DekorumaShopee

Desain Dapur Rumah Type 36 72 yang Mewah dan Fungsional

desain dapur rumah type 36 72

Desain Dapur Rumah Type 36 72 – Desain dapur rumah merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam membangun hunian impian. Khususnya untuk tipe 36/72, yang merupakan tipe rumah yang banyak diminati dan cocok untuk keluarga kecil. Desain dapur yang baik dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari dalam rumah dan bahkan dapat mempengaruhi kesehatan penghuninya. Oleh karena itu, perencanaan yang matang untuk desain dapur rumah type 36/72 harus diperhatikan dengan seksama.

Desain yang tepat dapat menghasilkan dapur yang fungsional, estetis, dan nyaman digunakan. Dapur yang dirancang dengan baik memberikan kenyamanan dalam melakukan berbagai aktivitas masak-memasak, seperti mempersiapkan bahan, memasak, dan membersihkan dapur setelah digunakan. Tidak hanya itu, tampilan dapur yang menarik juga akan membuat semangat memasak semakin meningkat.

Pentingnya desain dapur tidak bisa dianggap remeh. Sebagai area yang paling intensif digunakan, dapur akan menjadi pusat aktivitas keluarga. Sebagai contoh, ketika sibuk memasak, anak-anak dapat belajar membuat camilan atau sambil membantu membersihkan dapur. Itulah mengapa, desain dapur harus mempertimbangkan kebutuhan keluarga dan ruang yang cukup untuk aktivitas-aktivitas tersebut.

Dibandingkan dengan desain rumah tipe 5×12, untuk rumah tipe 36/72 menawarkan ruang yang cukup untuk merancang dapur yang bagus dan praktis. Kunci utama dalam merancang dapur yang baik adalah memastikan semua aspek terpenuhi dengan baik, mulai dari bentuk kabinet dapur, posisi sink dan pencahayaan, serta area kerja dan ruang penyimpanan. Dan berikut adalah informasi tenteng desain sapur rumah type 36 72 terbaru saat ini.

Konsep Desain Dapur untuk Rumah Type 36

konsep dapur rumah type 36

Dapur merupakan salah satu ruangan penting dalam sebuah rumah, termasuk untuk rumah type 36. Konsep desain dapur yang baik akan menciptakan ruangan yang nyaman untuk memasak dan juga cantik dipandang mata. Berikut ini adalah beberapa konsep desain dapur untuk rumah type 36 yang dapat anda terapkan.

TenzoLiving

Pertama, konsep desain dapur minimalis. Konsep ini salah satu yang paling umum digunakan untuk rumah type 36 karena dapur akan terlihat lebih luas dan terorganisir. Dalam konsep ini tingkat kesederhanaan tampak dari penggunaan bahan yang minim, warna netral, dan penggunaan perabotan yang terbatas. Anda dapat menggunakan meja dapur yang kecil dan simple, peralatan memasak dengan warna yang sama, dan pencahayaan yang terang.

Kedua, konsep desain dapur modern. Konsep ini menekankan pada penggunaan material dan teknologi canggih, dengan bentuk yang minimalis, bersih dan sejuk. Konsep ini sangat cocok jika anda suka dengan gaya hidup modern dan ingin memasak dengan lebih efektif dan efisien. Anda dapat mengambil warna-warna metalik seperti steel atau chrome, perabotan fungsional seperti oven built-in dan mesin cuci piring, serta meja kerja dapur yang luas dan elegan.

Ketiga, konsep desain dapur klasik. Konsep ini tampak elegan, indah dan klasik. Warna yang digunakan adalah warna yang lembut dan alami seperti putih, krem, biru, atau hijau pucat. Anda dapat menggambarkan dapur klasik dengan penggunaan elemen yang terlihat mewah, seperti lampu kaca, kabinet yang terukir dengan indah, serta penggunaan perabotan berwarna perak atau tembaga. Jangan lupa untuk menambahkan aksen floral pada material dapur atau carvings pada kabinet dapur.

Keempat, konsep desain dapur bergaya kota. Konsep ini terutama cocok untuk orang yang tinggal di perkotaan, karena dampaknya yang lebih modis dan modern. Konsep ini menggunakan kombinasi material yang berbeda seperti besi, kaca, dan kayu yang cocok jika anda ingin menciptakan suasana industri dalam dapur anda. Anda juga dapat mencampurkan aksen metalik seperti stainless steel, lampu kristal dan countertop dengan warna kuning, merah atau biru untuk memberi efek yang lebih modern.

Konsep desain dapur sangat berkaitan dengan selera dan budget anda. Anda dapat memilih konsep yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup anda. Jangan lupa untuk mengatur keuangan anda dengan baik agar dapat membeli perabotan dapur dengan kualitas yang baik dan sesuai budget anda.

Inspirasi Desain Dapur Klasik yang Elegan

Dapur adalah bagian rumah yang diperuntukkan untuk memasak masakan. Untuk itu, desain dapur rumah haruslah sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian penghuninya. Ada begitu banyak jenis desain dapur rumah yang bisa dipilih, salah satunya adalah desain dapur klasik. Desain dapur klasik memiliki kesan elegan yang khas dan bisa memberikan nuansa yang berbeda untuk ruangan dapur rumah tipe 36 dan 72 Anda.

Berikut ini kami akan memberikan inspirasi desain dapur klasik yang elegan untuk rumah tipe 36 dan 72 yang bisa Anda terapkan di rumah Anda.

1. Dapur Klasik dengan Warna Beige

Screenshot 15

Warna beige adalah salah satu warna yang cocok dipadukan dengan nuansa klasik pada ruangan dapur. Anda bisa menggunakan warna beige pada elemen-elemen seperti lantai, dinding, dan rak dapur. Namun jangan sampai terlalu berlebihan, padukan warna beige dengan warna putih pada elemen-elemen lain seperti meja dan kursi dapur untuk memberikan kesan ruangan yang terang dan bersih.

2. Dapur Klasik dengan Material Kayu dan Batu Alam

Screenshot 16 1

Material kayu dan batu alam memiliki kualitas yang baik dan awet, sehingga cocok digunakan pada desain dapur klasik. Anda bisa memadukan warna kayu pada elemen meja dapur dan kursi dapur dengan batu alam pada elemen backsplash. Selain itu, pergunakan aksesoris-aksesoris seperti pot bunga dari kayu untuk menambah kesan klasik.

3. Dapur Klasik dengan Furnitur Modern

Screenshot 17 1

Desain dapur klasik dengan furnitur modern bisa menciptakan suasana yang menarik di dalam rumah. Dengan memilih furnitur yang tepat, keberadaan desain dapur klasik dapat terlihat elegan dan sedap dipandang mata. Solusi desain ini bisa Anda buat dengan menggunakan meja dapur dan kursi dapur dengan bentuk yang sederhana tetapi dengan bahan-bahan yang mewah.

Itulah tiga inspirasi desain dapur klasik yang elegan untuk rumah tipe 36 dan 72 Anda. Tentunya Anda bisa mengkombinasikan sendiri tiga inspirasi tersebut agar terlihat lebih menarik. Catat juga harga-harga material yang dibutuhkan agar Anda dapat menentukan budget dengan lebih baik.

Dapur Modern Minimalis untuk Rumah Sempit

dapur modern

Desain dapur rumah type 36/72 memang membuat rumah terlihat lebih luas. Namun, ruang dapur pada rumah type 36/72 kerap kali menjadi permasalahan bagi mereka yang menginginkan sebuah dapur yang nyaman dan fungsional. Oleh karena itu, desain dapur modern minimalis menjadi alternatif yang banyak dipilih oleh orang-orang untuk rumah sempit mereka. Dapur modern minimalis menjadikan dapur lebih terlihat modern dan sederhana dengan sentuhan warna dan desain yang tepat.

Harga Desain Dapur Modern Minimalis untuk Rumah Sempit

harga dapur

Harga desain dapur modern minimalis untuk rumah sempit bervariasi tergantung dari berbagai macam faktor seperti material kayu, model dapur, kontraktor dapur, dan lokasi rumah. Namun, harga rata-rata desain dapur modern minimalis untuk rumah sempit berkisar antara 15 juta hingga 40 juta rupiah. Harga tersebut masih bisa menyesuaikan dengan keinginan dan fasilitas yang ingin disimpan pada dapur.

Fungsi Dapur Modern Minimalis

fungsi dapur

Fungsi dapur modern minimalis sangatlah penting. Selain sebagai tempat memasak, dapur juga berfungsi sebagai tempat menyimpan peralatan dapur seperti kulkas, oven, dan juga tempat cuci piring. Desain dapur modern minimalis selain harus terlihat modern dan sederhana, juga harus memperhatikan fungsinya agar bisa memfasilitasi kebutuhan memasak sehari-hari dengan nyaman.

Pilihan Material Terbaik untuk Desain Dapur

Dapur merupakan salah satu ruangan yang penting dalam sebuah rumah. Ini karena dapur merupakan tempat untuk memasak dan menyiapkan makanan. Dalam desain dapur rumah type 36 72, pilihan material menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan. Material yang dipilih harus memenuhi kriteria keindahan, kenyamanan, dan keamanan. Berikut adalah pilihan material terbaik untuk desain dapur rumah type 36 72.

1. Granit

Screenshot 22 1

Granit adalah salah satu material yang banyak digunakan untuk membuat meja dapur dan backsplash (dinding dibelakang wastafel) karena kekuatan dan daya tahannya yang tinggi. Terbuat dari batuan alam, granit memiliki berbagai warna dan tekstur yang menarik untuk dipilih sesuai dengan tema desain dapur yang diinginkan. Harga granit berkisar antara Rp. 700.000 hingga Rp. 1.500.000/meter persegi.

2. Keramik

Screenshot 18 1

Keramik juga merupakan material yang umum digunakan untuk membuat backsplash dapur. Kelebihan keramik adalah mudah dibersihkan dan tersedia dalam berbagai pilihan warna, pola dan tekstur. Harga keramik berkisar antara Rp. 75.000 hingga Rp. 200.000/meter persegi.

3. Marmer

Screenshot 19 1

Marmer adalah material mewah yang biasanya digunakan untuk meja dapur atau lantai dapur. Marmer memiliki tekstur dan warna yang unik dan menarik. Namun, marmer rentan terhadap goresan dan noda. Harga marmer berkisar antara Rp. 1.000.000 hingga Rp. 2.000.000/meter persegi.

4. Stainless Steel

Screenshot 20 1

Stainless steel adalah material yang tahan terhadap karat dan mudah dibersihkan, material ini sering digunakan untuk membuat wastafel dapur, kompor dan lemari penyimpanan. Stainless steel memberikan kesan modern dan minimalis yang cocok untuk tema desain dapur yang simpel dan elegan. Harga stainless steel berkisar antara Rp. 300.000 hingga Rp. 1.000.000/meter persegi.

5. Dekton

Screenshot 21 1

Dekton adalah material sintetis yang sangat kuat dan tahan gores sehingga cocok digunakan untuk meja dapur atau backsplash. Dekton terbuat dari campuran bahan-bahan alam dan sintetis, bahan ini tahan terhadap panas dan dingin serta dapat menahan noda serta bahan kimia. Harga Dekton berkisar antara Rp. 2.000.000 hingga Rp. 4.000.000/meter persegi.

Demikianlah pilihan material terbaik untuk desain dapur rumah type 36 72. Pastikan memilih material yang sesuai dengan tema desain dapur yang diinginkan dan dapat memenuhi kriteria keindahan, kenyamanan, dan keamanan.

Inovasi Desain Dapur Terkini untuk Rumah Tipe 36/72

Rumah tipe 36/72 memang terkenal dengan keterbatasan ruang, termasuk pada ruang dapurnya. Namun, bukan berarti desain dapur rumah tipe 36/72 tidak bisa terlihat terlihat menarik dan fungsional. Berikut adalah beberapa inovasi desain dapur terkini yang bisa diterapkan pada rumah tipe 36/72 Anda.

1. Pilih Desain Dapur dengan L-Shape Counter Top

Screenshot 23 1

Desain dapur L-Shape Counter Top adalah solusi unik yang dapat diaplikasikan pada dapur tipe 36/72. Penempatan kitchen sink di sudut dapur membuat area tersisa terlihat lebih leluasa. Bentuk L-Shape Counter Top ini memungkinkan Anda untuk memaksimalkan ruang dapur dengan lebih baik. Selain itu, utamakan penggunaan warna cerah untuk membuat dapur terlihat lebih luas dan nyaman.

2. Gunakan Kitchen Island sebagai Sentral Pada Ruang Dapur

Screenshot 24 1

Kitchen Island tidak hanya mampu memberikan tampilan yang mewah di ruang dapur Anda, tetapi juga dapat mengoptimalkan ruang dapur tipe 36/72 yang terbatas. Dengan penambahan Kitchen Island, ruang dapur kini memiliki dua fungsi sekaligus sebagai work area dan tempat makan. Pilih ukuran yang sesuai agar Kitchen Island dapat menjadi sentral pada ruang dapur dengan rapi.

3. Optimalisasi Fungsi Dapur dengan Dapur terbuka ke Ruang Tamu

Screenshot 25

Jika rumah Anda memiliki nuansa minimalis, Anda dapat mempertimbangkan opsi dapur terbuka ke ruang tamu. Konsep ini menjadikan ruang dapur dan ruang tamu sebagai satu kesatuan. Selain menghemat ruangan, dapur terbuka ke ruang tamu juga memudahkan Anda saat menghidangkan makanan.

4. Pilih Warna Kontras pada Material Dapur

Screenshot 26

Penggunaan warna kontras pada material dapur bisa membuat dapur Anda terlihat lebih hidup. Pilih material yang kontras seperti granit atau keramik hitam putih atau warna lainnya yang kontras. Uniknya, material granit atau keramik ini sangat awet, mudah dibersihkan, dan tahan lama.

5. Tambahkan Rak dan Lemari Gantung pada Ruang Dapur

Screenshot 27

Untuk memaksimalkan penyimpanan di ruang dapur tipe 36/72, bisa ditambahkan rak dan lemari gantung pada dinding. Selain menjaga agar semua bahan makanan dan peralatan dapur aman, penambahan rak dan lemari gantung juga bisa membuat dapur terlihat lebih rapi dan terorganisir.

6. Pilih Pintu Dapur yang Terbuka ke Atas

Screenshot 30

Dalam desain dapur terkini, pintu dapur umumnya lebih mudah diakses. Gunakan pintu yang terbuka ke atas (flip-up door) daripada pintu konvensional. Model ini memungkinkan dapur terlihat lebih teratur dan bersih, terutama saat sedang memasak dan menyajikan makanan.

7. Gunakan Penerangan yang Terang

Screenshot 28

Pencahayaan yang terang adalah salah satu kunci keberhasilan dalam desain dapur tipe 36/72. Sebisa mungkin hindari pencahayaan lampu neon yang bluish dan beralih ke pencahayaan kuning yang lebih hangat. Selain itu, manfaatkan pencahayaan alami matahari sebanyak mungkin dengan menempatkan jendela di dapur, agar ruangan terlihat cerah dan nyaman.

8. Tambahkan Tanaman di Dapur

Screenshot 29

Tanaman hijau adalah elemen dekoratif yang sangat menyenangkan dan sekaligus berguna dalam dapur. Selain meningkatkan sirkulasi udara di dapur, tanaman hijau juga menambahkan kesegaran visual ke ruang dapur. Tambahkan tanaman seperti tanaman herbal, bunga, atau pohon mini untuk mempercantik dan menambah suasana di dapur Anda.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, mendesain dapur rumah tipe 36/72 bukanlah tugas yang mudah. Namun dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti budget, fungsi, dan estetika, Anda bisa membuat dapur yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan Anda. Pertimbangkanlah pemilihan material dan peralatan yang tepat serta menyesuaikan ukuran dengan ruang yang tersedia.

Terakhir, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan keteraturan dapur agar tetap terlihat rapi dan nyaman untuk digunakan. Nah itulah beberapa informasi mengenai desain dapur rumah type 36 72 yang dapat stkipmktb sampaikan. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dan bermanfaat untuk Anda yang sedang merencanakan untuk mendesain dapur rumah tipe 36/72.

Bagikan:

DekorumaShopee