Desain Rumah Minimalis Garasi Samping: Harga & Keuntungan

desain rumah minimalis garasi samping

Desain Rumah Minimalis Garasi Samping – Memang menjadi salah satu tren bangunan dan rumah yang cukup diminati oleh masyarakat modern saat ini. Konsep rumah minimalis dengan garasi samping ini mengutamakan kesederhanaan dan ketepatan fungsionalitas. Desain rumah tersebut dikembangkan khusus untuk mengakomodasi kebutuhan modern masyarakat urban yang memiliki mobilitas tinggi. Rumah dengan garasi samping ini sangat cocok bagi pemilik mobil yang membutuhkan tempat parkir di rumahnya, tapi tidak ingin mengorbankan rumah yang minimalis dan modern.

Sebagai generasi milenial, banyak dari kita yang ingin memiliki rumah di tengah kota namun tetap memiliki desain rumah yang nyaman dan minimalis. Konsep rumah minimalis garasi samping adalah solusi yang tepat untuk mewujudkan impian tersebut. Dengan luas lahan yang minim dan harga tanah yang mahal di pusat kota, rumah dengan garasi samping memungkinkan kita untuk memiliki ruang parkir di rumah tanpa harus memperbesar dimensi rumah. Selain itu, desain minimalis dengan garasi samping juga memberikan kesan modern dan elegan pada rumah sehingga cocok dijadikan sebagai hunian bagi generasi milenial yang ingin tampil beda dan menarik.

Saat ini, perkembangan teknologi memungkinkan kita untuk mendesain rumah secara online dan melihat tampilan 3D dari rumah yang kita inginkan. Ada banyak perusahaan arsitektur yang menawarkan jasa desain rumah minimalis garasi samping dengan harga yang terjangkau. Mereka juga memiliki layanan konsultan untuk membantu kita memilih konsep dan material yang sesuai dengan keinginan dan anggaran yang kita miliki. Dengan begitu, kita bisa memastikan bahwa rumah minimalis dengan garasi samping yang kita huni adalah rumah yang nyaman, modern, dan sesuai dengan keinginan kita.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli atau membangun rumah minimalis garasi samping, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah memperhitungkan lokasi rumah yang akan dibangun. Sebaiknya pilih lokasi yang strategis dan mudah diakses oleh kendaraan umum dan memiliki fasilitas umum yang memadai seperti pasar, rumah sakit, dan sekolah. Kedua, perhatikan ukuran lahan yang tersedia, pastikan rumah dan garasi dapat menyesuaikan dengan ukuran lahan yang dimiliki. Nah, berikut adalah desain rumah garasi samping terbaru saat ini.

Keuntungan Desain Rumah Minimalis Garasi Samping

desain rumah garasi samping

Rumah minimalis dengan garasi samping kini semakin digemari oleh banyak orang. Seperti namanya, desain ini melibatkan sebuah garasi yang berada di samping rumah. Selain memaksimalkan penggunaan lahan, desain rumah minimalis garasi samping juga memiliki keuntungan dan tantangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membangunnya.

Keuntungan dari rumah minimalis garasi samping adalah:

  • Maksimalkan penggunaan lahan
  • Estetika yang menarik
  • Privasi yang terjaga

Saat ini desain rumah minimalis garasi samping tetap menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin memiliki rumah dengan penggunaan lahan yang maksimal dan tampilan yang menarik. Pastikan Anda mempertimbangkan keduanya sebelum memutuskan untuk membangun rumah dengan desain ini.

Ide-Ide Kreatif Untuk Desain Rumah Minimalis Garasi Samping

Desain rumah dengan garasi samping menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin memiliki rumah dengan ukuran yang cenderung kecil namun tetap nyaman dan fungsional. Selain itu, dengan posisi garasi samping, rumah menjadi lebih terlihat luas dan estetis. Agar desain lebih kreatif dan menarik, berikut beberapa ide yang dapat Anda terapkan:

1. Garasi Samping Dengan Tampilan Modern

rumah garasi samping dengan tampilan modern

Jika Anda ingin memberikan tampilan modern pada rumah minimalis garasi samping, pilih material yang sesuai seperti baja ringan atau kayu berkualitas. Pasanglah pintu garasi dengan model yang sederhana namun tetap fungsional agar mudah dioperasikan. Tambahkan aksen lampu minimalis di sekeliling area garasi untuk memberikan kesan elegan pada rumah Anda.

2. Garasi Samping Dengan Taman Kecil

rumah garasi sampimng dengan taman kecil

Anda juga bisa mencoba menyertakan taman kecil di sekitar area garasi samping. Anda dapat menanam beberapa pohon seperti tanaman bunga atau pepohonan mini. Taman kecil ini bisa menjadi pemanis bagi rumah Anda dan juga membuat suasana lebih segar. Selain menambahkan keindahan pada rumah, taman kecil di dekat garasi samping juga dapat memberikan efek perlindungan alami dalam lingkungan rumah.

3. Garasi Samping Yang Benar-benar Fungsional

rumah garasi samping fungsional

Bagi Anda yang mengutamakan fungsionalitas, garasi samping yang dapat dibuka secara otomatis mungkin menjadi opsi yang menyenangkan. Dalam kondisi hujan atau sedang sibuk dengan tangan yang terisi, pintu garasi otomatis akan membantu Anda membuka dan menutup pintu garasi tanpa perlu repot. Anda juga bisa menambahkan ruangan penyimpanan di sekitar area garasi samping agar rumah tetap terlihat rapi dan terorganisir.

4. Garasi Samping Dengan Tampilan Klasik

garasi samping tampilan klasik

Anda juga bisa membuat garasi samping dengan tampilan klasik yang sesuai dengan gaya rumah keseluruhan. Pilihlah material seperti kayu dengan warna netral seperti coklat atau putih, dan kombinasikan dengan lampu hias dan tanaman di sekitar garasi. Tampilan klasik ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai nuansa tradisional dan elegan pada rumah.

Harga Desain Rumah Minimalis Garasi Samping

harga rumah garasi samping

Setelah mengetahui beberapa ide kreatif untuk desain rumah minimalis garasi samping, tentu saja pertanyaan selanjutnya adalah mengenai harga. Harga desain rumah minimalis garasi samping cukup bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti ukuran, material yang digunakan, dan tingkat kesulitan pada proses pembangunan. Namun secara umum, untuk membuat rumah minimalis garasi samping dengan kualitas baik, akan menghabiskan biaya sekitar 200 hingga 300 juta rupiah.

Demikian ide-ide kreatif untuk desain rumah minimalis garasi samping beserta harga yang dapat dijadikan acuan bagi Anda yang sedang merancang rumah. Pastikan Anda memilih ide yang sesuai dengan keinginan, budget, dan gaya rumah keseluruhan agar tampilan rumah jadi lebih indah dan estetis.

Langkah Penting Dalam Merancang Desain Rumah Minimalis Garasi Samping

rumah garasi samping

Rumah minimalis dengan garasi samping saat ini menjadi salah satu kebutuhan dengan tujuan memaksimalkan lahan yang tersedia dan menambah nilai estetika. Namun, merancang desain rumah dengan garasi samping tidak semudah yang dipikirkan. Pemilihan desain, konsep, bahan, dan harga adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dengan matang agar menghasilkan rumah minimalis yang ideal. Berikut ini adalah langkah-langkah penting dalam merancang desain rumah minimalis garasi samping:

1. Tentukan Konsep Desain yang Diinginkan

Tentukan konsep desain rumah minimalis garasi samping yang diinginkan dengan mempertimbangkan gaya hidup, kebutuhan dan anggaran. Ada beberapa gaya desain, mulai dari desain modern, kontemporer, skandinavia, Jepang dan masih banyak lagi yang bisa dipilih.

2. Perhatikan Bentuk Lahan

Perhatikan bentuk lahan yang sudah tersedia agar nantinya desain rumah minimalis garasi samping yang dibuat dapat sesuai dengan lahan. Ukuran lahan yang tidak terlalu besar menjadi tantangan tersendiri. Sebuah desain rumah dengan garasi samping yang baik harus sesuai dengan bentuk tanah agar nantinya tiada celah atau rongga yang tidak berguna.

3. Pertimbangkan Fungsi Garasi dan Akses Mobil

Fungsi garasi menjadi salah satu kebutuhan penting dalam desain rumah minimalis garasi samping. Anda dapat menentukan seberapa besar lahan yang akan digunakan sebagai garasi. Pastikan pula akses mobil menuju garasi terjamin agar mempermudah mobil untuk masuk atau keluar. Perlu juga memperhatikan pintu garasi dengan model yang mudah dan ringan sehingga tidak membuat mobil susah masuk atau keluar.

4. Pilih Bahan yang Sesuai dengan Konsep dan Anggaran

Pilihlah bahan yang sesuai dengan konsep desain dan anggaran. Jangan sampai konsep desain rumah minimalis garasi samping tertunda karena kurangnya bahan material yang sesuai. Salah satu bahan yang sering digunakan dalam rumah minimalis adalah batu bata atau batako. Selain itu juga dapat menggunakan kayu, beton, baja ringan dan masih banyak lagi.

5. Perhitungan Harga yang Tepat

Terakhir, hitunglah harga secara detil agar tidak melebihi anggaran. Tentukan budget sesuai dengan konsep rumah yang diinginkan dan pastikan tidak melebihi dana yang ada. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam menghitung harga desain rumah minimalis dengan garasi samping adalah bahan material, tukang, biaya arsitek dan ornamen-ornamen di dalam rumah yang akan mempengaruhi secara signifikan mengenai harga.

Demikian langkah-langkah penting dalam merancang desain rumah minimalis garasi samping. Untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal, pastikan desain, konsep, bentuk lahan, fungsi garasi, bahan, dan harga telah dipertimbangkan dengan matang sehingga menghasilkan hasil rumah minimalis yang indah, nyaman dan berfungsi secara optimal.

Cara Memadukan Desain Garasi Samping Modern Dengan Gaya Rumah Klasik?

desain rumah dengan garasi samping

Jika Anda memiliki sebuah rumah klasik namun ingin menggabungkannya dengan desain garasi samping yang modern, hal tersebut bisa menjadi suatu hal yang menantang. Memadukan dua gaya yang berbeda bisa membuat rumah terlihat tak seimbang dan buruk dipandang. Namun, dengan melakukan beberapa pertimbangan, Anda bisa membuat desain yang bisa membuat garasi samping terlihat modern dan cantik meski dipasangkan dengan rumah klasik.

Berikut adalah beberapa tips untuk memadukan desain garasi samping yang modern dengan gaya rumah klasik:

1. Pilih warna yang sesuai

Warna rumah klasik biasanya didominasi oleh warna-warna netral seperti putih, abu-abu atau cokelat tua. Jika ingin memadukan dengan desain garasi samping yang modern, pilih warna-warna netral yang serasi dengan warna rumah klasik. Gunakan warna-warna cerah sebagai aksen untuk menampilkan kesan modern.

2. Pilih bahan yang sesuai

Rumah klasik biasanya dibangun dengan bahan batu bata, kayu atau keramik. Desain garasi samping yang modern biasanya menggunakan bahan beton atau kaca. Pilih bahan yang sesuai agar tetap terlihat proporsional. Misalnya, jika rumah menggunakan bahan kayu, cobalah untuk menggunakan kayu sebagai bahan untuk garasi samping atau menggunakan bahan beton yang dicat agar terlihat seperti kayu.

3. Tetapkan bentuk yang tepat

Pertimbangkan bentuk dari garasi samping agar tetap sejajar dengan rumah klasik Anda. Cobalah untuk mempertahankan garis lengkung atau kotak-kotak yang terdapat pada rumah klasik di dalam desain garasi samping yang modern Anda.

4. Pertimbangkan lampu yang digunakan

Lampu yang digunakan di dalam desain garasi samping juga bisa mempengaruhi suasana rumah klasik Anda. Jangan gunakan lampu neon terang dan berwarna-warni, gunakan lampu yang memiliki warna lebih netral untuk memberikan sentuhan modern pada desain garasi samping Anda.

5. Tentukan pilihan pagar yang tepat

Pagar juga merupakan bagian penting dalam desain garasi samping yang modern dan sesuai dengan gaya rumah klasik. Pilihlah pagar yang memiliki bentuk dan warna yang serasi dengan warna rumah klasik. Pagar klasik yang dipadukan dengan garasi samping modern bisa memberikan sentuhan elegan pada tampilan eksterior rumah Anda.

6. Jangan terlalu berlebihan

Pastikan Anda tidak memadukan terlalu banyak elemen modern dalam desain garasi samping agar gaya rumah klasik tidak hilang. Cobalah untuk mempertahankan elemen klasik dengan menonjolkan bagian pintu utama atau jendela klasik yang merupakan fitur penting dari rumah klasik Anda.

Dengan mempertimbangkan semua hal tersebut, Anda bisa mendapatkan desain garasi samping yang modern dan elegan meski dipadukan dengan rumah klasik. Sebagai informasi, harga desain rumah minimalis garasi samping bervariasi tergantung pada ukuran dan bahan yang digunakan. Untuk ukuran garasi minimalis dengan bahan kayu atau baja ringan dibandrol dengan harga sekitar Rp 15 juta hingga Rp 20 juta tergantung pada spesifikasi tambahan. Namun, jika Anda menginginkan garasi dengan bahan beton atau menggunakan material khusus yang lebih berkesan mewah, harganya bisa mencapai Rp 30 juta hingga Rp 50 juta.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, desain rumah minimalis dengan garasi samping adalah solusi yang sangat tepat bagi Anda yang menginginkan kepraktisan sekaligus keindahan dalam rumah hunian. Dengan menerapkan desain rumah minimalis garasi samping, maka Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan, yaitu efisiensi lahan, jalan masuk yang mudah, serta tampilan yang modern dan menawan.

Meskipun begitu, dalam merancang desain rumah minimalis garasi samping, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti ukuran lahan, pola ruang yang tepat, serta pemilihan material yang tepat. Dengan memperhatikan semua hal tersebut, maka Anda bisa mendapatkan hasil desain rumah minimalis garasi samping yang maksimal dan memuaskan.

Oleh karena itu, jika sobat stkipmktb ingin memiliki rumah dengan desain minimalis yang modern dan efisien, maka pilihan terbaiknya adalah desain rumah minimalis garasi samping. Selain praktis, desain ini juga membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik dan elegan. Demikian informasi yang dapat kami sampikan, semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda dalam merancang desain rumah minimalis garasi samping yang sempurna.

Bagikan: