Insureka1

Biaya Kuliah IAIN Cirebon 2024: Fasilitas & Beasiswa

Biaya Kuliah IAIN Cirebon

Biaya Kuliah IAIN Cirebon – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Cirebon menawarkan program pendidikan yang menjanjikan bagi para calon mahasiswa. Sebagai institusi pendidikan Islam terkemuka di Jawa Barat, IAIN Cirebon sudah membuktikan kualitas pendidikan dan penelitiannya yang menghasilkan lulusan terbaik yang banyak jadi andalan masyarakat.

Salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan oleh calon mahasiswa adalah biaya kuliah. Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya kuliah menjadi salah satu beban yang cukup besar bagi sebagian mahasiswa. Oleh karena itu, IAIN Cirebon berkomitmen untuk berikan biaya kuliah yang terjangkau dengan kualitas pendidikan tidak kalah dengan universitas lain.

Namun, perlu diingat bahwa biaya kuliah belum termasuk biaya lainnya yang dibutuhkan selama masa studi berlangsung seperti biaya pendaftaran, biaya kegiatan, dan biaya lainnya. Meskipun begitu, IAIN Cirebon sudah menyediakan berbagai fasilitas dan layanan yang lengkap untuk menunjang kegiatan akademik dan non-akademik mahasiswa.

Penasaran mengenai rincian biaya kuliah IAIN Cirebon? Dengan membuka dan berada di artikel ini, maka kalian berada di pilihan yang tepat karena pada kesempatan kali ini kami sudah berhasil rangkumkan biaya-biaya tersebut. Jadi untuk lebih jelasnya bisa simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Sekilas Tentang IAIN Cirebon

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Cirebon terletak di kawasan timur laut kota Cirebon, Jawa Barat. Didirikan pada tahun 1954 dengan nama Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) Cirebon, IAIN Cirebon telah berkembang menjadi perguruan tinggi yang unggul dan dikenal baik di Indonesia.

Insureka

IAIN Cirebon menawarkan program studi sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) di berbagai bidang yang berhubungan dengan agama Islam, seperti Ilmu Alqur’an dan Tafsir, Hukum Islam, Akidah dan Filsafat Islam, Sejarah dan Kebudayaan Islam, dan Pendidikan Islam. Selain itu, IAIN Cirebon juga memiliki program studi non-keagamaan, seperti Ekonomi Syariah dan Ilmu Komunikasi.

Fasilitas di IAIN Cirebon

IAIN Cirebon memiliki lingkungan akademik dan budaya yang kondusif untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar mahasiswa. Bahkan fasilitas yang disediakan itu sendiri terbilang lengkap, karena di sini sudah tersedia fasilitas-fasilitas umum layaknya universitas lainnya. Adapun untuk fasilitas yang tersedia seperti misalnya:

  • Sarana olahraga
  • Laboratorium.
  • Masjid.
  • Perpustakaan.
  • Kantin.
  • dan fasilitas lainnya.

Secara keseluruhan, IAIN Cirebon merupakan salah satu perguruan tinggi yang unggul di Indonesia dengan program studi keagamaan dan non-keagamaan yang berkualitas. Meskipun dikenakan biaya kuliah, mahasiswa dapat memanfaatkan beragam sumber daya yang tersedia untuk mendukung pencapaian prestasi akademik dan pengembangan diri.

Komponen Biaya Kuliah di IAIN Cirebon

IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Cirebon merupakan salah satu perguruan tinggi Islam negeri yang terletak di Kota Cirebon, Jawa Barat. Perguruan tinggi ini memiliki beberapa program studi yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa, seperti hukum keluarga Islam, ekonomi Islam, dan sejarah kebudayaan Islam. Meskipun IAIN Cirebon adalah perguruan tinggi negeri, namun biaya kuliahnya tidaklah mahal. Berikut ini adalah komponen biaya kuliah di IAIN Cirebon.

1. Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Komponen biaya kuliah di IAIN Cirebon yang pertama adalah Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT adalah suatu biaya dimana mahasiswa membayar serta mendapatkan semua biaya perkuliahan, seperti biaya pelajaran, kegiatan akademik, praktikum, dan sebagainya. UKT IAIN Cirebon berbeda tergantung pada program studi yang dipilih oleh calon mahasiswa. Rincian biaya UKT dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Program StudiUKT/Semester
S-2 Hukum Keluarga IslamRp. 3.000.000
S-1 Hukum Keluarga IslamRp. 1.000.000
S-1 Ilmu Ekonomi SyariahRp. 1.000.000
S-1 Sejarah Kebudayaan IslamRp. 1.000.000
S-1 Manajemen DakwahRp. 1.000.000

2. Biaya Registrasi

Komponen biaya kuliah di IAIN Cirebon yang kedua adalah biaya registrasi. Biaya ini adalah biaya yang dibayarkan mahasiswa ketika melakukan pendaftaran di awal masa kuliah. Biaya registrasi di IAIN Cirebon adalah Rp. 200.000 dan hanya berlaku satu kali pembayaran untuk setiap mahasiswa baru.

3. Biaya Lainnya

Selain biaya UKT dan biaya registrasi, ada beberapa biaya lainnya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa di IAIN Cirebon, seperti biaya perpustakaan, biaya laboratorium, dan biaya ujian. Biaya perpustakaan di IAIN Cirebon sebesar Rp. 10.000 per semester, biaya laboratorium tergantung pada masing-masing program studi, sedangkan biaya ujian berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 150.000. Meskipun ada biaya lainnya, namun secara keseluruhan biaya kuliah di IAIN Cirebon tidaklah mahal dan terjangkau oleh masyarakat.

Itulah beberapa komponen biaya kuliah di IAIN Cirebon. Biaya kuliah di perguruan tinggi ini dapat dibilang tidaklah mahal jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya. Selain itu, IAIN Cirebon memiliki beberapa program studi yang sesuai dengan minat dan bakat, terutama program studi yang berkaitan dengan Islam.

Biaya Kuliah IAIN Cirebon

Agar lebih jelas mengenai besaran biaya kuliah IAIN Cirebon di atas, selanjutnya kalian tinggal mengetahui rincian besaran biaya kuliah IAIN Cirebon secara lengkap dengan melihat tabel di bawah ini:

1. Biaya Pendaftaran dll

Jenis BiayaJumlah Biaya
Biaya PendaftaranRp. 225.000
Biaya PembangunanRp. 4.000.000
Biaya Kuliah/SKSRp. 500.000
Biaya Laboratorium (Jika Ada)Rp. 150.000

2. Biaya Program Studi

Program StudiSemester 1-4 (Rp)Semester 5-8 (Rp)
Ilmu Alqur’an dan Tafsir3.500.0003.250.000
Ilmu Hadis3.500.0003.250.000
Hukum Keluarga (Muamalah)3.500.0003.250.000
Akidah dan Filsafat Islam3.500.0003.250.000
Pendidikan Agama Islam3.500.0003.250.000
Seni dan Desain Produk Halal4.000.0003.750.000
Ekonomi Syariah4.000.0003.750.000

Terkait biaya kuliah di IAIN Cirebon dapat dibayar melalui cicilan atau pembayaran penuh setiap semester. Selain biaya kuliah, mahasiswa juga akan dikenakan biaya lain seperti Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA), Sumbangan Kesejahteraan Mahasiswa (SKM), Sumbangan Pengembangan Laboratorium (SPL), dan biaya lain yang terkait dengan kegiatan mahasiswa seperti seminar, workshop, dan lain sebagainya.

Meskipun terdapat biaya yang harus dikeluarkan, IAIN Cirebon menawarkan beragam beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi dan memiliki kebutuhan ekonomi yang kurang mampu. Mahasiswa juga dapat mencari beasiswa dari luar lembaga, seperti beasiswa dari pemerintah atau sponsor lainnya.

Beasiswa & Layanan Pembiayaan di IAIN Cirebon

Membahas biaya kuliah suatu perguruan tinggi tentu tidak lengkap tanpa membahas beasiswa dan layanan pembiayaan yang disediakan. Hal ini dikarenakan adanya beasiswa dan layanan pembiayaan tersebut, dapat membantu mahasiswa dalam menanggulangi biaya kuliah yang tinggi. Di IAIN Cirebon, terdapat beberapa jenis beasiswa dan layanan pembiayaan yang dapat dimanfaatkan oleh calon mahasiswa.

1. Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah untuk calon mahasiswa kurang mampu dengan potensi akademik yang baik. Beasiswa ini menyerahkan bantuan biaya kuliah sebesar Rp7,2 juta per semester. Calon penerima beasiswa bidikmisi dapat mendaftar melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LPDP) yang terdapat di masing-masing provinsi.

2. Beasiswa PPA

Beasiswa PPA (Program Peningkatan Prestasi Akademik) adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah untuk mahasiswa aktif dengan prestasi akademik yang baik. Beasiswa ini memberikan bantuan biaya kuliah sebesar Rp3,6 juta per semester. Calon penerima beasiswa dapat mendaftar melalui universitas atau perguruan tinggi yang mereka ikuti.

3. Beasiswa KIP

Beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar) adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah untuk siswa dan mahasiswa kurang mampu dengan potensi akademik yang baik. Beasiswa ini memberikan bantuan biaya kuliah sebesar Rp7,8 juta setiap tahun. Mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa KIP dapat mendaftar melalui direktorat jendral pendidikan tinggi atau melalui universitas yang mereka ikuti.

4. Beasiswa Beasiswa Sosial

Beasiswa Sosial adalah beasiswa yang diberikan oleh IAIN Cirebon kepada mahasiswa kurang mampu dengan potensi akademik yang baik. Beasiswa ini memberikan bantuan biaya kuliah sebesar Rp1,5 juta per semester. Calon penerima beasiswa bisa mendaftar melalui kantor urusan kemahasiswaan IAIN Cirebon.

5. Layanan Pembiayaan

Selain beasiswa, IAIN Cirebon juga menyediakan layanan pembiayaan yang dapat digunakan oleh mahasiswa. Layanan pembiayaan tersebut antara lain yaitu pembiayaan uang pangkal dan biaya kuliah. Biaya yang harus dibayarkan dapat dicicil dalam beberapa kali. Selain itu, mahasiswa juga dapat memanfaatkan layanan pembiayaan dari lembaga keuangan atau bank yang bekerjasama dengan IAIN Cirebon.

Akhir Kata

Secara keseluruhan, biaya kuliah IAIN Cirebon dapat dibilang cukup terjangkau dan kompetitif dibandingkan dengan universitas di sekitarnya. Namun, sebagai sebuah lembaga pendidikan, IAIN Cirebon perlu terus meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada para mahasiswanya.

Selain itu, pemerintah juga diharapkan dapat memberikan perhatian lebih terhadap pemenuhan kebutuhan biaya kuliah bagi para mahasiswa yang kurang mampu secara finansial. Bagi calon mahasiswa atau orang tua yang ingin memilih IAIN Cirebon sebagai tempat kuliah, perlu memperhitungkan biaya kuliah yang harus dikeluarkan sekaligus aspirasi dan kemampuan diri serta minat jurusan yang diinginkan.

Mungkin seperti itu saja pembahasan dapat stkipmktb.ac.id sampaikan mengenai biaya kuliah IAIN Cirebon beserta informasi terkait lainnya. Semoga dengan adanya pembahasan biaya kuliah di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan, terutama bagi calon mahasiswa maupun orang tua yang berniatan untuk mengarahkan anaknya masuk perguruan tinggi agama islam ini.

Bagikan:

Insureka1