Desain Rumah Garasi Bawah Yang Unik dan Menarik

desain rumah garasi bawah

Desain Rumah Garasi Bawah – Rumah garasi bawah menjadi pilihan yang populer bagi mereka yang ingin memaksimalkan ruang hidup di lahan yang terbatas. Konsep rumah garasi bawah menggabungkan fungsi dua ruangan yang biasanya terpisah, yaitu ruang parkir dan ruang tinggal. Kini, desain rumah garasi bawah menjadi semakin diminati di Indonesia.

Sebuah rumah garasi bawah memungkinkan pemilik rumah untuk menyimpan kendaraan mereka dengan aman dan nyaman dalam ruang terpisah yang terletak di bawah bagian utama rumah. Konsep ini memungkinkan pemilik rumah untuk menghemat ruang tanah dan memaksimalkan penggunaan lahan. Selain itu, pemilik rumah juga bisa membuat sebuah bangunan dengan desain rumah ukuran 10×10 meter.

Desain rumah garasi bawah biasanya melibatkan penerapan konsep arsitektur modern yang fungsional dan elegan. Tampilan depan rumah sering kali didesain dengan gaya minimalis yang simpel dan rapi, dengan atap datar atau mengikuti garis bangunan. Bagian garasi sendiri biasanya diakses melalui pintu geser yang terletak di samping rumah.

Keuntungan lain dari rumah garasi bawah adalah keamanan. Rumah ini dirancang untuk melindungi kendaraan dan barang-barang berharga pemilik rumah dari cuaca buruk dan pencurian. Pemilik rumah dapat merasa lebih tenang ketika menyimpan kendaraan mereka di dalam ruangan yang aman dan terkunci. Nah, berikut adalah beberapa model desain rumah garasi bawah terbaik.

Kelebihan Desain Rumah Garasi Bawah

kelebihan rumah garasi bawah

Desain rumah garasi bawah menjadi pilihan banyak orang karena memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh rumah dengan desain biasa. Desain rumah garasi bawah memiliki daya tarik tersendiri karena dilengkapi dengan area parkir yang aman dan nyaman untuk kendaraan pribadi.

1. Penyimpanan Kendaraan yang Aman dan Nyaman

Desain rumah garasi bawah memungkinkan pemilik kendaraan untuk menyimpan kendaraan mereka dengan aman dan nyaman. Rancangan ini memberikan keamanan tambahan kepada pemilik rumah karena kejahatan yang berkaitan dengan kendaraan menjadi semakin sering terjadi. Belum lagi bila di daerah pemukiman padat seperti perkotaan, kesulitan mencari parkir menjadi masalah yang sangat dapat menguras waktu dan tenaga.

2. Ruang yang Lebih Luas

Desain rumah garasi bawah dianggap lebih luas dibandingkan dengan desain rumah lainnya yang hanya memiliki ruang terbatas. Area garasi dapat dimanfaatkan sebagai ruang tambahan yang dapat dijadikan gudang, tempat penyimpanan, atau bahkan area dapur tambahan. Dengan garasi yang lebih luas, pemilik rumah juga dapat memilih untuk mengubahnya menjadi ruangan yang dapat digunakan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga dan teman.

3. Tipe Rumah yang Menarik

Rumah garasi bawah memiliki tipe rumah yang menarik dan modis. Desain rumah garasi bawah dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pemilik rumah. Desain yang kreatif dan modern pada rumah tersebut akan menarik perhatian setiap orang yang melintas. Dengan ini, pemilik rumah akan mendapatkan kepuasan tersendiri dengan memiliki rumah yang menarik perhatian.

4. Harga yang Terjangkau

Desain rumah garasi bawah dapat ditemukan dengan harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan harga rumah dengan desain yang lebih canggih. Harga yang ditawarkan tergantung pada jenis rumah garasi bawah yang dipilih oleh pemilik rumah. Harga per meter persegi untuk rumah minimalis berkisar antara Rp 10 juta – Rp 30 juta, sedangkan harga per meter persegi untuk rumah modern berkisar antara Rp 15 juta – Rp 40 juta.

Dengan kelebihan yang dimiliki oleh desain rumah garasi bawah, rumah dengan desain yang unik ini menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang mencari rumah dengan harga terjangkau dan tetap memiliki keamanan serta kenyamanan yang lebih baik.

Pertimbangan Penting Saat Membangun Rumah Garasi Bawah

pertimbangan rumah garasi bawah

Jika Anda memiliki mobil dan tidak cukup ruang untuk parkir di halaman rumah, solusi terbaik adalah membangun rumah garasi bawah tanah. Selain menyediakan ruang parkir yang aman, rumah garasi bawah dapat menjadi tempat penyimpanan yang ideal untuk peralatan dan barang-barang berharga lainnya.

Namun, sebelum memutuskan untuk membangun rumah garasi bawah, ada beberapa pertimbangan penting yang harus diambil. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat merencanakan pembangunan rumah garasi bawah.

1. Lokasi yang Tepat

Lokasi yang tepat merupakan faktor penting dalam membangun rumah garasi bawah. Pastikan lokasi yang dipilih memungkinkan akses mudah ke jalan utama dan terlindungi dari banjir.

Anda juga harus memastikan bahwa tanah yang dipilih cukup kuat untuk mendukung beban rumah garasi bawah. Oleh karena itu, sebelum memulai proyek, lakukanlah pengeboran uji dan analisis tanah untuk mengetahui kekuatan tanah.

2. Ukuran dan Desain

Ukuran dan desain rumah garasi bawah harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pastikan rumah garasi bawah cukup besar untuk menampung mobil dan barang-barang lainnya.

Desain rumah garasi bawah yang baik akan memungkinkan sirkulasi udara yang optimal dan pencahayaan yang baik. Pastikan Anda mempertimbangkan pilihan pencahayaan yang sesuai seperti lampu LED, yang dapat menghemat biaya listrik.

3. Biaya dan Anggaran

Biaya membangun rumah garasi bawah, terutama jika dibangun di bawah tanah, dapat menjadi mahal. Pastikan Anda mempertimbangkan anggaran secara menyeluruh dan mencari beberapa penawaran dari kontraktor bangunan yang berbeda.

Ambil waktu untuk mengunjungi lokasi proyek dan memeriksa layanan yang telah dikerjakan oleh kontraktor bangunan yang berbeda sebelum memilih yang tepat. Pastikan untuk bertanya tentang biaya tambahan dan perjanjian kontrak sebelum menandatanganinya.

4. Perijinan

Sebelum memulai proyek, pastikan bahwa Anda memperoleh izin dan perijinan yang diperlukan dari pihak otoritas setempat. Perijinan ini dapat mencakup izin lingkungan, izin konstruksi, dan izin pemanfaatan lahan.

Jangan sampai kehilangan waktu dan uang hanya karena tidak memperoleh perijinan yang tepat, karena pihak berwenang mungkin akan memerintahkan Anda untuk menghentikan proyek jika tidak memperoleh izin yang diperlukan.

5. Perencanaan dan Konstruksi

Setelah semua pertimbangan dilakukan dan perijinan diperoleh, mulailah mempersiapkan konstruksi rumah garasi bawah. Pastikan untuk memilih kontraktor bangunan yang memiliki pengalaman dalam membangun rumah garasi bawah dan evaluasikan proyek secara berkala untuk melihat apakah mereka sesuai dengan rencana.

Gunakan bahan bangunan yang berkualitas untuk memastikan rumah garasi bawah awet dan tahan lama. Jangan lupa untuk membicarakan jadwal penyelesaian dengan kontraktor bangunan dan pastikan semua pekerjaan selesai sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Daftar Harga Untuk Membangun Rumah Garasi Bawah

harga rumah garasi bawah

Berikut adalah tabel daftar harga untuk membangun rumah garasi bawah yang dapat digunakan sebagai referensi:

1. Biaya Bahan Bangunan (Material)

Bahan BangunanHarga (Rp/m2)
Batubata250.000 – 350.000
Besi Beton9.500 – 12.000
Pasir100.000 – 150.000
Semen50.000 – 70.000
Keramik150.000 – 300.000

2. Biaya untuk Konstruksi (Tenaga Kerja)

Jenis PekerjaanHarga (Rp/m2)
Persiapan Tanah500.000 – 1.000.000
Struktur Bangunan3.000.000 – 4.500.000
Pemasangan Keramik250.000 – 350.000
Pengamplasan dan Pengecatan150.000 – 200.000
Cat Lapis Akhir100.000 – 150.000

Jangan lupa untuk menambahkan biaya tambahan seperti biaya perizinan dan biaya desain.

Dalam membangun rumah garasi bawah, pertimbangan yang matang sangatlah penting. Pastikan Anda telah memperhitungkan semua aspek agar proyek ini dapat berhasil sesuai dengan harapan Anda.

Desain Rumah Garasi Bawah Untuk Lahan Terbatas

garasi bawah

Desain rumah garasi bawah saat ini sedang menjadi tren di Indonesia. Terlebih untuk yang memiliki lahan terbatas. Konsep rumah garasi bawah memungkinkan pemilik rumah untuk memanfaatkan ruang secara maksimal dan menghemat lahan. Rumah garasi bawah adalah sebuah konsep rumah dengan garasi yang berada di bawah tanah dan akses masuknya berada di samping rumah. Konsep ini sangat cocok untuk kawasan dengan lahan yang terbatas, seperti perkotaan dan pinggiran kota.

Ada banyak tipe desain rumah garasi bawah untuk lahan terbatas yang dapat dipilih. Misalnya desain rumah minimalis modern, desain rumah Mediterrania, desain rumah klasik, dan masih banyak lainnya. Namun, sebelum memilih desain rumah garasi bawah idealnya Anda menghitung terlebih dahulu biaya pembangunan rumah garasi bawah

Dalam membangun rumah garasi bawah tentunya ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan, misalnya biaya perizinan, biaya penggalian, serta biaya pembuatan ventilasi dan pipa. Namun, jika Anda memilih membangun rumah garasi bawah maka akan lebih menguntungkan karena dapat memaksimalkan lahan, mengoptimalkan pencahayaan, dan memberikan keamanan dan privasi yang lebih.

Desain rumah garasi bawah untuk lahan terbatas juga dapat dibuat sesuai dengan selera pemilik. Anda bisa menambahkan hal-hal yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Misalnya menambahkan ruangan multi-fungsi yang bisa digunakan sebagai ruang keluarga, ruang kerja, atau bahkan kamar penginapan tamu.

Dalam membangun sebuah rumah garasi bawah, pemilihan material bangunan juga sangat penting. Memilih material yang kuat dan tahan lama, sekaligus memperhatikan faktor estetika. Material yang direkomendasikan untuk membangun rumah garasi bawah antara lain beton cor, bata exposed, dan kayu. Warna-warna netral seperti putih adalah pilihan yang tepat.

Memilih konsep rumah dengan garasi bawah memang tampak menarik dan memiliki banyak manfaat. Namun, perlu dipertimbangkan juga kekurangan yang dimilikinya. Salah satu kekurangan dari rumah garasi bawah adalah biaya pembangunan yang lebih mahal dibanding konsep rumah biasa. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan aspek keamanan rumah garasi bawah terutama bagian akses dan ventilasi.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai desain rumah garasi bawah untuk lahan terbatas. Selain menghemat lahan, konsep rumah garasi bawah juga dapat memberi kesan modern dan berbeda dari konsep rumah biasa. Namun, sebelum memilih konsep ini, pastikan Anda telah mempertimbangkan segala hal yang diperlukan dan memperhatikan aspek keamanan rumah.

Tips Agar Rumah Garasi Bawah Tetap Terang dan Berventilasi Baik

tips agar rumah garasi bawah tetap terang

Jika Anda mempertimbangkan untuk membangun rumah dengan garasi bawah, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar rumah tetap terang dan berventilasi baik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk merancang rumah garasi bawah yang ideal.

1. Membuat Teras di Depan Rumah

Tips pertama adalah membuat teras di depan rumah. Teras dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara dan mendapatkan cahaya yang cukup di dalam rumah. Dengan memiliki teras di depan rumah, Anda dapat memaksimalkan fungsi ventilasi alami sehingga rumah tetap sejuk dan udara di dalam rumah tetap bersih. Selain itu, teras juga dapat berfungsi sebagai tempat yang nyaman untuk bersantai dengan keluarga atau teman-teman Anda.

2. Membuat Garasi yang Terbuka

Selanjutnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat garasi yang terbuka. Garasi yang terbuka dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara di dalam rumah sehingga udara di dalam rumah tetap sejuk dan bersih. Selain itu, garasi yang terbuka juga dapat membantu memaksimalkan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Namun, pastikan Anda mempertimbangkan keamanan ketika memilih untuk membuat garasi yang terbuka.

3. Membuat Ruang Bersama yang Luas

Tips selanjutnya adalah membuat ruang bersama yang luas. Ruang bersama yang luas dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara dan mendapatkan cahaya yang cukup di dalam rumah. Dengan memiliki ruang bersama yang luas, Anda dapat memaksimalkan fungsi ventilasi alami sehingga rumah tetap sejuk dan udara di dalam rumah tetap bersih. Selain itu, ruang bersama yang luas juga dapat berfungsi sebagai tempat yang nyaman untuk berkumpul dengan keluarga atau teman-teman Anda.

4. Memilih Pintu atau Jendela yang Besar

Terakhir, Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih pintu atau jendela yang besar. Pintu atau jendela yang besar dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara dan mendapatkan cahaya yang cukup di dalam rumah. Dengan memiliki pintu atau jendela yang besar, Anda dapat memaksimalkan fungsi ventilasi alami sehingga rumah tetap sejuk dan udara di dalam rumah tetap bersih. Selain itu, pintu atau jendela yang besar juga dapat memberikan tampilan rumah yang menarik.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat merancang rumah garasi bawah yang ideal. Selain mempertimbangkan faktor-faktor di atas, pastikan Anda juga memilih bahan bangunan yang berkualitas dan mengikuti desain yang aman dan fungsional.

Cara Merawat Rumah Garasi Bawah Agar Tidak Lembab dan Berjamur

cara merawat rumah garasi bawah

Jika Anda memiliki rumah garasi bawah, yang merupakan desain yang sangat populer di kalangan pemilik properti perkotaan, maka Anda mungkin sudah mengetahui bahwa kelembaban yang tinggi dan masalah timbul dari berjamurnya dinding dan lantai rumah garasi bawah, yang dapat merusak properti Anda serta kesehatan Anda dan keluarga. Untuk itu, anda harus merawat rumah garasi bawah dengan baik agar tetap kering dan terhindar dari masalah jamur yang memicu penyakit.

1. Menghindari Kondisi Basah

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka pintu garasi agar udara segar masuk ke dalam rumah dan kelembaban dalam ruangan dapat dikeluarkan. Selain itu, Anda juga harus memeriksa sumber kelembaban yang ada di dalam rumah garasi bawah Anda.

2. Berikan Ventilasi yang Memadai

Penting untuk menginstal ventilasi yang memadai pada rumah garasi bawah untuk menghindari kelembaban yang berlebihan. Ventilasi akan membantu mengalirkan udara di dalam rumah dan mengeluarkan kelembapan ke luar rumah dengan cepat.

3. Jangan Biarkan Air Terdapat pada Lantai Garasi

Setelah selesai mencuci mobil atau motor, jangan biarkan air menumpuk pada lantai garasi. Pastikan Anda mengelap air dengan kain atau lap kering.

4. Cuci Peralatan Sebelum Disimpan

Pastikan perlengkapan garasi Anda, seperti plantpot, ember, sapu, dan lainnya, dibersihkan sebelum mereka disimpan pada rak penyimpanan. Ini sangat penting untuk mencegah jamur tumbuh di sekitar perlengkapan yang kotor atau basah.

5. Gunakan Bahan yang Berperan dalam Mengontrol Kelembaban

Bahan yang berperan dalam mengontrol kelembaban juga merupakan pilihan yang baik untuk menjaga rumah garasi bawah tetap kering dan terhindar dari jamur. Anda dapat menggunakan bahan seperti bahan pengontrol kelembaban dan pengering udara yang akan mengurangi tingkat kelembapan di dalam udara dan menghindari proses pembentukan jamur.

6. Pastikan Garasi Bawah Dapat Menerima Pencahayaan Secara Alami

Pencahayaan alami akan membantu membasahi dinding dan lantai rumah garage bawah. Lakukan pembersihan dengan deterjen dan air, jika diperlukan, setiap dua minggu sekali. Rajin-rajinlah membersihkan dan memeriksa dampak kelembaban serta jamur agar tidak menimbulkan masalah kesehatan dan kerusakan di rumah garasi bawah Anda.

Dengan mengetahui cara merawat rumah garasi bawah agar tidak lembab dan berjamur dan melakukan perawatan rutin, Anda dapat menikmati rumah garasi bawah sesuai dengan fungsi awalnya, yaitu sebagai tempat untuk menyimpan mobil dan kendaraan bermotor Anda.

Model Desain Rumah Garasi Bawah Dengan Bahan Bangunan Ramah Lingkungan

Desain rumah garasi bawah memang terbilang unik dan jarang ditemukan di Indonesia. Namun, beberapa daerah sudah mulai menerapkan konsep ini sebagai solusi atas keterbatasan lahan yang tersedia. Desain rumah garasi bawah dengan menggunakan bahan bangunan ramah lingkungan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Berikut ini adalah beberapa model desain rumah garasi bawah dengan bahan bangunan ramah lingkungan:

Model 1: Konsep Minimalis dengan Bahan Bangunan Ramah Lingkungan

model 1

Desain rumah garasi bawah minimalis memadukan kepraktisan dan estetika. Konsep minimalis ini memberikan kesan simpel dan modern. Salah satu bahan bangunan yang cocok untuk desain rumah garasi bawah minimalis adalah bambu laminasi. Bambu laminasi memiliki kekuatan yang sama dengan kayu keras. Namun, pemilihan bambu laminasi juga harus mempertimbangkan aspek keamanan bangunan. Harga dari desain rumah garasi bawah minimalis dengan menggunakan bambu laminasi berkisar antara 100-200 juta rupiah.

Model 2: Konsep Eko-Friendly dengan Bahan Bangunan Terbaru

model 2

Konsep eko-friendly dalam desain rumah garasi bawah mempertimbangkan aspek lingkungan dalam pemilihan bahan bangunan. Beberapa bahan bangunan ramah lingkungan yang cocok untuk konsep ini antara lain eco-brick dan bio-steel. Eco-brick adalah bahan bangunan yang dibuat dari limbah plastik dengan proses daur ulang. Bio-steel adalah bahan bangunan berupa baja ringan dan dijamin 100% bebas korosi. Harga dari desain rumah garasi bawah dengan konsep eko-friendly berkisar antara 200-300 juta rupiah.

Model 3: Konsep Industrial dengan Bahan Bangunan Bekas

model 3

Konsep industrial dalam desain rumah garasi bawah memadukan elemen dekorasi dari bahan bangunan bekas seperti kayu bekas, pintu bekas, dan genteng bekas. Desain ini memberikan kesan unik dan berbeda dengan desain rumah garasi bawah kebanyakan. Selain itu, upaya penggunaan bahan bekas juga dapat mengurangi limbah bangunan. Harga dari desain rumah garasi bawah dengan konsep industrial berkisar antara 250-350 juta rupiah.

Model 4: Konsep Jepang dengan Bahan Bangunan Tradisional

model 4

Konsep Jepang dalam desain rumah garasi bawah memberikan kesan natural dan berdampingan dengan alam. Penggunaan bahan bangunan tradisional seperti kayu dan batu alam menjadi ciri khas desain ini. Selain itu, desain rumah garasi bawah dengan konsep Jepang juga mempertimbangkan sirkulasi udara alami dan pencahayaan yang cukup. Harga dari desain rumah garasi bawah dengan konsep Jepang berkisar antara 300-400 juta rupiah.

Model 5: Konsep Modern dengan Bahan Bangunan Inovatif

model 5

Konsep modern dalam desain rumah garasi bawah menawarkan kepraktisan dan efisiensi dalam penggunaan lahan. Bahan bangunan inovatif seperti sandwich panel dapat menjadi solusi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan luas lahan yang minim. Sandwich panel terdiri dari dua lapisan dengan inti berupa bahan isolasi. Bahan isolasi ini dapat mempertahankan suhu ruangan sehingga tidak perlu AC. Harga dari desain rumah garasi bawah dengan konsep modern berkisar antara 400-500 juta rupiah.

Kesimpulan

Dari beberapa model desain rumah garasi bawah dengan bahan bangunan ramah lingkungan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa kebutuhan akan hunian yang ramah lingkungan semakin meningkat. Penerapan desain rumah garasi bawah dapat menjadi solusi bagi orang yang memiliki keterbatasan lahan. Selain itu, penggunaan bahan bangunan ramah lingkungan juga dapat menjadi langkah nyata untuk menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

Dalam kesimpulannya, desain rumah garasi bawah menjadi solusi yang tepat untuk memanfaatkan lahan yang terbatas. Dengan memanfaatkan ruang bawah tanah untuk membangun garasi, maka ruang di atasnya dapat dimaksimalkan untuk membangun rumah yang lebih luas dan nyaman. Desain ini juga menghasilkan tampilan rumah yang modern, elegan, dan unik.

Namun, perlu diingat bahwa pembangunan rumah garasi bawah ini memerlukan persiapan dan perencanaan yang matang. Jangan lupa untuk menghitung anggaran, memperhatikan perizinan, dan memilih kontraktor yang berkualitas agar pembangunan berjalan lancar dan sesuai dengan harapan.

Selain itu, perawatan dan pengamanan rumah garasi bawah juga harus diperhatikan. Anda perlu memastikan bahwa ventilasi udara dan pencahayaan di dalam garasi cukup baik, serta memasang sistem keamanan yang efektif untuk menjaga kendaraan dan barang berharga Anda.

Dengan mempertimbangkan semua hal tersebut, desain rumah garasi bawah dapat menjadi opsi yang menarik dan efektif bagi sobat stkipmktb yang ingin membangun rumah di lahan terbatas. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi inspirasi dalam merencanakan desain rumah yang tepat untuk Anda.

Bagikan: