Cara Menggabungkan Video dan Audio dan di Kinemaster, Mudah!!

Cara Menggabungkan Video dan Audio dan di Kinemaster

Cara Menggabungkan Video dan Audio dan di Kinemaster – Teknologi video editing semakin berkembang dan memudahkan pengguna dalam mengedit video. Salah satu aplikasi editing video yang populer adalah Kinemaster. Dalam mengedit video, seringkali kita ingin menambahkan audio ke dalam video yang sudah jadi. Tidak perlu khawatir, karena di Kinemaster kamu bisa menggabungkan video dan audio dengan mudah.

Terdapat beberapa cara untuk menambahkan audio ke dalam video di Kinemaster. Salah satunya adalah dengan men-download audio dari aplikasi musik atau website, lalu memasukkan ke dalam Kinemaster. Kamu juga bisa merekam suara langsung dari sumber suara, seperti mikrofon. Tetapi, jika kamu masih bingung dalam mencari audio yang sesuai dengan video kamu, Kinemaster menyediakan berbagai pilihan audio yang bisa kamu gunakan.

Selain menambahkan audio, Kamu juga bisa menyesuaikan volume audio pada Kinemaster. Hal ini penting agar audio tidak terlalu dominan dan mengganggu video. Sebaliknya, jika audio terlalu kecil, kamu akan kesulitan mendengar suara yang diinginkan pada video. Dalam mengedit audio, kamu juga bisa memotong, menggabungkan, dan Menghapus Audio di Kinemaster.

Dengan Kinemaster, menggabungkan video dan audio menjadi semakin mudah. Kamu bisa bereksplorasi dan mencoba berbagai fungsi editing video pada aplikasi ini. Buat kalian yang masih awam dengan aplikasi yang satu ini,berikut stkipmktb.ac.id telah merangkum bagai mana Cara Menggabungkan Video dan Audio dan di Kinemaster.

Mengenal Kinemaster Sebagai Aplikasi Video Editing

Mengenal Kinemaster Sebagai Aplikasi Video Editing

Kinemaster adalah aplikasi video editing berbasis mobile yang memungkinkan pengguna untuk membuat video dengan berbagai macam fitur editting. Kinemaster sendiri memiliki beberapa versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar.

Beberapa fitur yang tersedia pada Kinemaster antara lain trimming dan splitting, voice recording, tampilan multiple layer, kontrol volume, efek transisi, hingga pengaturan warna yang lengkap.

Menggunakan Kinemaster, pengguna dapat mengedit video dengan hasil yang cukup baik dan memuaskan. Baik itu untuk video blog, konten kreatif di media sosial, hingga dokumentasi acara-acara penting.

Untuk versi gratis, Kinemaster menyediakan beberapa fitur editing yang mungkin sudah cukup untuk pengguna biasa. Namun, bagi pengguna yang menginginkan lebih banyak fitur, Kinemaster juga memiliki versi berbayar dengan harga yang relatif terjangkau dan murah.

Langkah-Langkah Menggabungkan Video dan Audio di Kinemaster

Langkah Langkah Menggabungkan Video dan Audio di Kinemaster

Setelah mengunduh Kinemaster, silahkan buka aplikasi dan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buat proyek baru dengan mengklik + di pojok kiri atas
  • Tambahkan video yang ingin digabungkan dengan memilih Add Media
  • Pilih video dari galeri Anda dan seret video ke timeline
  • Tambahkan audio dengan menyentuh Audio di bagian bawah layar
  • Pilih opsi Tambah Audio dan pilih audio yang ingin digunakan untuk ditambahkan ke video.
  • Seret audio ke dalam timeline
  • Anda dapat mengatur volume video dan audio untuk menyesuaikan kebutuhan Anda
  • Anda juga dapat menambahkan efek suara atau musik tambahan menggunakan opsi Sound Effects
  • Setelah selesai, ekspor video Anda dengan mengklik Export di bagian bawah kanan layar

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, Anda dapat menggabungkan video dan audio dengan mudah di Kinemaster. Selamat mencoba!

Cara Menambahkan Audio ke Timeline Kinemaster

Jika Anda ingin membuat video Anda lebih menarik dengan menambahkan musik atau suara latar, Kinemaster memungkinkan Anda untuk melakukannya dengan mudah. Berikut adalah cara menambahkan audio ke timeline Kinemaster:

  • Buka aplikasi Kinemaster dan buat proyek Anda
  • Ketuk ikon “Layer” di bagian bawah layar lalu pilih “Audio”
  • Anda akan melihat halaman ‘Music’, Di sini, Anda dapat memilih Audio dari “Asset Store”, “Kinemaster Music” atau dari pustaka pribadi Anda. Pilih konten yang Anda inginkan dan menambahkannya ke timeline proyek.
  • Jika Anda ingin menggunakan audio langsung dari perangkat Anda, pilih “Import Ulang” dari “Audio” dan pilih file yang ingin Anda tambahkan. Setelah itu, Anda dapat menambahkannya ke timeline seperti biasa.

Anda juga dapat mengedit audio Anda setelah menambahkannya ke timeline seperti menambahkan efek suara spesial. Ada beberapa efek dalam Kinemaster yang dapat Anda gunakan pada audio, seperti “Echo”, “Bass Booster”, “Volume envelope”, dan lain sebagainya.

Menyesuaikan Durasi Video dan Audio di Kinemaster

Salah satu fitur yang paling penting dalam mengedit video adalah menyinkronkan video dan audio. Dalam Kinemaster, Anda bisa menggabungkan file video dan audio dengan sangat mudah. Namun, terkadang durasi video dan audio tidak selalu sama sehingga Anda perlu menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menyesuaikan durasi video dan audio di Kinemaster.

1. Impor Video dan Audio ke Kinemaster

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengimpor file video dan audio ke dalam Kinemaster. Klik tombol “Impor” di bawah layar dan pilih file video dan audio yang ingin Anda gabungkan. Atau Anda juga bisa mengambil file dari folder ponsel Anda.

2. Letakkan Video dan Audio pada Timeline

Setelah file video dan audio sudah diimpor, letakkan mana video dan audio pada timeline. Pada tampilan timeline, Anda akan melihat dua baris, one for video and one for audio. Video timeline bar berada di atas, sedangkan timeline audio berada di bawah. Jika video dan audio terpisah, drag file audio dan letakkan di sisi bawah timeline dengan tepat.

3. Atur Durasi Video dan Audio

Jika durasi video dan audio tidak sama, ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menyesuaikannya. Pertama, Anda dapat memotong video atau audio. Cari tepat waktu video atau audio yang ingin Anda potong dan klik pada tombol “Potong”. Garis vertikal akan muncul di mana video atau audio akan dipotong. Setelah dipotong, drag sisa video atau audio dan letakkan di posisi yang benar di timeline. Kedua, Anda dapat menambahkan efek ‘Speed’ pada video atau audio. Dengan menambah atau mengurangi kecepatan, durasi video atau audio akan berubah. Klik video atau audio yang ingin Anda ubah dan pilih tombol ‘Speed’. Geser pengungkit berwarna hijau untuk menambah kecepatan, atau geser ke nilai yang lebih kecil untuk mengurangi kecepatan. Anda juga dapat memutar video atau audio terbalik hingga durasi sesuai.

Simpan dan Eksport Video

Setelah Anda selesai menyesuaikan durasi video dan audio, jangan lupa untuk menyimpan dan mengekspor video. Klik tombol “Simpan” di bagian atas layar dan tunggu hingga video selesai disimpan dan eksport.

Summary

Menyesuaikan durasi video dan audio di Kinemaster adalah sebuah hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengimpor file ke dalam software, meletakkan file pada timeline, dan lakukan penyesuaian yang diperlukan. Dengan cara ini, Anda dapat menghasilkan video yang sesuai dengan ekspektasi Anda.

Menyesuaikan Volume Audio pada Kinemaster

Setelah menggabungkan video dan audio pada Kinemaster, tahapan selanjutnya adalah menyesuaikan volume audio agar tidak terlalu kencang atau terlalu pelan. Kinemaster memudahkan pengguna untuk melakukan penyesuaian volume dengan mudah. Berikut ini adalah cara menyesuaikan volume audio pada Kinemaster:

  • Buka Kinemaster dan pilih proyek yang ingin diatur volumenya.
  • Pilih “Audio” di bagian bawah layar.
  • Cari file audio yang ingin diatur volume nya dan klik pada audio tersebut.
  • Akan muncul pengaturan volume. Ada dua pilihan untuk mengatur volume audio, yaitu “Master/Overall” dan “Track/Clip”. “Master/Overall” digunakan untuk mengatur volume secara keseluruhan sedangkan “Track/Clip” digunakan untuk mengatur volume pada masing-masing klip.
  • Untuk mengatur volume secara keseluruhan, pilih “Master/Overall” dan geser slider ke kiri atau ke kanan untuk menyesuaikan volumenya.
  • Untuk mengatur volume pada masing-masing klip, pilih “Track/Clip” dan klik pada klip audio yang ingin diatur volumenya. Geser slider ke kiri atau ke kanan untuk menyesuaikan volumenya. Lakukan hal yang sama pada klip audio berikutnya jika ingin mengatur volumenya.
  • Jika sudah selesai, tekan tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan.

Dalam melakukan penyesuaian volume audio pada Kinemaster, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan volume audio tidak terlalu kencang atau terlalu pelan agar kualitas suara tetap terjaga. Kedua, jika ingin mempercantik video secara keseluruhan, jangan hanya fokus pada volume audio, tetapi juga perhatikan aspek lainnya seperti visual dan efek suara.

Mengekspor Video Hasil Penggabungan di Kinemaster

Mengekspor Video Hasil Penggabungan di Kinemaster

Saat mengedit sebuah video, menggabungkan audio dengan video adalah langkah penting yang harus dilakukan. Dalam artikel ini, kita akan membersikan panduan lengkap tentang cara menggabungkan video dan audio di Kinemaster.

  • Step 1: Pastikan bahwa kamu sudah mengunduh dan menginstal aplikasi Kinemaster di perangkatmu.
  • Step 2: Pilih video yang akan diedit dan tarik video tersebut ke layar Kinemaster.
  • Step 3: Untuk menambahkan suara ke video, import file audio dengan menekan tombol import yang berada di sebelah kanan layar Kinemaster. Kemudian cari file audio yang akan dijadikan sebagai latar musik untuk video. Tarik file audio tersebut ke track audio di bawah layar aplikasi Kinemaster.
  • Step 4: Untuk menyesuaikan panjang audio dengan durasi video, kamu bisa memotong file audio atau memperpendek durasi video. Lakukan keduanya jika diperlukan hingga kamu mendapatkan waktu yang sesuai. Untuk memotong atau memperpendek durasi video, geser mouse ke sudut video yang kiri atau kanan lalu pilih “trim”.
  • Step 5: Jangan lupa untuk menyesuaikan volume audio agar tidak terlalu keras ataupun terlalu lemah. Caranya adalah dengan menekan audio pada track dan memutar slider volume di sebelah kanannya.
  • Step 6: Setelah mengatur semua kebutuhan video, maka saatnya menggabungkan audio dan video. Pastikan bahwa audio dan video sudah sinkron dan pas. Jika sudah, kamu bisa memulai untuk mengekspor video hasil penggabungan.
  • Step 7: Setelah mengekspor video, kamu bisa memeriksa video hasil edit yang sudah digabungkan dengan audio di aplikasi galeri perangkatmu. Pastikan video berjalan lancar dan sesuai dengan keinginanmu.
  • Step 8: Jika sudah puas dengan hasilnya, kamu bisa menyimpan video tersebut atau langsung membagikannya ke media sosialmu.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, Kinemaster adalah salah satu aplikasi pengeditan video terbaik yang tersedia di pasaran. Dalam aplikasi ini, kita bisa dengan mudah menggabungkan video dan audio untuk membuat hasil akhir yang luar biasa. Meskipun ada beberapa keterbatasan yang perlu diperhatikan dalam menggunakan aplikasi ini, tetapi dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada dengan sebaik-baiknya, Kinemaster mampu menawarkan hasil editan video yang luar biasa. Oleh karena itu, bagi pembuat konten atau para penggemar videografi, Kinemaster dapat menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menciptakan karya-karya video yang menakjubkan.

Bagikan: