Insureka1

Biaya Laser Stretch Mark 2024: Zap, Erha, Natasha & Lainnya

Biaya Laser Stretch Mark

Biaya Laser Stretch Mark – Laser stretch mark merupakan proses penghilangan tanda-tanda bekas luka ini semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Bagi sebagian besar perempuan, tampil cantik dan mulus merupakan dambaan setiap individu. Sayangnya, tanda stretch mark yang muncul pada kulit bisa mengurangi rasa percaya diri para perempuan.

Dalam proses penghilangan stretch mark, biaya laser menjadi opsi terbaik yang dipilih oleh banyak orang. Laser jenis ini dinilai efektif dalam menghilangkan bekas luka pada kulit. Dalam beberapa kasus, terapi ini bahkan memiliki kemampuan untuk menghilangkan stretch mark secara permanen.

Dalam proses biaya laser stretch mark, dokter akan menggunakan mesin laser yang berguna untuk menyempurnakan tampilan kulit. Cara kerjanya cukup sederhana. Laser akan mengekspos kulit dengan sinar berenergi tinggi. Sinar tersebut akan merusak jaringan kulit yang bernyawa dan memicu produksi kolagen baru pada kulit. Hal ini memungkinkan kulit menjadi cerah dan halus, seperti keadaan semula.

Meskipun terapi biaya laser stretch mark bukanlah solusi instan untuk menghilangkan tanda bekas luka, prosedur ini sangat efektif dalam memperbaiki tampilan kulit. Hasilnya lebih baik dibandingkan dengan metode apapun yang tersedia di pasaran – termasuk krim penghilang stretch mark, lotion, obat pembelian tanpa resep, hingga metode pengelupasan kulit.

Apa Itu Stretch Mark?

Apa Itu Stretch Mark

Stretch mark atau striata gravidarum adalah garis putih pada kulit umumnya di area lengan, perut, paha, pantat, dan paha akibat peregangan kulit secara cepat dan berlebihan. Sebagian besar wanita hamil, orang yang mengalami peningkatan berat badan drastis, atau yang mempraktikkan aktivitas fisik dalam jangka waktu lama mengalami stretch mark.

Insureka

Tidak semua orang mengalami stretch mark. Kondisi ini biasanya dialami orang yang kulitnya mengandung sedikit kolagen, yaitu protein yang membuat kulit lentur. Stretch mark umumnya muncul karena ukuran tubuh bertambah lebih cepat daripada perkembangan dan elastisitas kulit.

Ketika kulit meregang dengan cepat, lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis, sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. Bila demikian, akan muncul garis atau guratan kemerahan, kadang disertai rasa gatal. Lama-kelamaan garis ini akan berubah menjadi warna putih atau kelabu. Kondisi inilah yang disebut stretch mark.

Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami stretch mark:

  • Kehamilan
  • Peningkatan berat badan yang drastis
  • Masa pubertas
  • Warna kulit terang
  • Adanya riwayat keluarga dengan stretch mark
  • Gangguan kesehatan tertentu, seperti sindrom Marfan atau sindrom Cushing
  • Penggunaan obat-obatan kortikosteroid, seperti hidrokortison atau fluocinolone, yang tidak tepat

Apa Itu Teknologi Laser untuk Stretch Mark?

Teknologi laser untuk stretch mark, adalah prosedur medis non-invasif yang menggunakan teknologi laser untuk menghilangkan stretch mark pada kulit. Proses ini juga dikenal sebagai peremajaan kulit, yang bertujuan untuk meningkatkan tekstur dan tampilan kulit.

Laser tersebut, meresap ke dalam permukaan kulit melalui frekuensi gelombang yang berbeda, sehingga dapat membasmi sel-sel tua dan merangsang pertumbuhan sel-sel kolagen di seluruh area yang dirawat.

Prosedur laser stretch mark juga menjadi opsi yang sangat aman bagi para pasien. Anda perlu memilih tempat yang cocok dan berkualitas tinggi untuk menjalani terapi ini. Pilihlah klinik atau rumah sakit yang memiliki dokter ahli dan terlatih dalam melakukan perawatan laser.

Pastikan juga Anda menggunakan metode ini setelah berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan lain. Agar terapi berjalan dengan aman, sehat, dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun, terdapat beberapa risiko yang perlu dipahami seperti kulit kemerahan, pembengkakan, sering kali gatal, atau bahkan kulit terbakar. Risiko ini terjadi pada beberapa orang yang menyebabkan tubuh kesulitan dalam menangani sinar laser.

Tentu, jika terjadi pada diri Anda, jangan panik dan segera hubungi tim medis atau dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Sehingga tidak ada hal berbahaya yang akan membuat hal tidak diinginkan terjadi.

Jenis Teknologi Laser Untuk Pengobatan Stretch Mark

Teknologi laser terbaru, memberikan beberapa pilihan pengobatan stretch mark, yaitu:

Nama Teknologi LaserFungsi UtamaBiaya Antar 1-3 Kali Sesi
CO2 LaserMeratakan area kulit yang mengalami stretch mark dengan lembutRp. 3.000.000,- – Rp. 6.000.000,-
Fraksional LaserMeratakan garis stretch mark dengan teknologi fraksional terbaruRp. 6.000.000,- – Rp. 15.000.000,-
Pixilation laserMemijat kulit dengan pulsa laser yang difokuskan untuk membebaskan pigmen(silicone) yang mengakibatkan stretch markRp. 2.000.000,- – Rp. 4.000.000,-

Perawatan dengan teknologi laser untuk stretch mark, memerlukan beberapa sesi agar bisa memperoleh hasil yang kompleks dan jangka panjang. Hasil perawatan ini sangat dipengaruhi dari jenis laser yang digunakan, kondisi kulit, dan seberapa jauh sel-sel stretch mark menyebar.

Sekarang kita bisa melihat betapa pentingnya perawatan stretch mark dengan teknologi laser ini. Meskipun biaya laser stretch mark ini tidak murah, hasil yang didapatkan adalah hasil yang efektif dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Selain itu, biaya laser stretch mark yang dibayarkan, sebanding dengan hasil yang diinginkan oleh klien.

Jadi, apakah kamu berminat untuk melakukan perawatan stretch mark dengan teknologi laser? Pastikan, sebelum melakukan, kamu telah berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan kamu, untuk memperoleh hasil yang maksimal dan lebih jelas.

Cara Kerja Laser Pada Stretch Mark?

Stretch mark dapat disebabkan oleh serangkaian faktor termasuk perubahan berat badan yang cepat, kehamilan, dan pertumbuhan pubertas. Kondisi ini bisa sangat sulit untuk diatasi, meskipun dengan begitu banyak produk dan perawatan yang tersedia di pasaran saat ini.

Salah satu metode pengobatan yang mungkin menarik bagi banyak orang adalah penggunaan biaya laser stretch mark. Perawatan laser sebenarnya dapat membantu mengurangi tampilan stretch mark, meskipun total penghilangan mungkin tidak mungkin pada semua kasus.

Lasers dapat membantu meratakan tampilan kulit Anda dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit, yang dapat membantu mengurangi tampilan stretch mark pada permukaan kulit. Ada beberapa jenis laser yang tersedia untuk perawatan stretch mark, dan masing-masing memiliki tentang kecepatan, efektivitas, dan efek samping yang berbeda-beda.

Beberapa jenis laser dan cara kerjanya pada stretch mark antara lain:

Jenis LaserCara KerjaBiaya
Laser AblatifMenghilangkan lapisan kulit berpikir yang terkena stretch mark dan meningkatkan produksi kolagen untuk meningkatkan tampilan kulit di bawahnya.Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000
Harus dilakukan oleh dokter kulit dengan hati-hati untuk menghindari efek samping seperti perdarahan dan infeksi. Waktu pemulihan dapat memakan waktu hingga beberapa minggu dan perawatan dapat diperlukan beberapa kali untuk melihat hasil.
Laser Non-AblatifMenerangi tampilan stretch mark dengan menciptakan luka kecil pada kulit untuk merangsang produksi kolagen baru.Rp 1.000.000 – Rp 2.500.000
Proses ini relatif tidak menyakitkan dan perawatan lebih sedikit dalam durasi tetapi seri perawatan sering diperlukan untuk hasil maksimal.
Fractional LaserMerangsang pertumbuhan sel kulit baru dan menghilangkan sel kulit yang terkena stretch mark pada kulit.Rp 3.000.000 – Rp 7.000.000
Proses injeksi sering kali tidak menyakitkan, tetapi beberapa orang mengalami sedikit ketidaknyamanan dan kulit dapat membengkak dan merah untuk beberapa jam setelah perawatan ini.

Perawatan laser stretch mark sering kali cukup mahal, oleh karena itu pastikan untuk mempertimbangkan dengan baik sebelum membuat keputusan untuk mencoba perawatan ini. Meskipun perawatan laser dapat memperbaiki tampilan stretch mark, tidak semua orang akan mengalami perbaikan yang signifikan, dan hasil yang diinginkan dapat memakan waktu dan serangkaian perawatan untuk dicapai.

Tentunya, selalu penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit profesional sebelum mencoba jenis pengobatan apa pun pada stretch mark Anda. Dokter kulit Anda dapat menyarankan jenis laser yang tepat dan memberikan panduan praktis tentang biaya, waktu pemulihan, dan kemungkinan efek samping yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mencoba perawatan laser stretch mark.

Apakah Perawatan Laser Stretch Mark Aman?

Stretch mark atau bekas garis-garis putih/ungu pada kulit biasanya muncul sebagai akibat dari perubahan yang signifikan pada berat badan, kehamilan, pertumbuhan, dan bahkan penggunaan steroid dalam waktu yang lama.

Meskipun stretch mark tidak merusak kesehatan, beberapa orang merasa risih dan ingin menghapus stretch mark-nya. Salah satu perawatan yang menjadi populer dalam menghilangkan stretch mark adalah perawatan dengan laser.

Perawatan laser stretch mark adalah salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan stretch mark. Laser secara langsung menargetkan kulit yang rusak dan merangsang beredarnya kolagen baru untuk membantu memperbaiki kondisi kulit.

Namun, banyak orang masih datang dengan pertanyaan, apakah perawatan laser stretch mark aman? Jawabannya adalah ya, perawatan laser stretch mark aman. Proses ini melibatkan pemakaian sinar laser ke area yang terkena stretch mark sehingga tidak ada istilah operasi atau memotong kulit.

Akan tetapi, keamanan perawatan laser tergantung pada kualitas dan pengalaman dokter kulit Anda, serta jenis laser yang mereka gunakan. Jangan pernah mengambil risiko dengan mencoba perawatan laser stretch mark melalui perawatan do-it-yourself atau klinik kecantikan yang tidak berkualitas, karena dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Ada beberapa faktor risiko potensial yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan laser. Beberapa orang mungkin mengalami kemerahan atau pembengkakan pada kulit setelah perawatan laser. Ini adalah efek samping umum yang biasanya hilang dalam waktu beberapa hari atau seminggu.

Berikut adalah beberapa faktor risiko potensial yang harus diperhatikan sebelum melakukan perawatan laser stretch mark. Faktor risiko potensial lainnya termasuk perubahan warna kulit, infeksi, dan bekas luka.

Biaya Laser Stretch Mark

Saat ini, laser stretch mark adalah opsi populer untuk menghilangkan atau mengurangi striata gravidarum. Seberapa banyak biaya laser stretch mark? Berikut adalah beberapa harga perkiraan untuk biaya laser stretch mark di beberapa klinik terkemuka di negara kita:

Nama KlinikBiaya SatuanPaket
Klinik BincareRp. 2.500.000,-Rp. 6.250.000,- untuk tiga kali sesi
Klinik MiracleRp. 500.000,- sampai Rp. 1.000.000,- per sesiKisaran harga untuk paket penuh berbeda-beda
Klinik Dokter Olivia OngRp. 1.500.000,- sampai Rp. 3.000.000,- per sesiRp. 8.000.000,- sampai Rp. 14.000.000,- untuk lima kali sesi
Harga Laser stretch mark di NatashaMulai dari Rp 750.000
Harga Laser stretch mark di ZAPMulai dari Rp 750.000
Harga Laser stretch mark di Bening’s ClinicMulai dari Rp 500.000
Biaya Laser stretch mark di ErhaMulai dari Rp 1.000.000

Namun, biaya laser stretch mark mahal atau murah tergantung pada beberapa faktor seperti teknologi laser yang digunakan, besaran area yang membutuhkan perawatan, jangka waktu pengobatan, serta spesialis atau profesional medis yang melakukan prosedur tersebut.

Pastikan Anda memeriksa reputasi klinik, pengalaman para dokter ditambah dengan teknologi dan peralatan modern yang digunakan sebelum memilih klinik yang tepat untuk melakukan laser stretch mark.

Berapa Kali Harus Melakukan Perawatan Laser Stretch Mark?

Stretch mark, atau striae seperti yang sering di sebut, adalah kerusakan kolagen pada kulit yang terjadi akibat pertumbuhan yang cepat. Kejadian ini dapat terjadi pada wanita hamil, pria yang mengalami kenaikan berat badan secara drastis, atau orang yang menjalani pertumbuhan yang cepat seperti remaja. Stretch mark dapat muncul pada kulit dengan warna merah kelam, cokelat, atau putih perak.

Jika Anda mengalami stretch mark dan ingin menghilangkannya, perawatan dengan menggunakan pilihan terbaik saat ini adalah perawatan laser stretch mark. Dalam artikel ini, kami akan menjawab pertanyaan penting, yaitu berapa kali perlu melakukan perawatan untuk menghilangkan stretch mark?.

Biasanya, pengobatan laser dilakukan sebanyak 3-5 kali, tergantung pada derajat keparahan dari stretch mark yang ingin dihilangkan. Khusus untuk kasus yang parah, metode pengobatan lain seperti peeling kulit atau pengangkatan kulit mungkin perlu dilakukan.

Namun perlu diingat, pada setiap sesi perawatan laser, tidak akan menghilangkan seluruh stretch mark, namun area stretch mark akan terlihat lebih halus dan merata. Hasil perawatan mungkin akan terlihat lebih efektif pada stretch yang masih berwarna merah dan cokelat.

Efek Samping dari Perawatan Laser Stretch Mark

Pada umumnya, perawatan laser stretch mark aman dilakukan dan menimbulkan efek samping yang minimal. Namun, pada beberapa kasus, Anda mungkin akan mengalami beberapa efek samping setelah melakukan perawatan laser, di antaranya:

  • Nyeri pada area kulit yang diobati.
  • Area kulit yang dirawat akan menjadi merah selama beberapa hari setelah perawatan.
  • Kulit area yang dirawat akan terlihat seperti terbakar dalam beberapa saat.
  • Tampilan bekas luka mungkin lebih jelas sementara.

Daftar efek samping di atas biasanya akan hilang beberapa hari setelah perawatan. Ketika memutuskan untuk menjalani perawatan laser stretch mark, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit atau ahli kecantikan terlebih dahulu. Orang dengan kondisi kulit yang sensitif atau infeksi kulit tidak dianjurkan untuk menjalani perawatan laser stretch mark.

Cara Memilih Klinik / Dokter yang Tepat untuk Perawatan Laser Stretch Mark?

Jika Anda ingin melakukan perawatan laser untuk menghilangkan stretch mark, pilihlah klinik atau dokter yang tepat agar hasilnya terlihat maksimal dan aman bagi kulit Anda. Ada beberapa tips yang bisa diikuti dalam memilih klinik atau dokter yang tepat, yaitu:

1. Pilih Dokter yang Berpengalaman

Pilihlah dokter atau terapis yang memiliki pengalaman dalam melakukan perawatan laser untuk menghilangkan stretch mark. Seorang dokter atau terapis yang berpengalaman akan memberikan hasil yang lebih baik dan meminimalkan resiko efek samping.

2. Periksa Izin Operasional Klinik atau Dokter

Sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan laser, pastikan Anda sudah memeriksa izin operasional klinik atau dokter yang Anda pilih. Klinik atau dokter yang baik tentunya sudah memiliki sertifikat dan lisensi yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

3. Periksa Kredibilitas Klinik atau Dokter

Untuk memastikan klinik atau dokter yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik, carilah ulasan dari pasien sebelumnya. Ulasan positif dapat menjadi bukti bahwa klinik atau dokter tersebut memang memiliki kredibilitas yang baik dalam melakukan perawatan laser.

4. Periksa Teknologi Laser yang Digunakan

Sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan laser, pastikan untuk memeriksa teknologi laser yang digunakan oleh klinik atau dokter. Teknologi laser yang baik dan terbaru akan lebih aman dan efektif dalam menghilangkan stretch mark.

5. Konsultasikan Kondisi Kulit Anda dengan Dokter atau Terapis

Jangan takut untuk berkonsultasi dengan dokter atau terapis sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan laser. Diskusikan kondisi kulit Anda dan apa yang dapat diharapkan dari perawatan tersebut. Dokter atau terapis yang baik akan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi Anda.

6. Periksa Biaya yang Dikenakan

Sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan laser, pastikan untuk memeriksa biaya yang dikenakan oleh klinik atau dokter. Biaya yang terlalu murah bisa menjadi indikasi bahwa kualitas perawatan yang ditawarkan kurang baik. Namun, biaya yang terlalu mahal juga tidak menjamin kualitas perawatan yang lebih baik.

7. Pertimbangkan Selera dan Gaya Hidup Anda

Perawatan laser harus disesuaikan dengan selera dan gaya hidup Anda. Jika Anda memiliki aktivitas yang sibuk, pilihlah klinik atau dokter yang dapat menyesuaikan jadwal perawatan dengan kegiatan Anda. Selain itu, pilihlah perawatan yang sesuai dengan budget Anda dan pastikan bahwa hasilnya memang sesuai dengan ekspektasi Anda.

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang dapat stkipmktb.ac.id sampaikan mengenai biaya laser stretch mark beserta informasi terkait lainnya. Semoga dengan adanya pembahasan biaya laser stretch mark di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Terutama bagi Anda yang ingin menghilang stretch mark namun masih bertanya-tanya mengenai besaran biaya yang diperlukan untuk menjalaninya. Sehingga bisa mempersiapkan besaran uang atau biaya yang dibutuhkan pada saat jalani laser stretch mark.

Mengenai biaya itu sendiri, sama halnya dengan biaya rapikan gigi tonggos. Di mana nantinya biaya tidak ditanggung BPJS Kesehatan, hal itu dikarenakan tindakan ini merupakan salah satu bentuk upaya mempercantik diri, sehingga biaya ditanggung mandiri.

Bagikan:

Insureka1