikan cara maska kerang rebus, kami telah menyediakan beberapa cara serta resep rahasia pada pembahasan dibawah ini.

Cara Masak Kerang Rebus Sambal Kecap

cara membuat keras rebus

Kerang rebus sambal kecap adalah hidangan laut terenak yang sangat terkenal di Indonesia. Menyantap kerang rebus terkadang cukup membosankan, tetapi ketika dilengkapi dengan sambal kecap, maka akan menghasilkan cita rasa yang lebih istimewa. Sambal kecap yang dipadukan dengan kerang rebus memberikan cita rasa gurih, pedas dan segar

TenzoLiving

Oleh karena itu untuk menghindari gagal menghasilkan cita rasa leza serta enak harus melihat cara masak benar. Selain itu harus memperhatikan peralatan seperti contoh wajan, kompor dan sebagainya sebagai alat pendukung masak kerang rebus. Berikut kami telah menyiapkan beberapa cara masak kerang rebus sambal kecap dibawah ini.

  • Langkah pertama masak yaitu harus memilih kerang segar pada minimarket ataupun pasar tradisional. Perlu diketahui untuk harga kerang rebus bisa mencapai Rp. 20.000 hingga Rp. 50.00 per kg.
  • Setelah di beli silahkan lakukan pembersihan kerang sebelum dimasak dengan cara membilas menggunakan air dingin mengalir. Hal tersebut berguna untuk menghilangkan kotoran ataupun pasir yang menempel.
  • Berikut jika selesai di bersihkan silahkan rebus air sampai mendidih menggunakan wajan. Selain itu tambahkan sedikit garam disaat air sudah mendidih.
  • Apabila sudah mendidih silahkan masukkan kerang dan masak selama 5 samapi 7 menit hingga kerang terbuka. Jika sudah matang silahkan angkat dan di inginkan sebentar.
  • Selanjutnya masak atau buat sambal kecap dengan mencampurkan kecap manis, cabai cincang serta bawang putih. Untuk menghilangkan rasa amis silahkan gunakan jeruk nipis secukupnya.
  • Jika sudah, campurkan kerang rebus dengan sambal kecap, setelah itu langsung aduk sampai merata. Jika sudah silahkan sajikan dengan nasi putih panas ataupun sayuran lainnya.

Resep Kerang Rebus Sambal Kecap

bahan kerang rebus kecap

Menikmati hidangan kerang rebus sambal kecap bisa menjadi pilihan yang tepat di waktu senggang. Jangan lupa untuk mencari tempat yang tepat untuk menikmati hidangan ini, termasuk memilah-milah kerang yang baik untuk memastikan hidangan yang kita santap benar-benar menggugah selera.

Resep harus dibutuhkan untuk membuat kerang rebus sambal kecap ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di toko-toko bahan makanan terdekat. Dalam resep ini, kita membutuhkan kerang berkualiatas segar dan masih hidup, bawang putih, cabai, jeruk nipis, kecap manis, garam, dan air.

Berikut adalah resep dan cara masak kerang rebus sambal kecap, yang bisa kita coba di rumah. Sebelum masak, pastikan kita sudah mencuci kerang dengan bersih, membuang kerikil dan membuang kerang yang sudah mati.

  • 500 gram kerang
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 1 sendok makan susu kental manis
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan kecap asin
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • 400 ml air

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, cara masak kerang rebus sambal kecap sudah dibahas adalah salah satu resep masakan agar mudah untuk dipraktikkan. Selain itu, bahan-bahan agar dibutuhkan mudah ditemukan dan dapat diolah dengan cepat. Namun, dalam masak kerang rebus ini kita harus memerhatikan kualitas kerang jika akan diolah. Selain itu harus memilih kerang berkualitas atau segar serta tidak busuk agar tidak menimbulkan bahaya kesehatan bagi konsumen.

Selain itu, dengan menambahkan sambal kecap sebagai pelengkap, tentunya akan menambah cita rasa sebagai penyedap masakan tersebut. Sambal kecap disebut-sebut sebagai bumbu andalan dalam masakan Indonesia yang akan menambah selera makan kita.

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Cara Masak Kerang Rebus Sambal Kecap. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan dari resep makanan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin masak kerang rebus di rumah.

Bagikan:

DekorumaShopee