Harga Sandblasting per m2 : Pengertian, Manfaat & Contoh Biaya

Harga Sandblasting Per m2

Harga Sandblasting per m2 – Harga sandblasting per m2 menjadi topik yang hangat dibicarakan di kalangan industri saat ini. Istilah sandblasting merujuk pada proses pembersihan atau penggosokan permukaan suatu benda dengan menggunakan media sandblast seperti pasir maupun kaca yang biasanya ditembakkan dengan tekanan tinggi menggunakan mesin.

Penggunaan sandblasting tersebut umumnya digunakan di berbagai industri, terutama pada industri otomotif, maritim, dan konstruksi. Saat ini, harga sandblasting per m2 banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti jenis permukaan yang akan dibersihkan, media yang digunakan, ukuran dan bentuk permukaan yang akan di-sandblast, serta tingkat kesulitan dalam melakukan sandblasting itu sendiri.

Meski begitu, dalam prakteknya, harga sandblasting per m2 seringkali memiliki rentang harga yang berbeda-beda di setiap daerah. Penggunaan sandblasting sendiri memiliki berbagai manfaat yang sangat penting bagi berbagai industri.

Mulai dari membersihkan permukaan material dari kotoran, karat, hingga cat lama yang sulit untuk dihilangkan. Seiring dengan itu, harga sandblasting per m2 juga harus dipertimbangkan dengan matang untuk memastikan penggunaan sandblasting yang tepat dan efisien untuk industri yang bersangkutan, berikut stkipmktb.ac.id rincian harga Harga Sandblasting per m2.

Apa itu Sandblasting?

Apa Itu Sandblasting

Apakah Anda pernah melihat permukaan logam atau beton yang tampak seperti baru lagi? Salah satu cara untuk mengembalikan tampilan seperti itu adalah dengan menggunakan proses sandblasting. Sandblasting adalah metode pembersihan atau penggilingan suatu permukaan dengan menyemprotkan bahan abrasive pada suatu permukaan dengan menggunakan air tekan atau udara.

Menurut Wikipedia, sandblasting adalah proses penghapusan isi atau perubahan permukaan berupa media proyektil ke permukaan. Ada beberapa ragam media proyektil yang digunakan dalam proses sandblasting seperti pasir, kerikil, soda kue, kaca, dan lain-lain. Semua bahan tersebut memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda untuk setiap jenis permukaan yang ingin dibersihkan.

Sandblasting adalah solusi terbaik untuk menghilangkan noda, cat lama, karat, kopak, keriput, atau bekas jahit pada permukaan logam seperti besi, baja, aluminium, atau pada permukaan beton.

Harga sandblasting per m2 bervariasi tergantung pada jenis permukaan dan media proyektil yang digunakan. Biaya yang diperlukan untuk sandblasting permukaan aluminium tentunya berbeda dengan sandblasting permukaan beton. Namun, kita dapat menggunakan tabel harga sandblasting per m2 sebagai patokan umum.

Perlu diingat juga bahwa harga sandblasting per m2 tidak termasuk biaya transportasi, perlindungan, dan keamanan untuk pengerjaan proyek. Anda perlu meminta penawaran harga yang lebih spesifik tergantung pada tingkat kesulitan, lokasi, dan kendala lainnya.

Manfaat Sandblasting yang Penting?

Manfaat Sandblasting yang Penting

Meskipun terdengar sederhana, ternyata sandblasting memiliki sejumlah peran penting dalam industri. Apa saja manfaat yang dimaksud?

1. Menghilangkan Kotoran dan Cat Lama

Salah satu alasan utama mengapa sandblasting menjadi pilihan utama bagi banyak orang adalah karena kemampuannya untuk menghilangkan cat yang lama dan kotoran pada permukaan objek. Saat objek dibersihkan menggunakan proses sandblasting, semua partikel kering dan kotoran lain di area tersebut dibersihkan, sehingga permukaan objek akan kembali bersih dan terlihat seperti baru.

2. Meningkatkan Ketahanan & Umur Gunung Laporan

Untuk beberapa material seperti logam, sandblasting sangat penting agar cat atau lapisan pelindung bisa menempel ke permukaan dengan baik. Tanpa sandblasting, tumpukan cat atau pelapisan lainnya akan mudah terkelupas, karena tidak melekat pada permukaan dengan benar. Yang jauh lebih penting lagi, penggunaan sandblasting juga dapat memperpanjang umur gunung laporan.

3. Menyiapkan Permukaan yang Siap Dipasangi Lapisan Baru

Bagi orang-orang yang ingin mengecat atau pasang lapisan baru, sandblasting adalah proses awal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini karena sandblasting mempersiapkan permukaan sehingga siap diberi lapisan tahan lama dan cat. Ketika cat diterapkan pada permukaan yang sudah dipersiapkan dengan baik, lapisan tersebut memiliki peluang menempel lebih baik, yang pada akhirnya akan membuatnya lebih tahan terhadap kerusakan dan penyusutan.

Bagaimana Proses Sandblasting Dilakukan?

Sandblasting adalah proses pembersihan permukaan dengan menggunakan media abrasif yang ditembakkan dengan tekanan tinggi. Media abrasif dapat berupa pasir, logam, kaca, atau bahan lainnya yang mempunyai kekerasan yang cukup untuk mengikis permukaan yang akan dibersihkan. Berikut adalah tahapan-tahapan dalam proses sandblasting:

  • Menentukan jenis media abrasif yang akan digunakan. Media abrasif harus sesuai dengan permukaan yang akan dibersihkan agar tidak merusak permukaan tersebut.
  • Persiapan permukaan. Sebelum proses sandblasting dimulai, permukaan yang akan dibersihkan harus dibersihkan terlebih dahulu dari debu, minyak, atau pengotor lainnya.
  • Pemilihan tekanan dan arah semprotan. Tekanan dan arah semprotan media abrasif yang digunakan harus disesuaikan dengan permukaan yang akan dibersihkan. Tekanan yang terlalu tinggi atau semprotan yang salah arahnya bisa merusak permukaan yang akan dibersihkan.
  • Pelaksanaan sandblasting. Proses sandblasting dilakukan dengan menggunakan mesin sandblasting yang menghasilkan tekanan udara yang tinggi untuk menembakkan media abrasif pada permukaan yang akan dibersihkan.
  • Pembersihan media abrasif. Setelah proses sandblasting selesai, media abrasif yang tidak terpakai harus dibersihkan dari permukaan yang akan dibersihkan. Media abrasif yang terbuang bisa didaur ulang untuk proses sandblasting berikutnya.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Sandblasting per m2

Sebagaimana sudah disebutkan, beberapa faktor mempengaruhi harga sandblasting per m2. Mari kita lihat lebih dekat faktor-faktor tersebut:

  1. Jenis permukaan: Jenis permukaan sangat mempengaruhi harga sandblasting. Semakin berat jenis permukaan, semakin tinggi harga sandblasting per m2. Hal ini karena permukaan yang lebih kasar membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha untuk membersihkannya.
  2. Ukuran permukaan: Semakin besar ukuran permukaan, semakin banyak biaya yang diperlukan. Ini karena semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk membersihkannya dan juga jumlah media yang dibutuhkan akan lebih banyak.
  3. Hari kerja yang diperlukan: Ada beberapa pekerjaan sandblasting yang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan yang lain. Untuk misalnya, jika kamu memesan pekerjaan sandblasting pada akhir pekan atau hari libur, harga sandblasting akan lebih tinggi.
  4. Jenis media yang digunakan: Jenis media yang digunakan juga mempengaruhi harga sandblasting per m2 karena sebagian dari media sandblasting memang lebih mahal dibandingkan yang lain. Contoh kasusnya adalah bahwa harga soda blasting (blasting dengan bahan soda) lebih mahal dibanding dengan harga pasir blasting karena harganya yang cukup mahal untuk media sandblasting tersebut.
  5. Detail permukaan: Detail-detail kecil pada permukaan yang harus dibersihkan mempengaruhi harga sandblasting. Semakin dekat detail-detail yang dibersihkan, semakin tinggi harga sandblasting.
  6. Lokasi dan jarak: Onkost tambahan seperti pengangkutan dan transportasi bisa mempengaruhi harga sandblasting per m2. Lokasi proyek atau lokasi pekerjaan juga memainkan peran untuk harga sandblasting.

Itulah tadi beberapa faktor yang mempengaruhi harga sandblasting per m2. Faktor tersebut harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan penyedia jasa sandblasting mana yang bisa memenuhi kebutuhanmu.

Contoh Biaya Sandblasting untuk Berbagai Jenis Permukaan

Sandblasting merupakan proses menghilangkan kotoran dan korosi pada suatu permukaan dengan menggunakan bahan abrasive yang disemprotkan dengan tekanan tinggi ke permukaan tersebut. Proses sandblasting cukup populer di kalangan industri karena mampu membersihkan permukaan dengan efektif dan cepat.

Biaya sandblasting per m2 tergantung pada jenis permukaan yang akan dibersihkan. Berikut adalah contoh biaya sandblasting untuk berbagai jenis permukaan:

PermukaanBiaya Sandblasting per m2
BesiRp 75.000 – Rp 100.000
BetonRp 100.000 – Rp 150.000
KacaRp 150.000 – Rp 200.000
KayuRp 50.000 – Rp 75.000

Perlu diingat bahwa biaya sandblasting per m2 dapat berbeda tergantung pada kompleksitas permukaan dan tingkat kerusakan yang ada. Selain itu, lokasi dan ukuran proyek juga dapat mempengaruhi harga sandblasting.

Besi

Besi adalah salah satu bahan yang sering di sandblasting, terutama jika benda terkena karat dan kotoran yang sulit untuk dibersihkan secara manual. Harga sandblasting per m2 untuk besi berkisar antara Rp 75.000 hingga Rp 100.000 tergantung pada tingkat kerusakan dan besar benda.

Beton

Beton juga merupakan permukaan yang sering di sandblasting, terutama di area konstruksi seperti jalan, jembatan atau gedung-gedung tertentu. Biaya sandblasting per m2 untuk beton berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 150.000 tergantung pada besar permukaan dan tingkat kerusakan yang terjadi.

Kaca

Kaca adalah permukaan yang cukup fragile dan memerlukan kehati-hatian saat dilakukan proses sandblasting. Biaya sandblasting per m2 untuk kaca mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 200.000 tergantung pada ukuran kaca dan tingkat kerusakan yang terjadi. Perlu aspek kehati-hatian dalam pengerjaan, misalnya membersihkan pada bangunan desai rumah kaca yang full.

Kayu

Kayu biasanya di sandblasting untuk menghilangkan warna kulit kayu dan pernis di bagian luar. Harga sandblasting per m2 untuk kayu berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 75.000 tergantung pada besar permukaan dan tingkat kerusakan.

Itulah contoh biaya sandblasting untuk berbagai jenis permukaan. Sekarang lebih mudah bagi Anda untuk menentukan biaya sandblasting yang diperlukan sesuai dengan jenis permukaan. Pastikan untuk memilih jasa sandblasting yang terpercaya, ahli, dan profesional untuk hasil terbaik.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Jasa Sandblasting

Sandblasting adalah proses penghapusan atau pembersihan permukaan material dengan tekanan tinggi menggunakan pisau udara atau alat sandblasting. Metode ini sangat efektif untuk menghilangkan kotoran, karat, dan cat pada permukaan logam, kayu, atau beton. Namun, keuntungan dan kerugian menggunakan jasa sandblasting perlu dipertimbangkan sebelum membuat keputusan.

Keuntungan Menggunakan Jasa Sandblasting

  • Efektivitas: Sandblasting sangat efektif dalam membersihkan permukaan yang telah terkontaminasi dengan cat, zat korosif, dan kotoran lainnya.
  • Kecepatan: Sandblasting adalah metode yang cepat dan efisien untuk membersihkan permukaan yang besar dan sulit dijangkau.
  • Ketelitian: Sandblasting dapat menghilangkan karat, cat, dan partikel lainnya tanpa merusak permukaan dasar material.
  • Efisiensi Biaya: Jasa sandblasting dapat membantu menghemat biaya dalam jangka panjang dengan memperpanjang umur material.

Kerugian Menggunakan Jasa Sandblasting

  • Biaya: Harga sandblasting per m2 dapat menjadi mahal bergantung pada material dan ukuran objek yang akan dibersihkan.
  • Tidak Aman Untuk Lingkungan: Karena debu dan rusaknya material, sandblasting dapat menimbulkan polusi dan berbahaya bagi lingkungan di sekitarnya jika tidak dilakukan dengan benar.
  • Tidak Aman Untuk Kesehatan: Sandblasting menghasilkan debu dan partikel yang dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada mata, tenggorokan, dan paru-paru jika tidak dilakukan dengan benar.
  • Membutuhkan Keahlian Khusus: Sandblasting membutuhkan teknik dan peralatan khusus agar tidak merusak permukaan yang memiliki efek samping.

Harga Sandblasting Per m2

Harga Sandblasting Per m2

Harga sandblasting per m2 bergantung pada jenis material dan ukuran objek yang akan dibersihkan. Berikut adalah beberapa contoh harga sandblasting per m2:

MaterialHarga Sandblasting Per m2
BesiRp 50.000 – Rp 150.000
BetonRp 100.000 – Rp 200.000
KayuRp 75.000 – Rp 125.000

Kesimpulan

Jadi, sebelum menggunakan jasa sandblasting, pertimbangkan keuntungan dan kerugian serta harga sandblasting per m2 untuk memilih opsi terbaik.

Dalam kesimpulan, harga sandblasting per m2 dapat berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor seperti jenis permukaan, lokasi proyek, dan jenis media blasting yang dipilih. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pengecekan mendalam sebelum memilih layanan sandblasting yang tepat dan mengestimasi biaya yang akurat. Pastikan untuk selalu memperhatikan kualitas layanan yang diberikan oleh penyedia sandblasting, karena kualitas yang buruk dapat mengakibatkan kerusakan pada permukaan yang dirawat. Semoga informasi di atas dapat membantu anda dalam memilih layanan sandblasting yang tepat untuk proyek anda. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Bagikan: