Insureka1

10 Resep Ayam Goreng Pemuda Khas Surabaya

Resep Ayam Goreng Pemuda

Resep Ayam Goreng Pemuda – Siapa yang tidak suka menyantap ayam goreng renyah dan gurih? Olahan satu ini memang menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia. Namun, tahukah bahwa sekarang ada resep ayam goreng lebih segar dan enak dari biasanya? Ya, inilah resep ayam goreng pemuda tengah viral di media sosial belakangan ini.

Ayam goreng pemuda bukan hanya lezat, tapi juga menyehatkan karena bahan-bahan digunakan sangat segar dan alami. Resep ini berasal dari remaja Indonesia ingin menciptakan cara baru dalam mengolah ayam goreng. Tanpa memakai bahan kimiawi atau pengawet buatan, ayam goreng pemuda sangat aman bagi kesehatan tubuh dan pastinya menjadi alternatif yang baik untuk menu masakan sehari-hari.

Berbicara mengenai raupan rasa, resep ayam goreng pemuda memiliki cita rasa yang khas. Selain itu, ada bumbu khas yang menambah cita rasanya menjadi lebih spesial. Sama halnya dengan resep ayam suwir bali tanpa santan terdapat bahan rahasia.

Setiap resep memang selalu memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Namun, resep ayam goreng pemuda menjadi yang terbaru dan sangan disukai oleh banyak orang. Jika ingin mencoba membuat ayam goreng pemuda, silakan simak pembahasan berikut ini.

Resep Ayam Goreng Pemuda

bahan ayam goreng pemuda

Resep ayam goreng pemuda menjadi salah satu resep masakan yang banyak disukai oleh kalangan masyarakat di Indonesia. Selain karena rasanya yang enak dan gurih, resep ayam goreng pemuda juga sangat mudah dibuat. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep ayam goreng pemuda.

Insureka
  • 500 gram ayam potong sesuai selera
  • 2 batang serai
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 cm lengkuas
  • 5 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam
  • Minyak secukupnya

Cara Membuat Ayam Goreng Pemuda

cara memasak ayam goreng pemuda

Masakan ayam goreng memang sangat populer di Indonesia. Hampir setiap daerah memiliki gaya dan teknik tersendiri dalam mengolah ayam goreng, termasuk Ayam Goreng Pemuda. Ayam Goreng Pemuda merupakan olahan ayam berasal dari daerah Pemuda, Semarang, Jawa Tengah.

Ayam goreng ini terkenal dengan rasa gurih, renyah dan empuk. Berikut adalah cara membuat Ayam Goreng Pemuda garing atau empuk.

  1. Bersihkan dulu ayam dengan air bersih kemudian tiriskan.
  2. Haluskan bawang putih, kemiri, garam, merica, ketumbar.
  3. Olesi ayam dengan bumbu yang telah dihaluskan, lalu diamkan selama minimal 30 menit.
  4. Panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang dan masukkan ayam ke dalam wajan. Jangan terlalu banyak ayam dalam satu waktu. Goreng hingga kecoklatan dan sesekali balik ayam.
  5. Setelah itu, angkat ayam lalu tiriskan.
  6. Tambahkan serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas ke dalam minyak sisa penggorengan serta tumis hingga aromanya tercium.
  7. Setelah itu, masukkan kembali ayam ke dalam wajan dan aduk rata. Goreng hingga ayam garing atau empuk.
  8. Sajikan Ayam Goreng Pemuda yang garing atau empuk ini dengan nasi putih hangat dan sambal sesuai selera.

Resep Ayam Goreng Pemuda Khas Surabaya

resep ayam goreng surabaya

Ayam goreng pemuda adalah salah satu hidangan khas Indonesia sangat populer di kalangan masyarakat. Dengan rasa rempah yang kuat serta tekstur daging ayam empuk, membuat ayam goreng pemuda menjadi pilihan tepat untuk hidangan sehari-hari maupun saat momen spesial. Berikut adalah tips dan variasi menu ayam goreng pemuda dapat membuat hidangan ayam goreng pemuda menjadi lebih lezat.

Agar hidangan ayam goreng pemuda semakin sedap, ada beberapa tips sederhana yang harus perhatikan saat menyajikan hidangan ini, antara lain:

  • Siapkan bahan-bahan berkualitas, serta pastikan untuk membersihkan semua bagian ayam sebelum diolah
  • Marinasi ayam dengan rempah-rempah serta bumbu sesuai selama beberapa jam atau semalaman sehingga rempah bisa meresap sempurna
  • Gunakan minyak goreng cukup banyak, agar ayam goreng tidak terlalu kering tunggu sampai garing
  • Sajikan ayam goreng pemuda dengan nasi panas, lalapan segar, sambal lalu taburan bawang goreng sebagai pelengkap
  • Selain itu juga bisa menambahkan saus pedas atau kecap manis sebagai pelengkap hidangan

Sambal Ayam Goreng Pemuda

sambal ayam goren surabaya

Setelah melihat beberapa resep ayam goreng khas surabaya tentu saja ingin menggunakan rasa berbeda. Selain ayam goreng pemuda biasa, terdapat beberapa variasi menu ayam goreng pemuda bisa coba di rumah, antara lain.

1. Ayam Goreng Pemuda Rasa Pedas

Ayam goreng pemuda rasa pedas adalah varian ayam goreng pemuda diberi tambahan cabai merah atau cabe rawit telah dihaluskan untuk memberikan cita rasa pedas. Campuran rempah bumbu pedas cocok untuk lidah pecinta makanan pedas.

2. Ayam Goreng Pemuda Isi Keju

Untuk membuat variasi menu ayam goreng pemuda isi keju bisa menambahkan potongan keju yang meleleh saat ayam digoreng. Keju memberikan cita rasa gurih yang berbeda pada ayam goreng pemuda.

3. Ayam Goreng Pemuda Saos Tomat

Dengan menambahkan saos tomat, ayam goreng pemuda akan memiliki rasa sedikit asam manis. Karena bisa menambahkan saos tomat ala rumahan dibuat dengan tomat sudah dihaluskan tambahkan sedikit gula.

Kesimpulan

Dengan demikian, resep ayam goreng pemuda ini tentunya adalah pilihan tepat bagi ingin memasak hidangan lezat serta sehat. Dengan mempelajari teknik pengolahan atau bahan-bahan dibutuhkan bisa membuat ayam goreng pemuda berkualitas serta bergizi.

Sekian pembahasan dari stkipmktb.ac.id mengenai Resep Ayam Goreng Pemuda. Nantikan informasi selanjutnya meliputi pembahasan resep makanan lainnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mencoba memasak ayam goreng tersebut di rumah.

Bagikan:

Insureka1