DekorumaShopee

20 Resep Ayam Woku Tanpa Kemangi Chef Juna

resep ayam woku tanpa kemangi

Resep Ayam Woku Tanpa Kemangi – Salah satu makanan tersebut memang sangat terkenal di Sulawesi Utara. Woku sendiri merupakan bumbu khas dari Sulawesi Utara yang terbuat dari rempah-rempah alami seperti cabai, jahe, kunyit, serai, dan bawang merah. Selain ayam, orang-orang juga biasa membuat ikan woku yang tidak kalah enak.

Namun, bagi mereka yang tidak terlalu menyukai rasa kemangi pada masakan, bisa mencoba resep ayam woku tanpa kemangi. Rasa woku tetap terasa enak serta sedap, namun tanpa rasa kemangi maka cenderung rasanya lebih kuat. Jadi tidak perlu khawatir untuk pecinta ayam woku walaupun tanpa kemangi.

Sama halnya dengan resep ayam suwir bali tanpa santan dikarenakan beberapa orang tidak boleh makan santan. Walaupun menghilangkan salah satu resep tetap saja rasa masih sama. Begitu juga dengan ayam woku tanpa kemangi apalagi beberapa chef telah mencobanya.

Apabila ada dari kalian ingin mencoba membuat ayam woku tanpa kemangi harus mengetahui beberapa bahan-bahan rahasia dari chef juna secara langsung. Tidak butuh waktu lama-lama berikut ini adalah resep serta cara memasak ayam woku tanpa kemangi.

Resep Ayam Woku Tanpa Kemangi

bahan ayam woku tanpa kemangi

Resep ayam woku tanpa kemangi adalah masakan khas Manado kaya akan bumbu serta rempah tradisional yang membuat masyarakat Indonesia menyukainya. Perlu diketahui untuk membuatnya membutuhkan beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu.

TenzoLiving

Selain bahan, resep juga penting di setiap makanan agar menambahkan cita rasa lebih lezat serta gurih. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan dalam resep ayam woku tanpa kemangi.

– 500 gram dada ayam, potong kecil-kecil
– 5 cabai merah besar
– 10 buah cabai rawit, iris serong
– 5 lembar daun jeruk, ambil bagian tengahnya
– 3 batang serai, memarkan
– 4 cm lengkuas, memarkan
– 5 siung bawang putih, iris halus
– 5 siung bawang merah, iris halus
– 2 tomat ukuran sedang, potong dadu
– 1 sdt garam
– 1 sdt gula pasir
– 1 lembar daun kunyit
– 400 ml air
– 2 sdm minyak untuk menumis

Cara Memasak Ayam Woku Tanpa Kemangi

cara memasak ayam woku

Ayam Woku merupakan hidangan khas dari Sulawesi Utara yang terkenal dengan rasa pedasnya. Salah satu bahan penting untuk membuat hidangan ini adalah daun kemangi yang memberikan rasa segar pada masakan.

Namun, apabila tidak memiliki kemangi di rumah, jangan khawatir karena tetap bisa membuat Ayam Woku yang lezat tanpa menggunakan bahan ini. Berikut ini adalah cara membuat Ayam Woku Tanpa Kemangi.

  1. Pertama-tama, panaskan minyak dalam wajan. Kemudian masukkan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, dan cabai rawit. Aduk rata hingga harum dan bawangnya layu.
  2. Setelah itu, masukkan potongan ayam. Aduk rata hingga ayam berubah warna dan matang sedikit.
  3. Tambahkan daun jeruk, serai, dan lengkuas. Aduk rata hingga bumbu meresap dalam ayam.
  4. Masukkan tomat, daun kunyit, garam, dan gula pasir ke dalam wajan. Aduk rata hingga merata.
  5. Tuangkan air ke dalam wajan dan biarkan semua bahan terendam oleh air. Masak selama 10-15 menit atau hingga kuah meresap dan ayam matang sempurna.
  6. Ayam Woku Tanpa Kemangi siap disajikan dengan nasi putih hangat.

Cara Memasak Ayam Woku Agar Tidak Pahit

menghilangkan bau ayam

Resep ayam woku tanpa kemangi adalah salah satu masakan khas Indonesia yang sangat disukai oleh masyarakat. Aroma bumbunya yang khas menjadikan masakan ini nikmat untuk disantap bersama nasi putih.

Salah satu tips memasak ayam woku yang benar adalah dengan menjaga agar masakan ini tidak menjadi terlalu pahit. Berikut adalah tips memasak ayam woku tanpa kemangi agar tidak pahit.

1. Gunakan Ayam Segar

Untuk mendapatkan hasil masakan yang enak, gunakanlah daging ayam yang masih segar. Daging ayam yang kurang segar dapat membuat masakan lebih cepat busuk dan meninggalkan rasa pahit pada masakan.

2. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Kunyit

Kunyit adalah salah satu bahan bumbu utama dalam masakan ayam woku. Namun, jangan terlalu banyak menggunakannya karena ini dapat membuat masakan menjadi terlalu pahit. Cukup gunakan satu atau dua ruas kunyit saja.

3. Jangan Terlalu Sering di Aduk

Terlalu sering mengaduk masakan dapat membuat bumbu lebih cepat hangus dan menghasilkan rasa pahit pada masakan. Aduk masakan hanya saat diperlukan saja atau setiap lima atau sepuluh menit sekali.

Kesimpulan

Nah jadi kesimpulannya adalah ada salah satu chef yang suka dengan makanan ayam woku yaitu chef juna. Akhirnya beberapa masyarakat Indonesia ingin mencoba memasaknya akan tetapi membutuhkan beberapa resep rahasia. Adanya beberapa resep ayam woku terdapat kemangi namun beberapa orang tidak ingin menggunakan kemangi.

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Resep Ayam Woku Tanpa Kemangi. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan resep makanan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin memasak ayam woku di rumah.

Bagikan:

DekorumaShopee