Apa Itu Sunscreen, Kenali Fungsinya dan Cara Penggunaannya

Apa itu Sunscreen

Apa Itu Sunscreen – Sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit yang cukup populer di dunia kecantikan. Produk ini banyak digunakan oleh para wanita maupun pria untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

Sunscreen merupakan produk yang digunakan untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sinar matahari terdiri dari sinar UV-A dan UV-B yang bisa menyebabkan kulit terbakar, penuaan dini, bahkan kanker kulit.

Oleh karena itu, penggunaannya sangat penting untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari. Pemilihan yang tepat sangat penting untuk mendapatkan perlindungan yang optimal.

Penggunaannya sangat penting untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari. Namun, tahukah Anda apa itu sunscreen? Bagaimana cara kerjanya dan bagaimana cara memilih yang tepat? Simak ulasan dari stkipmktb.ac.id berikut ini.

Pengertian Sunscreen

Pengertian Sunscreen

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang dibuat khusus untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya bagi kesehatan kulit manusia. Sunscreen berbentuk krim, lotion, atau spray yang dapat diaplikasikan pada kulit sebelum terpapar sinar matahari.

Sinar matahari yang terdiri dari sinar ultraviolet A (UVA) dan sinar ultraviolet B (UVB) dapat memberikan efek yang buruk pada kulit kita seperti penuaan dini, kanker kulit, atau bahkan terbakar. Oleh karena itu, pemakaiannya sangat penting sebagai tindakan pencegahan terhadap perubahan kulit yang tidak diinginkan.

Fungsi Utaman Sunscreen

Fungsi Utaman Sunscreen

Fungsi utamanya adalah melindungi kulit dari radiasi UV dan membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Selain itu juga membantu menjaga kulit tetap lembab dan menghambat produksi melanin, yang memberi pigmen pada kulit. Beberapa di antaranya juga sudah dilengkapi dengan bahan aktif yang membantu melindungi kulit dari polusi dan efek radiasi sinar biru dari gadget.

Tahukah Anda Bahwa Sinar UV Bisa Berbahaya?

Siapa yang tidak suka berjemur di pantai atau di taman pada hari yang cerah? Tapi, tahukah Anda bahwa kulit kita rentan terhadap bahaya sinar UV (ultraviolet)? Sinar UV merusak DNA dalam sel kulit, dan juga dapat merusak kolagen dan serat elastin, yang menyebabkan keriput dan penuaan dini. Tidak hanya itu, paparan sinar UV juga dapat menyebabkan kerusakan sel kulit yang berpotensi berkembang menjadi kanker kulit.

Tips Memilih Sunscreen

Untuk memilih yang mampu bekerja optimal pada kulit anda, Anda perlu mengenali terlebih dahulu kulit anda agar dapat menggunakannya dengan maksimal. Maka dari itu, penggunaan pelindung sinar matahari sangat penting untuk menjaga kulit dari kerusakan sinar UV. Bagaimana cara memilih yang tepat?

  • Pilihlah yang memiliki SPF (Sun Protection Factor) tinggi. SPF adalah ukuran dari seberapa baik dapat melindungi kulit dari sinar UVB. SPF 30 adalah pilihan yang baik, karena dapat melindungi kulit dari 97% sinar UVB. Namun, untuk seseorang dengan kulit sensitif atau kulit yang mudah terbakar, SPF 50 atau lebih tinggi dapat memberikan perlindungan yang lebih baik.
  • Pilihlah yang mengandung bahan aktif seperti oksibenson, avobenzone, atau ecamsule. Bahan-bahan ini membantu melindungi kulit dari sinar UVA, yang dapat merusak kolagen, dan menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit.
  • Pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit kering, pilihlah s yang mengandung bahan-bahan pelembap. Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilihlah yang tidak mengandung minyak atau tidak menyumbat pori-pori.
  • Pilihlah yang mudah meresap dan tidak lengket. Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada penggunaan yang lengket atau berat di kulit. Pilihlah yang mudah meresap dan terasa ringan di kulit.
  • Pastikan Anda menggunakannya dengan cukup. Kunci dari pelindung sinar matahari yang efektif adalah penggunaan yang secukupnya. Gunakan lebih banyak pada bagian tubuh yang lebih rentan terhadap sinar matahari seperti wajah, leher, bahu, dan punggung.

Kenali Jenis-jenis Sunscreen yang Tersedia di Pasaran

Kenali Jenis jenis Sunscreen yang Tersedia di Pasaran

Perlindungan terhadap sinar UV merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Tabir surya adalah produk yang digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari dan membantu mencegah terjadinya kerusakan kulit seperti penuaan dini, kerusakan sel-sel kulit, dan kanker kulit. Berikut ini adalah beberapa jenisnya yang tersedia di pasaran:

1. Sunscreen Lotion

Jenis lotion mungkin adalah jenis yang paling banyak digunakan. Jenis lotion biasanya memiliki konsistensi yang cukup kental dan melembabkan kulit. Sunscreen lotion dapat diterapkan ke wajah dan tubuh dan berbagai merek sunscreen lotion sudah tersedia di pasaran.

2. Sunscreen Spray

Seperti namanya, Jenis spray disemprotkan pada kulit untuk melindungi dari paparan sinar matahari. Sunscreen spray memiliki konsistensi yang lebih cair dibandingkan lotion, sehingga cenderung lebih mudah menyebar secara merata pada kulit. Jenis spray biasanya lebih nyaman digunakan pada bagian tubuh yang sulit dijangkau.

3. Sunscreen Gel

Jenis gel memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan lotion dan biasanya lebih mudah menyebar pada kulit. Jenis gel sangat cocok digunakan pada wajah, terutama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Sunscreen gel juga umumnya tidak meninggalkan rasa lengket pada kulit.

4. Sunscreen Powder

Sunscreen powder hadir dengan bentuk bedak dan sangat mudah diaplikasikan. Jenis powder biasanya memiliki kandungan zinc oxide dan titanium dioxide yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV. Sunscreen powder juga cocok digunakan untuk touch up pada bagian wajah yang terpapar sinar matahari sepanjang hari.

5. Sunscreen Stick

Sunscreen stick biasanya berbentuk stick atau lip balm, dan mudah dibawa ke mana saja. Selain itu juga cocok digunakan untuk melindungi bagian-bagian kecil pada tubuh seperti bibir, hidung, dan telinga. Jenis stick juga mudah digunakan dan tidak meninggalkan noda pada pakaian.

6. Sunscreen Tinted Moisturizer

Sunscreen tinted moisturizer adalah kombinasi antara sunscreen dan pelembap dengan sedikit pigmentasi. Sunscreen tinted moisturizer biasanya digunakan pada wajah dan biasanya mengandung SPF15 hingga SPF50, tergantung mereknya. Dengan menggunakan tinted moisturizer, kulit Anda tidak hanya akan terlindungi dari sinar matahari tetapi juga akan terlihat lebih merata dan berkilo.

Cara Menggunakan Sunscreen yang Benar agar Tidak Membahayakan Kulit

Cara Menggunakan Sunscreen yang Benar agar Tidak Membahayakan Kulit

Saat ini, penggunaanya sangat direkomendasikan oleh dokter kulit sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit. Namun, penggunaan yang tidak tepat bisa jadi malah membahayakan kulit. Berikut ini adalah beberapa tips tentang cara menggunakannya dengan benar agar tidak membahayakan kulit:

1. Pilihlah Sunscreen dengan SPF Yang Tepat

SPF adalah singkatan dari sun protection factor. Ini menunjukkan seberapa banyak dari sinar UVB yang dapat disaring oleh sunscreen. Semakin tinggi SPF, semakin banyak perlindungan yang diberikan. Bagi mereka yang tinggal di daerah dengan sinar matahari yang sangat terik, disarankan untuk menggunakannya dengan SPF 50 atau lebih.

2. Kenali Jenis Kulitmu

Kulit manusia terdiri dari beberapa jenis, seperti kulit sensitif, berminyak, dan kering. Kenali jenis kulitmu, karena jenis kulit yang berbeda memerlukan jenis dan formula yang berbeda pula. Gunakan yang cocok untuk kulit sensitif mungkin belum tentu cocok untuk kulit yang berminyak, begitu pula sebaliknya.

3. Oleskan Sunscreen dengan Benar

Saat mengoleskan, pastikan kulitmu dalam keadaan bersih dan kering. Oleskan di seluruh tubuh yang tidak tertutup pakaian atau aksesoris. Jangan lupa untuk mengoleskan pada area yang sering terlewatkan, seperti telinga, leher, dan punggung tangan. Setelah mengoleskan, tunggu beberapa menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

4. Gunakan Kembali Sunscreen Setiap Dua Jam Sekali

Sunscreen tidak bisa bertahan sepanjang hari. Oleh karena itu, penggunaannya harus diulang setiap dua jam sekali (terutama jika Anda berada di luar ruangan) agar tetap memberikan perlindungan yang optimal. Gunakan secara teratur selama musim panas atau ketika cuaca sangat terik sepanjang tahun.

5. Perhatikan Jadwal Kadaluarsa Sunscreen

Pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa sebelum menggunakannya. Sunscreen yang kadaluarsa mungkin tidak lagi efektif dalam melindungi kulit dari sinar UV.

Kesalahan Umum dalam Menggunakan Sunscreen yang Harus Diwaspadai

Tidak memperhatikan prosedur penggunaan akan sangat merugikan dalam penggunannya. Apa itu Prosedur penggunaan? artinya gunakan sesuai petunjuk dalam kemasan, nah berikut ini adalah kesalahan Umum menggunakannya yang harus di waspadai.

1. Menggunakan Jumlah yang Tidak Cukup

Kesalahan umum yang pertama adalah menggunakan jumlah yang tidak cukup. Sebagai panduan, gunakan secukupnya pada lengan dan kaki sebanyak 2 per 4 cm, sedangkan untuk wajah sebanyak 1,2 gr atau seukuran kacang hazelnut. Jika Anda menggunakan jumlah yang kurang, maka perlindungan dari sinar UV juga akan berkurang dan Anda akan terkena dampak buruk sinar matahari seperti sunburn atau kulit gosong.

2. Tidak Mengaplikasikan pada Bagian yang Terlindungi

Kesalahan umum lainnya adalah tidak mengaplikasikan pada bagian kulit yang terlindungi oleh pakaian atau topi. Bagian ini sering kali diabaikan karena dianggap sudah terlindungi oleh barang-barang tersebut. Padahal, sinar UV masih bisa masuk melalui bahan pakaian yang tipis atau tidak rapat. Oleh karena itu, pastikan Anda mengaplikasikan pada seluruh bagian kulit yang terpapar sinar matahari.

3. Tidak Mengaplikasikan Sunscreen Sebelum Berangkat Keluar Ruangan

Tidak mengaplikasikan sebelum berangkat ke luar ruangan merupakan kesalahan yang sangat umum. Padahal, sinar UV tetap ada meskipun cuaca sedang mendung. Sebaiknya gunakan setiap kali sebelum berangkat keluar rumah dan ulangi pemakaian setiap 2-3 jam sekali.

4. Tidak Memperhatikan Kandungan pada Sunscreen

Tidak memperhatikan kandungan di dalamnya adalah kesalahan umum lainnya. Beberapa jenis mungkin mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif atau berjerawat. Sebaiknya hindari penggunaan bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

5. Terlalu Bergantung pada SPF

Banyak yang menganggap semakin tinggi SPF di salamnya semakin baik pula perlindungan yang diberikan. Padahal, SPF hanya menghitung perlindungan dari sinar UVB saja. Meski sinar UVA tidak menyebabkan kulit gosong seperti sinar UVB, mereka terus-menerus merusak kulit secara tidak langsung. Untuk itu, sebaiknya pilih yang mengandung bahan pilihan dengan diimbangi antara SPF dan PA agar perlindungan lebih optimal lagi.

6. Tidak Membersihkan Kulit dengan Baik Sebelum Menggunakan Sunscreen

Membersihkan kulit dengan baik sebelum menggunakannya sangat penting agar sunscreen dapat menempel dengan baik. Jangan hanya mengandalkan sabun mandi biasa, sebaiknya gunakan produk pembersih yang diarahkan untuk membersihkan kotoran seperti minyak, kotoran tersembunyi serta sisa kosmetik sebelum mengaplikasikannya agar perlindungan optimal. Membersihkan kulit dengan baik juga dapat membantu mencegah jerawat dan iritasi.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, dapat disimpulkan bahwa menggunakan sunscreen adalah suatu keharusan bagi setiap orang yang ingin melindungi kulit mereka dari bahaya sinar UV. Sunscreen bukan hanya penting dalam menjaga kulit dari sunburn, namun juga dapat membantu mencegah kanker kulit dan kerusakan kulit yang lebih serius.

Dalam memilih sunscreen, pastikan untuk memperhatikan faktor sun protection, tipe kulit, dan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Selalu ingat untuk memakai sunscreen secara teratur dan hindari paparan sinar matahari langsung pada saat terik. Dengan menjaga dan melindungi kulit kita, kita dapat memastikan memiliki kulit sehat dan awet muda selama mungkin. Jangan pernah melewatkan penggunaan sunscreen dalam rutinitas perawatan kulit Anda!

Bagikan: