7 Cara Menghilangkan Suara di Video dengan Kinemaster

Cara Menghilangkan Suara di Video dengan Kinemaster

Cara Menghilangkan Suara di Video dengan Kinemaster – Kehadiran video dalam era digital merupakan fenomena yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Hampir setiap orang pasti pernah membuat atau membagikan video.

Dengan memanfaatkan Kinemaster untuk keperluan konten. Anda bisa membuat visual video sesuai keinginan Anda seperti Membuat Animasi, Membuat Awan bergerak atau Bahkan membuat video tutorial tentang berbagai Tema.

Akan tetapi, seringkali suara yang ada pada video tersebut menganggu atau tidak sesuai dengan tujuan pembuatan video. Menambahkan musik atau efek suara pada video juga kadang tidak bisa membuat suara yang tidak diinginkan tersebut hilang.

Oleh karena itu, dengan adanya aplikasi seperti Kinemaster, siapa pun bisa dengan mudah menghilangkan suara yang tidak diinginkan pada video. Kinemaster merupakan salah satu aplikasi pengeditan video yang populer dan mudah digunakan. Nah Berikut stkipmktb.ac.id telah merangkum Cara Menghilangkan Suara di Video dengan Kinemaster.

Fitur Audio Editing di Kinemaster

Fitur Audio Editing di Kinemaster

Kinemaster adalah aplikasi editing video yang sangat populer dan digunakan oleh banyak orang, terutama content creator. Salah satu kelebihan Kinemaster adalah fitur audio editingnya yang lengkap. Nah, berikut adalah beberapa fitur audio editing di Kinemaster dan harga untuk penggunaannya:

1. Audio Editor

Fitur audio editor di Kinemaster bisa kamu gunakan secara gratis. Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur panjang audio, menambahkan musik dari perpustakaan Kinemaster, dan mengatur volume audio.

2. Audio Enhancements

Jika kamu ingin menghilangkan suara pada video, kamu bisa menggunakan fitur Audio Enhancements. Fitur ini dapat menghilangkan suara dengan mudah. Selain itu, fitur ini juga dapat mengurangi noise pada video kamu.

3. Volume Envelope

Fitur Volume Envelope di Kinemaster berguna untuk membantu kamu mengatur volume audio secara tepat. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengencangkan, melembutkan, atau memangkas volume audio.

4. Equalizer

Fitur Equalizer di Kinemaster memungkinkan kamu mengatur frekuensi audio dengan detail. Kamu bisa menyesuaikan pitch, bass, treble, atau mengatur frekuensi audio lainnya.

5. Ducking

Fitur Ducking di Kinemaster membantu kamu mengendalikan audio latar dan narasi dalam video yang kamu edit. Dalam hal ini, ketika kamu menambahkan narasi, audio latar akan berkurang, sehingga narasi lebih jelas terdengar.

Tata Cara Menghilangkan Suara pada Video Menggunakan Kinemaster

Tata Cara Menghilangkan Suara pada Video Menggunakan Kinemaster

Menghilangkan suara pada video dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satu yang paling mudah dan praktis adalah dengan menggunakan aplikasi Kinemaster. Namun, pastinya masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menggunakan Kinemaster untuk menghilangkan suara pada video. Berikut adalah beberapa penyelesaian dan kesimpulan dari cara menghilangkan suara pada video menggunakan Kinemaster.

1. Download dan Instal Aplikasi Kinemaster

Langkah pertama untuk menghilangkan suara pada video menggunakan Kinemaster adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi Kinemaster. Pastikan kamu mengunduh aplikasi Kinemaster dari situs resmi agar terhindar dari ancaman malware dan virus yang dapat merusak perangkatmu. Setelah berhasil mengunduh dan menginstal aplikasinya, kamu sudah siap untuk menghilangkan suara pada video.

2. Buka Aplikasi Kinemaster dan Pilih Video

Buka aplikasi Kinemaster dan pilih video yang ingin kamu hilangkan suaranya. Pastikan video tersebut sudah berada di perangkatmu dan siap untuk diedit. Setelah berhasil membuka aplikasi, kamu sudah siap untuk mengedit video.

3. Akses Menu “Audio” di Kinemaster

Setelah berhasil memilih video yang ingin diedit, kamu bisa langsung mengakses menu “Audio” yang terdapat di bagian bawah aplikasi Kinemaster. Di dalam menu “Audio”, kamu bisa melihat beberapa opsi untuk mengatur suara pada video, misalnya mengatur volume, menambah efek suara, dan tentunya menghilangkan suara pada video. Pilih opsi “Mute” atau “Silent” untuk menghilangkan suara pada video.

4. Preview dan Simpan Video

Setelah berhasil menghilangkan suara pada video, kamu bisa langsung preview video tersebut untuk memastikan bahwa suara pada videomu sudah berhasil dihilangkan. Jika sudah sesuai dengan keinginan, kamu bisa menyimpan video tersebut dengan mudah dan praktis. Pilih opsi “Save” atau “Export” untuk menyimpan video yang sudah kamu edit.

5. Bermain-main dengan Fitur Lain di Kinemaster

Jangan sampai kamu hanya menghilangkan suara saja ketika menggunakan Kinemaster untuk mengedit video. Ada banyak fitur menarik lainnya yang bisa kamu gunakan, misalnya menambahkan efek bergerak, memperbaiki warna pada video, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, videomu akan terlihat lebih menarik dan profesional.

6. Biaya Penggunaan Kinemaster

Sebelum kamu berhasil menghilangkan suara pada video menggunakan Kinemaster, pastikan kamu sudah mengetahui biaya penggunaannya. Aplikasi Kinemaster memiliki dua jenis akun pengguna, yaitu akun gratis dan akun berbayar. Untuk akun gratis, kamu hanya memiliki akses terbatas pada fitur-fitur yang tersedia. Namun, jika kamu ingin mengakses lebih banyak fitur dan fungsionalitas di Kinemaster, kamu harus membeli akun berbayar dengan harga yang cukup mahal.

7. Kemudahan Penggunaan Kinemaster

Meskipun memiliki biaya penggunaan yang cukup mahal, Kinemaster masih berhasil menarik minat banyak pengguna yang ingin menghilangkan suara pada video dengan mudah dan praktis. Aplikasi Kinemaster sangat mudah digunakan dan memiliki tampilan yang user-friendly, sehingga siapa saja bisa belajar menggunakannya dalam waktu yang singkat.

Mengedit level suara di Kinemaster

Jika Anda ingin menghilangkan suara pada video Anda, salah satu cara terbaik adalah menggunakan Kinemaster. Kinemaster adalah aplikasi edit video profesional yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat berguna untuk membuat video yang menakjubkan. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara mengedit level suara di Kinemaster sehingga Anda dapat mengontrol suara dalam video Anda. Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan:

1. Pilih Video di Kinemaster

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka Kinemaster dan pilih video yang ingin di edit. Setelah itu, pilih opsi “Audio” di ketika video telah dipilih.

2. Tambahkan musik atau efek suara

Jika Anda ingin menambahkan musik atau efek suara ke dalam video Anda, Anda bisa memilih untuk melakukan ini sekarang. Anda bisa melakukan ini dengan menambahkan musik atau suara efek ke dalam proyek Anda dari perpustakaan audio Kinemaster, atau memasukkan musik atau suara efek yang sah miliki. Setelah memilih file audio atau efek suara, tambahkan ke dalam proyek.

3. Ubah Volume Audio

Setelah itu, Anda bisa mengubah volume audio pada video yang Anda edit. Caranya adalah dengan menyesuaikan slider atau level penyesuaian volume. Slider ini akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan volume untuk keseluruhan video atau untuk setiap klip dalam proyek Anda.

4. Atur Level Kebisingan Background

Anda juga bisa mengontrol kebisingan latar belakang. Kebisingan latar belakang dapat menyebabkan gangguan pada video Anda. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa memilih untuk memperbaiki level kebisingan background. Anda bisa menghapus kebisingan atau suara latar belakang dengan menggunakan fitur noise removal.

5. Tambahkan Suara Untuk Narasi

Jika Anda ingin menambahkan suara narasi ke dalam video Anda, Kinemaster juga menyediakan fitur untuk menambahkan audio suara narasi. Anda bisa menciptakan narasi khusus Anda sendiri atau mengimpor suara narasi dari sumber Anda.

6. Buat Perubahan Sesuai Keinginan Anda

Jangan ragu untuk membuat perubahan dan kreasikan video sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa menambahkan efek lain seperti transisi, titik teks, dan efek lainnya sehingga video menjadi lebih menarik.

7. Simpan dan selesai

Setelah semua perubahan telah dibuat, sekarang saatnya untuk menyimpan karya Anda. Anda bisa menyimpan video dalam format MP4 atau langsung membagikannya ke media sosial Anda. Dalam Kinemaster, Anda bisa menghasilkan video dengan resolusi sampai 4K.

Cara Menambahkan Suara Baru ke dalam Video Menggunakan Kinemaster

Cara Menambahkan Suara Baru ke dalam Video Menggunakan Kinemaster

Bagi para content creator, menambahkan suara di dalam video adalah hal yang penting. Suara bisa membantu menjelaskan detail tentang video yang sedang ditonton. Tapi terkadang kita perlu menghilangkan suara yang tidak sesuai atau memasukkan suara baru ke dalam video. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Install dan buka aplikasi Kinemaster.
  • Pilih proyek video yang ingin ditambahkan suara.
  • Klik icon di bagian kanan bawah untuk mengatur suara.
  • Akan muncul fitur audio seperti volume, trimming, dan effect.
  • Klik “Update Audio”. Kemudian pilih musik yang ingin ditambahkan pada video.
  • Setelah musik terpilih, klik OK.
  • Sesuaikan volume suara musik dengan volume video.
  • Apabila masih kurang sempurna, bisa disesuaikan dengan fitur lain seperti trimming, EQ, reverb atau bass boost.
  • Setelah semua selesai, klik Save untuk menyimpan hasil editan.

Pengaturan audio di Kinemaster

Tahukah kamu bahwa Kinemaster memiliki fitur pengaturan audio yang sangat canggih? Fitur ini sangat membantu ketika kamu ingin menghilangkan suara di video agar lebih terlihat profesional. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur audio di Kinemaster:

  • Buka aplikasi Kinemaster di perangkatmu dan pilih video yang ingin diedit.
  • Pilih layer audio di bagian bawah timeline. Layer audio ditandai dengan gambar gelombang suara.
  • Ketuk tombol “Mute” untuk mematikan suara video.
  • Jika kamu ingin menambahkan suara baru ke video, kamu bisa menekan tombol “+” di bagian bawah layer audio dan memilih opsi “Audio” untuk menambah musik atau suara lainnya.
  • Setelah selesai, klik tombol “Simpan” di kanan atas layar untuk menyimpan video.

Tips dan trik

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan ketika akan menghilangkan suara di video dengan Kinemaster:

  • Gunakan musik atau suara yang sesuai dengan video. Musik yang tidak sesuai dengan video dapat membuat videomu terlihat out-of-place.
  • Gunakan volume yang tepat. Jangan terlalu keras atau terlalu lembut agar video terdengar lebih natural.
  • Coba gunakan efek suara. Kinemaster memiliki berbagai efek suara yang dapat membantu meningkatkan kualitas video.
  • Gunakan transisi audio yang halus. Transisi audio yang terlalu tajam dapat membuat video terlihat seperti dipotong-potong.
  • Coba gunakan fitur voice-over. Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat merekam suara langsung pada video.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cara menghilangkan suara pada video menggunakan Kinemaster sangat mudah dan praktis. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana dan memahami fitur-fitur yang tersedia di Kinemaster untuk berhasil menghilangkan suara pada video. Namun, pastikan kamu sudah siap dengan biaya penggunaannya yang cukup mahal, terutama jika ingin mengakses lebih banyak fitur dan fungsionalitas dalam aplikasi Kinemaster.

Bagikan: