Insureka1

Biaya Kuliah Poltekim 2024: Program Studi & Fasilitas

Biaya Kuliah Poltekim

Biaya Kuliah Poltekim – Politeknik Kelautan dan Perikanan Indonesia merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang menawarkan berbagai program studi terkait dengan kelautan dan perikanan. Biaya kuliah Poltekim menjadi salah satu yang perlu dipertimbangkan oleh calon mahasiswa yang ingin bergabung dengan institusi ini.

Mengetahui biaya kuliah Poltekim sangatlah penting, karena hal ini akan menjadi pertimbangan utama dalam menentukan pilihan perguruan tinggi. Karena biaya memang perlu dipersiapkan terlebih dahulu dari jauh-jauh waktu sebelum masuk ke perguruan tinggi, karena diketahui sendiri biaya kuliah tidaklah sedikit.

Biaya kuliah di Poltekim tentunya berbeda dengan biaya kuliah di perguruan tinggi lain, mengingat Poltekim memiliki program studi yang unik dan spesifik terkait dengan kelautan dan perikanan. Berikut ini adalah beberapa hal tentang biaya kuliah Poltekim yang patut menjadi perhatian calon mahasiswa.

Salah satunya adalah keunggulan biaya kuliah di Poltekim adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan perguruan tinggi lain yang menawarkan program studi sejenis. Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi calon mahasiswa yang ingin mencari perguruan tinggi dengan biaya kuliah yang lebih terjangkau.

Sekilas Tentang Poltekim

Poltekim adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di kota Medan. Perguruan tinggi ini didirikan pada tahun 1988. Poltekim menjadi salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki fokus dalam mengajarkan teknologi dan bisnis.

Insureka

Politeknik Immanuel didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Immanuel. Tujuan didirikannya perguruan tinggi ini adalah untuk memperluas bidang studi di Medan dan sekitarnya. Yayasan ini merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan pembangunan manusia.

Poltekim merupakan perguruan tinggi yang terus berinovasi dalam menyediakan fasilitas pendidikan yang terbaik bagi mahasiswanya. Kampus Poltekim dibangun di atas lahan seluas 5,5 hektar dengan berbagai fasilitas mulai dari gedung perkuliahan hingga laboratorium. Poltekim juga bekerja sama dengan lembaga pendidikan luar negeri dalam mendapatkan pengalaman dan pengetahuan terbaru tentang teknologi dan bisnis.

Poltekim didukung oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan terampil dalam bidangnya masing-masing. Seluruh pengajar di Poltekim memiliki kualifikasi lulusan magister atau doktoral. Dengan demikian, kualitas pendidikan di Poltekim dapat dipastikan sangat baik.

Program Studi yang Ditawarkan di Poltekim

Program Studi yang Ditawarkan di Poltekim

Poltekim memiliki berbagai program studi yang ditawarkan, yang semua program studinya terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT. Berikut adalah daftar program studi yang ditawarkan di Poltekim:

  • Teknik Kimia
  • Teknik Elektro
  • Teknik Informatika
  • Teknik Mesin
  • Teknik Perkapalan
  • Teknik Sipil
  • Akuntansi
  • Administrasi Niaga
  • Manajemen Informatika

Program studi Teknik Kimia merupakan program studi yang membahas tentang proses kimia dari awal hingga akhir. Mahasiswa program studi Teknik Kimia akan belajar tentang cara membuat produk kimia atau melakukan purifikasi air. Sedangkan program studi Teknik Elektro membahas tentang kelistrikan. Mahasiswa program studi ini akan belajar tentang pengaturan listrik rumah tangga atau menyelesaikan masalah aliran listrik yang rumit.

Sedangkan program studi Teknik Informatika membahas tentang teknologi informasi. Mahasiswa program studi ini akan belajar tentang pengembangan aplikasi perangkat lunak dan website. Program studi Teknik Mesin adalah program studi yang membahas tentang mesin. Mahasiswa program studi ini akan belajar tentang cara merancang mesin dan cara membangunnya.

Sedangkan program studi Teknik Perkapalan membahas tentang perkapalan. Mahasiswa program studi ini akan belajar tentang perancangan kapal dan metode pembangunan kapal. Lalu untuk program studi Teknik Sipil membahas tentang konstruksi. Mahasiswa program studi ini akan belajar tentang teknik pembangunan bangunan dan pengawasan konstruksi.

Akuntansi dan Administrasi Niaga adalah program studi yang membahas tentang keuangan. Mahasiswa program studi Akuntansi akan belajar tentang membuat laporan keuangan bisnis. Sedangkan Mahasiswa program studi Administrasi Niaga akan belajar mengenai manajemen administrasi bisnis. Sedangkan program studi Manajemen Informatika membahas tentang teknologi informasi. Mahasiswa program studi ini akan belajar tentang manajemen sistem informasi dan teknologi.

Poltekim menawarkan berbagai program studi berkualitas dengan biaya kuliah yang terjangkau. Semua program studi yang ditawarkan oleh Poltekim terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT, sehingga kualitas pendidikan di Poltekim dapat dijamin. Dengan memilih Poltekim sebagai perguruan tinggi, mahasiswa dapat memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan yang berguna di masa depan.

Fasilitas Kuliah Poltekim

Selain program studi yang kami berikan di atas, Poltekim juga sediakan berbagai fasilitas untuk mendukung proses belajar-mengajar mahasiswa. Beberapa fasilitas kuliah yang bisa didapat mahasiswa di Poltekim, antara lain:

  • Laboratorium
  • Perpustakaan
  • Ruang Kuliah yang Nyaman
  • Internet dan Wifi
  • Papan Tulis Interaktif

Biaya Kuliah di Politeknik Immanuel

Selanjutnya, mari ke pembahasan mengenai biaya kuliah Poltekim sesuai dengan program studi yang ada. Lebih jelasnya silakan simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir agar nantinya kalian bisa lebih paham besaran biaya kuliahnya.

Program StudiBiaya Kuliah per Semester (Rp)
D3 Akuntansi7.900.000
D3 Teknik Informatika9.300.000
D3 Teknik Sipil8.100.000
S1 Teknik Informatika11.600.000
S1 Teknik Lingkungan10.400.000
S1 Akuntansi9.800.000
S1 Manajemen10.400.000

Biaya kuliah di Politeknik Immanuel dikategorikan sebagai biaya kuliah yang terjangkau dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta lainnya di Indonesia. Selain itu, Poltekim juga memberikan berbagai beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi.

Selain itu biaya kuliah di atas juga tidak jauh berbeda dengan biaya kuliah pada umumnya. Di mana setiap program studi yang disediakan diberikan biaya yang berbeda satu sama lain. Seperti contohnya biaya kuliah Poltekim dan biaya kuliah UNTAG Semarang atau lainnya tidak begitu jauh selisih perbedaan hargannya.

Beasiswa Mahasiswa Poltekim

Politeknik Negeri Kupang atau yang lebih dikenal dengan Poltekim adalah salah satu kampus yang berada di Kota Kupang. Mahasiswa Poltekim sendiri banyak berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan memiliki latar belakang ekonomi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Poltekim memberikan beberapa kebijakan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan memiliki keterbatasan finansial.

1. Beasiswa Prestasi

Beasiswa Prestasi diberikan kepada mahasiswa Poltekim yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang signifikan. Beasiswa ini diberikan berupa pengurangan biaya kuliah yang nantinya akan dikomunikasikan oleh Bagian Kemahasiswaan. Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini adalah memperoleh IPK minimal 3,00 dan aktif di kegiatan kemahasiswaan Poltekim.

2. Beasiswa Peningkatan Prestasi

Beasiswa Peningkatan Prestasi diberikan kepada mahasiswa Poltekim yang sudah pernah menerima Beasiswa Prestasi pada semester sebelumnya, dan terus mempertahankan prestasi akademik dan non-akademik yang telah dicapai. Besaran bantuan ini adalah sebesar 50% dari biaya kuliah pada semester tersebut.

3. Beasiswa Kepemimpinan

Beasiswa Kepemimpinan diberikan kepada mahasiswa Poltekim yang aktif di organisasi kemahasiswaan dan memiliki kontribusi yang signifikan terhadap aktivitas tersebut. Beasiswa ini berupa pengurangan biaya kuliah yang besarnya akan disesuaikan dengan prestasi yang dicapai. Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini adalah aktif di organisasi kemahasiswaan dan terlibat dalam kegiatan kemahasiswaan Poltekim.

4. Beasiswa Peningkatan Kepemimpinan

Beasiswa Peningkatan Kepemimpinan diberikan kepada mahasiswa Poltekim yang sudah pernah menerima Beasiswa Kepemimpinan pada semester sebelumnya, dan terus memberikan kontribusi yang signifikan pada organisasi kemahasiswaan. Besaran bantuan ini adalah sebesar 50% dari biaya kuliah pada semester tersebut.

5. Beasiswa Keterbatasan Finansial

Beasiswa Keterbatasan Finansial diberikan kepada mahasiswa Poltekim yang memerlukan bantuan dalam hal biaya kuliah dan tidak mampu membayar biaya kuliah secara penuh. Beasiswa ini berupa pengurangan biaya kuliah yang besarnya akan disesuaikan dengan kondisi keuangan mahasiswa. Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini adalah melampirkan surat keterangan tidak mampu membayar biaya kuliah dari kelurahan setempat atau lembaga yang berwenang.

Peluang Kerja Lulusan dari Poltekim

Politeknik Negeri Kupang atau Poltekim merupakan perguruan tinggi vokasi yang memberikan pendidikan dan pelatihan keterampilan kepada para mahasiswanya untuk siap terjun ke dunia kerja dengan kompetensi yang di butuhkan oleh industri.

Di era revolusi industri 4.0 saat ini, kebutuhan dunia kerja akan tenaga kerja yang handal dan terampil akan semakin meningkat. Oleh karena itu, Poltekim terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan peningkatan wawasan mahasiswanya agar dapat bersaing di dunia kerja.

Apakah biaya kuliah yang mahal di Poltekim dapat menjamin masa depanmu di masa yang akan datang? Berikut daftar peluang kerja lulusan dari Poltekim untuk membantumu menentukan pilihan di masa depan:

Bidang KerjaDeskripsi PekerjaanPeluang KerjaGaji
EngineeringMerancang, mengembangkan, dan memproduksi rangkaian teknologi elektronik.TinggiRp7.000.000 – Rp20.000.000
Manajemen BisnisMenganalisis dan merencanakan strategi bisnis.MenengahRp6.000.000 – Rp15.000.000
Teknik MesinMerekayasa dan membangun mesin atau rangkaian mesin secara efisien dan efektif.TinggiRp5.000.000 – Rp18.000.000
Komputer dan InformatikaMengembangkan perangkat lunak dan memulihkan data sistem.TinggiRp8.000.000 – Rp35.000.000
Desain GrafisMerancang dan memproduksi berbagai karya visual dan grafis untuk keperluan media promosi dan iklan.MenengahRp4.000.000 – Rp11.000.000
Teknik Elektro dan TelekomunikasiMerancang dan mengevaluasi sistem komunikasi dan kontrol.TinggiRp5.000.000 – Rp15.000.000

Dari tabel tersebut terlihat bahwa profesi-profesi yang berkaitan dengan teknologi dan mesin memiliki potensi peluang kerja yang tinggi dan gaji yang menggiurkan. Namun demikian, hal tersebut tidak membatasi siapa pun untuk mengejar karir di bidang lain.

Sebagai lulusan Poltekim, Anda telah dipersiapkan untuk memiliki keterampilan teknologi dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh dunia industri, sehingga Anda dapat memilih untuk bekerja di berbagai industri.

Jadi, Biaya kuliah Poltekim yang mahal sebanding dengan prospek karir dan masa depan yang cerah bagi para lulusannya. Kunci sukses bukan hanya terletak pada menjawab berapa biaya kuliah terjangkau, tetapi bagaimana menempuh pendidikan yang berkualitas dan mampu mengembangkan diri untuk bisa bersaing di dunia kerja.

Akhir Kata

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa biaya kuliah Poltekim sangat terjangkau dan sesuai dengan fasilitas serta kualitas pendidikan yang diberikan. Selain itu, Poltekim juga memberikan berbagai macam beasiswa untuk membantu mahasiswa yang kesulitan secara finansial dan meraih prestasi akademik yang baik.

Oleh karena itu, bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Poltekim, jangan ragu untuk mendaftar dan meraih kesempatan belajar di kampus yang berkualitas dan terjangkau ini. Semoga dengan adanya informasi biaya kuliah Poltekim yang stkipmktb.ac.id sampaikan di atas bisa bermanfaat untuk semua pihak yang membutuhkan.

Bagikan:

Insureka1