Apa Itu Engineering : Pengertian, Keuntungan & Fungsi Engineer

Apa Itu Engineering

Apa Itu Engineering – Engineering atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “teknik” adalah disiplin ilmu dan profesi yang berfokus pada penerapan pengetahuan ilmiah, matematika, dan teknologi untuk merancang, mengembangkan, membangun, dan memelihara berbagai jenis sistem, struktur, atau produk yang bermanfaat bagi manusia dan lingkungan.

Engineering sangat dibutuhkan untuk memperbaiki, meningkatkan, dan menciptakan produk atau layanan baru yang lebih baik. Untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan di bidang engineering agar bisa bersinergi dengan teknologi canggih tersebut dan menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Bidang teknik mencakup berbagai spesialisasi, seperti teknik sipil, teknik mesin, teknik listrik, teknik kimia, teknik komputer, dan banyak lagi. Para insinyur, atau ahli teknik, berperan dalam menciptakan solusi kreatif untuk tantangan teknis dan mendukung perkembangan teknologi dalam berbagai sektor, seperti infrastruktur, transportasi, energi, teknologi informasi, kesehatan, dan lingkungan.

Dengan pendekatan ilmiah dan metode perancangan yang sistematis, teknik menjadi tulang punggung bagi kemajuan peradaban manusia, mendorong inovasi, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Berikut ini stkipmktb.ac.id akan membahas Apa Itu Engineering.

Pengertian Engineering dan Sejarahnya

Engineering adalah cabang ilmu yang berkaitan dengan penemuan, desain, pembuatan, pengoperasian, dan pemeliharaan berbagai jenis mesin, struktur, alat, dan sistem yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Ilmu engineering menekankan pada penyelidikan dan pengembangan solusi baru dalam bidang teknologi dan sistem otomatisasi.

Sejarah engineering telah dimulai sejak manusia mencoba untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan membuat berbagai jenis alat dan mesin. Sebagai contoh, penggunaan roda telah memudahkan manusia dalam memindahkan berbagai beban dari satu tempat ke tempat lainnya.

Di zaman modern, engineering menjadi sangat penting dalam pengembangan teknologi. Banyak penemu dan ahli teknologi terkenal seperti Thomas Edison dan Henry Ford memperkenalkan inovasi baru dalam sejarah engineering yang mengubah cara hidup semua orang di dunia.

Saat ini, engineering terbagi menjadi berbagai jenis seperti teknologi informasi, teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro dan masih banyak lagi. Masing-masing spesialisasi engineering memberikan kontribusi yang penting dalam memajukan teknologi dan menciptakan solusi inovatif untuk berbagai permasalahan yang dihadapi oleh manusia.

Syarat Menjadi Engineer

Syarat Menjadi Engineer

Untuk menjadi seorang engineer atau insinyur, terutama di Indonesia, terdapat beberapa syarat dan langkah yang harus diikuti. Berikut adalah beberapa syarat umum untuk menjadi engineer:

  • Pendidikan Formal

Syarat utama untuk menjadi engineer adalah memiliki pendidikan formal dalam bidang teknik atau engineering. Calon insinyur biasanya harus menyelesaikan program sarjana (S1) atau diploma (D3) di bidang teknik, seperti teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, atau bidang lain yang sesuai.

  • Kompetensi dan Kemampuan

Seorang engineer harus memiliki kompetensi dan kemampuan dalam bidang teknik yang dipilih. Kemampuan analitis, pemecahan masalah, dan pemahaman matematika serta ilmu pengetahuan alam sangat penting dalam profesi ini.

Selain itu seorang engineer juga mampu di tuntut bekerja di bawah tekanan dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan Deadline yang di tentukan, Apa itu Deadline? Deadline adalah deadline diartikan sebagai waktu akhir yang harus dipatuhi.

  • Sertifikasi Profesional (Opsional)

Beberapa bidang engineering menuntut sertifikasi profesional untuk menunjukkan kompetensi tambahan dan kualifikasi dalam bidang spesifik. Misalnya, seorang engineer sipil dapat mendapatkan sertifikasi sebagai insinyur profesional (IP) dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

  • Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja dalam industri atau proyek teknik juga menjadi nilai tambah bagi seorang engineer. Banyak perusahaan atau proyek membutuhkan engineer dengan pengalaman kerja untuk menghadapi tantangan teknis yang kompleks.

  • Etika Profesional

Seorang engineer harus mengikuti etika profesional dalam pekerjaannya. Mereka harus menjunjung tinggi integritas, kejujuran, dan tanggung jawab dalam merancang dan mengembangkan produk atau sistem.

  • Pemahaman Regulasi dan Standar

Sebagai seorang engineer, penting untuk memahami dan mematuhi regulasi, standar teknis, dan kode etik yang berlaku dalam industri atau bidang teknik tertentu.

  • Kemampuan Berkomunikasi

Seorang engineer harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tulisan. Mereka harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan tim kerja, klien, atau pihak lain yang terlibat dalam proyek atau pekerjaan mereka.

  • Kreativitas dan Inovasi

Kemampuan untuk berpikir kreatif dan inovatif sangat berharga dalam engineering. Engineer harus dapat mencari solusi yang kreatif dan efisien untuk memecahkan masalah teknis.

Keuntungan Ilmu Engineering

Tentunya tidak disangsikan lagi bahwa engineering membawa banyak keuntungan bagi kehidupan manusia. Ilmu engineering memungkinkan kita untuk merancang dan membangun berbagai teknologi, mulai dari perangkat lunak komputer hingga pesawat terbang. Ada beberapa keuntungan dari bidang engineering, yaitu:

  • Mengembangkan teknologi baru dan canggih untuk menunjang kehidupan manusia
  • Mempermudah pekerjaan manusia dan proses produksi
  • Menyediakan solusi efisien untuk masalah teknologi
  • Meningkatkan kualitas hidup manusia

Keuntungan tersebut sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, bidang engineering memainkan peran yang sangat penting dan menjadi salah satu faktor pendukung dalam dunia industri.

Fungsi Adanya Seorang Engineering dalam Perusahaan

Fungsi Adanya Seorang Engineering dalam Perusahaan

Keberadaan seorang insinyur dalam perusahaan memiliki beragam fungsi yang sangat penting dan strategis. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari seorang insinyur dalam perusahaan:

1. Perancangan dan Pengembangan Produk

Seorang insinyur memiliki peran kunci dalam merancang dan mengembangkan produk baru atau yang sudah ada. Mereka menerapkan pengetahuan teknis dan kreativitas untuk menciptakan produk yang inovatif, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan pasar dan pelanggan.

2. Peningkatan Proses Produksi

Insinyur bertugas untuk mengoptimalkan proses produksi agar lebih efisien dan produktif. Mereka menganalisis dan memperbaiki alur kerja, menggunakan teknologi canggih, serta merancang sistem otomatisasi untuk meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi biaya.

3. Pengawasan dan Pemeliharaan

Seorang insinyur bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pengawasan peralatan dan sistem yang ada dalam perusahaan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa semua peralatan beroperasi dengan baik, berfungsi optimal, dan memenuhi standar keamanan yang ditetapkan.

4. Riset dan Pengembangan

Insinyur terlibat dalam kegiatan riset dan pengembangan untuk mempelajari teknologi baru, metode terbaru, serta tren industri yang sedang berkembang. Dengan demikian, mereka dapat menghadirkan inovasi dan memperkuat daya saing perusahaan.

5. Penyelesaian Masalah Teknis

Perusahaan seringkali menghadapi masalah teknis yang kompleks. Insinyur berperan sebagai ahli yang mencari solusi untuk masalah tersebut, baik melalui analisis, perbaikan, atau pembaruan sistem.

6. Pengendalian Kualitas

Insinyur bertugas untuk memastikan produk dan layanan perusahaan memenuhi standar kualitas yang tinggi. Mereka mengembangkan metode pengujian dan pemeriksaan yang ketat untuk memastikan produk yang dihasilkan sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan.

7. Implementasi Teknologi

Perusahaan harus mengikuti perkembangan teknologi untuk tetap kompetitif. Insinyur bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan mengimplementasikan teknologi terbaru yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

9. Inovasi dan Kreativitas

Sebagai pemegang peran kunci dalam pengembangan produk dan sistem, insinyur mendorong inovasi dan kreativitas dalam perusahaan. Mereka mendorong tim untuk berpikir out-of-the-box dan mencari cara baru untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional.

Tujuan Engineering

Tujuan utama engineering, atau teknik, adalah menciptakan solusi inovatif untuk memecahkan masalah teknis yang kompleks dan meningkatkan kualitas hidup manusia. Berikut adalah beberapa tujuan dari engineering:

  1. Meningkatkan Kesejahteraan Manusia: Engineering bertujuan untuk menciptakan produk, sistem, dan infrastruktur yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Dengan merancang teknologi yang efisien, aman, dan ramah lingkungan, engineering berperan dalam meningkatkan kualitas hidup, kesehatan, dan kesejahteraan manusia.
  2. Menghadirkan Inovasi: Salah satu tujuan utama engineering adalah menciptakan inovasi teknologi yang dapat mengubah cara kerja dan kehidupan manusia. Dengan berfokus pada penelitian dan pengembangan, insinyur mendorong kemajuan teknologi untuk mencapai keunggulan kompetitif dan meningkatkan efisiensi dalam berbagai sektor.
  3. Mengatasi Tantangan Lingkungan dan Sosial: Engineering bertujuan untuk mengatasi berbagai tantangan lingkungan dan sosial yang dihadapi oleh masyarakat. Insinyur berperan dalam menciptakan solusi berkelanjutan yang mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat, serta memberikan kontribusi positif bagi pembangunan berkelanjutan.
  4. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas: Engineering bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai aspek kehidupan, seperti proses produksi, transportasi, dan penggunaan sumber daya. Dengan mengoptimalkan sistem dan proses, insinyur membantu perusahaan dan masyarakat untuk mencapai tujuan dengan lebih efisien.
  5. Mengurangi Risiko dan Meningkatkan Keamanan: Engineering berfokus pada mengurangi risiko dan meningkatkan keamanan dalam berbagai aspek kehidupan. Insinyur memastikan bahwa produk, infrastruktur, dan sistem yang mereka rancang aman digunakan oleh masyarakat.
  6. Meningkatkan Akses Teknologi: Engineering bertujuan untuk memperluas akses masyarakat terhadap teknologi yang bermanfaat. Dengan menciptakan teknologi yang lebih terjangkau dan mudah diakses, insinyur membantu meningkatkan kualitas hidup bagi banyak orang.
  7. Berkontribusi pada Pembangunan Infrastruktur: Engineering berperan dalam merencanakan dan membangun infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan sosial masyarakat. Infrastruktur yang baik seperti jalan, jembatan, dan sistem energi menjadi tulang punggung bagi pembangunan suatu negara.
  8. Mengembangkan Teknologi Kesehatan: Engineering berusaha untuk mengembangkan teknologi kesehatan yang lebih canggih untuk meningkatkan perawatan medis dan kualitas hidup pasien. Dengan teknologi medis yang mutakhir, insinyur mendukung kemajuan dalam dunia kesehatan.

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan bahwa engineering merupakan bagian penting dalam kehidupan kita dan memiliki peranan yang sangat vital dalam pembangunan sebuah negara. Selain itu, akhir-akhir ini engineering juga semakin berkembang dengan adanya teknologi canggih seperti artificial intelligence, internet of things, dan blockchain.

Secara keseluruhan, engineering memiliki peranan yang sangat penting dan menjanjikan bagi masa depan, sehingga harus terus dikembangkan dan ditingkatkan. Oleh karena itu, mari kita terus mengikuti perkembangan dan memperdalam ilmu engineering untuk dapat berkontribusi besar dalam kemajuan teknologi di Indonesia dan dunia.

Bagikan: