Insureka1

2 Cara Daftar Setoran KUR BRI 2024: Syarat, Online & Offline

CARA DAFTAR SETORAN KUR BRI

Cara Daftar Setoran KUR BRI – Para nasabah BRI yang ingin memperoleh kredit usaha kecil dan mikro kini tak perlu repot lag. Pasalnya Bank BRI kini menyediakan layanan KUR secara online yang mudah dan praktis. Dengan cara ini, para nasabah tak perlu lagi mengantri panjang dan menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mendaftar KUR secara konvensional.

Layanan ini akan membantu para pelaku usaha kecil dan mikro untuk memperoleh pinjaman modal dengan jalan yang lebih mudah dan cepat. Dalam beberapa langkah saja, nasabah dapat daftar setoran KUR BRI di mana saja dan kapan saja.

Cara Daftar Setoran KUR BRI hanyalah langkah pertama menuju kesuksesan bisnis, sehingga pihak Bank berupaya memberikan kemudahan dalam hal pemrosesan dan kecepatan dalam pengajuan. Melalui sistem online yang tersedia, nasabah dapat memperoleh akses untuk mengajukan permintaan pinjaman KUR dengan cepat dan mudah, tanpa perlu datang ke kantor cabang.

Bank BRI sangat memperhatikan kebutuhan nasabahnya, khususnya pelaku usaha kecil dan mikro yang memerlukan modal dalam mengembangkan usahanya. Oleh karena itu, perusahaan ini senantiasa berinovasi dan memberikan kemudahan serta kepraktisan pada setiap layanan yang mereka sediakan, termasuk layanan cara daftar setoran KUR BRI.

Apa itu Setoran KUR BRI?

Apa itu Setoran KUR BRI

Setoran KUR BRI adalah program pinjaman yang disediakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam rangka mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pinjaman ini diberikan untuk membantu UMKM dalam meningkatkan bisnis mereka dengan memberikan modal tambahan. Program ini juga membantu UMKM yang kesulitan mendapatkan akses ke perbankan tradisional dengan memberikan persyaratan yang tidak terlalu ketat.

Insureka

Dengan Setoran KUR BRI, UMKM dapat meminjam hingga Rp 500 juta dengan bunga rendah dan jangka waktu hingga 5 tahun. Pinjaman ini dapat digunakan untuk modal kerja, membeli barang modal, atau memperluas bisnis. Bank BRI juga memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM dengan menyediakan proses pendaftaran yang mudah dan persyaratan yang tidak terlalu rumit.

Tabel Harga Setoran KUR BRI

Tabel Harga Setoran KUR BRI

Berikut adalah tabel harga SETORAN KUR BRI:

Jumlah PinjamanJangka WaktuAngsuran/Bulan
Rp 5 juta – Rp 20 juta12 bulanRp 1,762,500 – Rp 6,913,946
Rp 20 juta – Rp 50 juta24 bulanRp 1,177,500 – Rp 5,512,664
Rp 50 juta – Rp 500 juta36 bulan-60 bulanRp 1,009,079 – Rp 5,577,474

Pada tabel tersebut, terlihat bahwa jumlah pinjaman yang bisa diambil tergantung pada kebutuhan modal bisnis. Jangka waktu pembayaran pinjaman bervariasi mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan dengan bunga sebesar 10%. Tabel juga menunjukkan besaran angsuran per bulan yang harus dibayar oleh peminjam pinjaman UMKM.

Biaya dan Suku Bunga Setoran KUR BRI

Biaya dan Suku Bunga Setoran KUR BRI

Setoran KUR BRI adalah program yang disediakan oleh Bank Rakyat Indonesia untuk membantu para pengusaha kecil dan menengah yang ingin berkembang dalam berbisnis. Dalam program ini, pengusaha bisa mendapatkan dana dari bank dengan bunga yang rendah serta tenor yang fleksibel. Tentu saja, ada biaya yang harus diberikan oleh penerima dana tersebut untuk memanfaatkan program ini

Berikut adalah tabel biaya dan suku bunga setoran KUR BRI:

KeteranganBiayaSuku Bunga
KUR Mikro1% dari plafon6% per tahun
KUR Kecil1% dari plafon7% per tahun
KUR Menengah1,5% dari plafon8% per tahun

Sebagai contoh, jika Anda ingin mengajukan KUR Mikro dengan plafon sebesar Rp 25 juta, maka biaya yang harus diberikan adalah Rp 250 ribu (1% x Rp 25 juta) dan suku bunga yang harus dibayar adalah 6% per tahun.

Sedangkan untuk KUR Kecil dengan plafon sebesar Rp 100 juta, maka biaya yang harus diberikan adalah Rp 1 juta (1% x Rp 100 juta) dan suku bunga yang harus dibayar adalah 7% per tahun.

Terakhir adalah KUR Menengah dengan plafon sebesar Rp 500 juta. Biaya yang harus diberikan adalah Rp 7,5 juta (1,5% x Rp 500 juta) dan suku bunga yang harus dibayar adalah 8% per tahun.

Perlu diingat bahwa biaya dan suku bunga bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan bank serta kualifikasi penerima dana. Namun, dengan program KUR BRI, pengusaha bisa mendapatkan pinjaman dengan bunga yang rendah dan plafon yang sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.

Syarat untuk Mendaftar Setoran KUR BRI

Syarat untuk Mendaftar Setoran KUR BRI

Untuk memperoleh pinjaman KUR BRI, Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan dasar. Berikut adalah persyaratan untuk mendaftar setoran KUR BRI:

PersyaratanKeterangan
Warga Negara Indonesia (WNI)Calon peminjam harus memiliki KTP sebagai bukti identitas Warga Negara Indonesia.
Pengusaha MikroPeminjam harus berstatus sebagai pengusaha mikro dengan omset tahunan kurang dari Rp2,5 miliar.
Berkas PersyaratanPeminjam harus memenuhi semua persyaratan dokumen seperti KTP, NPWP, SIUP, dan rekaman keuangan.
Usaha TerdaftarPeminjam harus memiliki usaha terdaftar sebagai bukti legalitas usaha yang akan mendapatkan bantuan pinjaman KUR BRI.
JaminanPeminjam harus menyediakan jaminan yang sesuai dengan ketentuan BRI untuk mendapatkan pinjaman KUR BRI.

Dengan memenuhi persyaratan dasar di atas, calon peminjam bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan pinjaman KUR BRI. Setiap peminjam yang akan meminjam uang harus menyerahkan sejumlah dokumen persyaratan yang telah ditentukan oleh bank, termasuk dokumen-dokumen keuangannya.

Peminjam juga harus mempersiapkan dokumen jaminan untuk memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan oleh bank. Dokumen jaminan ini merupakan bukti kepemilikan aset atau harta yang bisa dijadikan jaminan. Misalnya, surat tanah sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman KUR BRI.

Setelah melakukan persiapan dokumen dan jaminan, calon peminjam bisa mengajukan pendaftaran secara online atau langsung ke kantor cabang BRI terdekat. Kemudian peminjam harus menunggu proses persetujuan dan verifikasi dokumen dari bank sebelum memperoleh pinjaman KUR BRI.

Cara Daftar Setoran KUR BRI Secara Online

Cara Daftar Setoran KUR BRI Secara Online

Cara Daftar Setoran KUR BRI dengan mudah dan cepat. Ini adalah solusi yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki usaha baru atau memperluas bisnis yang sudah ada. Dengan adanya KUR BRI, semua itu bisa terwujud.

Untuk dapat mengajukan KUR BRI, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendaftar secara online di situs resmi BRI. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar KUR BRI secara online.

  • Buka situs resmi BRI dan klik menu “KUR BRI”.
  • Pilih jenis KUR BRI yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Terdapat beberapa jenis KUR BRI yang disediakan oleh BRI, misalnya KUR ritel, KUR mikro, dan KUR corporate.
  • Isi formulir digital yang sesuai. Pastikan Anda mengisi formulir dengan benar dan lengkap.
  • Unggah dokumen yang diperlukan. Anda perlu mengunggah beberapa dokumen seperti KTP, NPWP, SIUP/TDP, dan rekening koran.
  • Klik tombol Ajukan dan tunggu beberapa saat. Tim BRI akan memproses permohonan Anda dalam waktu 1-2 hari kerja.

Cara Daftar Setoran KUR BRI Secara Offline

Cara Daftar Setoran KUR BRI Secara Offline

Program ini kini makin mudah dipakai karena bisa dilakukan dengan cara daftar setoran KUR BRI secara offline. Dalam artikel ini kami akan membahas bagaimana cara daftar setoran KUR BRI secara offline lengkap dengan tabel harga terbaru.

1. Persyaratan Membuka Rekening KUR BRI

Sebelum membuka rekening KUR BRI, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon nasabah. Antara lain:

  • Warga Negara Indonesia
  • Punya kegiatan usaha produktif minimal selama 6 bulan
  • Memiliki usaha UMKM
  • Punya usia minimal 21 tahun dan tidak lebih dari 65 tahun.

2. Cara Membuka Rekening KUR BRI

Nah, setelah memenuhi syarat, para calon nasabah bisa langsung membuka rekening KUR BRI. Berikut ini cara daftar setoran KUR BRI secara offline:

  • Datang ke kantor cabang BRI terdekat
  • Pergi ke CS atau Customer Service Bank BRI, minta formulir aplikasi KUR
  • Isi formulir applikasi KUR sesuai dengan data yang benar dan jelas
  • Tanda tangani formulir yang sudah diisi bersama dengan fotokopi identitas diri (KTP/SIM/PASPOR/ID CARD)
  • Kemudian serahkan formulir yang sudah terisi dan tandatangan bersama dengan fotokopi identitas diri ke CS BRI

Keuntungan menggunakan Setoran KUR BRI

Keuntungan menggunakan Setoran KUR BRI

Setoran Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah salah satu produk perbankan yang memberikan bantuan finansial untuk usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Dalam hal ini, Bank Rakyat Indonesia (BRI) bertindak sebagai penyedia layanan perbankan KUR. Keuntungan yang didapat dengan menggunakan Setoran KUR BRI adalah:

1. Bunga Rendah

Bunga yang diberikan oleh BRI untuk Setoran KUR BRI sangat terjangkau. Meskipun bunganya rendah, BRI selalu mengedepankan kualitas dalam memberikan layanan kepada nasabah. BRI selalu berusaha untuk menjaga kepercayaan dan memenuhi kebutuhan nasabah KUR BRI.

2. Persyaratan yang mudah dipenuhi

Persyaratan yang dibutuhkan untuk menggunakan layanan Setoran KUR BRI sangatlah mudah. Dalam mengajukan pinjaman, nasabah hanya perlu membawa beberapa dokumen seperti KTP, NPWP, dan surat usaha. Selain itu, nasabah tidak perlu memiliki jaminan dalam bentuk apapun untuk mengajukan pinjaman KUR BRI. Hal ini tentunya sangat membantu bagi UKM yang membutuhkan pinjaman dengan persyaratan yang mudah dipenuhi.

3. Waktu Pelunasan yang Fleksibel

Pelunasan pinjaman dapat dilakukan dalam jangka waktu yang fleksibel. Jenis tenor yang tersedia dalam Setoran KUR BRI adalah 12 bulan hingga 60 bulan. Dengan demikian, UKM memiliki waktu lebih lama untuk memperbesar usahanya sehingga mampu membayar kembali pinjaman dengan baik.

4. Pinjaman Tanpa Agunan

Setoran KUR BRI dapat dijadikan pilihan bagi UKM yang tidak memiliki agunan untuk meminjam uang. Dalam hal ini, BRI hanya meminta nasabah untuk membawa beberapa dokumen untuk memperoleh pinjaman. Dengan demikian, UKM tidak perlu merasa khawatir karena tidak memiliki agunan sebagai jaminan.

5. Banyak Jenis Usaha yang Dapat Dibiayai

Setoran KUR BRI dapat diperuntukkan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Pinjaman tersebut dapat diberikan untuk membiayai berbagai jenis usaha seperti industri, perdagangan, jasa, pertanian, dan lain sebagainya. Hal ini dapat membantu UKM dalam mengembangkan usahanya dan meningkatkan pendapatan.

6. Akses Mudah ke Bank

BRI adalah bank dekat dengan masyarakat sehingga sangat mudah dijangkau. Terdapat banyak cabang BRI yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Hal ini akan memudahkan UKM untuk mengajukan pinjaman dan melakukan transaksi perbankan yang lain.

Risiko Setoran KUR BRI

Risiko Setoran KUR BRI

Meskipun setoran KUR BRI menawarkan banyak keuntungan, tetapi ada beberapa risiko yang perlu diperhatikan seperti:

  • Calon peminjam harus memenuhi persyaratan dengan benar
  • Terlambat membayar angsuran akan dikenai denda
  • Jika tidak bisa membayar angsuran maka bisa mengalami kebangkrutan

Anda harus melakukan kalkulasi keuangan yang matang sebelum mengajukan setoran KUR BRI untuk menghindari risiko tersebut. Pastikan juga bahwa usaha yang dijalankan punya prospek ke depan yang baik.

Tips Mengajukan Setoran KUR BRI dan Pengembangan Bisnis Anda

Tips Mengajukan Setoran KUR BRI dan Pengembangan Bisnis Anda

Setoran KUR BRI (Bank Rakyat Indonesia) adalah kredit usaha yang disediakan oleh BRI. Program ini memberi peluang kepada para pengusaha untuk mengembangkan bisnis mereka. Dengan KUR BRI, Anda dapat membuka usaha baru, meningkatkan produksi, atau menambah modal usaha. Namun, sebelum mengajukan KUR BRI, pastikan Anda memahami beberapa tips berikut:

1. Periksa Kebutuhan Modal Usaha Anda

Sebelum mengajukan KUR BRI, periksa terlebih dahulu kebutuhan modal usaha Anda. Pastikan jumlah yang Anda ajukan sebanding dengan kebutuhan usaha Anda. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda mampu membayar kembali cicilan KUR BRI yang Anda ambil dalam jangka waktu yang sudah disepakati.

2. Siapkan Persyaratan Pengajuan KUR BRI

Persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mengajukan KUR BRI. Dokumen yang biasanya dibutuhkan adalah KTP, NPWP, surat keterangan usaha, laporan keuangan usaha, dan lain-lain. Pastikan Anda memiliki semua dokumen tersebut sebelum mengajukan KUR BRI agar proses pengajuan dapat berlangsung dengan lancar.

3. Pahami Sistem Bunga KUR BRI

Seperti bank pada umumnya, KUR BRI juga mengenakan bunga pada kredit yang diberikan. Pastikan Anda memahami sistem bunga yang berlaku pada KUR BRI sehingga tidak terjebak dalam cicilan yang terlalu berat. Pahami juga kapan jatuh tempo pembayaran cicilan agar tidak terkena denda atau penghentian kredit.

4. Jangan Membuat Pinjaman Lebih Besar dari Kemampuan Anda

Sebelum mengajukan KUR BRI, pastikan bahwa Anda memiliki kesanggupan untuk membayar kembali cicilan yang dibutuhkan. Jangan sampai meminjam lebih besar dari kemampuan Anda. Ini akan merugikan Anda karena cicilan yang tidak dapat Anda bayar akan membuat Anda jatuh dalam kendala keuangan usaha Anda.

5. Tinjau Ulang Nama Produk Usaha Anda

Sebelum mengajukan KUR BRI, tinjau kembali nama produk usaha Anda. Pastikan bahwa nama tersebut unik sehingga bisa menarik minat konsumen. Selain itu, usahakan nama tersebut mudah diingat sehingga branding usaha Anda menjadi lebih baik.

6. Evaluasi Potensi Pasar

Sebelum mengajukan KUR BRI, perhatikan potensi pasar dari bisnis Anda. Evaluasi apakah produk atau usaha Anda memiliki potensi pasar yang baik. Ini akan membantu Anda dalam menentukan arah bisnis ke depan dan membuat strategi yang lebih tepat dan efektif.

7. Lakukan Riset Bisnis

Lakukan riset bisnis sebelum mengajukan KUR BRI. Dengan melakukan riset bisnis, Anda akan memahami potensi bisnis Anda dan mempelajari strategi yang efektif dalam mengembangkan usaha Anda. Selain itu, riset bisnis juga bisa membantu Anda mengatasi masalah yang ada dan meningkatkan kualitas produk atau layanan Anda.

8. Pelajari Peraturan Program KUR BRI dengan Baik

Pelajari semua peraturan dan ketentuan program KUR BRI dengan baik sebelum mengajukan KUR BRI. Setiap program KUR BRI memiliki persyaratan yang berbeda-beda, jadi pastikan Anda memahami persyaratan dan dokumentasi yang diperlukan sebelum Anda mengajukan KUR BRI. Hal ini akan membantu proses pengajuan KUR BRI Anda berjalan lancar dan cepat.

Dengan memahami tips di atas, Anda akan lebih mudah dalam mengajukan KUR BRI dan menjalankan bisnis dengan lebih baik. Penting bagi Anda untuk memahami setiap ketentuan yang ada dalam KUR BRI agar tidak terjebak dalam urusan keuangan yang rumit dan memperoleh manfaat maksimal dari program KUR BRI.

Akhir Kata

Setelah membaca pembahasan dari Web STKIPMKTB.ac.id, dapat disimpulkan bahwa cara daftar setoran KUR BRI sangatlah mudah dan praktis. Adanya kemudahan dalam pengajuan dan proses verifikasi membuat nasabah bisa lebih cepat memperoleh pinjaman modal untuk usahanya. KUR BRI juga memberikan bunga yang ringan sehingga dapat mengurangi beban usaha kecil dan menengah.

Dalam mencari solusi untuk mempertahankan usaha, KUR BRI merupakan pilihan yang tepat bagi para pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya. Itulah mengapa, sangat penting bagi seluruh pelaku usaha kecil dan menengah untuk memperoleh informasi yang akurat mengenai cara daftar setoran KUR BRI, guna mendapatkan bantuan pinjaman modal tepat waktu dan mendukung pengembangan bisnis dan ekonomi nasional.

Bagikan:

Insureka1