DekorumaShopee

Tabel KUR Bank Nagari 2024: Syarat, Bunga, Biaya & Plafon

TABEL KUR BANK NAGARI

Tabel Kur Bank Nagari – merupakan sebuah alat yang berguna untuk memudahkan para pengusaha kecil dalam memperoleh akses pembiayaan yang lebih mudah dan terjangkau. Seiring dengan semakin maraknya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia, Bank Nagari sebagai salah satu bank BUMN di Sumatera Barat turut ambil serta dalam memberikan dukungan pada sektor UMKM melalui produk pembiayaan yang disebut Kur Bank Nagari.

Tabel KUR Bank Nagari sendiri berisi rincian Kredit Usaha Rakyat yang disediakan untuk membantu para pengusaha kecil dalam mengembangkan usaha mereka. Produk ini telah menjadi pilihan utama bagi para pengusaha kecil yang terus mengalami kesulitan dalam memperoleh akses pembiayaan dari bank konvensional.

Dengan adanya Tabel KUR Bank Nagari, diharapkan dapat membantu para pengusaha kecil dalam membuka peluang usaha baru yang lebih besar. Terlebih di masa pandemi ini, sektor UMKM menjadi salah satu sektor yang sangat terdampak, sehingga peran Kur Bank Nagari pun semakin terasa penting dalam menjaga kelangsungan usaha mikro kecil tersebut.

Melalui Tabel KUR Bank Nagari, pihak perbankan menawarkan pembiayaan modal usaha dengan bunga rendah, di mana bunga yang dikenakan pada pembiayaan ini mulai dari 5 persen hingga 7 persen saja. Hal ini sangat menguntungkan bagi pengusaha kecil yang belum memiliki modal usaha yang besar, sehingga mereka dapat memperoleh akses pembiayaan yang terjangkau dan tidak membebani.

Syarat Mengajukan KUR di Bank Nagari

Syarat Mengajukan KUR di Bank Nagari

Bank Nagari adalah salah satu bank di Indonesia yang menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai bentuk dukungan bagi para pengusaha kecil dan menengah. Namun, sebelum mengajukan KUR di Bank Nagari, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan KUR di Bank Nagari.

TenzoLiving

1. Mengajukan KUR pada Bank Nagari

Untuk mengajukan KUR di Bank Nagari, calon peminjam harus memiliki usaha yang sudah berjalan minimal selama enam bulan. Selain itu, usaha yang diajukan harus memiliki omset dan laba yang stabil.

2. Membuat Rencana Usaha

Calon peminjam harus membuat rencana usaha yang menjelaskan tentang prospek usaha, keuntungan yang didapat, serta risiko yang mungkin terjadi. Rencana usaha ini akan dijadikan pertimbangan oleh pihak Bank Nagari dalam menentukan apakah usaha layak untuk diberikan KUR.

Rencana usaha yang dibuat juga harus memenuhi standar keuangan yang ditetapkan oleh Bank Nagari. Rencana usaha yang baik akan memudahkan calon peminjam mendapatkan KUR dengan cepat.

3. Persiapan Dokumen

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan berkas – berkas yang dibutuhkan untuk di sertakan sebagai persyaratan pengajuan KUR di Bank Nagari, yaitu:

  • KTP pemohon dan penjamin
  • NPWP
  • Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)
  • Izin Usaha
  • Bukti pemilikan usaha
  • Laporan Keuangan / Neraca Keuangan
  • Surat Pernyataan tidak masuk dalam daftar hitam nasional Bank Indonesia

4. Menyiapkan Jaminan

Jaminan adalah suatu bentuk keamanan yang dapat menjamin bahwa pihak Bank Nagari akan mendapatkan kembali dana yang telah diberikan. Calon peminjam harus menyiapkan jaminan berupa aset atau barang berharga yang dapat digunakan sebagai jaminan.

Bank Nagari menetapkan beberapa jenis jaminan yang dapat digunakan, seperti sertifikat rumah, tunjangan pensiun, dan jaminan deposito. Besar nilai jaminan yang diperlukan akan disesuaikan dengan besar nilai KUR yang diajukan oleh calon peminjam.

5. Membayar Biaya Administrasi dan Bunga

Setiap calon peminjam harus membayar biaya administrasi dan bunga yang telah ditentukan oleh Bank Nagari. Besaran biaya administrasi dan bunga akan disesuaikan dengan besarnya nilai KUR yang diajukan.

Dalam proses pengajuan KUR di Bank Nagari, calon peminjam juga harus memperhatikan syarat dan ketentuan lainnya yang telah ditentukan. Dengan memenuhi semua persyaratan tersebut, calon peminjam akan lebih mudah untuk mendapatkan KUR dari Bank Nagari.

Jenis-jenis KUR yang Ditawarkan oleh Bank Nagari

Jenis jenis KUR yang Ditawarkan oleh Bank Nagari

Bank Nagari merupakan salah satu bank yang berbasis di Sumatera Barat. Bank Nagari menawarkan produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Berikut adalah jenis-jenis KUR yang ditawarkan oleh Bank Nagari:

1. KUR Modal Kerja

KUR Modal Kerja adalah kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan modal kerja usaha mikro, kecil, dan menengah. Kredit ini dapat digunakan untuk membiayai pembelian bahan baku, persediaan barang, dan biaya operasional lainnya.

Bank Nagari menawarkan KUR Modal Kerja dengan plafon hingga Rp. 200 juta dan suku bunga mulai dari 5 persen per tahun. Tenor kredit yang ditawarkan adalah hingga 36 bulan.

2. KUR Investasi

KUR Investasi adalah kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan investasi usaha mikro, kecil, dan menengah. Kredit ini dapat digunakan untuk membiayai pembelian mesin dan peralatan, renovasi atau pembangunan gedung usaha, serta pembelian sarana dan prasarana lainnya.

Bank Nagari menawarkan KUR Investasi dengan plafon hingga Rp. 500 juta dan suku bunga mulai dari 5 persen per tahun. Tenor kredit yang ditawarkan adalah hingga 36 bulan.

3. KUR Multiguna

KUR Multiguna adalah kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan modal kerja dan investasi usaha mikro, kecil, dan menengah. Kredit ini dapat digunakan untuk membiayai pembelian bahan baku, persediaan barang, pembelian mesin dan peralatan, serta renovasi atau pembangunan gedung usaha.

Bank Nagari menawarkan KUR Multiguna dengan plafon hingga Rp. 500 juta dan suku bunga mulai dari 5 persen per tahun. Tenor kredit yang ditawarkan adalah hingga 36 bulan.

Dengan menawarkan tiga jenis KUR ini, Bank Nagari berharap dapat membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah untuk meningkatkan usaha dan ekonomi daerah Sumatera Barat.

Biaya dan Bunga KUR di Bank Nagari

Biaya dan Bunga KUR di Bank Nagari

Bank Nagari memberikan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan biaya dan bunga yang lebih murah dibandingkan pinjaman bank lainnya. Tentunya dengan menawarkan bunga dan biaya yang lebih rendah, Bank Nagari berharap dapat membantu para pengusaha kecil dan menengah di Sumatera Barat.

1. Biaya KUR di Bank Nagari

Biaya administrasi KUR di Bank Nagari hanya Rp 50.000 untuk pengajuan kredit hingga Rp 25 juta dan Rp 100.000 untuk pengajuan di atas Rp 25 juta. Biaya notarisasi dokumen sebesar 0,2% dari plafond kredit dengan minimum tarif Rp 250.000.

Adapun biaya lainnya terkait KUR di Bank Nagari, antara lain:

Jenis BiayaTarif
Biaya MateraiRp 6.000
Biaya Asuransi Jiwa0,3% x plafon kredit
Biaya Asuransi Kerugian0,25% x plafon kredit

2. Bunga KUR di Bank Nagari

Bunga KUR di Bank Nagari sebesar 6% per tahun untuk para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan 8% per tahun untuk para pelaku usaha non-UMKM. Besaran bunga tersebut tentunya lebih rendah dibandingkan bank-bank lainnya.

Adapun persyaratan untuk mendapatkan KUR di Bank Nagari, antara lain:

  1. Usaha telah berjalan selama minimal 6 bulan
  2. Berdomisili di wilayah Sumatera Barat
  3. Memiliki rekening di Bank Nagari
  4. Memiliki laporan keuangan minimal 3 bulan terakhir
  5. Memiliki jaminan tempat usaha atau barang modal

3. Keuntungan Mengajukan KUR di Bank Nagari

Para pelaku usaha kecil dan menengah dapat memperoleh keuntungan jika mengajukan KUR di Bank Nagari, antara lain:

  • Bunga dan biaya KUR relatif lebih rendah
  • Proses pengajuan dan persetujuan kredit lebih mudah dan cepat
  • Tersedia beberapa plafon kredit yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis
  • Para pelaku usaha dapat fokus pada pengembangan bisnis tanpa khawatir terbebani oleh cicilan kredit yang tinggi

Daftar Tabel KUR Bank Nagari

Daftar Tabel KUR Bank Nagari

Tabel KUR Bank Nagari adalah perangkat yang menyajikan informasi mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disediakan oleh Bank Nagari. Kredit Usaha Rakyat atau yang disingkat KUR adalah kredit yang ditujukan kepada pengusaha kecil dan menengah yang membutuhkan pembiayaan untuk usaha mereka.

Tabel KUR Bank Nagari memberikan informasi lengkap mengenai plafon kredit, jangka waktu kredit, bunga kredit, dan persyaratan dokumen yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kredit. Tabel ini sangat berguna bagi para calon peminjam untuk melakukan perbandingan antara produk KUR yang ditawarkan oleh Bank Nagari dengan produk KUR dari bank lain.

Berikut adalah tabel harga KUR Bank Nagari:

Jenis KURPlafon KreditBungaJangka WaktuPersyaratan Dokumen
KUR MikroRp 25 juta10% per tahunMaksimal 2 tahunKartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Sertifikat Kepemilikan Tanah (SHM), atau Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB)
KUR RetailRp 500 juta12% per tahunMaksimal 3 tahunKTP, NPWP, sertifikat asli bidang usaha, SIUP, NPWP wajib kepala keluarga, surat keterangan domisili usaha
KUR KesejahteraanRp 25 juta8% per tahunMaksimal 3 tahunKTP, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau Surat Keterangan Raskin
KUR KerajinanRp 50 juta10% per tahunMaksimal 2 tahunKTP, SIUP, dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Dari tabel di atas, terlihat bahwa Bank Nagari menawarkan berbagai jenis KUR dengan plafon kredit yang bervariasi, mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 500 juta. Bunga kredit yang ditawarkan oleh Bank Nagari juga cukup bersaing dengan bank lain, mulai dari 8% hingga 12% per tahun. Selain itu, jangka waktu kredit yang diberikan juga fleksibel, antara 2 hingga 3 tahun, tergantung dari jenis KUR yang dipilih.

Namun, sebelum mengajukan KUR ke Bank Nagari, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peminjam. Persyaratan tersebut antara lain adalah memenuhi kriteria sebagai pengusaha kecil atau menengah, memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan dan masih aktif, serta memiliki kemampuan membayar cicilan kredit secara tepat waktu.

Dengan mengetahui informasi yang terdapat pada Tabel KUR Bank Nagari, calon peminjam dapat memilih produk KUR yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka. Selain itu, penjelasan yang lengkap dan jelas pada tabel tersebut juga memudahkan calon peminjam untuk memahami persyaratan dan ketentuan yang berlaku sehingga proses pengajuan kredit dapat berjalan lancar.

Cara Membayar Cicilan KUR di Bank Nagari

Cara Membayar Cicilan KUR di Bank Nagari

Ketika Anda berhasil mendapatkan KUR dari Bank Nagari, membayar cicilan adalah tanggung jawab Anda yang harus dilakukan secara teratur. Berikut ini adalah cara terbaik untuk membayar cicilan KUR di Bank Nagari.

1. Hentikan Seluruh Bunga dengan Membayar Secara Tepat Waktu

1. Hentikan Seluruh Bunga dengan Membayar Secara Tepat Waktu

Membayar cicilan secara tepat waktu sangat penting bagi pemilik bisnis yang telah mendapatkan KUR dari Bank Nagari. Meningkatnya bunga dan denda bisa menghabiskan banyak uang pada akhirnya. Oleh karena itu, pastikan untuk membayar cicilan tepat waktu dan jangan biarkan keterlambatan membawamu ke dalam lubang hutang yang sulit untuk dikelola.

Cara terbaik untuk membayar cicilan KUR adalah dengan menetapkan tanggal pembayaran yang sama setiap bulannya. Hal ini akan memudahkan Anda untuk merencanakan dan mengatur keuangan. Jangan lupa, berikan informasi yang valid ketika Anda membuat kontrak untuk memudahkan proses pembayaran cicilan di Bank Nagari.

2. Bayar melalui ATM dan E-Channels

2. Bayar melalui ATM dan E Channels

Bank Nagari memiliki banyak cabang di seluruh kawasan Sumatera Barat, sehingga mudah untuk membayar cicilan KUR. Anda dapat membayar cicilan KUR di mana saja di Sumatera Barat melalui mesin ATM Bank Nagari yang tersedia di banyak kota. Selain itu, Bank Nagari juga menyediakan layanan e-banking yang memudahkan Anda untuk membayar cicilan KUR secara online melalui internet banking atau mobile banking tanpa perlu datang ke cabang Bank Nagari.

3. Lakukan Pembayaran Cicilan KUR Melalui Cabang Bank Nagari Terdekat

3. Lakukan Pembayaran Cicilan KUR Melalui Cabang Bank Nagari Terdekat

Jika Anda merasa sulit untuk membayar cicilan dengan cara lain, maka cara terbaik untuk melakukan pembayaran cicilan adalah dengan mengunjungi cabang Bank Nagari terdekat di kota Anda. Carilah cabang Bank Nagari yang mudah dijangkau dan pastikan Anda mengetahui waktu operasional cabang tersebut agar tidak merasa kecewa ketika datang ke sana. Jangan lupa bawa bukti pembayaran cicilan sebelumnya serta bukti identitas Anda agar proses pembayaran cicilan KUR di Bank Nagari dapat berjalan dengan lancar.

4. Periksa Transaksi Cicilan Anda Secara Berkala

4. Periksa Transaksi Cicilan Anda Secara Berkala

Terakhir, pastikan untuk memeriksa setiap transaksi cicilan KUR Anda secara teratur untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik. Pastikan uang Anda benar-benar sampai ke rekening Bank Nagari dan cicilan KUR telah tercatat. Lakukan perbaikan jika ada kesalahan atau masalah yang muncul agar jangan sampai terjadi keterlambatan pembayaran. Seiring waktu, ini akan membantu Anda menghindari masalah keuangan yang tidak diinginkan dan menjaga kualitas kredit Anda di mata Bank Nagari.

Keuntungan Mengajukan KUR di Bank Nagari

Keuntungan Mengajukan KUR di Bank Nagari

Bank Nagari adalah salah satu bank ternama di Indonesia yang memberikan layanan peminjaman KUR atau Kredit Usaha Rakyat dengan syarat dan ketentuan yang mudah. KUR adalah jenis kredit yang diberikan oleh Bank Nagari khusus untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk membantu kebutuhan modal kerja dan investasi. Berikut ini beberapa keuntungan Mengajukan KUR di Bank Nagari:

1. Bunga KUR yang Rendah

Dibandingkan dengan jenis kredit lainnya, bunga KUR di Bank Nagari sangatlah rendah. Dalam waktu 1 tahun, bunga yang dikenakan hanya sekitar 7%.

2. Proses Pengajuan KUR yang Cepat

Kelebihan lainnya dari KUR Bank Nagari adalah proses pengajuannya yang sangat cepat dan mudah. Dokumen yang harus disiapkan pun tidak terlalu banyak dalam pengajuan KUR di Bank Nagari.

3. Plafon KUR yang Besar

Plafon KUR di Bank Nagari cukup besar. Jumlah total plafon KUR yang bisa diajukan oleh pelaku usaha mencapai Rp.500 juta.

4. Persyaratan KUR yang Mudah

Bank Nagari memberikan kemudahan persyaratan dalam mengajukan KUR. Anda hanya perlu mengisi formulir dan melengkapi persyaratan dokumen dasar, seperti KTP, NPWP dan kartu keluarga saja.

5. KUR Dapat Digunakan Untuk Modal Kerja dan Investasi

KUR di Bank Nagari dapat digunakan baik untuk modal kerja maupun investasi bisnis. Oleh karena itu, KUR di Bank Nagari merupakan solusi yang tepat untuk UMKM yang sedang membutuhkan tambahan modal.

6. Penarikan KUR yang Fleksibel

Penarikan KUR di Bank Nagari cukup fleksibel, pelaku usaha hanya akan dikenakan biaya bunga berdasarkan jumlah dana yang telah ditarik.

Itulah beberapa keuntungan Mengajukan KUR di Bank Nagari. Jangan ragu untuk memilih Bank Nagari sebagai partner bisnis Anda.

Perbedaan KUR Bank Nagari dengan Lembaga Keuangan Lain

Perbedaan KUR Bank Nagari dengan Lembaga Keuangan Lain

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program pemerintah Indonesia yang diberikan kepada pelaku usaha mikro dan kecil dengan tujuan memperkuat sektor rill ekonomi Indonesia. Salah satu lembaga keuangan yang menawarkan KUR adalah Bank Nagari.

Berikut adalah perbedaan KUR Bank Nagari dengan lembaga keuangan lain berdasarkan tabel harga:

1. Jumlah plafon yang ditawarkan
KUR Bank Nagari menawarkan plafon hingga Rp 500 juta sedangkan lembaga keuangan lain memiliki plafon yang bervariasi tergantung jenis usaha.

2. Suku bunga
Lembaga keuangan lain memiliki suku bunga yang lebih tinggi daripada KUR Bank Nagari.

3. Jaminan
KUR Bank Nagari memberikan kemudahan untuk memberikan jaminan mulai dari sertifikat rumah, tanah, kendaraan, hingga surat-surat berharga. Sedangkan lembaga keuangan lain memerlukan jaminan yang lebih ketat dan sulit untuk dipenuhi oleh pelaku usaha kecil.

4. Tenor
Lembaga keuangan lain memberikan tenor sesuai dengan plafon yang diberikan. Sedangkan KUR Bank Nagari memberikan masa tenor hingga 5 tahun.

5. Tujuan kredit
KUR Bank Nagari memberikan kredit untuk tujuan produktif, sedangkan lembaga keuangan lain memberikan kredit untuk tujuan konsumtif.

6. Persyaratan
KUR Bank Nagari memiliki persyaratan yang lebih mudah dan simplifikasi formulir sehingga memudahkan pelaku usaha mikro dan kecil untuk mengajukan kredit. Sedangkan lembaga keuangan lain memiliki persyaratan yang lebih rumit.

7. Membuka peluang usaha
KUR Bank Nagari tidak hanya memberikan kredit tetapi juga membuka peluang usaha dengan memberikan bimbingan dan pelatihan kepada pelaku usaha mikro dan kecil. Hal ini tidak disediakan oleh lembaga keuangan lain.

Dengan perbedaan-perbedaan tersebut, KUR Bank Nagari menjadi salah satu alternatif lembaga keuangan yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku usaha mikro dan kecil untuk memperoleh kredit dengan mudah dan terjangkau.

Akhir Kata

Dari informasi yang telah Admin STKIPMKTB.ac.id, dapat disimpulkan bahwa Kur Bank Nagari merupakan pilihan yang tepat bagi para pelaku usaha kecil dan menengah yang membutuhkan akses keuangan yang mudah dan cepat. Komitmen bank ini dalam memberikan pelayanan terbaik juga dapat dijadikan acuan bagi bank-bank lain dalam meningkatkan layanan dan pelayanan mereka terhadap masyarakat.

Terakhir, dengan adanya program-program dari Kur Bank Nagari seperti program KUR dan KUPEDA, masyarakat di Indonesia diharapkan dapat lebih mudah mengembangkan usaha mereka dan mengurangi pengangguran. Dengan demikian, Kur Bank Nagari membuktikan bahwa mereka tidak hanya sekadar menjadi lembaga keuangan, tapi juga menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Bagikan:

DekorumaShopee