DekorumaShopee

Syarat Pelunasan KUR BRI 2024: Diwakilkan & Cara Hitung Denda

SYARAT PELUNASAN KUR BRI

Syarat Pelunasan Kur BRI Kini Semakin Mudah Dalam Sudah, tekanan ekonomi saat ini mempengaruhi banyak orang dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kondisi ini membuat beberapa orang memilih untuk mengajukan kredit modal kerja ke bank, salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang terkenal dengan produktivitas kreditnya.

BRI menyediakan Kur (Kredit Usaha Rakyat) sebagai solusi keuangan bagi para pelaku usaha kecil dan mikro. Cara ini diharapkan bisa membantu para pengusaha dalam mengembangkan usahanya. Namun, ada juga beberapa pelaku usaha yang merasa kesulitan dalam membayar angsuran Kur setiap bulannya. Mereka seringkali mengalami kesulitan membayar angsuran, bahkan sampai jatuh tempo.

Untuk mengatasi situasi ini, BRI menawarkan Syarat Pelunasan Kur yang bersifat mudah dan fleksibel. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh pelaku usaha untuk membayar angsuran Kur dengan mudah.

Keuntungan Melakukan Pelunasan KUR BRI

Keuntungan Melakukan Pelunasan KUR BRI

Jika Anda memiliki pinjaman KUR BRI, melakukan pelunasan sebelum masa tenggat tempo bisa memberikan banyak manfaat. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika melunasi KUR BRI tepat waktu:

1. Bebas dari Hutang

Dengan melakukan pelunasan pinjaman KUR BRI, Anda bisa terbebas dari hutang dan memiliki keuangan yang lebih stabil dan sehat. Hal ini karena Anda tidak perlu lagi membayar cicilan tiap bulan, sehingga bisa mengalokasikan uang Anda ke hal-hal lain yang lebih penting.

TenzoLiving

2. Membuat Rekening Bersih

Dalam buku tabungan Anda, pelunasan pinjaman KUR BRI akan memperlihatkan bahwa Anda telah melakukan pembayaran tidak terhutang. Artinya, Anda sudah menyelesaikan komitmen hutang Anda dengan baik dan bisa memulai investasi baru dengan menggunakan uang yang biasanya dipakai untuk membayar cicilan.

3. Memperbaiki Skor Kredit

Melunasi pinjaman KUR BRI tepat waktu bisa meningkatkan skor kredit Anda. Skor kredit yang baik menjadi salah satu faktor penting untuk mendapatkan akses kredit dan mendapatkan pinjaman lebih mudah di masa depan. Ini menjadi keuntungan bagi Anda jika Anda ingin mengajukan pinjaman di bank lain di kemudian hari. Semakin baik skor kredit Anda, semakin besar juga peluang untuk mendapatkan persetujuan pinjaman.

4. Mengurangi Beban Bunga

Jika Anda melakukan pelunasan KUR BRI tepat waktu, maka Anda akan menghemat uang yang harus Anda bayar sebagai bunga. Semakin lama masa pinjaman KUR BRI yang Anda tempuh, maka semakin besar juga bunga yang harus Anda bayar. Dengan melakukan pelunasan lebih awal, maka Anda bisa mengurangi jumlah bunga yang harus Anda bayar.

5. Mendapatkan Potongan Harga

BRI memberikan potongan harga 10% bagi nasabah yang membayar komitmen hutang lebih awal dari jangka waktu yang telah ditentukan. Potongan harga ini akan diberikan pada nasabah yang mampu melakukan pelunasan pinjaman KUR BRI sebelum jangka waktu yang telah ditentukan, sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan finansial lebih besar.

Tahapan Pelunasan KUR BRI

Tahapan Pelunasan KUR BRI

Jika Anda adalah penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI, maka Anda harus memahami syarat-syarat pelunasan yang harus diikuti agar seluruh kewajiban Anda sebagai peminjam lunas dengan lancar. Berikut adalah tahapan pelunasan KUR BRI yang harus Anda ketahui:

1. Tahap Pertama Pelunasan KUR BRI – Survey Angunan

1. Tahap Pertama Pelunasan KUR BRI Survey Angunan

Sebelum mengajukan KUR BRI, Anda harus memiliki agunan yang disetujui oleh bank sebagai jaminan atas pinjaman yang Anda ajukan. Agunan bisa berupa tanah, rumah, kendaraan, atau alat-alat berat. Setelah Anda mengajukan pinjaman KUR BRI, pihak bank akan melakukan survey untuk menilai nilai agunan yang Anda miliki. Jika nilai agunan yang Anda ajukan tidak mencukupi, maka bank mungkin akan menolak permohonan Anda.

2. Tahap Kedua Pelunasan KUR BRI – Pemeriksaan Dokumen

2. Tahap Kedua Pelunasan KUR BRI Pemeriksaan Dokumen

Jika nilai agunan yang diajukan dianggap memadai, bank akan melakukan pemeriksaan dokumen untuk memastikan bahwa Anda memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan. Persyaratan ini termasuk dokumen identitas, slip gaji, bukti kepemilikan agunan, dan dokumen lainnya sesuai kebijakan bank. Setelah pemeriksaan dokumen selesai, Anda akan diberitahu apakah Anda memenuhi syarat untuk diapprove atau tidak.

3. Tahap Ketiga Pelunasan KUR BRI – Penandatanganan Kontrak

3. Tahap Ketiga Pelunasan KUR BRI Penandatanganan Kontrak

Jika Anda dinyatakan memenuhi persyaratan, Anda akan diminta untuk menandatangani kontrak pinjaman. Kontrak ini akan berisi informasi tentang jumlah pinjaman, jangka waktu, suku bunga, biaya administrasi, dan persyaratan lainnya yang harus Anda penuhi. Pastikan Anda membaca semua persyaratan dengan teliti dan memahami akan kontrak yang telah Anda tandatangani.

4. Tahap Keempat Pelunasan KUR BRI – Pelunasan Pinjaman

4. Tahap Keempat Pelunasan KUR BRI Pelunasan Pinjaman

Setelah Anda menandatangani kontrak, Anda harus mulai membayar angsuran bulanan sesuai dengan jadwal pembayaran yang disepakati. Pastikan untuk membayar tepat waktu dan cukup sesuai dengan jadwal, agar Anda tidak terkena denda atau sanksi lainnya. Jika Anda mengalami kesulitan dalam membayar, Anda harus segera menghubungi bank dan memberi tahu mereka tentang situasinya agar mereka dapat membantu mencari solusi yang terbaik.

5. Tahap Kelima Pelunasan KUR BRI – Pelunasan Akhir

5. Tahap Kelima Pelunasan KUR BRI Pelunasan Akhir

Saat Anda telah mencapai akhir masa pinjaman, Anda harus membayar seluruh sisa hutang Anda beserta bunga dan denda (jika ada). Bank akan memberikan jumlah keseluruhan yang harus dibayar dan memberikan opsi tentang bagaimana sisa pembayaran harus dilakukan. Pastikan Anda membayar tepat waktu untuk menghindari bunga tambahan dan sanksi lainnya.

Dengan memahami tahapan pelunasan KUR BRI, Anda dapat menghindari masalah dan tetap menjaga reputasi kredit Anda di bank. Jangan ragu untuk menghubungi petugas bank jika ada pertanyaan atau kesulitan dalam membayar pinjaman Anda.

Syarat Pelunasan KUR BRI Lengkap

Syarat Pelunasan KUR BRI Lengkap

KUR BRI (Kredit Usaha Rakyat Bank Rakyat Indonesia) adalah fasilitas kredit yang diberikan oleh Bank Rakyat Indonesia kepada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk memenuhi kebutuhan modal usaha. Namun, terkadang para peminjam KUR BRI mengalami kesulitan dalam melunasi hutangnya. Di sini kita akan membahas syarat pelunasan KUR BRI.

1. Melunasi Kewajiban Pokok dan Bunga Sebagai Syarat Pelunasan KUR BRI

1. Melunasi Kewajiban Pokok dan Bunga Sebagai Syarat Pelunasan KUR BRI

Syarat utama untuk melakukan pelunasan KUR BRI adalah dengan melunasi seluruh kewajiban pokok dan bunga yang terhutang. Jika ada tunggakan, maka harus dibayar terlebih dahulu sebelum melakukan pelunasan. Dalam hal ini, pihak Bank Rakyat Indonesia akan memberikan perhitungan untuk jumlah pelunasan.

2. Membawa Dokumen Identitas Diri Sebagai Syarat Pelunasan KUR BRI

2. Membawa Dokumen Identitas Diri Sebagai Syarat Pelunasan KUR BRI

Selain membayar kewajiban pokok dan bunga, pihak debitur juga harus membawa dokumen identitas diri seperti KTP dan NPWP. Hal ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan penipuan yang berpotensi terjadi pada saat pelunasan KUR BRI.

3. Pelunasan KUR BRI secara konvensional

3. Pelunasan KUR BRI secara konvensional

Pelunasan KUR BRI harus dilakukan secara konvensional, yaitu melalui kantor cabang Bank Rakyat Indonesia atau melalui mesin ATM Bank Rakyat Indonesia. Selain itu, tidak diperbolehkan melakukan pelunasan melalui pihak ketiga atau lembaga lainnya.

4. Membuka Rekening Tabungan Sebagai Syarat Pelunasan KUR BRI

4. Membuka Rekening Tabungan Sebagai Syarat Pelunasan KUR BRI

Syarat yang terakhir adalah membuka rekening tabungan di Bank Rakyat Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai tindakan agar pihak Bank Rakyat Indonesia dapat melakukan pengecekan lebih mudah terhadap pelunasan yang telah dilakukan. Selain itu, apabila terdapat pembayaran yang melebih nilai pelunasan, maka dana tersebut akan disimpan ke dalam rekening tersebut. Namun, untuk nasabah yang telah memiliki rekening tabungan, maka syarat ini tidak diperlukan.

Dengan mengetahui syarat pelunasan KUR BRI tersebut, diharapkan para debitur KUR BRI bisa lebih mudah melakukan pelunasan hutangnya dan menghindari masalah yang berpotensi terjadi. Adapun untuk mengetahui harga KUR BRI, berikut adalah tabel harga untuk KUR BRI di Bank Rakyat Indonesia:

Jenis KUR BRIPlafon MaksimumSuku BungaTenor
KUR BRI MikroRp.50 juta9%6-12 bulan
KUR BRI KecilRp.500 juta9,75%6-24 bulan
KUR BRI MenengahRp.2 Miliar10,5%6-36 bulan

Dari tabel harga tersebut, dapat dilihat bahwa Bank Rakyat Indonesia memberikan plafon kredit yang bervariasi untuk setiap jenis KUR BRI. Selain itu, suku bunga dan lama kredit juga berbeda tergantung dari jenis KUR BRI yang dipilih. Harapannya, dengan mengetahui syarat-syarat dan harga KUR BRI, masyarakat dapat menggunakan fasilitas kredit tersebut dengan bijak dan memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya untuk keperluan usaha.

Cara Melakukan Pelunasan KUR BRI Secara Offline

Cara Melakukan Pelunasan KUR BRI Secara Offline

Jika Anda telah mengambil Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), pastikan bahwa Anda melunasi kredit Anda tepat waktu agar tidak terkena bunga dan denda keterlambatan. Berikut adalah cara melakukan pelunasan KUR BRI secara offline:

1. Datang ke Kantor Cabang BRI Terdekat

1. Datang ke Kantor Cabang BRI Terdekat

Anda dapat melakukan pelunasan KUR BRI secara offline dengan datang langsung ke Kantor Cabang BRI terdekat dengan membawa dokumen-dokumen yang diperlukan. Pastikan Anda membawa KTP dan bukti pembayaran angsuran KUR sebelumnya (jika ada).

2. Konfirmasi Jumlah Pelunasan

2. Konfirmasi Jumlah Pelunasan

Setelah Anda sampai di Kantor Cabang BRI, konfirmasikan jumlah pelunasan yang ingin Anda bayarkan kepada petugas bank. Pastikan bahwa jumlah pelunasan yang Anda bayar benar dan sesuai dengan rekening Anda.

3. Lakukan Pembayaran

3. Lakukan Pembayaran

Setelah jumlah pelunasan dikonfirmasi, lakukan pembayaran melalui teller atau mesin ATM yang tersedia di dalam kantor cabang BRI. Pastikan bahwa Anda mendapatkan bukti pembayaran agar dapat digunakan sebagai bukti pelunasan KUR Anda.

4. Konfirmasi Pelunasan

4. Konfirmasi Pelunasan

Setelah pembayaran selesai dilakukan, konfirmasikan pelunasan Anda kepada petugas bank. Anda akan menerima bukti pelunasan dari petugas bank sebagai bukti bahwa kredit Anda telah lunas.

5. Cek Saldo KUR Anda

5. Cek Saldo KUR Anda

Setelah pelunasan dilakukan, pastikan bahwa saldo KUR Anda telah 0 dengan melakukan cek saldo melalui mesin ATM atau di Kantor Cabang BRI terdekat. Pastikan bahwa Anda mendapatkan bukti saldo KUR Anda yang sudah 0.

6. Perbarui Dokumen

6. Perbarui Dokumen

Setelah melunasi kredit Anda, pastikan bahwa Anda memperbarui dokumen-dokumen penting termasuk Surat Keterangan Lunas dan Buku KUR. Anda juga dapat mengambil dokumen-dokumen tersebut di Kantor Cabang BRI terdekat.

Dalam melakukan pelunasan KUR BRI secara offline, pastikan bahwa Anda membawa dan memeriksa dokumen-dokumen yang diperlukan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pelunasan. Pastikan juga bahwa jumlah pelunasan yang Anda bayarkan benar dan sesuai dengan rekening Anda agar kredit Anda dapat lunas tanpa ada masalah.

Biaya dan Denda Pelunasan KUR BRI

Biaya dan Denda Pelunasan KUR BRI

Sebagai nasabah yang menggunakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), Anda harus memahami syarat dan ketentuan pelunasan KUR BRI dengan seksama. Salah satu syarat tersebut adalah biaya dan denda pelunasan KUR BRI.

Biaya pelunasan KUR BRI tergantung pada sisa saldo pokok kredit dan jangka waktu pelunasan yang Anda pilih. Jika Anda memutuskan untuk melunasi kredit sebelum jangka waktu yang ditentukan, maka Anda harus membayar biaya pelunasan sebesar 1% dari sisa saldo pokok kredit.

Sedangkan untuk denda pelunasan KUR BRI, akan dikenakan apabila Anda melunasi kredit melebihi jangka waktu yang ditentukan. Denda yang dikenakan adalah sebesar 0,5% per bulan dari sisa saldo pokok kredit.

Berikut adalah tabel harga biaya dan denda pelunasan KUR BRI:

Sisa Saldo Pokok KreditJangka Waktu PelunasanBiaya PelunasanDenda Pelunasan Per Bulan
Rp 1 juta – Rp 5 juta2 – 12 bulan1% dari saldo pokok kredit0,5% dari saldo pokok kredit
Rp 5 juta – Rp 10 juta2 – 24 bulan1% dari saldo pokok kredit0,5% dari saldo pokok kredit
Rp 10 juta – Rp 50 juta2 – 36 bulan1% dari saldo pokok kredit0,5% dari saldo pokok kredit
Rp 50 juta – Rp 100 juta2 – 48 bulan1% dari saldo pokok kredit0,5% dari saldo pokok kredit
Rp 100 juta – Rp 500 juta2 – 60 bulan1% dari saldo pokok kredit0,5% dari saldo pokok kredit

Sebagai contoh, jika Anda memiliki sisa saldo pokok kredit sebesar Rp 20 juta dengan jangka waktu pelunasan selama 24 bulan, maka biaya pelunasan KUR BRI yang akan dikenakan sebesar Rp 200 ribu (1% x Rp 20 juta). Sementara itu, apabila Anda melewati jangka waktu pelunasan, maka denda pelunasan yang akan dikenakan sebesar Rp 100 ribu (0,5% x Rp 20 juta x 1 bulan).

Jadi, pastikan Anda membaca dan memahami syarat dan ketentuan pelunasan KUR BRI dengan seksama, agar tidak terkena biaya dan denda yang tidak perlu.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Pelunasan KUR BRI

Hal hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Pelunasan KUR BRI

Apabila Anda memutuskan untuk melunasi KUR BRI sebelum jatuh tempo, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal penting yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Perlu diingat bahwa melunasi KUR BRI lebih awal maksudnya adalah membayar tanggungan hutang Anda sebelum jatuh tempo, sehingga pastikan Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

1. Periksa Sejumlah Biaya yang Harus Anda Bayar

Sebaiknya Anda mengetahui sejumlah biaya yang harus dibayarkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melunasi KUR BRI lebih awal. Biaya-biaya yang harus dipertimbangkan antara lain biaya administrasi, bunga yang belum jatuh tempo, dan denda jika ada. Pastikan untuk menghitung total biaya yang harus dibayarkan dan pastikan bahwa Anda memiliki dana yang cukup untuk membayarnya.

2. Hitung Ulang Rencana Keuangan Anda

Sebelum membayar KUR BRI, penting untuk menghitung ulang rencana keuangan Anda. Pastikan Anda memiliki kepastian dana yang cukup untuk membayar KUR BRI lebih awal tanpa perlu meminjam dari pihak lain. Perhitungannya tidak sekedar seberapa besar cicilan KUR BRI per bulan, tapi juga segala keperluan lainnya. Sebaiknya hal ini dipertimbangkan untuk menghindari terjadinya masalah keuangan di masa mendatang.

3. Lakukan Perhitungan Kembali

Sebelum Anda memutuskan untuk melunasi KUR BRI lebih awal, ada baiknya untuk melakukan perhitungan kembali cicilan yang akan Anda bayarkan. Pastikan bahwa Anda telah memperhitungkan bunga yang belum jatuh tempo dan denda (jika ada) yang perlu dibayar. Anda juga perlu mengetahui batas minimum pembayaran yang harus dilakukan agar tidak terkena sanksi dari pihak KUR BRI.

4. Lakukan Pembayaran Secara Tunai

Sebaiknya Anda membayar melalui tunai untuk menghindari biaya tambahan yang mesti dikeluarkan. Pembayaran melalui transfer bank bisa saja dikenakan biaya administrasi yang tinggi.

5. Segera Pulihkan Agunan Jika Ada

Jika Anda telah menyetujui KUR BRI tapi menemukan adanya agunan yang diikat untuk memastikan waktu pembayaran sebelum akhirnya memperoleh KUR BRI, Anda akan perlu mempersiapkan waktu dan biaya untuk mendapatkan kembali agunan yang telah diberikan.

6. Pastikan Tidak Ada Utang Lain yang Harus Dibayar

Sebelum melunasi KUR BRI, pastikan tidak ada utang lain yang harus Anda bayar. Jangan sampai kebutuhan lainnya tidak terpenuhi hanya karena membayar lebih awal KUR BRI. Utang tersebut inklusif utang pribadi maupun utang dari pihak terkait.

7. Pastikan Tidak Ada Keterlambatan pembayaran KUR BRI

Sebelum melunasi KUR BRI lebih awal, pastikan bahwa tidak ada keterlambatan pembayaran dalam cicilan KUR BRI Anda. Jika terdapat keterlambatan pembayaran, pastikan untuk menyelesaikannya terlebih dahulu agar tidak terkena sanksi denda yang tinggi.

8. Pastikan Anda Telah Menyiapkan Dana yang Cukup

Pastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk membayar KUR BRI lebih awal agar tidak terkena sanksi atau denda. Anda juga dapat melakukan perhitungan kembali cicilan yang akan harus dikeluarkan. Pastikan untuk mengatur rencana keuangan dengan matang agar tidak terjadi kendala keuangan di masa mendatang setelah membayar KUR BRI lebih awal.

Akhir Kata

Dalam pelaksanaannya berdasarkan informasi pembahasan dari Penulis STKIPMKTB.ac.id, BRI memberikan kemudahan bagi peminjam untuk mengajukan KUR dengan tata cara yang sederhana dan mudah dipahami. Dengan bunga yang terjangkau, KUR menjadi solusi bagi para pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya. Namun, dalam rangka meminimalisir risiko kredit, pihak bank pun akan memastikan bahwa proses melunasi kredit dilakukan secara tepat waktu dan sesuai dengan Syarat Pelunasan KUR BRI yang telah disepakati bersama.

Dalam berbisnis, perlu untuk selalu memperhitungkan risiko yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, para pelaku usaha disarankan untuk melakukan kalkulasi secara cermat sebelum memutuskan untuk mengajukan KUR BRI. Dengan memahami seluruh syarat dan ketentuan pelunasan, diharapkan peminjam mampu menjalankan usahanya dengan sukses dan tanpa beban kredit yang berlebihan.

Bagikan:

DekorumaShopee