DekorumaShopee

Proses Pencairan KUR Mandiri 2024: Pengalaman & Berapa Lama

PROSES PENCAIRAN KUR MANDIRI

Proses Pencairan KUR Mandiri – Kabar baik bagi para pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia, saat ini Bank Mandiri telah mengeluarkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Program pencairan KUR Mandiri ini bertujuan untuk memudahkan para pelaku usaha untuk mengajukan kredit dengan syarat dan prosedur yang lebih ringan dan mudah dipahami.

Melalui program ini, Bank Mandiri berharap dapat memberikan dukungan finansial bagi masyarakat yang ingin memulai usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Proses pencairan KUR Mandiri ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, khususnya dalam sektor usaha mikro.

Untuk mengajukan KUR Mandiri, pelaku usaha hanya perlu membawa beberapa dokumen seperti KTP, NPWP, surat pengajuan pembiayaan, dan beberapa dokumen lainnya yang dibutuhkan. Proses persetujuan akan dilakukan secara online sehingga pelaku usaha tidak perlu lagi datang ke kantor Bank Mandiri, yang memakan waktu dan energi yang cukup banyak.

Program KUR Mandiri ini juga memiliki banyak kelebihan lainnya, termasuk proses pencairan yang lebih cepat. Setelah seluruh dokumen disetujui dan kredit disetujui, maka dana akan langsung dicairkan ke rekening pelaku usaha terkait. Proses pencairan ini biasanya hanya membutuhkan waktu dua sampai tiga hari kerja.

Apa itu KUR Mandiri?

Apa itu KUR Mandiri

KUR Mandiri adalah program Kredit Usaha Rakyat yang disediakan oleh Bank Mandiri untuk mendorong pertumbuhan bisnis mikro dan kecil yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Program ini membantu para pengusaha mikro dan kecil untuk memperluas usahanya dengan memberikan pendanaan yang lebih mudah dan terjangkau.

TenzoLiving

Program KUR Mandiri terdiri dari beberapa jenis kredit yang dibedakan berdasarkan besarnya pinjaman dan jangka waktu pengembalian. Berikut adalah daftar jenis kredit KUR Mandiri beserta harga dan jangka waktu pengembalian:

Jenis kredit yang paling populer di KUR Mandiri adalah KUR Mikro. KUR Mikro memungkinkan pengusaha mikro untuk meminjam uang hingga Rp 25 juta dengan jangka waktu pengembalian hingga 2 tahun. Sementara itu, KUR Usaha adalah jenis kredit yang diperuntukkan bagi pelaku usaha kecil dengan pinjaman maksimum Rp 50 juta dan jangka waktu pengembalian hingga 3 tahun.

Untuk memperoleh KUR Mandiri, pengusaha mikro dan kecil harus memiliki usaha yang telah berjalan selama minimal 6 bulan dan memiliki izin usaha yang lengkap. Selain itu, mereka juga harus memiliki jaminan, seperti sertifikat tanah, surat kendaraan, atau agunan barang berharga lainnya.

Proses pengajuan KUR Mandiri tergolong mudah dan cepat. Pengusaha hanya perlu mengisi formulir di kantor cabang Bank Mandiri terdekat dan menyertakan dokumen-dokumen pendukung. Setelah dokumen diajukan, Bank Mandiri akan melakukan proses verifikasi dan mengevaluasi kemampuan pengusaha untuk membayar kembali pinjaman. Jika pengajuan disetujui, dana akan dicairkan ke rekening pengusaha dalam waktu kurang dari 7 hari.

Dengan adanya KUR Mandiri, para pengusaha mikro dan kecil di Indonesia semakin terbantu untuk mengembangkan usaha mereka. Selain itu, KUR Mandiri juga berperan dalam meningkatkan perekonomian Indonesia karena membuka peluang usaha baru dan menciptakan lapangan kerja.

Syarat dan Ketentuan Pengajuan KUR Mandiri

Syarat dan Ketentuan Pengajuan KUR Mandiri

Untuk dapat mengajukan KUR Mandiri, calon peminjam harus memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh bank. Berikut adalah beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi:

  • Calon peminjam harus berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Mempunyai usaha yang bergerak di sektor produktif
  • Memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan
  • Memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Tidak memiliki keterlambatan pembayaran pinjaman pada bank selama 3 bulan terakhir
  • Mempunyai rekening bank untuk melakukan transaksi
  • Menyerahkan jaminan, seperti BPKB, sertifikat rumah, atau surat tanah

Dalam pengajuan KUR mandiri, bank juga mempertimbangkan beberapa faktor, seperti sektor usaha, riwayat kredit dari calon peminjam, serta jaminan yang diserahkan. Setiap bank mungkin memiliki persyaratan dan ketentuan yang berbeda, oleh karena itu, sebelum mengajukan KUR mandiri, pastikan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh bank yang Anda pilih.

Tabel Harga KUR Mandiri

Tabel Harga KUR Mandiri

Berikut adalah tabel harga KUR Mandiri yang merupakan simulasi kisaran suku bunga dan angsuran per bulan. Namun, harga yang Anda terima dapat berbeda tergantung dari besarnya pinjaman, jangka waktu, dan suku bunga yang ditetapkan oleh bank:

Jumlah PinjamanJangka WaktuSuku BungaAngsuran
Rp 5 Juta – Rp 25 Juta6 – 12 Bulan9%Rp 456.242 – Rp 1.124.337
Rp 25 Juta – Rp 50 Juta12 Bulan – 3 Tahun9% – 11%Rp 2.707.404 – Rp 1.734.802
Rp 50 Juta – Rp 500 Juta1 – 3 Tahun9% -11%Rp 5.976.547 – Rp 63.279.264

Untuk mencapai keberhasilan dalam mengajukan KUR Mandiri, pastikan bahwa Anda memperhatikan dengan teliti persyaratan dan ketentuan yang diterapkan oleh bank terkait. Terlebih lagi, pastikan bahwa Anda memiliki perencanaan bisnis yang matang dan jaminan yang cukup untuk mendapatkan persetujuan dari bank sebagai langkah awal dalam mengembangkan bisnis Anda.

Pengalaman Mengajukan KUR Mandiri Secara Online

Pengalaman Mengajukan KUR Mandiri Secara Online

Saat ini, para pelaku usaha yang ingin mengajukan KUR Mandiri tidak perlu datang ke kantor cabang Bank Mandiri, melainkan dapat melakukan pengajuan secara online melalui website Bank Mandiri. Berikut adalah langkah-langkah cara pengajuan KUR Mandiri secara online:

1. Kunjungi website Bank Mandiri

Pertama, kunjungi website resmi Bank Mandiri di www.bankmandiri.co.id. Klik menu “Produk dan Layanan” lalu pilih “Kredit” untuk melihat informasi tentang KUR Mandiri.

2. Pilih jenis KUR Mandiri yang diinginkan

Pilih jenis KUR Mandiri yang diinginkan. Terdapat dua jenis KUR Mandiri, yaitu KUR Mikro dan KUR Kecil. Perbedaan antara kedua jenis tersebut terletak pada jumlah pinjaman yang bisa diajukan oleh pelaku usaha. KUR Mikro memungkinkan pelaku usaha untuk meminjam dengan nominal antara 500 ribu hingga 25 juta rupiah, sedangkan KUR Kecil memberikan peluang pinjaman dengan nominal antara 25 juta hingga 500 juta rupiah.

3. Isi formulir pengajuan KUR Mandiri

Isi formulir pengajuan KUR Mandiri secara online yang terdiri dari informasi pribadi dan informasi usaha Anda. Informasi pribadi ini berisi data diri seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email. Sedangkan informasi usaha meliputi jenis usaha yang sedang dijalankan, modal usaha, besaran penghasilan per bulan, dan rencana penggunaan dana pinjaman.

4. Melengkapi dokumen pendukung

Setelah mengisi formulir pengajuan KUR Mandiri secara online, Anda harus mengunggah dokumen pendukung seperti sertifikat usaha, akta pendirian usaha, KTP, dan NPWP sebagai tambahan sebelum pengajuan dikirim.

5. Menunggu persetujuan dari Bank Mandiri

Setelah semua dokumen diunggah, Anda hanya perlu menunggu persetujuan dari Bank Mandiri. Proses persetujuan dapat memakan waktu maksimal 14 hari.

Jangka Waktu dan Suku Bunga KUR Mandiri

Jangka Waktu dan Suku Bunga KUR Mandiri

Sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia, Mandiri secara aktif memberikan dukungan kepada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR Mandiri, sebagai jenis kredit yang ditawarkan oleh Bank Mandiri, dapat membantu para pelaku usaha kecil untuk berkembang usahanya. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang jangka waktu dan suku bunga yang ditawarkan oleh KUR Mandiri.

KUR Mandiri adalah jenis kredit usaha kecil yang diberikan oleh Bank Mandiri dengan jangka waktu yang relatif pendek dan bunga yang kompetitif. Jangka waktu KUR Mandiri bervariasi antara 1 hingga 5 tahun, tergantung pada jenis KUR yang dipilih oleh pemilik usaha kecil.

Dampak dari KUR Mandiri Terhadap Bisnis

Dampak dari KUR Mandiri Terhadap Bisnis

Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri adalah program kredit yang ditujukan untuk membantu para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang ingin mengembangkan usahanya. Berbagai macam jenis bisnis dapat dijangkau oleh program ini dan terdapat banyak dampak positif yang diberikan KUR Mandiri pada bisnis-bisnis yang mendapatkannya. Berikut adalah beberapa dampak yang bisa dirasakan oleh pelaku bisnis.

1. Kemudahan Akses Modal Usaha

1. Kemudahan Akses Modal Usaha

KUR Mandiri memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam mendapatkan modal usaha. Dalam kondisi ekonomi yang serba sulit, sulit mencari konsumen atau kesulitan untuk menggalang modal adalah hal yang umum terjadi. KUR Mandiri menjadi pilihan yang tepat bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan akses ke modal usaha dengan bunga dan tenor yang terjangkau.

2. Meningkatkan Omzet dan Laba Bisnis

2. Meningkatkan Omzet dan Laba Bisnis

Dengan adanya akses modal usaha yang memadai, pelaku usaha dapat mengembangkan bisnisnya dan meningkatkan omzet serta laba bisnis. Misalnya, seorang pelaku usaha dengan modal terbatas hanya dapat memproduksi produk dalam jumlah terbatas sehingga omzet yang dihasilkan pun menjadi terbatas. Namun dengan adanya KUR Mandiri, pelaku usaha dapat meningkatkan produksinya dan memasarkan produknya ke berbagai daerah, sehingga omzet dan laba yang dihasilkan pun meningkat pesat.

3. Pertumbuhan Bisnis yang Lebih Cepat

3. Pertumbuhan Bisnis yang Lebih Cepat

Modal usaha yang memadai dari KUR Mandiri juga memungkinkan para pelaku usaha untuk melakukan ekspansi serta diversifikasi bisnisnya. Ekspansi bisnis dapat berupa pembukaan cabang baru atau penambahan produksi untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat. Sedangkan diversifikasi bisnis dapat dilakukan dengan menyediakan produk yang lebih beragam sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Dengan demikian, pertumbuhan bisnis menjadi lebih cepat.

4. Meningkatkan Kualitas Produk

4. Meningkatkan Kualitas Produk

Dalam usaha meningkatkan omzet dan meningkatkan pertumbuhan bisnis yang lebih cepat, maka meningkatkan kualitas produk menjadi hal yang penting. KUR Mandiri memungkinkan para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dengan modal usaha yang memadai. Pelaku usaha dapat memberikan pelatihan kepada kru produksi atau membeli peralatan produksi yang lebih modern.

5. Menambah Jumlah Tenaga Kerja

5. Menambah Jumlah Tenaga Kerja

Pertumbuhan bisnis yang cepat dan meningkatnya kualitas produk memberikan dampak positif lainnya yaitu menambah jumlah tenaga kerja. Seorang pelaku usaha yang mampu meningkatkan omzet serta pertumbuhan bisnisnya juga berarti ia memerlukan tenaga kerja yang lebih banyak. Dengan memperkerjakan lebih banyak orang maka dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah sehingga berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi nasional.

6. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

6. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Kegiatan bisnis yang semakin berkembang akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Dengan meningkatkan jumlah tenaga kerja dan omzet bisnis maka dapat menambah penghasilan masyarakat. Dampak positif lainnya adalah dengan adanya peluang kerja yang lebih banyak maka masyarakat menjadi terbantu karena dapat memperoleh pekerjaan dengan mudah.

Kesimpulannya, KUR Mandiri memberikan dampak yang positif bagi para pelaku usaha kecil dan menengah. Adanya akses modal usaha, meningkatnya omzet, pertumbuhan bisnis yang lebih cepat, meningkatkan kualitas produk serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah dampak positif yang bisa dirasakan oleh pelaku usaha. Oleh karena itu, penting untuk selalu memanfaatkan peluang yang ada agar bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih besar dan maju.

Proses Pencairan KUR Mandiri Lengkap

Proses Pencairan KUR Mandiri Lengkap

Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam meningkatkan pengembangan ekonomi nasional. KUR Mandiri disediakan oleh Bank Mandiri dengan persyaratan yang mudah dan bunga yang terjangkau. Bagi pelaku UMKM, pengajuan KUR Mandiri bisa menjadi solusi dalam membiayai usaha yang sedang dijalankan.

Namun, setelah pengajuan KUR Mandiri disetujui oleh Bank Mandiri, proses pencairan diperlukan untuk mendapatkan dana yang telah disetujui. Berikut adalah cara melakukan pencairan KUR Mandiri dengan tabel harga yang disediakan oleh Bank Mandiri:

1. Siapkan Syarat Dokumen dalam Proses Pencairan KUR Mandiri

1. Siapkan Syarat Dokumen dalam Proses Pencairan KUR Mandiri

Sebelum melakukan pencairan KUR Mandiri, Anda harus menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti KTP, NPWP, SIUP atau TDP, dan Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU). Pastikan juga jika tidak ada kelengkapan dokumen yang kurang sehingga proses pencairan dapat berjalan lancar. Jika Anda memiliki kendala dalam proses persyaratan dokumen, bisa menghubungi customer service Bank Mandiri.

2. Melakukan Cek Kesiapan Dana dalam Proses Pencairan KUR Mandiri

2. Melakukan Cek Kesiapan Dana dalam Proses Pencairan KUR Mandiri

Setelah semua dokumen disiapkan, langkah berikutnya adalah melakukan cek kesiapan dana. Tabel harga bisa dilihat di situs web resmi Bank Mandiri sesuai dengan sektor usaha. Pastikan ketersediaan dana yang akan diambil, sesuai dengan penawaran yang diberikan oleh Bank Mandiri.

3. Mengajukan Permohonan Proses Pencairan KUR Mandiri

3. Mengajukan Permohonan Proses Pencairan KUR Mandiri

Langkah ketiga yaitu mengajukan permohonan pencairan KUR Mandiri dengan membawa dokumen persyaratan yang telah disiapkan ke kantor Bank Mandiri terdekat. Jangan lupa membawa dokumen asli untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan oleh pihak Bank Mandiri selama proses pencairan.

4. Mendapatkan Informasi Proses Pencairan KUR Mandiri

4. Mendapatkan Informasi Proses Pencairan KUR Mandiri

Setelah pengajuan pencairan KUR Mandiri disetujui oleh Bank Mandiri, pelanggan akan mendapatkan informasi tentang jumlah dana yang diterima, tenor dan angsuran yang harus dibayar sesuai dengan kesepakatan. Pastikan jika informasi yang diberikan sudah sesuai dan akurat.

5. Melakukan Tanda Tangan Surat Perjanjian Pencairan Pinjaman KUR Mandiri

5. Melakukan Tanda Tangan Surat Perjanjian Pencairan Pinjaman KUR Mandiri

Jika begitu, langkah selanjutnya pelanggan akan di minta untuk menandatangani surat perjanjian pinjaman. Pastikan jika semua klausa dalam surat perjanjian sudah sesuai dengan kesepakatan yang telah di bicarakan sebelumnya. Pastikan Anda memahami semua isi surat perjanjian tersebut sebelum menandatanganinya.

6. Pembayaran Biaya Administrasi Proses Pencairan KUR Mandiri

6. Pembayaran Biaya Administrasi Proses Pencairan KUR Mandiri

Biaya administrasi yang harus dibayarkan saat pencairan tergantung pada sektor usaha yang digeluti. Pastikan Anda mengetahui jumlah biaya administrasi yang harus dibayarkan sebelum melakukan tanda tangan dan pengambilan dana. Besar biaya administrasi tertera di tabel harga yang disediakan oleh Bank Mandiri.

7. Mendapatkan Dana Proses Pencairan KUR Mandiri

7. Mendapatkan Dana Proses Pencairan KUR Mandiri

Jika poin-poin di atas sudah dijalankan, langkah terakhir yaitu pelanggan mendapatkan dana yang telah disetujui. Selamat, usaha Anda akan segera terbantu dengan pengakuan KUR Mandiri dari Bank Mandiri.

Tips Agar Pencairan KUR Mandiri Disetujui Oleh Bank

Tips Agar Pencairan KUR Mandiri Disetujui Oleh Bank

Selain sebagai bentuk jawaban atas tuntutan para pelaku UMKM untuk mendapatkan akses yang lebih mudah ke pembiayaan, pemerintah melalui Kementerian Keuangan juga memberikan sejumlah insentif pembiayaan melalui Kredit Usaha Rakyat Mandiri atau disingkat KUR Mandiri. Bagi para pelaku usaha kecil dan menengah, akses terhadap pinjaman ini tentunya menjadi angin segar bagi perkembangan bisnis mereka.

Namun untuk bisa mendapatkan akses dari pembiayaan ini, pemohon harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh bank. Persyaratan tersebut antara lain meliputi legalitas usaha, kemampuan membayar, dan sebagainya. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu pengajuan KUR Mandiri disetujui oleh bank :

  1. Memahami persyaratan yang harus dipenuhi
    Sebelum mengajukan KUR Mandiri, pastikan Anda mengerti persyaratan yang harus dipenuhi dan sesuaikan dengan kondisi usaha yang sedang dijalankan. Sebagai contoh, jika persyaratan yang ditetapkan adalah memiliki legalitas usaha, maka pastikan bahwa usaha yang dijalankan telah memiliki izin yang diperlukan.
  2. Mempersiapkan proposal usaha yang baik
    Setelah memahami persyaratan yang harus dipenuhi, Anda perlu menyiapkan proposal usaha yang baik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Proposal ini berguna untuk meyakinkan pihak bank bahwa bisnis yang dijalankan memang memiliki prospek yang baik, sehingga menyebut tidaknya pinjaman pun menjadi jauh lebih mudah.
  3. Mengisi formulir pengajuan dengan benar
    Setelah meyakinkan bank dengan proposal usaha yang Anda buat, saatnya menghimpun seluruh dokumen yang dibutuhkan dan mengisi formulir pengajuan dengan benar. Pastikan bahwa informasi yang diberikan benar dan sesuai dengan kondisi usaha Anda. Kesalahan pengisian formulir dapat membuat pengajuan Anda ditolak oleh pihak bank.
  4. Membuat rencana penggunaan dana yang jelas
    Selanjutnya, buat rencana penggunaan dana yang jelas dan disertakan dalam proposal usaha. Pastikan bahwa dana yang dipinjam akan digunakan untuk keperluan yang tepat dan memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis.
  5. Meningkatkan kualitas laporan keuangan
    Laporan keuangan menjadi salah satu bahan pertimbangan bank dalam menyetujui pengajuan KUR Mandiri. Oleh karena itu, pastikan bahwa laporan keuangan usaha Anda selalu update dan menunjukkan performa yang baik. Jangan ragu untuk bertanya ke profesional, seperti akuntan, untuk memperbaikinya.
  6. Melakukan review ulang terhadap pengajuan
    Setelah semua persyaratan terpenuhi, lakukan review ulang terhadap pengajuan yang telah diajukan. Pastikan bahwa seluruh persyaratan telah terpenuhi dengan baik dan tidak ada kesalahan pada pengisian formulir. Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa pengajuan benar-benar siap untuk diproses oleh bank.
  7. Menjaga track record yang baik
    Menjaga track record usaha yang baik menjadi hal penting dalam mendapatkan persetujuan KUR Mandiri. Oleh karena itu, selalu pertahankan kepercayaan dari pihak bank dengan cara membayar cicilan atau hutang yang sudah ada tepat waktu dan selesaikan dengan lancar. Hal ini dapat membantu memperkuat posisi dan kredibilitas bisnis di mata bank.
  8. Membuat kesan positif pada saat wawancara
    Terakhir, saat melakukan wawancara dengan pihak bank, pastikan Anda memberikan kesan positif. Tunjukkan bahwa usaha Anda memang layak mendapatkan pembiayaan dan menjawab semua pertanyaan yang ditanyakan dengan baik dan jelas. Kesan positif dan sikap proaktif dapat membuat bank lebih termotivasi untuk menyebutkan pengajuan Anda.

Akhir Kata

Dalam kesimpulan dari Admin Web STKIPMKTB.ac.id, proses pencairan KUR Mandiri adalah solusi yang tepat bagi pengusaha kecil dan menengah. Dengan persyaratan yang mudah dan pengajuan yang cepat, KUR Mandiri dapat memberikan pinjaman yang terjangkau dan membantu pengusaha untuk memperluas usahanya.

Namun, perlu diingat bahwa menggunakan pinjaman harus dilakukan dengan bijak dan sesuai dengan rencana bisnis yang matang. Jangan lupa juga untuk membayar cicilan secara tepat waktu, agar tidak terkena denda atau bahkan pemutusan kontrak. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna dan membantu dalam memutuskan apakah KUR Mandiri adalah pilihan yang tepat untuk bisnis Anda.

Bagikan:

DekorumaShopee