DekorumaShopee

Biaya Membuat Wastafel Cuci Piring, Rincian Biaya Lengkap!

Biaya Membuat Wastafel Cuci Piring

Biaya Membuat Wastafel Cuci Piring – Biaya membuat wastafel cuci piring saat ini menjadi hal yang perlu dipertimbangkan bagi mereka yang ingin memperbarui atau merenovasi rumah mereka. Khususnya bagi mereka yang memiliki dapur yang sering digunakan dan ingin memaksimalkan fungsinya.

Namun, banyaknya jenis dan model wastafel cuci piring yang beredar di pasaran membuat biaya pembuatan wastafel cuci piring tergantung pada jenis dan kualitas bahan serta ukuran yang digunakan. Untuk membuat wastafel cuci piring, terdapat beberapa jenis bahan yang dapat digunakan, seperti stainless steel, tahan api, atau granit.

Setiap jenis bahan memiliki harga yang berbeda-beda serta keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Bahan stainless steel merupakan jenis bahan yang paling umum dan banyak digunakan untuk membuat wastafel cuci piring karena tahan terhadap korosi dan mudah dibersihkan.

Sedangkan, bahan tahan api biasanya dipilih untuk dapur yang sering digunakan untuk memasak agar tahan terhadap suhu yang tinggi dan dapat meminimalisir risiko kebakaran. Sementara, bahan granit memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap goresan dan warna yang lebih variatif.

Jenis-jenis Wastafel Cuci Piring

Jenis jenis Wastafel Cuci Piring

Pilihan wastafel yang tepat bisa memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas mencuci piring. Di pasaran, tersedia beberapa jenis wastafel cuci piring yang dapat dijadikan pilihan, tergantung pada ukuran dapur, gaya interior, dan fungsi yang diinginkan. Berikut adalah beberapa jenis wastafel cuci piring yang bisa dipilih.

TenzoLiving

1. Wastafel Cuci Piring Tunggal

Merupakan jenis wastafel yang paling umum digunakan di dapur. Wastafel ini memiliki satu bak dengan ukuran standar sekitar 60-90 cm. Wastafel cuci piring tunggal cocok untuk dapur dengan ruangan terbatas atau penggunaan yang tidak terlalu besar. Tipe ini juga cocok untuk dapur dengan gaya minimalis, modern, atau klasik.

2. Wastafel Cuci Piring Ganda

Berbeda dengan wastafel cuci piring tunggal, wastafel cuci piring ganda dilengkapi dengan dua bak, yakni bak untuk mencuci dan bak untuk membilas. Wastafel jenis ini memiliki ukuran lebih besar daripada wastafel tunggal, biasanya 80-120 cm. Cocok untuk dapur dengan ruangan yang cukup luas atau penggunaan yang intens.

3. Wastafel Cuci Piring Corner atau Sudut

Wastafel cuci piring corner atau sudut cocok untuk dapur dengan ruangan yang sempit atau bentuk dapur yang berbeda. Wastafel ini dirancang untuk ditempatkan di sudut dapur sehingga tidak memakan banyak space. Wastafel cuci piring corner memiliki ukuran standar sekitar 90 x 90 cm.

4. Wastafel Cuci Piring Portable

Wastafel cuci piring portable atau bergerak cocok untuk dapur dengan ruangan yang berbeda. Wastafel ini memiliki roda sehingga dapat dipindahkan ke tempat yang diinginkan. Kelebihan wastafel bergerak ini adalah mudah dipindah-pindahkan sehingga dapat digunakan di mana saja.

5. Wastafel Cuci Piring Built-In

Wastafel cuci piring built-in cocok untuk dapur dengan design dan tata letak yang sudah ada. Wastafel ini diletakkan di atas meja dapur yang terbuat dari granit, marmer, atau beton. Jenis wastafel ini membutuhkan instalasi dan pemasangan yang tepat agar pas dengan meja dapur. Ukurannya bervariasi dan dapat disesuaikan dengan ukuran meja dapur.

Material Pembuatan Wastafel Cuci Piring

Material Pembuatan Wastafel Cuci Piring

Sebelum memilih wastafel, Anda perlu mempertimbangkan material pembuatannya. Ada beberapa jenis material yang dapat digunakan untuk membuat wastafel cuci piring, dan masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

1. Stainless Steel

Salah satu material yang paling sering digunakan untuk membuat wastafel cuci piring adalah stainless steel. Material ini mudah ditemukan dan relatif murah. Selain itu, stainless steel juga tahan lama, tahan karat, mudah dibersihkan, dan higienis. Hanya saja, tampilannya biasanya tidak terlalu menarik dan cenderung mudah tergores.

2. Granit

Jenis material yang satu ini menawarkan tampilan yang mewah dan elegan pada wastafel cuci piring Anda. Granit merupakan batuan alam yang cukup kuat, tahan panas, dan tahan gores. Selain itu, granit juga tahan terhadap noda dan mudah dibersihkan.

Namun, jenis material ini tidak direkomendasikan untuk penggunaan di dapur yang sering terkena paparan bahan kimia seperti pemutih, bahan pembersih dengan kandungan asam atau alkali yang kuat, dan limbah yang bersifat asam. Alasannya, penggunaan bahan kimia seperti itu dapat merusak permukaan granit.

3. Marmer

Marmer adalah jenis material yang sering digunakan untuk membuat wastafel cuci piring di rumah. Material ini terkenal karena tampilannya yang cantik, mulus, dan glossy. Selain itu, marmer juga cukup tahan terhadap panas dan tidak mudah tergores.

Namun demikian, marmer memiliki kelainan dan kekurangan. Permukaannya cukup lunak dan mudah tergores, bahkan oleh benda-benda yang tajam. Sifat lunaknya juga membuat permukaan marmer relatif mudah rusak akibat air yang terserap pada permukaannya. Selain itu, bahan kimia seperti asam, alkali dan pemutih juga dapat merusak permukaan marmer.

4. Kristal Keramik

Jika Anda mencari wastafel yang tahan lama, mudah dibersihkan, dan tahan gores, maka kristal keramik bisa menjadi pilihan yang tepat. Material ini cukup tebal dan tahan lama, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika wastafel dibenturkan atau terkena beban berat. Kristal keramik juga memiliki tingkat kehigienisan yang baik dan mudah dibersihkan.

Berapa biaya minimum membuat wastafel cuci piring?

Wastafel cuci piring adalah perangkat atau sink yang biasanya digunakan di dapur untuk mencuci piring. Permintaan akan wastafel cuci piring sangat tinggi di setiap rumah tangga, restoran, dan tempat umum. Penting bagi kita untuk mengetahui biaya minimum membuat wastafel cuci piring sehingga kita dapat menyiapkan anggaran yang sesuai. Berikut adalah harga minimum yang perlu Anda ketahui.

BahanBiaya
KeramikRp 500.000,-
Stainless steelRp 1.000.000,-

Biaya minimum untuk membuat wastafel cuci piring dari keramik sudah cukup terjangkau mulai dari Rp 500.000,-, sementara itu harga minimum untuk membuat wastafel cuci piring dari stainless steel berkisar antara Rp 1.000.000,- hingga lebih.

Terlepas dari harga minimum yang perlu diingat, beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih wastafel cuci piring adalah jenis bahan, jenis instalasi, ukuran dan desain, dan merek. Semua faktor ini mempengaruhi harga, dan dapat memberikan dampak besar pada anggaran akhir yang dibutuhkan.

Jika budget Anda lebih besar, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan bahan yang lebih mahal seperti granit atau marmer. Meskipun biayanya lebih mahal, namun akan memberikan tampilan yang lebih elegan serta dapat meningkatkan nilai estetika di dapur Anda.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Wastafel cuci piring

Faktor faktor yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Wastafel cuci piring

Penggunaan wastafel yang sering membuat pemilik rumah harus memikirkan untuk membuat wastafel cuci piring sendiri. Namun, sebelum memutuskan untuk membuatnya, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Faktor-faktor ini nantinya juga akan mempengaruhi biaya pembuatan wastafel cuci piring. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan:

1. Bahan

Bahan wastafel cuci piring adalah salah satu faktor penting yang menentukan biaya pembuatan. Hal ini dikarenakan bahan yang lebih berkualitas akan memiliki harga yang lebih tinggi. Beberapa bahan yang lazim digunakan untuk membuat wastafel cuci piring antara lain stainless steel, granit, dan keramik. Harga bahan yang paling mahal adalah granit, sedangkan harga bahan yang paling murah adalah stainless steel.

2. Ukuran

Ukuran wastafel cuci piring juga akan berpengaruh pada biaya pembuatan. Semakin besar ukuran wastafel, maka semakin besar pula biaya yang dikeluarkan. Selain itu, ukuran wastafel juga harus disesuaikan dengan ukuran dapur dan kebutuhan pemilik rumah. Pemilik rumah sebaiknya mengukur dapur dengan cermat sebelum memutuskan untuk membuat wastafel cuci piring.

3. Desain

Desain wastafel cuci piring juga menjadi faktor yang mempengaruhi biaya pembuatan. Wastafel cuci piring dengan desain yang rumit dan artistik akan memiliki biaya produksi yang lebih tinggi. Namun, jika Anda ingin membuat wastafel yang simpel dan fungsional, maka biaya pembuatan bisa lebih murah.

Banyak orang yang memilih untuk membuat wastafel cuci piring sendiri agar desainnya dapat sesuai dengan keinginan pribadi. Namun tidak sedikit juga yang membuat wastafel dengan menyesuaikan desain dapur yang erat kaitannya dengan letak wastafel, misalnya Desain Dapur Rumah Type 36 72.

Untuk ukuran dapur yang demikian, pemilihan bahan baku granit pada pembuatan wastafel lebih di rekomendasikan, dapur akan lebih terlihat Mewah dan Fungsional.

4. Tenaga Kerja dan Biaya Instalasi

Terakhir, faktor yang juga penting dalam menentukan biaya pembuatan wastafel cuci piring adalah tenaga kerja dan biaya instalasi. Apabila Anda memilih untuk menggunakan jasa kontraktor, maka biaya tenaga kerja dan biaya instalasi akan ditentukan oleh kontraktor tersebut. Namun jika Anda ingin membuat sendiri, maka biaya tenaga kerja dan instalasi akan lebih murah. Namun, pastikan Anda memahami cara dan prosedur yang benar agar hasil akhir dari pembuatan wastafel cuci piring Anda cukup memuaskan.

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Wastafel Cuci Piring

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Wastafel Cuci Piring

Pada umumnya, wastafel cuci piring terdiri dari keran, pipa air, saluran air dan tempat cuci yang terbuat dari bahan keramik atau stainless steel. Namun, pembuatan wastafel cuci piring tidaklah murah. Anda harus mempertimbangkan biaya material, tenaga kerja, dan biaya pembuatan.

1. Biaya Material

Biaya material tersebut bisa berupa bahan keramik atau stainless steel. Jika Anda memilih menggunakan keramik, maka Anda harus membeli wastafel cuci piring keramik yang harganya sekitar Rp 800 ribuan. Namun, jika Anda memilih menggunakan wastafel cuci piring stainless steel, Anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 2 jutaan.

2. Biaya Tenaga Kerja

Biaya tenaga kerja biasanya dihitung berdasarkan jumlah waktu yang dibutuhkan dan besarnya upah tenaga kerja. Rata-rata, untuk membuat wastafel cuci piring, waktu yang dibutuhkan sekitar 5 hari dengan upah tenaga kerja sebesar Rp 100 ribuan per hari. Sehingga, biaya tenaga kerja yang perlu Anda keluarkan sebesar Rp 500 ribuan.

3. Biaya Pembuatan

Biaya pembuatan wastafel cuci piring jika berbicara dengan tukang las, maka rata-rata biayanya Rp 200.000 – Rp 300.000 dan jika berbicara dengan tukang kayu atau tukang keramik, maka rata-rata biayanya Rp 300.000 – Rp 500.000. Selain itu, terdapat juga biaya tambahan untuk biaya transportasi, peralatan yang digunakan, dan biaya administrasi.

4. Tips Hemat Membuat Wastafel Cuci Piring

Jika Anda ingin membuat wastafel cuci piring murah, berikut adalah tips hemat membuat wastafel cuci piring:

  1. Pilih bahan yang terjangkau, misalnya memilih stainless steel biasa bukan stainless steel premium.
  2. Hitung sendiri material dan tenaga kerja yang dibutuhkan.
  3. Mencari tukang las, tukang kayu atau tukang keramik yang memiliki tarif per jam lebih murah.
  4. Jangan memaksakan memilih bahan mahal jika uang Anda terbatas.
  5. Buat ukuran wastafel yang pas, jangan kecil atau terlalu besar sehingga tidak memakan banyak materi pembuatan wastafel.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda bisa menghemat biaya dan membuat wastafel cuci piring dengan biaya yang lebih terjangkau.

Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan?

Biaya membuat wastafel cuci piring tergantung pada bahan yang digunakan, ukuran wastafel, dan lokasi pemasangan. Wastafel cuci piring yang terbuat dari bahan stainless steel biasanya lebih murah dibandingkan jenis bahan lainnya. Biaya instalasi wastafel cuci piring di Jakarta berkisar antara Rp. 500.000 hingga Rp. 2.500.000, tergantung pada jenis dan ukuran wastafel serta apakah perlu dilakukan modifikasi pada pipa air atau tidak.

Berikut adalah tabel daftar harga selengkapnya:

Jenis WastafelHarga (Rp.)
Wastafel Stainless Steel500.000 – 1.000.000
Wastafel Keramik1.000.000 – 2.500.000
Wastafel Granit2.500.000 – 6.000.000
Wastafel Kaca5.000.000 – 8.000.000

Kesimpulan

Dalam menentukan biaya pembuatan wastafel cuci piring, pastikan untuk mempertimbangkan juga kualitas bahan dan jasa instalasi yang ditawarkan. Pilihlah mitra jasa yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik di bidang ini, sehingga hasilnya dapat memuaskan dan awet digunakan dalam jangka panjang.

Dari pembahasan yang stkipmktb.ac.id sampaikan di atas, dapat disimpulkan bahwa biaya membuat wastafel cuci piring yang berkualitas dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti jenis bahan yang digunakan, ukuran, dan desain. Pastikan untuk mempertimbangkan beberapa aspek tersebut sebelum mengambil keputusan dalam membuat wastafel cuci piring untuk dapur Anda. Anda juga dapat mengambil beberapa ide dari koleksi desain yang sudah ada. Meskipun biayanya memang cukup mahal, namun hasilnya bisa membuat dapur Anda terlihat lebih indah dan lebih fungsional. Selamat mencoba!

Bagikan:

DekorumaShopee