Insureka1

Biaya Poltekbang Surabaya Semua Jurusan TA 2024

Biaya Poltekbang Surabaya

Biaya Poltekbang Surabaya – Politeknik Negeri Bangkalan (Poltekbang) Surabaya adalah salah satu perguruan tinggi vokasi di Indonesia yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Poltekbang Surabaya menawarkan program studi diploma dan sarjana di berbagai jurusan, seperti Teknik Elektro, Teknik Sipil, Manajemen Informatika, dan banyak lagi.

Poltekbang Surabaya didirikan pada tahun 2009 sebagai fakultas Teknik di Universitas Trunojoyo Madura sebelum akhirnya menjadi politeknik pada tahun 2015. Dalam waktu singkat, politeknik ini berhasil memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Poltekbang Surabaya memiliki misi untuk menjadi pusat pendidikan vokasi yang unggul dan terkemuka di Indonesia. Melalui kurikulum yang berfokus pada praktik dan pengalaman lapangan, politeknik ini bertujuan mencetak lulusan yang siap terjun ke dunia kerja dan mampu bersaing di pasar global.

Salah satu program unggulan Poltekbang Surabaya adalah program studi Teknik Elektro. Program ini memiliki kurikulum yang menekankan pada penerapan teknologi terkini di bidang elektronika serta pengembangan keterampilan praktik yang dibutuhkan oleh industri. Hal ini membuat lulusan Teknik Elektro Poltekbang Surabaya sangat diminati oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.

Sejarah Politeknik Negeri Surabaya

Selain program studi Teknik Elektro, Poltekbang Surabaya juga menawarkan program studi lain yang tak kalah menarik. Program studi Teknik Sipil, misalnya, menawarkan pengalaman praktik di proyek-proyek infrastruktur skala besar seperti jembatan dan gedung bertingkat tinggi. Sementara program studi Manajemen Informatika membekali mahasiswa dengan keterampilan manajemen IT yang dibutuhkan oleh perusahaan modern.

Insureka

Poltekbang Surabaya juga memiliki program studi baru yang sangat menjanjikan, yaitu program studi Teknologi Pangan dan Gizi. Program ini dirancang untuk menangani masalah keamanan pangan dan kesehatan masyarakat yang semakin kompleks di era globalisasi. Mahasiswa program studi ini akan mempelajari teknologi-teknologi baru untuk menghasilkan makanan yang sehat dan bergizi serta memahami kebutuhan nutrisi manusia.

Poltekbang Surabaya juga memiliki fasilitas pendidikan yang lengkap dan modern untuk mendukung program studi mereka. Salah satu fasilitas utama adalah laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan canggih yang memungkinkan mahasiswa untuk melakukan eksperimen dan simulasi. Fasilitas lainnya termasuk perpustakaan, aula, dan asrama mahasiswa.

Dalam menghadapi tantangan global, Poltekbang Surabaya memastikan bahwa lulusan mereka siap untuk bersaing di pasar kerja internasional. Oleh karena itu, politeknik ini menjalin kemitraan dengan perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia dan luar negeri untuk memastikan bahwa kurikulum yang mereka ajarkan sesuai dengan kebutuhan industri.

Dengan visi dan misi yang jelas, serta fasilitas dan kurikulum yang lengkap dan modern, Poltekbang Surabaya tampaknya menjadi pilihan yang tepat untuk mahasiswa yang ingin memiliki keterampilan praktik yang dibutuhkan oleh industri dan siap terjun ke dunia kerja.

Politeknik Negeri Surabaya, yang biasa disingkat sebagai Poltekbang Surabaya, merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Politeknik Negeri Surabaya didirikan pada tanggal 6 Agustus 1976 dengan nama Politeknik Institut Teknologi Surabaya (Politeknik ITS). Kemudian pada tanggal 28 Februari 2017, terjadi perubahan nama menjadi Politeknik Negeri Surabaya dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2017. Perubahan nama tersebut dilakukan guna menguatkan status Politeknik dalam menunjang program pemerintah yang akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Sejak hadirnya Poltekbang Surabaya, sejumlah program studi telah dibuka dan berkembang hingga saat ini. Mengutip dari situs resmi kampus, Poltekbang Surabaya hingga saat ini te;ah sediakan beberapa program studi berupa Diploma III (D3) dan enam program studi berupa sarjana (S1). Berikut adalah program studi Sarjana dan Diploma III di Poltekbang Surabaya:

Untuk membiayai pendidikan di Poltekbang Surabaya, terdapat beberapa pilihan beasiswa yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Beberapa jenis beasiswa yang dapat dimanfaatkan antara lain beasiswa dari pihak kampus, beasiswa dari institusi luar, ataupun skema pembiayaan dari sumber daya manusia (SDM) di tempat kerja mahasiswa.

Fasilitas Poltekbang Surabaya

Fasilitas di Poltekbang Surabaya

Politeknik Negeri Teknologi Elektro dan Teknik Informatika (Poltekbang) adalah salah satu politeknik negeri yang berada di Surabaya. Poltekbang Surabaya memiliki beberapa fasilitas yang lengkap untuk mendukung kegiatan belajar mengajar para mahasiswanya. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Poltekbang Surabaya:

1. Laboratorium Komputer

Poltekbang Surabaya menyediakan laboratorium komputer yang lengkap untuk mendukung kegiatan belajar mengajar para mahasiswa. Laboratorium ini dilengkapi dengan perangkat keras dan lunak yang terbaru serta tersedia koneksi internet berkecepatan tinggi. Mahasiswa dapat mengakses laboratorium komputer ini selama 24 jam.

2. Perpustakaan

Poltekbang Surabaya memiliki perpustakaan yang lengkap dengan koleksi buku dan jurnal yang terbaru. Perpustakaan ini juga dilengkapi dengan ruang baca yang nyaman sehingga mahasiswa dapat belajar dengan tenang. Selain itu, perpustakaan Poltekbang Surabaya juga memiliki akses internet yang dapat digunakan oleh mahasiswa.

3. Laboratorium Bahasa

Poltekbang Surabaya juga memiliki laboratorium bahasa yang dilengkapi dengan peralatan audio dan video lengkap. Laboratorium ini digunakan untuk kegiatan bahasa seperti kursus bahasa Inggris atau presentasi dalam bahasa Inggris. Mahasiswa dapat menggunakan laboratorium bahasa ini sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

4. Asrama Mahasiswa

Poltekbang Surabaya juga menyediakan asrama mahasiswa yang terletak di dalam kampus. Asrama ini dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman seperti tempat tidur, lemari, dan meja belajar. Mahasiswa dapat tinggal di asrama ini selama masa studinya di Poltekbang Surabaya. Berikut adalah tabel harga asrama mahasiswa di Poltekbang Surabaya:

Jenis KamarHarga / Semester
Kamar 2 orangRp 3.000.000
Kamar 3 orangRp 2.500.000
Kamar 4 orangRp 2.000.000

Itulah beberapa fasilitas yang tersedia di Poltekbang Surabaya, di mana dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman ini diharapkan bisa membantu para mahasiswa dalam menunjang kegiatan belajar mereka. Jadi, bagi kalian yang ingin melanjutkan sekolah tinggi, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan Poltekbang Surabaya sebagai pilihan.

Program Studi yang Tersedia di Poltekbang Surabaya

Politeknik Negeri Bangunan dan Jaringan Surabaya (Poltekbang) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia. Sebagai lembaga pendidikan vokasi, Poltekbang Surabaya menawarkan berbagai program studi yang menghasilkan lulusan berkompeten di bidang teknik serta mampu bersaing di era industri 4.0. Nah, kira-kira apa saja program studi yang tersedia di Poltekbang Surabaya beserta biayanya, yuk simak informasinya di bawah ini.

1. Teknik Sipil

Program studi Teknik Sipil di Poltekbang Surabaya bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional yang mampu merancang, mengelola, dan membangun proyek konstruksi gedung, jalan, jembatan, dan sebagainya. Dalam proses pembelajarannya, mahasiswa akan mempelajari berbagai keterampilan teknik sipil serta konsep manajemen proyek dan konstruksi. Biaya studi satu semester untuk program studi Teknik Sipil di Poltekbang Surabaya adalah sekitar Rp 4.200.000.

2. Teknik Elektro

Program studi Teknik Elektro di Poltekbang Surabaya memberikan pelatihan pada mahasiswa untuk menjadi tenaga profesional yang mampu merancang, mengembangkan, dan memelihara sistem listrik dan elektronik. Dalam proses pembelajarannya, mahasiswa akan mempelajari berbagai materi teknik elektro seperti listrik, elektronika, instrumentasi, dan kendali. Biaya studi satu semester untuk program studi Teknik Elektro di Poltekbang Surabaya adalah sekitar Rp 4.500.000.

4. Teknik Mesin

Program studi Teknik Mesin di Poltekbang Surabaya bertujuan untuk menghasilkan tenaga professional yang mampu merancang, mengembangkan, dan memelihara sistem mekanik dan manufaktur. Dalam proses pembelajarannya, mahasiswa akan mempelajari konsep dasar mesin, material dan penyelesaiannya, proses manufaktur, manajemen produksi serta pemeliharaan alat. Biaya studi satu semester untuk program studi Teknik Mesin di Poltekbang Surabaya adalah sekitar Rp 4.800.000.

5. Teknik Kimia

Program studi Teknik Kimia di Poltekbang Surabaya memberikan pelatihan pada mahasiswa untuk menjadi tenaga profesional yang mampu merancang, mengembangkan, dan memelihara sistem kimia yang mencakup produksi kimia, proses pembersihan, pembuangan limbah serta pengolahan bahan. Dalam proses pembelajaran, mahasiswa akan mempelajari berbagai konsep teknologi kimia serta praktek langsung di beberapa industri kimia yang bermitra dengan Poltekbang. Biaya studi satu semester untuk program studi Teknik Kimia di Poltekbang Surabaya adalah sekitar Rp 4.600.000.

6. Teknik Lingkungan

Program studi Teknik Lingkungan di Poltekbang Surabaya bertujuan untuk menghasilkan tenaga professional yang mampu merancang, membangun, mengelola, dan memelihara infrastruktur lingkungan yang memperhatikan keseimbangan alam, termasuk konstruksi bangunan hijau, irigasi pertanian, dan pengelolaan sampah.

Dalam proses pembelajarannya, mahasiswa akan mempelajari berbagai konsep Teknik Lingkungan seperti pemrosesan limbah industri, perencanaan dan pengelolaan sumber daya air. Biaya studi satu semester untuk program studi Teknik Lingkungan di Poltekbang Surabaya adalah sekitar Rp 4.400.000.

Biaya Kuliah di Poltekbang Surabaya

Politeknik Negeri Bangkalan atau yang biasa dikenal dengan Poltekbang Surabaya menjadi institut pendidikan yang terbilang mengutamakan praktik kerja bagi para siswanya. Oleh karena itu, seluruh siswa diajak untuk mempraktekan teori yang mereka pelajari, dengan menerapkannya di industri yang bersangkutan.

Bagi kalian yang ingin kuliah di Poltekbang Surabaya, mengetahui mengenai biaya yang harus dikeluarkan adalah hal terpenting. Jika kalian penasaran besaran biaya, maka silakan untuk simak dan lihat tabel rincian biaya kuliah di Poltekbang Surabaya.

1. Biaya Rincian

Jenis BiayaBiaya
Uang Kuliah Tunggal (UKT)Rp 2.500.000 / semester
Uang Sumbangan Pembinaan Pendidikan (USPP)Rp 500.000 / semester
Biaya PendaftaranRp 200.000
Biaya Buku dan SeragamRp 2.000.000
Biaya Praktikum dan LapanganRp 1.000.000 – Rp 2.000.000

2. Biaya Per Program Strudi Biaya Poltekbang Surabaya

Program StudiBiaya Kuliah / Semester
Teknik Informatika (S1)Rp 4.400.000
Teknik Mesin (S1)Rp 4.400.000
Teknik Elektro (S1)Rp 4.400.000
Teknik Sipil (S1)Rp 4.400.000
Akuntansi (S1)Rp 3.750.000
Usaha Perjalanan Wisata (S1)Rp 3.000.000
Teknik Komputer (D3)Rp 2.950.000
Akuntansi (D3)Rp 2.950.000
Produksi Multimedia (D3)Rp 2.950.000
Perhotelan (D3)Rp 2.750.000

Kegiatan Ekstrakurikuler di Poltekbang Surabaya

Selain fasilitas di atas, di Politeknik Negeri (Poltekbang) Surabaya juga telah sediakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler Di antara lain ekstrakurikuler tersebut di antara lainnya seperti:

Nama KegiatanDeskripsiBiaya
English Speaking and Debate ClubKegiatan diskusi dan debat dalam bahasa Inggris dengan tujuan meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.Rp. 300.000/tahun
Basketball ClubKegiatan olahraga basket untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.Rp. 500.000/tahun
Music ClubKegiatan musik dan bernyanyi untuk menyalurkan bakat musik dan mengekspresikan diri melalui musik.Rp. 100.000/tahun
Theater ClubKegiatan tari, drama, dan teater untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan mengekspresikan diri secara verbal dan non-verbal.Rp. 200.000/tahun
Volleyball ClubKegiatan olahraga voli untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.Rp. 500.000/tahun
Entrepreneurship ClubKegiatan pelatihan dan pengembangan kewirausahaan untuk menumbuhkan kreativitas, membangun bisnis, dan mengembangkan usaha.Rp. 300.000/tahun

Tidak hanya itu, kegiatan ekstrakurikuler lainnya seperti filmmaking club, photography club, community service, dan juga kegiatan lainnya masih banyak lagi. Mahasiswa dapat memilih sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki, sehingga bakat para mahasiswa bisa tersalurkan di tempat yang tepat.

Prospek Karir setelah Lulus dari Poltekbang Surabaya

Politeknik Negeri Bangunan Surabaya atau yang biasa disingkat dengan Poltekbang Surabaya, merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menghasilkan lulusan yang berkualitas. Seluruh program studinya terakreditasi BAN-PT dengan nilai A, sehingga reputasi Poltekbang Surabaya di mata dunia kerja sangat terjamin. Selain itu, prospek karir dari lulusan Poltekbang Surabaya juga sangat menjanjikan dengan gaji yang tinggi dan stabilitas karir yang baik. Berikut ini adalah prospek karir setelah lulus dari Poltekbang Surabaya beserta potensi pendapatannya.

1. Arsitek

Prospek karir sebagai seorang arsitek sangat cerah untuk lulusan Poltekbang Surabaya. Setelah lulus, lulusan dapat bekerja di kantor desain arsitektur atau kontraktor konstruksi dan menghasilkan gaji sebesar 5-10 juta rupiah per bulan.

2. Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil menghasilkan lulusan yang memiliki prospek karir yang sangat luas. Setelah lulus, lulusan dapat bekerja sebagai Insinyur di kantor konsultan atau kontraktor konstruksi dan menghasilkan gaji sekitar 5-10 juta rupiah per bulan.

3. Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro juga menawarkan prospek karir yang menjanjikan. Lulusan Poltekbang Surabaya dapat bekerja sebagai teknisi atau insinyur di bidang kepentingan publik seperti PLN atau industri swasta seperti PLTU dan menyandang gaji sekitar 5-10 juta rupiah per bulan.

4. Teknik Lingkungan

Jurusan teknik lingkungan di Poltekbang Surabaya menghasilkan lulusan yang dapat bekerja sebagai ahli lingkungan atau insinyur di perusahaan konstruksi yang membangun fasilitas dan infrastruktur ramah lingkungan seperti taman kota atau bangunan hijau. Gaji yang ditawarkan untuk lulusan ini berkisar 5-10 juta rupiah per bulan.

5. Teknik Mesin

Jurusan teknik mesin di Poltekbang Surabaya menghasilkan lulusan yang bisa bekerja sebagai teknisi atau insinyur di pabrik-pabrik yang membutuhkan tenaga ahli di bidang desain dan produksi mesin. Gaji yang ditawarkan untuk lulusan ini berkisar 5-10 juta rupiah per bulan.

6. Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika di Poltekbang Surabaya menghasilkan lulusan yang dapat bekerja sebagai programer, analis, atau administrator di sektor swasta seperti perbankan dan telekomunikasi. Gaji yang ditawarkan untuk lulusan ini berkisar 5-10 juta rupiah per bulan.

7. Desain Interior

Jurusan desain interior di Poltekbang Surabaya menghasilkan lulusan yang dapat bekerja sebagai desainer interior atau arsitek dalam proyek-proyek perumahan dan komersial. Gaji yang ditawarkan untuk lulusan ini berkisar 5-10 juta rupiah per bulan.

Selain itu, lulusan Poltekbang Surabaya juga dapat menjadi wirausaha dan membuka studio desain atau konsultan konstruksi. Potensi pendapatan yang bisa diterima akan jauh lebih besar di bandingkan seorang lulusan Poltekbang Surabaya memiliki keahlian dalam bidang desain dan manajemen proyek secara matang.

Akhir Kata

Melihat biaya di atas, besaran biaya kuliah akan terpengaruh dari program strudi layaknya sama halnya dengan biaya kuliah Akper Kesdam dan lainnya. Jadi perlu dan sangat diperhatikan sekali besaran biaya kuliah tersebut, agar nantinya kalian bisa mempersiapkan diri untuk pendaftaran jadi calon mahasiswa baru.

Bagaimana? Jelas bukan informasi mengenai biaya kuliah Poltekbang Surabaya yang stkipmktb.ac.id sampaikan. Di harapkan dengan adanya pembahasan mengenai biaya dan informasi terkait lain mengenai Poltekbang Surabaya di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan. Terutama bagi kalian yang ingin jadi calon mahasiswa.

Bagikan:

Insureka1