12 Cara Memotong Kaca Tempered : Menggunakan Mesin & Pisau

Cara Memotong Kaca Tempered

Cara Memotong Kaca Tempered – Ketika merenovasi rumah atau gedung, salah satu tahapannya mungkin membutuhkan pemotongan kaca tempered. Kaca jenis ini sangat populer karena kekuatannya yang lebih tahan terhadap benturan, perubahan suhu, dan tekanan.

Namun, teknik memotong kaca tempered tidaklah mudah dan membutuhkan keahlian khusus. Serangkaian langkah harus dilakukan untuk memastikan hasil pemotongan tepat sesuai kebutuhan. Pemilik rumah atau arsitek harus memilih kaca tempered yang sesuai untuk proyek renovasi mereka.

Kaca tempered tersedia dalam berbagai ketebalan dan ukuran, jadi sangat penting untuk memilih yang cocok untuk aplikasi tertentu. Selain itu, kaca ini juga memiliki beragam pilihan warna atau pola yang bisa disesuaikan dengan desain interior ruangan yang diinginkan.

Penggunaan kaca tempered ini harus dilakukan dengan hati-hati. Sebab, jika sudah kaca ini terpecah, maka bagian tepiannya akan menjadi sangat tajam dan berbahaya untuk disentuh. Berikut stkipmktb.ac.id telah merangkum beberapa cara Cara Memotong Kaca Tempered.

Pengenalan Kaca Tempered

Pengenalan Kaca Tempered

Kaca tempered adalah jenis kaca yang telah mengalami proses pemanasan dan pendinginan yang dilakukan secara cepat. Proses tersebut dilakukan untuk meningkatkan kekuatan dan keamanannya. Kekuatan kaca tempered dua kali lebih kuat daripada kaca biasa, sangat cocok digunakan sebagai jendela, pintu, partisi, dan keperluan arsitektur lainnya.

Kaca tempered memiliki ketahanan panas hingga 300 derajat celcius dan ketahanan benturan lima kali lebih baik daripada kaca biasa. Apabila pecah, kaca tempered akan menghasilkan berbagai fragmen kaca kecil yang meminimalkan cedera daripada kaca biasa yang dapat memproduksi pecahan kaca besar dan tajam.

Kaca tempered dapat dipesan dengan ukuran dan tebal sesuai kebutuhan, tersedia dalam berbagai macam bentuk, dan dapat diproses dengan permukaan kaca berwarna, mat atau cermin.

Keuntungan Menggunakan Kaca Tempered

Keuntungan Menggunakan Kaca Tempered

Berbeda dengan kaca biasa, kaca tempered memiliki kualitas yang lebih baik dan tahan terhadap tekanan yang lebih kuat. Kaca tempered memiliki keuntungan yang banyak dibandingkan kaca biasa atau yang belum melalui proses perlakuan panas. Beberapa keuntungan tersebut antara lain:

1. Tahan Terhadap Tekanan dan Benturan yang Lebih Kuat

Kaca tempered memiliki sifat lebih kuat dan lebih tahan terhadap tekanan dan benturan yang lebih kuat dibandingkan dengan kaca biasa. Hal ini dikarenakan kaca tempered melalui tahap proses perlakuan panas dalam pembuatannya, sehingga membuat kaca menjadi lebih kuat dan tahan terhadap tekanan dan benturan. Oleh karena itu, kaca tempered banyak digunakan untuk membuat dinding dan partisi ruangan, shower screen, jendela, hingga pintu lemari.

2. Lebih Aman Jika Terjadi Kerusakan

Jika terjadi kerusakan pada kaca tempered, kaca tersebut akan pecah menjadi pecahan kecil dan tidak berbahaya, sehingga lebih aman bagi pengguna. Kaca tempered pecahnya juga tidak tajam sehingga mengurangi risiko terluka pada pengguna dan lingkungan sekitar.

3. Lebih Tahan Terhadap Perubahan Suhu yang Drastis

Kaca tempered mampu menahan perubahan suhu yang drastis dari suhu yang sangat panas hingga sangat dingin. Hal ini karena kaca tempered menjalani proses perlakuan panas dan pendinginan yang berbeda antara permukaan dan inti kaca, sehingga kaca tidak mudah pecah atau retak akibat perubahan suhu yang drastis.

4. Harga yang lebih terjangkau

Meskipun memiliki kualitas yang lebih baik, harga kaca tempered tidak terlalu mahal. Jika Anda membandingkan dengan kaca laminated atau kaca yang anti peluru, kaca tempered jauh lebih terjangkau. Dalam tabel di bawah ini kami akan memberikan rincian harga kaca tempered per meter persegi untuk membantu Anda dalam memilih kaca tempered.

Jenis Kaca TemperedUkuranHarga
Kaca Tempered 8mm120cm x 240cmRp. 400.000 – Rp. 550.000
Kaca Tempered 10mm120cm x 240cmRp. 600.000 – Rp. 800.000
Kaca Tempered 12mm120cm x 240cmRp. 1.000.000 – Rp. 1.200.000

Kaca tempered memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan kaca biasa atau kaca yang belum melalui proses perlakuan panas. Selain itu, harga kaca tempered yang terjangkau membuat kaca ini menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan seperti dinding dan partisi ruangan, shower screen, jendela, hingga pintu lemari rumah Anda.

Persiapan Membuat Potongan Kaca

Memotong kaca tempered bukanlah hal yang mudah. Anda perlu memahami cara memotong kaca tempered dan mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan sebelum memulai proses pemotongan. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum memotong kaca tempered:

1. Kenali Jenis Kaca yang Akan Dipotong

Sebelum memulai pemotongan, pastikan Anda mengenali tipe kaca yang akan Anda potong. Ada dua jenis kaca tempered yang umum digunakan, yaitu kaca tempered polos dan kaca tempered motif.

2. Letakkan Kaca pada Permukaan yang Datar dan Licin

Anda perlu meletakkan kaca tempered pada permukaan yang datar dan licin, seperti meja kerja atau meja makan. Pastikan permukaan tersebut bersih dari debu dan benda-benda kecil lainnya untuk menghindari goresan pada kaca.

Setelah persiapan di atas sudah dilakukan, Anda bisa memulai proses pemotongan kaca tempered. Pastikan Anda memakai alat pelindung diri seperti masker kaca dan sarung tangan kulit saat memulai pemotongan untuk meminimalkan risiko cidera.

Pemotongan kaca tempered memang memerlukan keterampilan khusus dan membutuhkan kesabaran dalam menyelesaikannya. Namun, dengan mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan serta mengikuti petunjuk dengan baik, Anda dapat memotong kaca tempered sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.

3. Alat-alat yang Diperlukan

Kaca tempered adalah jenis kaca yang terkenal sangat kuat dan tahan terhadap guncangan atau benturan. Oleh karena itu, memotong kaca tempered memerlukan teknik dan alat yang sesuai agar tidak terjadi kebocoran atau keretakan yang tidak diinginkan. Berikut adalah alat-alat yang dibutuhkan untuk memotong kaca tempered:

  • Gunting Kaca

Gunting kaca adalah alat yang sangat penting dalam memotong kaca tempered. Gunting kaca mempunyai bentuk seperti tang yang memiliki dua bilah tajam. Bilah ini akan memudahkan Anda memotong kaca sesuai bentuk yang diinginkan.

  • Marker Kaca

Marker kaca adalah alat untuk menandai posisi potongan kaca tempered. Anda dapat membeli marker kaca yang berwarna putih; namun, lebih baik jika Anda membeli marker warna lain seperti warna hitam sehingga garis potongan bisa lebih jelas terlihat.

  • Masker Pola

Masker pola adalah alat untuk membuat pola pada kaca tempered. Dengan membuat pola seperti ini, memudahkan Anda untuk memotong kaca tempered dengan ukuran tertentu.

  • Alat Pemotong Kaca

Alat pemotong kaca adalah alat yang digunakan untuk memotong kaca tempered dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Alat ini sangat penting dalam memotong kaca tempered.

  • Lem Kaca

Lem kaca adalah alat yang digunakan untuk menempelkan 2 potongan kaca. Pendingin kaca berfungsi agar lem bisa lebih cepat mengeras dan mengering.

  • Handuk Kaca

Handuk kaca merupakan alat untuk membersihkan serpihan kaca yang muncul saat memotong kaca. Alat ini sangat penting karena sangat membantu membersihkan serpihan kaca yang bisa terinjak dan membahayakan.

Cara Memotong Kaca Tempered dengan Mesin Pemotong Kaca

Cara Memotong Kaca Tempered dengan Mesin Pemotong Kaca

Saat ini, kaca tempered digunakan untuk berbagai aplikasi seperti pada desain jendela rumah minimalis modern, pintu dan sebagainya. Namun, memotong kaca tempered sangat sulit dilakukan karena kekuatan dan kekerasan kacanya. Oleh karena itu, cara terbaik untuk memotong kaca tempered adalah dengan menggunakan mesin pemotong kaca.

Berikut ini adalah beberapa tips dan langkah-langkah untuk memotong kaca tempered dengan mesin pemotong kaca:

  • Siapkan alat dan perlengkapan yang dibutuhkan seperti mesin pemotong kaca, marker kaca, pelindung kaca tepi, dan sarung tangan pelindung.
  • Tandai area pemotongan pada kaca menggunakan marker kaca.
  • Pasang kaca pada meja kerja dengan pengatur sudut mesin. Pastikan kaca terpasang dengan baik dan tidak bergeser saat pemotongan.
  • Atur kecepatan mesin pemotong kaca sesuai dengan ketebalan kaca dan jenis pisau yang digunakan.
  • Hidupkan mesin pemotong kaca dan lakukan pemotongan dengan hati-hati dan hati-hati. Pastikan untuk memotong sesuai dengan garis tanda yang sudah ditandai dan lakukan pemotongan perlahan.
  • Setelah selesai memotong, gunakan pelindung tepi kaca untuk melindungi tepi kaca yang baru dipotong dari kerusakan.
  • Bersihkan sisa kaca atau puing-puing dari meja kerja mesin pemotong kaca.

Memotong kaca tempered memang sulit dilakukan secara manual, namun dengan menggunakan mesin pemotong kaca, pemotongan kaca menjadi lebih mudah, presisi, dan aman. Adapun dalam memilih mesin pemotong kaca, sebaiknya mempertimbangkan merek, tipe, spesifikasi, dan anggaran yang dimiliki sehingga tidak salah dalam memilih. Dengan cara yang tepat dan peralatan yang memadai, memotong kaca tempered menggunakan mesin pemotong kaca bisa dilakukan dengan mudah dan aman.

Cara Memotong Kaca Tempered dengan Pisau

Cara Memotong Kaca Tempered dengan Pisau

Kaca tempered banyak digunakan sebagai komponen kunci ponsel, tabung televisi, dan pengolah layar laptop. Memiliki sifat yang kokoh dan tahan terhadap benturan serta panas. Namun, saat memotong kaca tempered menjadi ukuran yang diinginkan, memerlukan teknik yang benar agar tidak pecah. Berikut adalah cara memotong kaca tempered dengan pisau:

  • Pertama-tama, tandai titik mana Anda ingin memotong kaca dengan penggaris dan spidol. Pastikan garisnya lurus agar potongannya rapi. Jangan tempelkan selotip atau cetakan kertas di atas kaca agar tidak merusak kemiringan kaca.
  • Setelah garis potong terjadi, siapkan alat pemotong, seperti pisau cukur atau palu. Gunakan pisau dengan carry-angle yang tepat, gunakan 80-100 derajat. Anda juga dapat menerapkan sedikit sabun untuk menghindari keretakan pada kaca.
  • Untuk penggunaan pisau cukur, posisi sudut pisau di atas garis potong kaca. Tekan pisau hingga kaca terpotong sesuai dengan garis potong, bila perlu lagi tekan dengan sedikit lebih keras.
  • Untuk penggunaan pisau palu, letakkan pisau di atas garis potong kaca dan tekan dengan satu tangan. Kemudian, pukul bagian belakang pisau dengan palu dengan lembut pada bagian belakang pisau.
  • Setelah itu, tepuk perlahan-tan, sekitar sepuluh sentimeter dari garis potong menggunakan palu dengan lembut. Kelembutan dalam pukulan dapat mencegah kaca terpecah.

Tips Memotong Kaca Tempered

Kaca tempered adalah jenis kaca yang paling sering digunakan dalam pembuatan kaca jendela, pintu kaca dan beberapa aplikasi bangunan lainnya. Namun, memotong kaca tempered bisa menjadi tantangan tersendiri. Kaca tempered harus dilakukan pemanasan yang ekstrim pada saat pembuatan untuk meningkatkan kekuatannya. Karena itu, biasanya kaca tempered sangat sulit untuk dipotong. Berikut adalah beberapa tips untuk memotong kaca tempered:

  • Siapkan alat yang diperlukan. Untuk memotong kaca tempered dibutuhkan alat seperti gunting kaca, pemotong kaca, dan penggaris.
  • Pastikan tingkat keamanan dengan menggunakan perlengkapan keselamatan seperti sarung tangan khusus dan kacamata pelindung.
  • Bersihkan potongan kaca tempered dari kotoran seperti debu dan kotoran lainnya. Kaca tempered harus bersih dan bebas dari segala kotoran ketika dipotong.
  • Lengkapi peralatan dengan stiker kaca pada titik memotong. Stiker kaca membantu lentur sehingga memudahkan proses memotong.
  • Panaskan kaca tempered menggunakan alat yang tepat. Sebelum memotong kaca tempered, anda perlu memanaskan permukaannya dengan menggunakan heat gun atau blowtorch. Pastikan temperatur kaca mencapai 700 derajat Celcius.
  • Buat garis potong pada kaca menggunakan penggaris atau alat lainnya. Pastikan garis potong lurus dan tepat sesuai ukuran yang diinginkan.
  • Lepaskan sisa kaca yang tidak diinginkan dan perlahan-lahan gunakan pemotong kaca untuk memotong kaca tempered. Anda harus sangat berhati-hati agar kaca tidak pecah atau retak.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memotong Kaca Tempered dan Cara Mengatasinya

Kaca tempered adalah jenis kaca yang dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi lalu didinginkan dengan cepat untuk menghasilkan kaca yang lebih kuat dan tahan lama. Namun, karena kekuatan dan kekakuan yang dimilikinya, memotong kaca tempered bisa menjadi tantangan tersendiri. Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat memotong kaca tempered dan cara mengatasinya agar hasilnya lebih baik dan aman.

1. Tidak Mengukur Kaca Dengan Benar

Banyak orang yang mengira bahwa memotong kaca tempered hanya membutuhkan hasil pengukuran yang kasar. Padahal, untuk mendapatkan potongan kaca tempered yang presisi dan sesuai dengan ukuran yang diinginkan, Anda perlu mengukur kaca dengan tepat dan akurat. Pastikan untuk menggunakan alat ukur yang tepat, seperti mistar atau penggaris.

2. Menggunakan Alat Pemotong yang Salah

Pemilihan alat pemotong kaca sangat penting untuk menghindari kesalahan pemotongan. Pilih alat yang tepat dan sesuai dengan ketebalan kaca tempered yang akan dipotong. Gunakan pisau pemotong kaca yang bagus dan tajam, karena jika pisau pemotong tidak tajam, akan membuat kaca tempered terkelupas dan pecah.

3. Tidak Memakai Sarung Tangan dan Perlindungan Mata

Kaca tempered sangat kuat dan tahan lama. Namun, ketika dipecahkan, kaca tempered dapat sangat tajam dan berbahaya. Sebaiknya selalu gunakan sarung tangan dan pelindung mata saat memotong kaca tempered untuk menghindari luka dan cedera.

4. Kurang Sabar Saat Memotong

Menggunakan tenaga dan tekanan yang berlebihan pada pisau pemotong kaca dapat menyebabkan kaca tempered rusak atau pecah. Oleh karena itu, pastikan untuk memotong kaca tempered dengan hati-hati dan sabar. Biarkan pisau pemotong kaca meluncur dengan mudah dan memberikan tekanan yang cukup pada kaca tempered.

5. Tidak Membersihkan Sisa Serpihan Kaca

Saat memotong kaca tempered, pastikan area kerja dan alat yang digunakan tetap bersih dari serpihan dan pecahan kaca. Jangan biarkan serpihan kaca menumpuk atau tersebar di sekitar area kerja, karena serpihan kaca bisa sangat tajam dan berbahaya jika tidak dibersihkan dengan baik.

6. Tidak Memperhatikan Arah dan Garis Potong

Setiap kaca tempered memiliki arah dan garis potong yang berbeda-beda. Sebelum memotong kaca tempered, pastikan Anda memperhatikan dengan cermat arah dan garis potong yang dihasilkan sehingga hasil pemotongan menjadi lebih akurat dan presisi. Pastikan juga bahwa pisau pemotong kaca terus bergerak dalam satu arah untuk menghasilkan potongan yang lebih bagus.

7. Tidak Menjaga Kebersihan Pisau Pemotong

Pisau pemotong kaca juga perlu dijaga kebersihannya untuk menghindari kerusakan dan hasil pemotongan yang buruk. Setelah digunakan, pastikan untuk membersihkan pisau pemotong kaca secara rutin dengan menggosokkannya dengan potongan kain kasar atau menyikatnya dengan sikat khusus. Pastikan juga untuk meletakkannya pada tempat yang aman dan terpisah dari alat pemotong lainnya.

8. Tidak Memerhatikan Harga dan Kualitas

Terakhir, pastikan Anda memerhatikan harga dan kualitas kaca tempered yang akan digunakan. Harga kaca tempered bisa sangat bervariasi tergantung pada ketebalan, ukuran, dan merek kaca. Namun, jangan hanya terpaku pada harga murah jika kualitas kaca temperednya tidak terjamin. Pilihlah kaca tempered yang berkualitas dan cocok untuk proyek atau kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Dalam membuat pemotongan kaca tempered, sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal yang telah dibahas pada artikel ini. Hal terutama yang harus diperhatikan adalah perlunya menggunakan alat yang tepat dan pengawasan yang ketat dalam prosesnya. Selain itu, perlu juga dilakukan pengukuran yang akurat sebelum melakukan pemotongan agar hasil yang dihasilkan menjadi baik dan sesuai dengan kebutuhan. Pemotongan kaca tempered juga harus dilakukan di tempat yang aman dan mengikuti prosedur keselamatan yang telah ditetapkan. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, maka hasil pemotongan kaca tempered akan berhasil dengan baik dan memuaskan.

Bagikan: