Insureka1

Biaya Masuk Akper Kesdam 2024: Syarat & Cara Daftar

Biaya Masuk Akper Kesdam

Biaya Masuk Akper Kesdam – Akademi Keperawatan (Akper) Kesdam Jaya membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program studi tahun ajaran 2021/2022. Pendaftaran dibuka untuk calon mahasiswa dari berbagai daerah yang ingin mengikuti program studi keperawatan yang berkualitas di lingkungan militer.

Sebagai salah satu institusi pendidikan keperawatan terkemuka di Indonesia, Akper Kesdam Jaya menawarkan program studi keperawatan yang mengacu pada standar nasional dan internasional. Selain itu, institusi ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai serta dibimbing oleh tenaga pengajar berpengalaman dan profesional di bidangnya.

Mengenai biaya masuk Akper Kesdam Jaya terbilang terjangkau jika dibandingkan dengan institusi pendidikan keperawatan lainnya. Mahasiswa akan mendapatkan fasilitas yang sebanding dengan biaya yang dikeluarkan, termasuk akomodasi dan makanan yang disediakan oleh institusi.

Lantas berapa besaran biaya masuk Akper Kesdam? Jika penasaran dan bertanya mengenai hal besaran biaya, pada kesempatan kali ini kami akan sampaikan mengenai biaya masuk tersebut secara lengkap. Jadi bagi kalian yang ingin tahu biayanya, silakan untuk simak dan ikuti terus pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Apa itu Akper Kesdam?

Apa itu Akper Kesdam

Akademi Keperawatan Kesdam atau biasa disebut Akper Kesdam adalah lembaga pendidikan tinggi keperawatan yang didirikan oleh Kesatuan Kesehatan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Akper Kesdam bertujuan untuk mempersiapkan calon perawat yang berkualitas dengan orientasi pada pelayanan kesehatan masyarakat dan pertahanan keamanan Negara.

Insureka

Calon mahasiswa yang ingin bergabung di Akper Kesdam Jaya dapat memilih dua program studi yaitu Program Studi Diploma III Keperawatan dan Program Studi Strata Satu (S1) Keperawatan. Program studi ini didesain untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga perawat yang mampu memberikan pelayanan kesehatan secara profesional dan berkualitas.

Selain itu, Akper Kesdam Jaya juga menjamin keberhasilan lulusan dengan memberikan peluang kerja yang luas di berbagai institusi kesehatan, termasuk rumah sakit militer. Dengan demikian, calon mahasiswa tidak hanya akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas, tetapi juga peluang kerja yang besar setelah lulus.

Sekolah keperawatan ini menjadi pilihan menarik bagi banyak calon mahasiswa, khususnya mereka yang ingin mengambil program studi keperawatan. Ada beberapa alasan mengapa Akper Kesdam begitu diminati oleh calon mahasiswa, yaitu:

1. Pertama, Akper Kesdam dikenal sebagai salah satu institusi keperawatan terbaik di Indonesia, sehingga program yang disajikan terbilang kompleks dan berstandar nasional. Hal ini tentu saja memberikan keuntungan bagi para mahasiswa, mereka akan dibekali dengan kemampuan dan kompetensi yang sangat bermanfaat untuk masa depan mereka.

2. Kedua, Akper Kesdam menawarkan berbagai fasilitas pendidikan terbaik, yang dapat memperlancar proses pembelajaran. Selain itu, akademi ini juga memiliki suasananya yang sangat kondusif bagi mahasiswa untuk berkreasi dan belajar.

3. Ketiga, Akper Kesdam memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan berbagai keterampilan dan pengalaman dalam melaksanakan praktik perawatan. Mahasiswa dapat mempraktikkan ilmu yang diperoleh di berbagai fasilitas kesehatan dan rumah sakit milik TNI, yang tersebar di seluruh Indonesia.

4. Keempat, setelah menyelesaikan program studi, lulusan Akper Kesdam memiliki peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan di sektor kesehatan, terutama di Rumah Sakit TNI.

Tidak heran jika Akper Kesdam menjadi pilihan menarik bagi calon mahasiswa yang ingin mengambil program studi keperawatan, terutama bagi mereka yang ingin memiliki masa depan yang dijamin di bidang kesehatan.

Biaya Masuk Akper Kesdam

Terkait biaya masuk nantinya akan tergantung dengan Akper Kesdem nantinya akan tergantung dari gelombang pada saat pendaftaran. Karena biaya masuk pada gelombang 1 hingga gelombang 3 berbeda satu sama lain. Lebih jelasnya simak biaya masuk pada tabel di bawah ini:

PendaftaranBiaya
Gelombang 1Rp 18.550.000
Gelombang 2Rp 19.550.000
Gelombang 3Rp 20.550.000

Selain biaya masuk di atas, kalian juga perlu mengetahui biaya kuliah per semester di Akper Kesdam. Di mana untuk rincian total biaya kuliah di Akper Kesdam bisa dilihat secara detail pada tabel yang kami berikan di bawah ini.

SemesterBiaya
Semester 1Rp 23.800.000
Semester 2Rp 10.000.000
Semester 3Rp 7.500.000
Semester 4Rp 7.500.000
Semester 6Rp 7.500.000
Semester 7Rp 7.500.000

Perbedaan Biaya Masuk Akper Kesdam dengan Akper Lain

Akademi Keperawatan Kesdam merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi keperawatan di Indonesia yang menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang tinggi dalam dunia medis. Harga biaya masuk di Akper Kesdam ini lebih mahal dibandingkan dengan biaya masuk di beberapa Akper lainnya di Indonesia.

Nama AkperBiaya Masuk
Akper ARp 10.000.000
Akper BRp 15.000.000
Akper CRp 20.000.000
Akper KesdamRp 25.000.000

Namun, perbedaan biaya masuk ini sebanding dengan kualitas pendidikan dan pengajaran yang diberikan oleh Akper Kesdam. Berikut adalah beberapa alasan mengapa biaya masuk di Akper Kesdam lebih mahal:

1. Pendekatan pembelajaran yang efektif

Akper Kesdam memiliki metode pembelajaran yang inovatif dan modern untuk memastikan siswa dapat memahami materi dengan baik. Selain metode konvensional, Akper Kesdam juga menerapkan pembelajaran berbasis online dan mobile learning. Hal ini membuat siswa dapat mengakses materi dan problem-solving kapan saja dan di mana saja. Tujuan dari metode ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar.

2. Kelengkapan dan kualitas sarana prasarana

Akper Kesdam memiliki fasilitas dan sarana prasarana lengkap yang dapat mendukung kegiatan belajar siswa. Beberapa fasilitas yang tersedia di Akper Kesdam termasuk peralatan medis, gedung kampus yang modern, serta perpustakaan yang lengkap dengan koleksi buku terbaru dan jurnal-jurnal internasional. Hal ini bertujuan untuk memastikan siswa dapat belajar dan berlatih dengan baik di lingkungan yang nyaman dan kondusif.

3. Dosen yang berkualitas dan berpengalaman

Dosen di Akper Kesdam adalah akademisi dan praktisi yang berkualitas dan berpengalaman di dunia medis. Mereka memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam di bidang keperawatan serta telah memiliki pengalaman bekerja di rumah sakit dan berbagai institusi medis lainnya. Hal ini membuat siswa dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang berharga dari para dosen yang kompeten dan berpengalaman.

Dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang tinggi dalam dunia medis, biaya masuk di Akper Kesdam memang lebih mahal dibandingkan dengan Akper lainnya di Indonesia. Namun, perbedaan biaya masuk ini sebanding dengan kualitas pendidikan dan pengajaran yang diberikan oleh Akper Kesdam. Oleh karena itu, jika kalian ingin menjadi seorang perawat yang berkualitas dan berkompeten, Akper Kesdam adalah pilihan yang tepat.

Prospek karir setelah lulus dari Akper Kesdam

Bergabung dan berhasil selesaikan pendidikan di Akademi Keperawatan Kesdam, tidak hanya menawarkan kemampuan dalam merawat pasien nantinya juga membuka peluang untuk memiliki karir yang cerah di dunia kesehatan. Banyak lulusan Akademi Keperawatan Kesdam yang sukses menjadi perawat profesional, kepala ruangan, bahkan hingga perwira medis. Nah berikut adalah beberapa prospek karir bagi lulusan Akademi Keperawatan Kesdam :

Jenis PekerjaanPendapatan / bulan
Perawat Rumah SakitRp 7 – Rp 12 juta
Kepala RuanganRp 12 – Rp 20 juta
Perwira Medis TNI atau POLRIRp 18 – Rp 35 juta
Perawat PribadiRp 10 – Rp 20 juta
Perawat di Luar NegeriRp 30 – Rp 50 juta

Perawat rumah sakit merupakan pekerjaan utama bagi banyak lulusan akademi keperawatan. Tugas perawat rumah sakit adalah merawat pasien sesuai dengan standar prosedur yang telah ditetapkan. Selain itu, perawat juga dituntut untuk memiliki sikap ramah dan sabar dalam merawat pasien.

Selain menjadi perawat rumah sakit, lulusan Akademi Keperawatan Kesdam juga dapat menjadi kepala ruangan. Sebagai kepala ruangan, tugasnya adalah mengatur dan memonitor pekerjaan para perawat dan tenaga medis lainnya. Kepala ruangan juga memastikan bahwa pelayanan yang diberikan kepada pasien sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Lulusan Akademi Keperawatan Kesdam juga memiliki peluang besar untuk bergabung dengan TNI atau POLRI sebagai perwira medis. Sebagai perwira medis, tugasnya adalah memberikan pelayanan kesehatan kepada anggota TNI atau POLRI. Perwira medis juga harus memiliki kemampuan dalam menangani kondisi darurat atau kecelakaan pada saat bertugas.

Bagi yang memiliki passion dalam merawat dan merawat pasien secara intensif, menjadi perawat pribadi bisa menjadi pilihan karir yang menarik. Seorang perawat pribadi bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan kesehatan dengan intensitas lebih tinggi kepada pasiennya. Seorang perawat pribadi juga memiliki tugas untuk mengatur pola makan dan perawatan pasien.

Bagi yang ingin merantau ke luar negeri, lulusan Akademi Keperawatan Kesdam memiliki kesempatan yang besar untuk menjadi perawat di luar negeri. Banyak negara yang membutuhkan tenaga perawat dari luar negeri untuk menangani masalah kesehatan penduduknya. Gaji yang didapat bagi perawat di luar negeri bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Demikian beberapa prospek karir yang bisa didapatkan oleh lulusan Akademi Keperawatan Kesdam. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk yang sedang mencari informasi terkait karir setelah lulus dari Akademi Keperawatan Kesdam.

Syarat & Cara Daftar Masuk Akper Kesdam

Setelah berhasil tahu biaya masuk dan prospek kerja setelah lulus dari Akper Kesdam di atas, selanjutnya kalian tinggal mengetahui apa saja syarat dan cara daftar masuk jadi mahasiswa di prodi Akper Kesdam. Terutama bagi kalian yang ingin masuk Akper Kesdam wajib ketahui.

Syarat

  • Sehat secara jasmani rohani
  • Tidak punya buta warna
  • Tidak terdapat cacat fisik juga mental
  • Telah atau akan Lulus SMA/Sederajat
  • Tinggi badan pria minimal 160 cm dan wanita minimal 153 cm.
  • Menyertakan KTP
  • Akte kelahiran
  • KK atau Kartu Keluarga
  • Nilai rapot dari semester 1 hingga 5, telah dilegalisir pihak sekolah.
  • Menyertakan Ijazah SMA/Sederajat
  • SKHU Sertifikat Hasil UTBK juga Transkrip Nilai
  • Pas foto terbaru 3 x 4 berwarna
  • Menyertakan Kartu BPJS/JKN
  • Hasil dari Tes HbsAg

Cara Daftar

Untuk pendaftaran bisa dilakukan secara online dengan membuka situs resmi penerimaan mahasiswa baru. Silakan untuk isikan semua form dan upload semua berkas dokumen atau file dengan format yang diminta. Jangan lupa untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran.

Tips Siapkan Finansial Untuk Lanjutkan Studi di Akper Kesdam

Untuk bisa melanjutkan studi di Akper Kesdam, salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik adalah biaya masuk. Selain itu, kalian juga harus mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan finansial, seperti biaya kuliah, akomodasi, makan, dan kebutuhan lainnya selama menjalani studi. Berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan diri secara finansial dalam melanjutkan studi di Akper Kesdam:

1. Buat rencana keuangan

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat rencana keuangan yang jelas dan terperinci. Buatlah perhitungan biaya yang akan dikeluarkan selama masa studi, baik itu biaya kuliah, sertifikasi, buku, pakaian, kebutuhan sehari-hari, dan lain sebagainya. Selain itu, kalian juga harus memperkirakan jumlah uang yang akan kalian butuhkan untuk membeli perlengkapan dan alat yang diperlukan selama kuliah.

2. Cari tahu biaya masuk Akper Kesdam

Setelah mengetahui rencana keuangan Anda, sekarang saatnya mencari tahu mengenai biaya masuk Akper Kesdam. Biaya masuk pada tiap sekolah perawat bisa berbeda-beda, sehingga penting bagi kalian untuk mengetahui berapa biaya masuk Akper Kesdam sebagai acuan mempersiapkan dana. Berikut adalah tabel perbandingan biaya masuk Akper Kesdam di beberapa kota:

3. Cari tahu sumber beasiswa

Jangan ragu untuk mencari tahu sumber beasiswa akademik, sosial, atau lainnya yang dapat membantu biaya kuliah yang kadang-kadang berat di kantong. Setiap tahunnya, lembaga Akper Kesdam memberikan kesempatan beasiswa bagi mahasiswa terbaik yang memiliki kemampuan yang baik. Selain itu, ada juga beasiswa yang diberikan oleh perusahaan atau yayasan dalam bidang kesehatan. Sebagai mahasiswa, kalian dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memanfaatkan potensi keuangan yang tersedia.

4. Lakukan pekerjaan sampingan

Jika memungkinkan, cobalah mencari pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan selama kuliah. Pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa seperti menjadi waiters, guru les, dan pekerjaan freelance lainnya. Jangan khawatir jika waktu belajar terganggu karena merangkap kerja, tetapi pastikan bahwa pekerjaan yang dilakukan tidak mengganggu kuliah.

5. Hemat pengeluaran

Pertahankan pola konsumsi yang hemat dan bijak dalam pengeluaran sehari-hari. Ini sangat penting untuk membantu mengatur keuangan dengan baik. Aktif membandingkan harga barang, berbelanja sesuai kebutuhan, tidak boros dan tetap terjaga dalam pengeluaran yang direncanakan.

6. Bergabung dengan organisasi kampus

Bergabung dengan organisasi kampus seperti UKM, OSIS, Resimen Siswa atau unit kegiatan lainnya dapat memberikan informasi tentang sumber daya dan informasi seputar beasiswa. Selain itu, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan interpersonal, manajemen waktu dan kepemimpinan yang berguna bagi perkembangan diri

7. Perhatikan kelengkapan administrasi

Selain persiapan finansial, mahasiswa juga harus memperhatikan kelengkapan administrasi seperti KTP, KK, pas foto, dan berbagai dokumen lainnya yang dibutuhkan untuk mendaftar Akper Kesdam. Tetap mandiri dan bertanggung jawab dalam memenuhi persiapan administrasi ini.

8. Pilih Akomodasi yang tepat

Selain biaya kuliah, menginap juga menjadi faktor penting dalam mengatur keuangan. Pilihlah tempat tinggal yang dekat dengan kampus sehingga dapat menghemat transportasi dan waktu karena bisa berjalan kaki. Selain itu, carilah penginapan yang sesuai dengan budget dan memberikan fasilitas yang dibutuhkan, seperti koneksi internet, dapur, laundry, dan keamanan yang optimal.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan jika biaya masuk Akper Kesdam sangat terjangkau dan terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat. Tidak hanya itu, proses pendaftaran juga terbilang cukup mudah dilakukan karena bisa melalui pendaftaran lewat jalur online maupun offline.

Selain itu, Akper Kesdam juga memiliki fasilitas yang lengkap dan tenaga pengajar yang berkualitas. Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin menekuni karir di bidang keperawatan, Akper Kesdam jadi salah satu pilihan yang tepat. Dengan biaya masuk terjangkau dan fasilitas yang lengkap kalian akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Demikian pembahasan dapat stkipmktb.ac.id sampaikan mengenai biaya apa saja yang dapat kami sampaikan di atas, semoga dengan adanya pembahasan biaya masuk Akademi Perawatan di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan. Terutama bagi kalian yang memang sudah berniat untuk melanjutkan studi keperawatannya.

Bagikan:

Insureka1