Tabel KUR Bank Jateng 2024: Syarat, Cara Pengajuan, & Jaminan

Tabel KUR Bank Jateng

Tabel KUR Bank Jateng – Kurang hanya untuk pengusaha besar, kini perususahaan perbankan di Indonesia mulai banyak memberikan layanan pembiayaan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu yang menawarkan adalah Bank Jateng dengan layanan Tabungan Kredit (TAKRA).

TAKRA adalah jenis kredit yang diberikan oleh Bank Jateng khusus untuk UMKM yang ingin mengembangkan usaha. Dalam TAKRA, Bank Jateng memberikan tiga jenis kredit yakni Kredit Investasi untuk modal usaha, Kredit Modal Kerja untuk pengelolaan cash flow usaha, dan Kredit Pergudangan untuk memenuhi kebutuhan pergudangan.

Kredit Investasi merupakan jenis kredit yang diberikan oleh Bank Jateng dengan tujuan untuk membantu pengusaha UMKM mendapatkan modal usaha yang cukup untuk mengembangkan usaha mereka. Kredit ini akan diberikan dalam jumlah maksimum Rp 500 juta dengan masa tenor maksimal 7 tahun.

Sedangkan untuk Kredit Modal Kerja, Bank Jateng menyediakan pinjaman dengan batas maksimal Rp 100 juta dan masa tenor maksimal 12 bulan. Pinjaman untuk keperluan Modal Kerja ini sangat berguna bagi pengusaha UMKM untuk menyelesaikan kebutuhan sehari-hari dan membayar gaji karyawan.

Tak hanya untuk Kredit Investasi dan Kredit Modal Kerja, Bank Jateng juga menyediakan Kredit Pergudangan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan barang. Dalam pembiayaan ini, Bank Jateng memberikan batas maksimal Rp 100 juta dengan masa tenor maksimal 12 bulan.

Dengan tersedianya TAKRA dari Bank Jateng, para pengusaha UMKM dapat lebih mudah untuk memperoleh modal usaha dan mengembangkan bisnis mereka. Itulah mengapa Bank Jateng terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

Apa itu Tabel KUR Bank Jateng?

Apa itu Tabel KUR Bank Jateng

KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk membantu UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam kegiatan usahanya. Salah satu bank yang menyediakan KUR adalah Bank Jateng. Tabel KUR Bank Jateng adalah daftar harga kredit yang disediakan Bank Jateng dalam bentuk tabel. Harga kredit tersebut ditunjukkan berdasarkan jenis kredit yang diinginkan oleh peminjam dan jangka waktu pembayaran. Dalam tabel tersebut, terdapat banyak jenis kredit, seperti KUR Modal Kerja, KUR Investasi, dan lain-lain.

KUR Modal Kerja adalah kredit yang disediakan untuk membantu memenuhi kebutuhan modal kerja bisnis. KUR Investasi adalah KUR yang diberikan untuk membiayai investasi dalam rangka pengembangan usaha. Ada juga KUR Multiguna yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, seperti membeli kendaraan, renovasi rumah, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat juga kredit yang diperuntukkan bagi kelompok tertentu seperti KUR Produksi Ekspor, KUR Perdesaan, KUR Kesehatan, dan sebagainya.

Setiap jenis kredit memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Misalnya pada KUR Modal Kerja, bank Jateng memberikan plafon kredit maksimal sebesar Rp 500 juta dengan jangka waktu pembayaran paling lama 12 bulan. Sementara pada KUR Investasi, plafon kredit maksimal yang diberikan Bank Jateng sebesar Rp 1 miliar dengan jangka waktu pembayaran paling lama 3 tahun.

Bagi para pengusaha kecil dan menengah yang ingin mengajukan kredit KUR di Bank Jateng, tabel KUR Bank Jateng dapat menjadi panduan yang berguna untuk mengetahui harga kredit yang ditawarkan. Hal ini juga dapat membantu calon peminjam untuk merencanakan kegiatan usahanya dengan lebih baik.

Dalam menentukan jenis kredit yang akan diajukan, sebaiknya pilihlah jenis kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pembayaran. Pastikan juga bahwa usaha yang akan dibiayai dengan kredit memiliki prospek yang cerah dan dapat memberikan keuntungan.

Fasilitas yang Disediakan Oleh Tabel KUR Bank Jateng

Fasilitas yang Disediakan Oleh Tabel KUR Bank Jateng

KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah salah satu dari layanan perbankan yang bertujuan untuk membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya. Bank Jateng merupakan salah satu bank yang menyediakan layanan KUR bertujuan membantu para pelaku usaha kecil menengah dalam mengembangkan produksinya. Tabel KUR Bank Jateng adalah suatu perhitungan yang dilakukan oleh Bank Jateng untuk menentukan besaran kredit yang dapat diberikan kepada pelanggan atau nasabah.

Tabel KUR Bank Jateng mempunyai fasilitas-fasilitas yang sangat membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya. Adapun fasilitas-fasilitas tersebut antara lain:

  • Plafon Kredit: Fasilitas plafon kredit adalah fasilitas yang memungkinkan nasabah untuk mendapatkan kredit dengan jumlah yang ditentukan. Tabel KUR Bank Jateng mempunyai fasilitas ini dengan jumlah maksimal kredit hingga Rp 500 juta.
  • Bunga Kredit: Tabel KUR Bank Jateng mempunyai bunga kredit yang bersaing dengan bank-bank lain, dimana bunga yang diberikan hanya sebesar 7% per tahun.
  • Jangka Waktu Pembiayaan: Jangka waktu pembiayaan yang ditawarkan oleh tabel KUR Bank Jateng sangat fleksibel. Dimana nasabah dapat memilih jangka waktu kredit mulai dari 1 hingga 5 tahun.
  • Proses Cepat dan Mudah: Proses pengajuan kredit di tabel KUR Bank Jateng sangat cepat dan mudah. Nasabah hanya perlu mengisi formulir dan menyertakan dokumen yang diperlukan dan seluruhnya bisa dilakukan secara online.
  • Cicilan Fleksibel: Tabel KUR Bank Jateng mempunyai sistem cicilan yang sangat fleksibel. Dimana nasabah dapat membayar cicilan bulanan dengan cara tertentu seperti melalui transfer bank atau membayar secara tunai.
  • Penguatan Usaha: Tabel KUR Bank Jateng memberikan penguatan usaha berupa pelatihan dan program pengembangan produk serta jaringan bisnis untuk meningkatkan potensi peluang usaha nasabah.
  • Layanan Digital: Tabel KUR Bank Jateng sudah memiliki layanan digital yang memudahkan nasabah melakukan transaksi secara online kapanpun dan dimanapun.

Itulah beberapa fasilitas yang disediakan oleh tabel KUR Bank Jateng. Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, diharapkan para pelaku usaha kecil menengah dapat mengembangkan usahanya dengan lebih cepat dan efektif. Apabila anda adalah pelaku usaha kecil menengah dan membutuhkan kredit usaha, anda dapat memilih tabel KUR Bank jateng sebagai solusi.

Syarat Pengajuan KUR Bank Jateng

Syarat Pengajuan KUR Bank Jateng

Bagi Anda yang membutuhkan dana untuk memulai usaha atau mengembangkan usaha yang sudah ada, Bank Jateng menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Syarat dan ketentuan pengajuan KUR di Bank Jateng tergolong cukup mudah dan tidak terlalu ribet. Berikut langkah-langkahnya:

1. Persyaratan dan Dokumen yang Diperlukan

Sebelum melakukan pengajuan KUR di Bank Jateng, pastikan Anda telah memenuhi persyaratan dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

  • Mempunyai usaha produktif yang sah dan berbadan hukum atau usaha tidak berbadan hukum dengan memiliki NPWP sendiri;
  • Memiliki penghasilan bruto tahunan atau omzet yang sesuai dengan plafon yang ditentukan;
  • Usaha yang telah berjalan minimal 1 tahun jika total plafond KUR yang diajukan diatas Rp. 50 juta, atau minimal 6 bulan jika total plafond KUR yang diajukan di bawah Rp.50 juta;
  • Mempunyai perijinan yang diperlukan, seperti izin usaha, tanda daftar perusahaan, SIUP, dan lain sebagainya.

Adapun dokumen-dokumen yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

  • Surat permohonan KUR;
  • Fotocopy identitas pemohon;
  • Fotocopy NPWP;
  • Fotocopy KTP;
  • Fotocopy kartu keluarga;
  • Bukti kepemilikan usaha seperti sertifikat tanah atau bangunan (jika ada);
  • Surat perjanjian kerja sama apabila pemohon menyalurkan KUR;
  • Proposal usaha yang lengkap, meliputi:
    – Laporan keuangan neraca terbaru
    – Laporan laba rugi
    – Laporan arus kas
  • Daftar agunan yang diajukan (jika ada).

2. Penyampaian Pernyataan

Setelah memenuhi persyaratan dan melengkapi dokumen-dokumen, langkah selanjutnya adalah mengajukan permohonan KUR. Calon peminjam atau pemohon harus menyampaikan pernyataan untuk menjawab seluruh pertanyaan yang ditanyakan oleh petugas bank. Selain itu, pemohon juga harus menyediakan informasi yang jujur dan akurat mengenai usaha yang akan dibiayai.

Tabel KUR Bank Jateng Terbaru

Dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan, Bank Jateng memberikan alternatif berupa tabel kur yang lebih transparan dan juga akurat. Tabel kur Bank Jateng akan diupdate setiap harinya kebijakan yang berlaku saat ini.

Berikut beberapa Tabel KUR Bank Jateng yang dapat dijadikan sebagai rujukan saat ini.

TABEL KUR BANK JATENG 1
TABEL KUR BANK JATENG 2
TABEL KUR BANK JATENG 3
TABEL KUR BANK JATENG 4

Cara Pengajuan KUR di Bank Jateng

Cara pengajuan KUR di Bank Jateng adalah sebagai berikut:

  • Calon peminjam atau pemohon datang ke kantor cabang Bank Jateng terdekat;
  • Pemohon mengambil formulir aplikasi KUR;
  • Pemohon melampirkan seluruh dokumen yang dibutuhkan;
  • Pemohon menyerahkan formulir aplikasi beserta dokumen-dokumen yang dilengkapi ke petugas bank yang bertugas;
  • Petugas bank akan memeriksa dokumen dan proposal usaha yang diserahkan oleh pemohon;
  • Jika persyaratan terpenuhi, maka petugas bank akan menyetujui permohonan KUR;
  • Jika persyaratan tidak terpenuhi, petugas bank akan menolak permohonan KUR dan memberikan penjelasan kepada pemohon.

Bagi Anda yang ingin mengajukan KUR di Bank Jateng, pastikan telah memenuhi persyaratan dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Dengan memiliki KUR, Anda dapat mengembangkan bisnis Anda dan meningkatkan perekonomian di daerah Anda.

Batas Maksimal Pinjaman KUR di Bank Jateng

Batas Maksimal Pinjaman KUR di Bank Jateng

Bank Jateng menjadi salah satu bank yang ikut serta dalam program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dikeluarkan oleh pemerintah. Program KUR sendiri bertujuan untuk memperluas akses pembiayaan kepada pelaku usaha kecil dan mikro. Pelaku usaha kecil dan mikro yang seringkali terkendala dalam mengakses pembiayaan dari bank umum.

Bank Jateng membuka akses pembiayaan kepada pelaku usaha kecil dan mikro melalui program KUR. Adapun batas maksimal pinjaman KUR di Bank Jateng yang dikeluarkan oleh pemerintah per 31 Juli 2021 adalah sebagai berikut.

Jenis UsahaBatas Maksimal Pinjaman KUR
PertanianRp 25 juta
Perikanan & KelautanRp 25 juta
PerdaganganRp 50 juta
Industri KecilRp 100 juta
JasaRp 25 juta

Sebagai informasi tambahan, apabila Anda memiliki usaha dalam bidang pertanian, perikanan, dan kelautan maka Anda bisa mengajukan KUR hingga Rp 25 juta. Sedangkan untuk sektor perdagangan dan jasa masing-masing bisa mengajukan KUR hingga Rp 50 juta dan Rp 25 juta.

Sementara itu, sektor industri kecil bisa mengajukan KUR hingga Rp 100 juta. Adapun suku bunga KUR Bank Jateng sama dengan suku bunga KUR yang dikeluarkan oleh pemerintah yakni sebesar 7% per tahun. Selain itu, masa tenggang atau grace period yang diberikan oleh Bank Jateng hingga 6 bulan dan masa kredit maksimal hingga 3 tahun.

Jadi, bagi Anda pelaku usaha kecil dan mikro yang membutuhkan pinjaman modal usaha, KUR di Bank Jateng bisa menjadi salah satu opsi. Mengingat Bank Jateng sudah menerapkan proses pengajuan yang mudah dan persyaratannya yang tidak terlalu rumit untuk memperoleh akses pembiayaan dari program KUR.

Keuntungan Mengambil KUR di Bank Jateng

/ga

Bank Jateng merupakan bank daerah yang memiliki banyak keuntungan bagi para pelaku usaha kecil dan menengah. Salah satu produk unggulan Bank Jateng adalah KUR atau Kredit Usaha Rakyat. KUR Bank Jateng memberikan kemudahan dan manfaat yang tidak ditemukan di tempat lain. Selain itu, tabel KUR Bank Jateng juga memberikan banyak pilihan bagi para pelaku usaha untuk memilih KUR yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika mengambil KUR di Bank Jateng:

1. Bunga Rendah

KUR Bank Jateng menawarkan bunga yang rendah dan kompetitif dibandingkan dengan bank-bank lain. Hal ini sangat membantu para pelaku usaha kecil dan menengah untuk menambah modal dan mempertahankan usahanya.

2. Persyaratan Mudah

Persyaratan untuk mengajukan KUR di Bank Jateng cukup mudah. Para pelaku usaha hanya perlu melengkapi beberapa dokumen seperti identitas diri dan usaha, NPWP, serta surat rekomendasi dari kelurahan atau kecamatan setempat.

3. Jangka Waktu Pinjaman yang Fleksibel

KUR Bank Jateng memberikan fleksibilitas untuk jangka waktu pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan usaha. Para pelaku usaha bisa memilih jangka waktu mulai dari 6 hingga 36 bulan.

4. Plafon KUR yang Cukup Besar

Bank Jateng memberikan plafon yang cukup besar bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Plafon KUR yang ditawarkan mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 500 juta. Hal ini bisa membantu para pelaku usaha untuk memenuhi kebutuhan modal usaha mereka.

5. Tenor yang Lebih Panjang

Tenor atau masa pembayaran pinjaman di Bank Jateng lebih panjang dibandingkan dengan bank-bank lain. Pelaku usaha bisa memilih tenor mulai dari 12 hingga 60 bulan. Hal ini memberikan kemudahan kepada pelaku usaha dalam membayar cicilan pinjaman.

6. Pembiayaan untuk Berbagai Sektor Usaha

Bank Jateng memberikan pembiayaan KUR untuk berbagai sektor usaha seperti pertanian, peternakan, perikanan, industri, dan sektor jasa. Hal ini memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha dari berbagai sektor untuk mendapatkan modal usaha dari Bank Jateng.

7. Proses Pengajuan Cepat

Proses pengajuan KUR di Bank Jateng cukup cepat dan tidak memakan waktu yang lama. Pelaku usaha hanya perlu mengisi formulir online dan mengunggah dokumen yang diperlukan untuk permohonan KUR. Setelah itu tim survey Bank Jateng akan melakukan survey singkat ke lokasi usaha pelaku usaha dan apabila persyaratan terpenuhi, KUR akan cair dalam waktu yang singkat.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika mengambil KUR di Bank Jateng. Tabel KUR Bank Jateng juga memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk memilih KUR sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam memilih KUR, pastikan untuk memilih KUR yang sesuai dengan kebutuhan usaha dan Pastikan juga untuk memenuhi persyaratan yang dibutuhkan agar proses pengajuan KUR dapat berjalan dengan lancar.

Cara Membayar Cicilan Tabel KUR di Bank Jateng yang Mudah dan Aman

Cara Membayar Cicilan Tabel KUR di Bank Jateng yang Mudah dan Aman

Bank Jateng merupakan salah satu bank yang menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk membantu masyarakat kecil dalam memulai usaha mereka sendiri. KUR yang diberikan oleh Bank Jateng memiliki bunga yang terjangkau dengan masa cicilan yang fleksibel. Bagi yang sudah mengajukan KUR di Bank Jateng, berikut adalah cara membayar cicilan KUR di Bank Jateng yang mudah dan aman.

1. Melalui ATM Bank Jateng

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah membayar cicilan KUR melalui ATM Bank Jateng. Caranya sangat mudah, cukup pilih menu “Pembayaran Kredit” pada layar mesin ATM. Kemudian pilih jenis KUR yang ingin dibayarkan dan masukkan nomor rekening serta jumlah pembayaran. Setelah itu, ikuti petunjuk selanjutnya untuk menyelesaikan pembayaran. Pastikan jumlah yang dibayarkan sesuai dengan jumlah cicilan yang harus dibayarkan.

2. Melalui Internet Banking Bank Jateng

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membayar cicilan KUR di Bank Jateng adalah melalui internet banking. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah login ke akun internet banking Anda. Kemudian, pilih menu “Pembayaran Kredit” dan pilih jenis KUR yang ingin dibayarkan. Masukkan nomor rekening dan jumlah pembayaran yang ingin dibayarkan. Terakhir, konfirmasi transaksi dan pastikan jumlah yang dibayarkan sesuai dengan jumlah cicilan yang harus dibayarkan.

3. Melalui Mobile Banking Bank Jateng

Bank Jateng juga menyediakan layanan mobile banking untuk memudahkan nasabah melakukan transaksi perbankan, termasuk pembayaran cicilan KUR. Anda cukup mengunduh aplikasi mobile banking Bank Jateng dan melakukan login ke akun Anda. Selanjutnya, pilih menu “Pembayaran Kredit” dan pilih jenis KUR yang ingin dibayarkan. Masukkan nomor rekening dan jumlah pembayaran yang ingin dibayarkan. Terakhir, konfirmasi transaksi dan pastikan jumlah yang dibayarkan sesuai dengan jumlah cicilan yang harus dibayarkan.

4. Melalui Setoran Tunai di Bank Jateng

Jika Anda tidak memiliki akses ke ATM, internet banking, atau mobile banking, Anda tetap bisa membayar cicilan KUR melalui setoran tunai di Bank Jateng. Silakan datang ke cabang Bank Jateng terdekat dan mengisi formulir setoran tunai. Berikan formulir tersebut ke teller bersama dengan jumlah yang ingin Anda bayarkan. Setelah itu, teller akan memproses pembayaran cicilan KUR Anda.

5. Melalui Setoran Tunai di Bank Lain

Jika Anda tidak memiliki rekening di Bank Jateng namun ingin membayar cicilan KUR melalui setoran tunai di bank lain, maka carilah bank yang bekerja sama dengan Bank Jateng dalam melakukan transaksi setoran tunai. Ketika melakukan setoran tunai, pastikan Anda memberikan informasi yang lengkap dan benar, seperti nomor rekening KUR dan jumlah pembayaran. Setelah itu, simpan bukti setoran dan tunggu hingga cicilan KUR terbayar.

6. Melalui Kartu Kredit

Bank Jateng juga menerima pembayaran cicilan KUR melalui kartu kredit. Anda hanya perlu menunjukkan kartu kredit Anda ke teller dan meminta pembayaran cicilan KUR. Kemudian, pihak bank akan melakukan proses pembayaran cicilan KUR melalui kartu kredit Anda. Pastikan untuk membayar tagihan kartu kredit tepat waktu agar tidak terkena denda dan bunga yang lebih tinggi.

7. Jangan Membayar Cicilan KUR di Tempat yang Tidak Resmi

Jangan pernah membayar cicilan KUR di tempat yang tidak resmi atau melakukan transfer ke nomor rekening yang tidak jelas asal-usulnya. Hal ini dapat membahayakan keamanan nasabah dan dapat menyebabkan kerugian finansial yang besar. Pastikan pembayaran cicilan KUR dilakukan melalui layanan resmi yang disediakan oleh Bank Jateng.

8. Pastikan Anda Membayar Cicilan KUR Tepat Waktu

Terakhir, pastikan Anda membayar cicilan KUR tepat waktu agar tidak terkena denda dan bunga yang lebih tinggi. Jangan sampai terlambat membayar cicilan KUR karena dapat membuat cicilan semakin bertambah besar. Jika Anda memiliki kesulitan dalam membayar cicilan KUR, segera hubungi Bank Jateng untuk mencari solusi terbaik.

Akhir Kata

Sekian Pembahasan mengenai Tabel KUR Bank Jateng dari Admin STKIPMKTB.ac.id. Segudang pembahasan mengenai dunia perbankan dan beragam layanan terupdate dapat dipantau melalui artikel yang akan kami rilis setiap hari.

Sumber Gambar: Admin STKIPMKTB

Bagikan: