Insureka1

Biaya Kuliah Raffles Jakarta Semua Jurusan 2024

Biaya Kuliah Raffles Jakarta Semua Jurusan

Biaya Kuliah Raffles Jakarta – Dalam dunia pendidikan, tak dapat dipungkiri bahwa biaya kuliah menjadi salah satu faktor utama yang dipertimbangkan oleh calon mahasiswa dan orang tua. Tak jarang, mahasiswa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk bisa mendapatkan pendidikan berkualitas. Meskipun begitu, bukan berarti biaya kuliah yang mahal menjamin kualitas pendidikan yang baik.

Hal ini juga dirasakan oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi nya di Raffles Jakarta, salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Universitas Raffles Jakarta telah membuktikan kualitas pendidikannya melalui program-programnya yang variatif dan berorientasi pada praktek. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa biaya kuliah di Raffles Jakarta terbilang cukup mahal dibandingkan dengan biaya masuk perguruan tinggi lainnya.

Lantas, berapa biaya yang harus disiapkan oleh calon mahasiswa Universitas Raffles Jakarta? Hal ini perlu kita cari tahu lebih dalam agar bisa menilai apakah biaya kuliah di Raffles Jakarta sepadan dengan kualitas pendidikan yang ditawarkan.

Mengutip dari situs resmi Raffles Jakarta, biaya kuliah di sana tergantung pada jurusan dan program pendidikan yang dipilih. Selain itu, biaya masuk kampus ini juga ditentukan berdasarkan beberapa faktor lain, penjelasan selengkapnya telah kami siapkan di bawah ini.

Sejarah Raffles Jakarta

Raffles Jakarta merupakan institusi pendidikan tinggi di Jakarta yang fokus pada bidang pariwisata dan perhotelan. Kampus ini memiliki kemampuan mengajarkan ilmu pengetahuan yang sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa dalam sektor pariwisata dan perhotelan. Fakultas ini juga sudah diakui di seluruh dunia dan memiliki jaringan kuat dengan industri perhotelan internasional dan nasional.

Insureka

Hingga saat ini, Universitas Raffles Jakarta telah berhasil menciptakan banyak lulusan terbaik yang siap untuk terjun langsung ke dalam dunia pariwisata dan perhotelan. Disamping itu, kampus Raffles Jakarta juga menawarkan lingkungan belajar yang sangat mendukung dan kondusif bagi siswa dalam mengembangkan kemampuan mereka.

Tidak sedikit siswa-siswi lulusan SMA 1 Pusaka Jakarta, SMA N 5, SMK Muhammadiyah 2 dan lain sebagainya yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Raffles Jakarta. Bagi Anda yang juga ingin kuliah di kampus Raffles Jakarta, hal utama yang harus diperhatikan adalah biaya.

Biaya Kuliah Raffles Jakarta

Biaya Kuliah Raffles Jakarta

Perlu diketahui bahwa biaya kuliah yang ditawarkan oleh Raffles Jakarta memang terbilang mahal. Akan tetapi, biaya tersebut sangat sebanding dengan ilmu yang diperoleh para mahasiswa selama kuliah di kampus Raffles Jakarta. Selain itu, Universitas Raffles Jakarta juga menyediakan banyak fasilitas yang sangat memadai guna menunjang kenyamanan dalam kegiatan belajar mengajar.

Kemudian dalam menentukan besaran biaya untuk calon mahasiswa, pihak Universitas mengacu pada program pendidikan yang di pilih. Ada beberapa program pendidikan yang ditawarkan oleh Kampus Raffles Jakarta.

Berikut ini telah kami siapkan informasi nya lengkap dengan keterangan biaya kuliah dari masing-masing program pendidikan di Universitas Raffles Jakarta :

ProgramBiaya Kuliah Per Semester (IDR)
Bachelor of International Hospitality Management105,000,000
Diploma in Culinary Arts80,000,000
Certificate in Food & Beverage Operations38,500,000
Certificate in Hotel Operations38,500,000
Foundation Studies350.000.000
Bachelor of Commerce470.000.000
Bachelor of Design (Fashion Design)420.000.000
Bachelor of Design (Interior Design)420.000.000
Bachelor of Psychology480.000.000
Bachelor of Business Administration (Hospitality) RP.470.000.000
Visual Communication150.000.000
Multimedia Design150.000.000

Dari tabel di atas, terlihat bahwa biaya kuliah di Raffles Jakarta cukup tinggi. Namun, perlu dicatat bahwa biaya tersebut merupakan total biaya secara global untuk kuliah di Universitas Raffles Jakarta selama 3 tahun. Biaya kuliah yang mencapai ratusan juta rupiah sudah termasuk biaya pendaftaran, uang pangkal, spp, biaya SKS dan lain sebagainya.

Disamping itu, dengan biaya tersebut mahasiswa bisa memperoleh akses ke berbagai sumber daya dan fasilitas, lingkungan akademik yang kondusif juga mencakup pengajaran yang bijaksana oleh para guru berpengalaman. Guru di Raffles Jakarta memiliki pengalaman dalam mata pelajaran yang diajarkan dan dapat memberikan pengajaran yang memotivasi siswa dan membangun kepercayaan diri mereka dalam mengembangkan kemampuan mereka.

Menariknya lagi, Universitas Raffles Jakarta juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk membangun jaringan dan berpartisipasi dalam kehidupan kampus melalui berbagai organisasi dan kegiatan yang berbeda. Ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial dan kepemimpinan yang dapat bermanfaat bagi karir di masa depan.

Jadi jika Anda mencari lingkungan akademik yang mendukung dan memotivasi untuk mengembangkan kemampuan Anda, serta memiliki sumber daya dan fasilitas terbaik, Raffles Jakarta adalah institut yang tepat untuk Anda. Meskipun biaya kuliah nya cukup tinggi, namun kesempatan dan manfaat yang akan Anda peroleh dari institut ini akan sepadan dengan biaya tersebut.

Beasiswa yang Tersedia di Raffles Jakarta

Jika biaya kuliah di Raffles Jakarta terasa terlalu mahal bagi Anda, jangan khawatir! Raffles Jakarta menawarkan berbagai macam pilihan beasiswa bagi calon mahasiswa yang memenuhi syarat. Berikut adalah beberapa beasiswa yang dapat Anda ajukan:

1. Beasiswa Prestasi Akademik

Beasiswa prestasi akademik diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang luar biasa. Beasiswa ini mencakup potongan biaya kuliah hingga 50%. Syarat untuk menerima beasiswa ini adalah memiliki nilai rata-rata rapor minimal 8.0 dan hasil test tertulis minimal 750 untuk tes bahasa Inggris dan 700 untuk tes matematika.

2. Beasiswa Bakat

Beasiswa keberbakatan diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki bakat di bidang seni dan desain. Beasiswa ini mencakup potongan biaya kuliah hingga 50%. Syarat untuk menerima beasiswa ini adalah memenuhi persyaratan akademik, memiliki portfolio yang menunjukkan bakat di bidang seni dan desain, serta mengikuti tes khusus untuk menilai kemampuan bakat yang dimiliki.

3. Beasiswa Kebutuhan Khusus

Beasiswa kebutuhan khusus diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki kebutuhan khusus seperti cacat tubuh, tunanetra atau tunarungu. Beasiswa ini mencakup potongan biaya kuliah hingga 50%. Syarat untuk menerima beasiswa ini adalah memiliki dokumentasi yang membuktikan kebutuhan khusus yang dimiliki.

4. Beasiswa Pendidikan Keluarga Tidak Mampu

Beasiswa pendidikan keluarga miskin diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Beasiswa ini mencakup potongan biaya kuliah hingga 50%. Syarat untuk menerima beasiswa ini adalah memiliki surat keterangan dari desa atau kelurahan yang menunjukkan bahwa calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu.

5. Beasiswa Prestasi Non-Akademik

Beasiswa prestasi non-akademik diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki prestasi di luar bidang akademik seperti olahraga, kegiatan sosial, atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Beasiswa ini mencakup potongan biaya kuliah hingga 50%. Syarat untuk menerima beasiswa ini adalah memiliki prestasi di luar bidang akademik yang dapat dibuktikan melalui sertifikat atau piagam penghargaan.

Dengan adanya pilihan beasiswa yang tersedia, Anda tetap memiliki kesempatan untuk meraih pendidikan di Raffles Jakarta. Selain itu, Anda juga dapat memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Program Magang di Raffles Jakarta

Program Magang di Raffles Jakarta

Raffles Jakarta menawarkan pelatihan praktis dan program magang dengan fokus pada keterampilan kreatif dan profesional. Program magang di Raffles Jakarta dirancang untuk membekali siswa dengan keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam industri kreatif dan bisnis global saat ini. Program magang ini cocok untuk siswa yang ingin belajar lebih banyak tentang industri kreatif dan mempersiapkan karir mereka di masa depan.

Program magang di Raffles Jakarta tersedia untuk siswa dari berbagai latar belakang akademik dan keahlian. Program magang ini memiliki beberapa jenis tergantung pada bidang ilmu dan tingkat pengalaman siswa.

Berikut adalah daftar jenis program magang di Raffles Jakarta dan tarif biaya masing-masing program:

Program magang Desain Grafis di Raffles Jakarta dirancang untuk meningkatkan keterampilan desain grafis siswa. Melalui program ini, siswa akan belajar tentang bagaimana membuat desain grafis yang efektif dan menarik. Siswa juga akan mempelajari teknologi terbaru dan tren dalam industri desain grafis. Biaya program magang Desain Grafis di Raffles Jakarta adalah sebesar 3,5 juta rupiah.

Program magang Fotografi di Raffles Jakarta merupakan kesempatan bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan fotografi mereka. Siswa akan mempelajari teknik fotografi terbaru, mulai dari cara mengatur cahaya hingga teknik pengolahan foto. Biaya program magang Fotografi di Raffles Jakarta adalah sebesar 4 juta rupiah.

Program magang Fashion Design di Raffles Jakarta dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan ide desain fashion. Melalui program ini, siswa akan belajar tentang proses desain dari konseptual hingga produksi. Biaya program magang Fashion Design di Raffles Jakarta adalah sebesar 4,5 juta rupiah.

Program magang Seni Digital di Raffles Jakarta dirancang bagi siswa yang tertarik pada seni digital. Melalui program ini, siswa akan mempelajari bagaimana membuat karya seni digital yang menarik menggunakan teknologi terbaru. Biaya program magang Seni Digital di Raffles Jakarta adalah 4,5 juta rupiah.

Program magang Multimedia di Raffles Jakarta merupakan kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi dunia multimedia. Siswa akan mempelajari teknologi multimedia terbaru, termasuk teknik animasi dan teknologi VR. Biaya program magang Multimedia di Raffles Jakarta adalah sebesar 5 juta rupiah.

Program magang Bisnis dan Pemasaran di Raffles Jakarta memberikan peluang bagi siswa yang tertarik pada bisnis dan pemasaran. Siswa akan mempelajari prinsip-prinsip bisnis dan pemasaran, termasuk strategi pemasaran online dan offline. Biaya program magang Bisnis dan Pemasaran di Raffles Jakarta adalah sebesar 5,5 juta rupiah.

Kegiatan Ekstrakurikuler Raffles Jakarta

Raffles Jakarta adalah sebuah institusi pendidikan yang menawarkan beberapa pilihan kegiatan Ekstrakurikuler bagi para mahasiswa. Kegiatan ini diadakan sebagai sarana bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakat, sekaligus menambah pengalaman di luar ruang kelas.

Berikut adalah daftar kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti di Raffles Jakarta beserta biayanya:

1. Photography Club merupakan kegiatan bagi siswa yang memiliki minat dan bakat dalam fotografi. Dalam kegiatan ini siswa akan mempelajari teknik pengambilan gambar dan editing foto. Biaya yang diperlukan untuk mengikuti kegiatan ini adalah Rp 1.800.000.

2. Sports Club dirancang untuk siswa yang memiliki minat dalam olahraga. Ada berbagai macam cabang olahraga yang tersedia, seperti basket, futsal, dan bulu tangkis. Siswa akan dilatih oleh pelatih handal di bidangnya. Biaya untuk mengikuti kegiatan ini adalah Rp 1.500.000.

3. Performing Arts Club adalah kegiatan bagi siswa yang memiliki kemampuan dalam bidang seni tari, drama, dan musik. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam bidang seni. Biaya yang diperlukan adalah sebesar Rp 1.800.000.

4. Fashion and Design Club merupakan kegiatan bagi siswa yang memiliki minat di bidang fashion dan desain. Dalam kegiatan ini siswa akan mempelajari dasar-dasar desain dan membuat karya desain sendiri. Biaya yang diperlukan adalah Rp 2.000.000.

5. Robotics and Engineering Club merupakan kegiatan bagi siswa yang memiliki minat di bidang teknologi. Dalam kegiatan ini siswa akan mempelajari cara merancang, membangun, dan mengoperasikan robot. Biaya yang diperlukan adalah Rp 2.200.000.

6. Culinary Club adalah kegiatan bagi siswa yang memiliki minat di bidang kuliner. Dalam kegiatan ini siswa akan mempelajari cara memasak, mulai dari membuat makanan pembuka, hidangan utama, hingga makanan penutup. Biaya yang diperlukan adalah Rp 1.500.000.

7. Language Club bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris. Di kegiatan ini siswa akan belajar berbicara dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Biaya yang diperlukan adalah Rp 1.500.000.

Dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di Raffles Jakarta, siswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan meningkatkan kemampuan dalam bidang yang diminati. Biaya yang dikeluarkan juga cukup menarik, mengingat nilai dan manfaat yang diperoleh oleh siswa. Jadi, tunggu apa lagi, temukan minat dan bakatmu dan daftar sekarang!

Proses Pendaftaran di Raffles Jakarta

Biaya kuliah Raffles Jakarta tergolong mahal, lebih mahal dari biaya kuliah LIPIA Jakarta bahkan biaya masuk Universitas Indonesia. Tapi seperti kami jelaskan diatas bahwa biaya kuliah Raffles Jakarta yang sampai ratusan juta sangat sebanding dengan kualitas pendidikan yang diberikan.

Jika biaya kuliah Raffles Jakarta tidak menjadi masalah, maka Anda bisa segera melakukan pendaftaran dengan prosedur sebagai berikut :

  • Melakukan pengisian formulir pendaftaran melalui situs web resmi Raffles Jakarta.
  • Mengirimkan lamaran melalui email ke alamat yang telah ditentukan oleh Raffles Jakarta.
  • Menyerahkan surat keterangan kelulusan SMA dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh sekolah.
  • Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 3×4.

Setelah dokumen yang diperlukan sudah diterima oleh pihak Raffles Jakarta, calon mahasiswa akan mendapatkan hasil seleksi dalam waktu 2 minggu.

KESIMPULAN

Setelah stkipmktb.ac.id membahas biaya kuliah Raffles Jakarta secara mendalam, dapat disimpulkan bahwa biaya kuliah yang ditawarkan oleh Raffles Jakarta sangatlah variatif dan tergantung pada program studi yang diambil. Selain itu, biaya kuliah tersebut juga sudah mencakup berbagai fasilitas dan kegiatan yang sangat penting bagi mahasiswa dalam menjalankan studinya.

Namun, sebaiknya calon mahasiswa juga memperhitungkan biaya hidup dan akomodasi selama menempuh kuliah di Raffles Jakarta. Sehingga dapat merencanakan dengan matang sebelum memutuskan untuk mendaftar di kampus tersebut.

Bagikan:

Insureka1