DekorumaShopee

4 Brosur Angsuran BRI KUR 2024: Syarat, Tabel & Plafon

Apa itu BRI KUR

Brosur Angsuran BRI KUR – Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Koperasi kini tersedia untuk membantu pengusaha kecil meningkatkan usahanya. Produk pembiayaan ini telah diperkenalkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan mendukung program pemerintah dalam pengembangan UKM di Indonesia.

Sebagai bank dengan misi menggerakkan roda perekonomian, BRI terus berinovasi untuk memberikan kemudahan akses pembiayaan bagi masyarakat. Salah satunya melalui produk yang tertera dalam Brosur Angsuran BRI KUR untuk memberikan dampak positif bagi perkembangan UKM dan koperasi dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di masa depan.

Dalam memanfaatkan produk di dalam brosur Angsuran BRI KUR, pengusaha dapat memperoleh manfaat yang sangat menjanjikan. Selain bunga rendah, cicilan yang dibayarkan tetap selama kurun waktu yang ditentukan membuat pengusaha memiliki kemudahan dalam merencanakan pengeluaran bulanan mereka. Dalam batas maksimal lima tahun, pengusaha dapat memperoleh pembiayaan hingga Rp. 500 juta.

Selain potensi keuntungan yang dimiliki pengusaha, program di dalam Brosur Angsuran BRI KUR ini juga dirancang untuk membantu pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. UKM dan koperasi sebagai bagian dari sektor riil Indonesia memiliki peran penting dalam menciptakan lapangan kerja dan memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional. Dengan adanya program ini, BRI berharap dapat memberikan dukungan yang signifikan bagi UKM dan koperasi agar dapat berkembang dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Apa itu BRI KUR?

Apa itu BRI KUR

BRI KUR adalah program pinjaman yang disediakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk membantu para usaha kecil dan menengah (UKM) memperoleh akses ke dana tambahan untuk mengembangkan usaha mereka. Program ini memberikan kemudahan bagi para pengusaha UKM yang tidak memiliki aset cukup untuk dijadikan jaminan.

TenzoLiving

Dalam program BRI KUR, pengusaha UKM dapat meminjam uang dengan pinjaman mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 500 juta dengan jangka waktu hingga 5 tahun. BRI KUR juga menghadirkan pembayaran angsuran yang ringan dan fleksibel, sehingga pengusaha UKM dapat mengembalikannya secara berkala tanpa harus merasa terbebani.

Keuntungan lain dari BRI KUR adalah suku bunga yang rendah dan terjangkau, yaitu hanya 7% – 10% per tahun. Hal ini tentu saja sangat membantu para pengusaha UKM yang ingin memulai atau memperluas usahanya tanpa harus memikirkan beban bunga yang tinggi. Selain itu, persyaratan untuk mengajukan pinjaman melalui program BRI KUR juga sangat mudah dan tidak rumit, sehingga para pengusaha UKM dapat memperoleh pinjaman dengan proses yang cepat dan tidak membutuhkan banyak dokumen.

Jenis Produk dalam Brosur Angsuran BRI KUR

Jenis Produk dalam Brosur Angsuran BRI KUR

Program ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja, perluasan bisnis, pembelian bahan baku, atau pengadaan inventaris. Ada beberapa jenis produk brosur angsuran BRI KUR yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM, diantaranya:

1. Brosur KUR Mikro BRI

1. Brosur KUR Mikro BRI

KUR Mikro adalah pinjaman yang diberikan untuk keperluan modal kerja atau investasi dengan plafon pinjaman maksimal Rp. 25 juta. Tenor pinjaman adalah maksimal 2 tahun, dengan tingkat bunga 6% per tahun. Modal kerja yang diperoleh dari KUR Mikro dapat digunakan untuk membeli bahan baku, alat kerja atau inventaris.

2. Brosur KUR Ritel BRI

2. Brosur KUR Ritel BRI

KUR Ritel adalah pinjaman yang diberikan untuk keperluan investasi atau konsumsi dengan plafon pinjaman maksimal Rp. 50 juta. Tenor pinjaman adalah maksimal 3 tahun, dengan tingkat bunga 7% per tahun. KUR Ritel biasanya digunakan untuk membeli mesin, alat, atau kendaraan yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha, atau untuk biaya pendidikan dan kesehatan.

3. Brosur KUR Kecil BRI

3. Brosur KUR Kecil BRI

KUR Kecil adalah pinjaman yang diberikan untuk keperluan modal kerja dan investasi dengan plafon pinjaman maksimal Rp. 500 juta. Tenor pinjaman adalah maksimal 5 tahun, dengan tingkat bunga 9% per tahun. KUR Kecil dapat dimanfaatkan untuk membeli bahan baku, mesin atau alat produksi baru, perluasan usaha, atau memperbaiki hunian.

4. Brosur KUR Mikro Syariah BRI

4. Brosur KUR Mikro Syariah BRI

KUR Mikro Syariah adalah pinjaman yang diberikan kepada pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya dengan plafon maksimal Rp. 25 juta. Tenor pinjaman adalah maksimal 2 tahun, dengan tingkat bagi hasil yang disepakati bersama antara nasabah dan BRI Syariah.

5. Brosur KUR Khusus Covid-19 BRI

KUR Khusus Covid-19 adalah pinjaman yang disediakan oleh BRI untuk membantu pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Pinjaman ini dapat digunakan untuk membayar gaji karyawan, membayar sewa tempat usaha, atau membayar tagihan listrik, air dan telepon. Plafon pinjaman maksimal adalah Rp. 10 juta, dengan tenor maksimal 12 bulan dan tingkat bunga 6% per tahun.

Sistem Pembayaran Angsuran BRI KUR

Sistem Pembayaran Angsuran BRI KUR

Sebelum membahas kisaran pinjaman dari brosur angsuran BRI KUR, penting untuk mengetahui bahwa program kredit ini diperuntukkan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang produk dan jasa. Dengan demikian, setiap produk dan jasa yang ditawarkan oleh UMKM memiliki potensi keuntungan yang berbeda-beda.

Dalam program BRI KUR, terdapat beberapa pilihan sistem pembayaran angsuran yaitu bulanan, semesteran, dan tahunan, serta jangka waktu kredit yang bervariasi dengan detail sebagai berikut.

Jangka Waktu KreditPilihan Pembayaran Angsuran
6 – 12 bulanBulanan
12 – 24 bulanBulanan / Semesteran
24 – 36 bulanSemesteran / Tahunan
> 36 bulanTahunan

Disarankan bagi UMKM yang ingin mengajukan kredit melalui program brosur angsuran BRI KUR untuk memilih jangka waktu kredit dan sistem pembayaran angsuran yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial usaha.

Plafon Pinjaman Brosur Angsuran BRI KUR

Plafon Pinjaman Brosur Angsuran BRI KUR

Berikut ini adalah daftar harga angsuran Brosur Angsuran BRI KUR:

Plafon Pembiayaan (Rp)Jangka Waktu (Bulan)Bunga per TahunAngsuran per Bulan (Rp)
50,000,000127%4,529,000
100,000,000248%5,558,000
250,000,000368.5%8,025,000
500,000,000489%14,291,000

Syarat Pengajuan Pinjaman Brosur BRI KUR

Syarat Pengajuan Pinjaman Brosur BRI KUR

Untuk mengajukan BRI KUR, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  • Pelaku usaha berdomisili di Indonesia
  • Usaha sudah berjalan minimal 1 tahun
  • Memiliki rekening Bank BRI
  • Memiliki legalitas usaha yang sah
  • Memiliki cashflow yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan

Ketentuan Pinjaman Brosur Angsuran BRI KUR

Ketentuan Pinjaman Brosur Angsuran BRI KUR

Bank Rakyat Indonesia (BRI) memberikan program pembiayaan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Melalui brosur angsuran BRI KUR ini, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan ketentuan berikut:

KeteranganAngka / Data
Besar pinjamanMin. Rp. 5 juta, maks. Rp. 500 juta
Jangka waktuMin. 6 bulan, maks. 36 bulan
BungaMulai dari 6%
AgunanTanpa agunan
Biaya administrasiMaks. 1% dari jumlah pembiayaan
Proses persetujuanMaks. 14 hari kerja
KeuntunganPeluang pengembangan bisnis lebih besar

Dengan mengajukan BRI KUR sesuai brosur angsuran, UKM Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan persyaratan yang cukup mudah. Salah satu keuntungannya adalah mendapatkan peluang pengembangan bisnis yang lebih besar karena Anda dapat menggunakan pinjaman tersebut sebagai modal usaha.

Keunggulan BRI KUR

Keunggulan BRI KUR

Brosur Angsuran BRI KUR memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

KeunggulanKeterangan
Bunga rendahSuku bunga yang ditawarkan sangat bersaing sehingga tepat untuk kalangan UKM
Plafon tinggiBesar dana yang disediakan mencapai Rp. 500 juta
Proses cepatProses pengajuan yang cepat dan mudah hanya dengan mengisi formulir dan menyerahkan dokumen pendukungnya
Keamanan terjaminManajemen risiko yang baik dijamin oleh Bank BRI sehingga nasabah tak perlu khawatir akan rugi atau bangkrut

Cara Pengajuan BRI KUR

Cara Pengajuan BRI KUR

Bagi Anda yang memenuhi syarat pengajuan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Mengisi formulir permohonan BRI KUR
  • Melampirkan dokumen pendukung seperti NPWP, SIUP, TDP, bukti kepemilikan tempat usaha atau sewa tempat usaha, dan bukti pendukung lainnya sesuai dengan jenis usaha
  • Bank BRI akan memproses pengajuan Anda dalam waktu 5 hari kerja
  • Apabila pengajuan disetujui, maka nasabah akan melakukan penandatanganan kontrak peminjaman dan persetujuan kredit
  • Setelah seluruh persyaratan dipenuhi, nasabah bisa langsung menggunakan dana yang disetujui

Alternatif Brosur Angsuran BRI KUR

Alternatif Brosur Angsuran BRI KUR

Jika Anda mencari alternatif untuk Brosur Angsuran BRI KUR, Anda dapat mempertimbangkan produk kredit lainnya yang ditawarkan di Indonesia. Berikut adalah beberapa pilihan yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Untuk memenuhi kebutuhan keuangan yang mendesak, Kredit Tanpa Agunan (KTA) bisa menjadi opsi alternatif yang bisa dipertimbangkan. Dalam program ini, peminjam dapat mendapatkan pinjaman uang tunai tanpa memerlukan jaminan apapun dan beragam syarat lainnya.

2. Kredit Mobil Baru dan Bekas

Jika Anda ingin membeli mobil baru atau bekas, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengajukan kredit mobil di berbagai bank yang tersedia di Indonesia. Kredit mobil baru maupun bekas menawarkan lebih banyak opsi untuk pembelanjaan dengan bunga yang relatif terjangkau dan jangka waktu pembayaran hingga bertahun-tahun.

3. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Selain kendaraan, investasi terbesar yang biasanya dilakukan oleh masyarakat adalah tanah dan bangunan. Untuk membantu membiayai pembelian rumah, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bisa dijadikan pilihan. Kebanyakan bank menawarkan beragam pilihan cicilan dengan bunga dan tenor yang berbeda-beda.

4. Kredit Modal Kerja

Bagi usaha kecil dan menengah, modal kerja seringkali menjadi faktor penting dalam menjalankan bisnis. Dalam program kredit modal kerja, pihak bank akan membantu memberikan modal kepada bisnis dengan bunga yang rendah sekitar 8-15%. Tenor pinjaman biasanya antara 12 – 24 bulan.

5. Kredit Kendaraan Bermotor Roda Dua

Jika Anda ingin memiliki kendaraan bermotor roda dua, banyak bank yang juga menawarkan opsi kredit kendaraan bermotor roda dua yang dapat menjadi alternatif Brosur Angsuran BRI KUR. Kredit kendaraan bermotor roda dua menawarkan bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan bunga pinjaman dengan jaminan yang sama.

6. Kredit Multi Agunan

Untuk yang membutuhkan pinjaman dalam jumlah besar, Kredit Multi Agunan (KMA) bisa menjadi solusi praktis. Sebagai jaminan, peminjam dapat menggunakan agunan berupa properti atau investasi yang sekiranya memiliki nilai jaminan tinggi. Selain itu, bunga pinjaman KMA juga relatif rendah.

8. Kredit Mikro

Kredit Mikro adalah program kredit yang dirancang khusus untuk memberikan modal kepada usaha kecil dan menengah. Program ini menawarkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan jangka waktu pembayaran yang fleksibel. Minimal pinjaman yang dapat diajukan adalah sekitar 1 juta rupiah dan maksimal hingga 25 juta rupiah.

Atau untuk bisa dicek lebih lanjut, maka terdapat beberapa data dalam Tabel Angsuran BRI Non KUR yang memiliki plafon tidak kalah besar. Dengan demikian kebutuhan finansial dapat teratasi dengan beberapa solusi dari BRI tersebut.

Akhir Kata

Melalui ulasan dari Admin STKIPMKTB, dapat disimpulkan bahwa program dalam Brosur angsuran BRI KUR merupakan solusi efektif bagi para pelaku UMKM yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya. Melalui angsuran ini, para pelaku usaha dapat memperoleh dana yang dibutuhkan dengan bunga yang terjangkau serta tenor yang fleksibel. Selain itu, layanan BRI KUR juga memberikan kemudahan dalam proses pengajuan dan persyaratan yang mudah dipenuhi.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengajukan angsuran BRI KUR, segera kunjungi kantor cabang BRI terdekat di wilayah Anda. Dapatkan informasi lengkap mengenai layanan ini dan konsultasikan kebutuhan Anda dengan petugas BRI yang siap membantu setiap saat. Dengan angsuran BRI KUR, Anda dapat memajukan usaha Anda dan turut menjaga perekonomian Indonesia.

Bagikan:

DekorumaShopee