20 Cara Membuat Suara Google di Capcut – Keunggulan & Tips

Cara Membuat Suara Google di Capcut

Cara Membuat Suara Google di Capcut – Capcut adalah aplikasi pengeditan video yang sangat populer di Indonesia. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah kemampuan untuk menambahkan suara dari Google Translate ke dalam video Anda.

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna Capcut dapat menghasilkan video yang menarik dan menarik perhatian dengan suara yang mengagumkan. Untuk memanfaatkan fitur ini, pertama-tama Anda perlu menyalin teks yang ingin Anda bicarakan di Google Translate.

Anda dapat menyalin teks dari Google dokumen, situs web, atau bahkan pesan teks dari teman Anda. Setelah menyalin teks, Anda dapat membukanya dalam aplikasi Capcut dan mengeklik tombol suara Google untuk memasukkan suara ke dalam video Anda.

Salah satu manfaat mengubah teks menjadi suara di Capcut adalah fleksibilitas yang diberikannya. Dengan menggunakan suara Google, Anda dapat memilih bahasa dan suara yang tepat untuk video Anda, nah berikut adalah Cara-cara Membuat Suara Google di Capcut yang telah stkipmktb.ac.id rangkum untuk anda.

Keunggulan Aplikasi Capcut

Keunggulan Aplikasi Capcut

Salah satu aplikasi pengeditan video yang semakin populer adalah CapCut. CapCut adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Bytedance, perusahaan yang juga menciptakan aplikasi populer seperti TikTok. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang membuat CapCut menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna yang ingin mengedit video:

1. Antarmuka yang User-Friendly

CapCut memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur editing yang lengkap namun tetap terorganisir dengan baik, sehingga memudahkan pengguna untuk mengedit video sesuai dengan keinginan mereka. Dengan navigasi yang intuitif, pengguna dapat dengan mudah menemukan dan menggunakan berbagai efek, filter, alat pemotongan, pengaburan, pemulusan, dan fitur lainnya.

2. Fitur Editing yang Lengkap

CapCut menawarkan berbagai fitur editing yang lengkap untuk menghasilkan video yang menarik dan profesional. Pengguna dapat memotong dan menggabungkan klip video, menambahkan musik, mengatur kecepatan video, memasukkan teks atau stiker, dan menerapkan berbagai efek visual yang menarik. Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan video yang unik dan kreatif sesuai dengan preferensi mereka.

3. Efek Visual dan Filter yang Kreatif

CapCut menyediakan berbagai efek visual dan filter yang kreatif untuk meningkatkan tampilan video. Pengguna dapat menerapkan filter warna, menyesuaikan kecerahan, kontras, dan saturasi, serta mengatur suhu warna video. Selain itu, terdapat juga efek seperti efek kilatan, efek transisi, efek khusus, dan masih banyak lagi. Dengan adanya berbagai efek ini, pengguna dapat mengubah suasana dan nuansa video sesuai dengan tema atau suasana yang diinginkan.

4. Musik dan Suara yang Menarik

CapCut memungkinkan pengguna untuk menambahkan musik latar atau suara ke dalam video mereka. Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan musik dari berbagai genre dan suasana yang dapat disesuaikan dengan konten video. Selain itu, pengguna juga dapat merekam suara langsung atau menambahkan efek suara yang menarik untuk meningkatkan pengalaman menonton video.

5. Kolaborasi dengan Aplikasi Lain

CapCut memungkinkan kolaborasi dengan aplikasi lain seperti TikTok, Instagram, dan aplikasi media sosial lainnya. Pengguna dapat dengan mudah mengimpor video yang telah diedit menggunakan CapCut ke platform lainnya untuk membagikan karya mereka kepada audiens yang lebih luas.

6. Tersedia secara Gratis

Salah satu keunggulan utama CapCut adalah aplikasi ini tersedia secara gratis. Pengguna dapat mengunduh dan menggunakan semua fitur yang disediakan tanpa harus membayar biaya langganan atau menghadapi batasan penggunaan tertentu. Hal ini membuat CapCut menjadi pilihan yang menarik, terutama bagi pengguna yang baru memulai dalam pengeditan video.

Lalu Bagai Mana Membuat Suara Google Pada Aplikasi Capcut?

CapCut adalah salah satu aplikasi pengeditan video yang populer dan menyediakan berbagai fitur kreatif. Salah satu fitur menarik yang bisa digunakan dalam CapCut adalah membuat suara Google atau suara TTS (Text-to-Speech). Dengan fitur ini, pengguna dapat membuat teks menjadi suara yang dihasilkan oleh suara Google. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat suara Google di CapCut, untuk Creator Capcut Pemula.

1. Buka Aplikasi CapCut

Buka Aplikasi CapCut

Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi CapCut di perangkat Anda. Setelah itu, buka aplikasi CapCut.

2. Pilih Proyek atau Klip Video

Pilih Proyek atau Klip Video

Pilih proyek atau klip video yang ingin Anda tambahkan suara Google-nya. Anda dapat memilih proyek yang sudah ada atau membuat proyek baru.

3. Tambahkan Teks

Tambahkan teks Cara Membuat Suara Google di Capcut

Setelah memilih proyek atau klip video, tambahkan teks yang akan diubah menjadi suara Google. Pilih alat teks (biasanya berupa huruf “A” di dalam lingkaran) yang terletak di bagian atas antarmuka CapCut. Setelah itu, ketikkan teks yang ingin Anda jadikan suara Google.

4. Atur Tampilan Teks

Cara Membuat Suara Google di Capcut - Atur Tampilan Teks

Setelah menambahkan teks, Anda dapat mengatur tampilan teks sesuai keinginan Anda. Anda dapat mengubah jenis font, ukuran, warna, dan posisi teks. Anda juga dapat menambahkan efek animasi atau transisi pada teks jika diinginkan.

5. Tambahkan Suara Google

Untuk mengubah teks menjadi suara Google, klik ikon suara yang terletak di sebelah ikon teks (biasanya berupa gelombang suara). Kemudian, pilih opsi “Google” atau “TTS” di menu yang muncul.

Tambahkan Suara Google

6. Atur Pengaturan Suara

Atur Pengaturan Suara

Setelah memilih suara Google, Anda dapat mengatur pengaturan suara sesuai keinginan Anda. Anda dapat memilih jenis suara, kecepatan, dan nada suara. Beberapa aplikasi CapCut juga menyediakan opsi untuk mengatur intonasi atau emosi suara.

7. Pratinjau dan Edit

Pratinjau dan Edit

Setelah mengatur pengaturan suara, Anda dapat memutar pratinjau suara Google yang telah dibuat. Jika Anda tidak puas dengan hasilnya, Anda dapat mengedit atau mengubah pengaturan suara yang sudah ada.

8. Simpan dan Bagikan

Simpan dan Bagikan

Setelah Anda selesai menambahkan suara Google, Anda dapat menyimpan dan membagikan klip video atau proyek Anda. CapCut biasanya menyediakan opsi untuk menyimpan video langsung ke galeri perangkat atau membagikannya ke platform media sosial.

Tips dan Trik untuk Meningkatkan Kualitas Suara Google di CapCut

CapCut memungkinkan pengguna untuk membuat video yang menarik dan menambahkan suara Google untuk memberikan instructive, naratif, atau informasi tambahan dalam video Anda. Google Text To Speech (TTS) memungkinkan suara yang dihasilkan menjadi jelas dan mudah dimengerti. Namun, seperti layanan selular, suara Google TTS dapat menjadi kurang berkualitas dan terdengar natural. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk meningkatkan kualitas suara Google di CapCut untuk menghasilkan suara yang lebih alami dan profesional dengan harga terjangkau

1. Redakan Suara Latarnya

Suara latar atau noise dapat mengganggu kualitas audio dan memberikan hasil yang kurang optimal. Pastikan agar sekitar lingkungan audio yang direkam sedang tidak ada suara berisik dari luar, sebaiknya lakukan sedikit pengecekan dulu sebelum merekam suara.

2. Sesuaikan Kecepatan Bicara

Suara yang dihasilkan dari TTS Google dapat sangat cepat dan tidak manusiawi. Dalam banyak kasus, sangat penting untuk menyesuaikan kecepatan bicara suara Google agar sesuai dengan konten video. Cobalah untuk mengurangi kecepatan pada suara Google untuk mendapatkan efek suara yang lebih natural dan mudah dipahami oleh pengguna.

3. Gunakan Mixing Suara Backing Track

Untuk konten video yang memerlukan naratif khusus dan bagian-bagian penting, cobalah menggunakan backgrond suara yang dicampurkan dengan suara Google agar terdengar lebih lengkap dan menambah kesan profesional pada audio hasil rekaman. Hal ini dapat meningkatkan pencapaian video Anda dan membuatnya lebih mencolok di tengah keramaian.

4. Garis Besar Audio Anda Terlebih Dahulu

Jangan langsung merekam suara untuk video Anda, pastikan terlebih dahulu membaca garis besarnya, Sebagai pendahuluan sebelum Anda merekam agar suara keluar lebih halus dan dapat menyesuaikan durasi rekaman dengan baik. Pastikan audio yang dihasilkan sejajar dengan konten video dan tidak meleset dari naratif / visual video yang bersangkutan.

5. Rekam Ulang Bagian yang Sudah Tidak Sesuai dengan Konten Video

Jika telah merekam suara, dan mengira suara sudah cukup, dan memiliki kesalahan, Jangan takut untuk merekam ulang bagian yang sudah dirasa tidak sesuai dengan konten video yang sedang Anda kerjakan. Pastikan agar Output audio yang dihasilkan lebih baik dan mendekati dengan isi video seharusnya.

6. Pakai Headset untuk Lebih Kontrol

Jika Anda ingin rekaman suara keluar lebih jernih dan meskipun tidak terdengar lebih alami, cobalah untuk menggunakan headset ketika membuat rekaman. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendengar suara mereka secara real time sehingga lebih mudah untuk mengontrol volume dan intonasi dengan lebih baik.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cara membuat suara google di Capcut cukup mudah dan dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Selain itu, dengan kemampuan editing suara yang dimiliki oleh Capcut, pengguna dapat menghasilkan audio yang berkualitas tinggi sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna akan lebih mudah dalam membuat video yang berkualitas dan lebih menarik untuk ditonton.

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan suara Google mungkin tidak selalu tepat untuk semua jenis video. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna mempertimbangkan dengan cermat jenis suara yang cocok dengan tema dan konten dari video mereka.

Bagikan: