Insureka1

Biaya Masuk SMKN 5 Tangsel Tahun Ajaran 2024: Syarat & Daftar

Biaya Masuk SMKN 5 Tangsel

Biaya Masuk SMKN 5 Tangsel – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Tangerang Selatan (Tangsel) membuka pendaftaran untuk tahun ajaran baru. Sekolah ini menawarkan berbagai pilihan program studi yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja saat ini. Namun, sebelum memulai perjalanan pendidikan di SMKN 5 Tangsel, siswa harus memperhatikan biaya masuk yang harus dibayar terlebih dahulu.

Biaya masuk menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mendaftar di SMKN 5 Tangsel. Meskipun biaya masuk tidak terlalu besar, namun ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Hal tersebut bisa menjadi penentu bagi orang tua atau siswa apakah mereka akan mendaftar atau tidak. Oleh karena itu, perlu diketahui berapa biaya yang harus dikeluarkan sebelum memulai perjalanan pendidikan di SMKN 5 Tangsel.

Oleh karena itu, bagi siswa yang ingin memulai pendidikan di SMKN 5 Tangsel, perlu memperhatikan biaya masuk yang harus dibayarkan. Namun, dengan biaya yang terjangkau dan kemudahan pembayaran serta adanya program beasiswa, diharapkan bisa mendukung para siswa untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Lantas berapa besaran biaya masuk SMKN 5 Tangsel? Jika penasaran dengan biaya masuk SMKN 5 Tangerang Selatan dan sedang mencari informasinya, maka dengan berada di artikel ini jadi salah satu pilihan yang tepat. Karena di sini kami sudah berhasil rangkumkan besaran biaya masuk SMKN 5 Tangsel secara lengkap.

Sejarah SMKN 5 Tangerang Selatan

SMKN 5 Tangsel adalah salah satu sekolah menengah kejuruan yang berlokasi di Tangerang Selatan. Dikenal sebagai salah satu SMK terbaik di Jabodetabek, SMKN 5 Tangsel menyediakan pendidikan dan pelatihan di bidang teknologi informasi, multimedia, otomotif, dan industri kreatif lainnya. Terus berkembang sejak berdirinya, SMKN 5 Tangsel kini menjadi sekolah yang memiliki beragam program dan layanan untuk kepentingan siswa, salah satunya biaya masuk.

Insureka

Sejarah SMKN 5 Tangsel dimulai pada tahun 1989, saat didirikan dengan nama STM Negeri Tangerang Selatan. Pada awalnya, SMK ini hanya memiliki satu jurusan yaitu jurusan listrik. Namun, seiring dengan perkembangan Tangerang Selatan yang semakin pesat, kebutuhan akan tenaga kerja terampil di berbagai bidang juga semakin meningkat. Oleh karena itu, SMK ini mengembangkan diri dengan membuka jurusan-jurusan baru seperti otomotif, multimedia, dan teknologi informasi.

Kini, SMKN 5 Tangsel telah menjadi salah satu sekolah dengan kualitas pendidikan terbaik di Indonesia, yang berhasil mencetak siswa-siswa yang kompeten dan profesional di berbagai sektor industri. SMKN 5 Tangsel juga terus mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan dan meningkatkan fasilitas serta layanan untuk mendorong motivasi belajar siswa.

Biaya masuk SMKN 5 Tangsel terbilang relatif terjangkau dibandingkan dengan kualitas pendidikan dan fasilitas yang ditawarkan oleh sekolah ini. Selain biaya pendidikan, SMKN 5 Tangsel juga memberikan banyak kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan diri dalam beragam bidang, seperti olahraga, kegiatan ekstrakurikuler, dan pelatihan profesional di lembaga-lembaga terkait.

Program Studi Tersedia di SMKN 5 Tangsel

SMKN 5 Tangsel menyediakan berbagai program studi mulai dari jurusan yang tersedia, jadi kalian bisa menyesuaikan dengan kemampuan diri akan mengambil jurusan apa nantinya saat mendaftar sebagai calon siswa atau siswi baru di salah satu SMK Negeri di Tangerang Selatan. Di antara lain program studi atau jurusan yang ditawarkan seperti misalnya:

  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
  • Perbankan Syariah
  • Teknik Pemesinan
  • Kosmetologi
  • Keperawatan

SMKN 5 Tangsel selalu berusaha memberikan ilmu yang bermanfaat bagi siswanya, dan memungkinkan siswanya dapat memilih program studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka, salah satu contohnya adalah pemilihan program studi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif yang memungkinkan siswa untuk menguasai bidang otomotif dengan lebih baik.

Selain itu, SMKN 5 Tangsel juga memiliki program studi di bidang kecantikan seperti kosmetologi. Dalam program ini, siswa akan mempelajari berbagai teknik untuk merawat kulit, rambut serta kuku dengan benar. Program studi ini tepat untuk siswa yang tertarik pada bidang kecantikan dan ingin membuka bisnis di bidang tersebut setelah lulus dari sekolah menengah kejuruan.

Bagi siswa yang tertarik di bidang teknologi informasi, SMKN 5 Tangsel juga memiliki program studi Rekayasa Perangkat Lunak. Di dalam program studi ini, siswa akan belajar bagaimana membuat aplikasi mobile dan website, membantu mereka memahami mengenai teknologi dan bagaimana hal itu dapat membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Program studi di SMKN 5 Tangsel juga terbuka untuk siswa yang mempunyai minat pada bidang sosial, seperti jurusan keperawatan dan perbankan syariah. Dalam program keperawatan, siswa akan mempelajari dasar-dasar keperawatan dan apa peran mereka di rumah sakit. Sementara dalam jurusan perbankan syariah, siswa akan mempelajari prinsip-prinsip perbankan syariah dan bagaimana mengoperasikan lembaga keuangan tersebut.

Dengan ragamnya program studi yang tersedia di SMKN 5 Tangsel, para siswa diharapkan dapat menemukan dan memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuannya, serta memilih sekolah yang memberikan keuntungan ekonomi setelah lulus dari sekolah.

Fasilitas yang Ada di SMKN 5 Tangsel

Fasilitas yang Ada di SMKN 5 Tangsel

SMKN 5 Tangsel merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan di Tangerang Selatan yang mempersiapkan siswa untuk terjun ke dalam dunia kerja. Selain program pendidikan yang berkualitas, SMKN 5 Tangsel juga memiliki fasilitas yang memadai demi kenyamanan siswa dalam belajar. Beberapa fasilitas yang dimiliki SMKN 5 Tangsel antara lain:

  • Perpustakaan
  • Laboratorium komputer
  • Laboratorium bahasa
  • Laboratorium IPA
  • Gedung serbaguna
  • Lapangan olahraga
  • Studio musik
  • Workshop otomotif

Perpustakaan SMKN 5 Tangsel bertujuan untuk memberikan wawasan yang luas kepada siswa. Dengan membaca buku-buku di perpustakaan, siswa dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan membaca yang baik. Siswa dapat meminjam buku-buku dengan biaya seharga Rp. 5.000,- untuk satu kali peminjaman.

Laboratorium komputer SMKN 5 Tangsel digunakan untuk membantu siswa dalam pembelajaran terkait pelajaran teknologi informasi dan komunikasi. Harga sewa laboratorium komputer sebesar Rp. 10.000,- per satu jam.

Laboratorium bahasa SMKN 5 Tangsel bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam berbahasa Inggris. Untuk menggunakan fasilitas ini, siswa dikenai biaya sebesar Rp. 15.000,- per satu kali penggunaan.

Laboratorium IPA SMKN 5 Tangsel difungsikan untuk kegiatan praktikum mengenai IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Siswa yang ingin memanfaatkan laboratorium ini dikenai biaya sebesar Rp. 20.000,- per penggunaan.

Gedung serbaguna SMKN 5 Tangsel digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti seminar, presentasi, dan acara formal lainnya. Gedung ini dapat disewa dengan biaya sebesar Rp. 25.000,- per jam.

Lapangan olahraga SMKN 5 Tangsel digunakan untuk kegiatan olahraga siswa. Siswa dapat memanfaatkan lapangan ini dengan membayar biaya sebesar Rp. 30.000,- per satu kali penggunaan.

Studio musik SMKN 5 Tangsel berfungsi untuk siswa yang memiliki hobi di bidang musik. Siswa yang ingin menggunakan fasilitas ini harus membayar biaya sebesar Rp. 35.000,- per satu kali penggunaan.

Workshop otomotif SMKN 5 Tangsel merupakan fasilitas yang digunakan untuk siswa yang belajar di bidang otomotif. Siswa yang ingin menggunakan fasilitas ini harus membayar biaya sebesar Rp. 40.000,- per satu kali penggunaan.

Dengan fasilitas yang memadai, SMKN 5 Tangsel berkomitmen untuk memberikan lingkungan belajar yang nyaman dan mendukung bagi para siswanya dalam menjalani proses pembelajaran. Sehingga diharapkan siswa dapat memanfaatkan fasilitas yang ada dengan baik demi meningkatkan kemampuan dan bakat yang dimilikinya.

Biaya Masuk SMKN 5 Tangsel

Jika sudah mengetahui apa saja saja fasilitas dan program studi yang ada di SMKN 5 Tangsel di atas, selanjutnya kalian tinggal mengetahui besaran biaya masuk yang sudah menjadi ketentuannya. Mengenai biaya masuk itu sendiri kami dapatkan dari sumber yakni dari biaya masuk pada tahun ajaran baru. Lihat tabel biaya masuk SMKN 5 Tangerang Selatan di bawah ini:

JENIS BIAYABIAYA
Biaya pendaftaranRp 100.000
Biaya pembinaan pendidikan (Per Bulan)Rp 300.000
Uang PangkalRp 3.000.000
SPP (per bulan)Rp. 200.000

Selain itu jalur zonazi akan mempengaruhi besaran biaya masuk atau pendaftaranya, adapun untuk besaran biaya jalur zonazi bisa kalian lihat pada tabel di bawah ini:

JenjangBesar Biaya
Jalur ZonasiRp 150.000
Jalur PrestasiRp 200.000,
Jalur AfirmasiRp 250.000

Syarat Masuk SMKN 5 Tangsel

Syarat masuk SMKN 5 Tangerang Selatan sama dengan SMK pada umumnya. Namun, SMKN 5 Tangerang Selatan memiliki beberapa persyaratan khusus yang perlu dipenuhi, yaitu sebagai berikut.

1. Siswa harus lulus SD atau sederajat

Siswa yang ingin masuk ke SMKN 5 Tangerang Selatan harus sudah lulus SD atau sederajat. Siswa yang masih duduk di bangku SD atau belum lulus atau sederajat tidak bisa mendaftar di SMKN 5 Tangerang Selatan.

2. Siswa harus lulus ujian seleksi

Setelah dinyatakan lulus dari SD atau sederajat, siswa harus mengikuti ujian seleksi yang diselenggarakan oleh SMKN 5 Tangerang Selatan. Ujian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan akademik dan kemampuan lainnya dari calon siswa.

3. Siswa harus memenuhi kriteria tinggi badan

SMKN 5 Tangerang Selatan memiliki beberapa jurusan yang menuntut kriteria tinggi badan minimal. Kriteria tinggi badan ini harus dipenuhi oleh siswa yang ingin masuk ke jurusan tersebut. Kriteria tinggi badan dapat dilihat pada brosur informasi SMKN 5 Tangerang Selatan.

4. Siswa harus membayar biaya pendaftaran

Biaya pendaftaran SMKN 5 Tangerang Selatan tergolong cukup terjangkau dibandingkan dengan biaya pendaftaran SMK lainnya.

Cara Daftar Masuk SMKN 5 Tangsel

Jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), siswa harus memilih salah satu SMK di wilayahnya. Bagi siswa yang berdomisili di wilayah Tangerang Selatan, SMKN 5 Tangerang Selatan bisa menjadi salah satu pilihan. Untuk menjadi siswa di SMKN 5 Tangerang Selatan, siswa harus melalui prosedur pendaftaran dan memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh sekolah.

Prosedur pendaftaran di SMKN 5 Tangerang Selatan dilakukan dengan cara online dan offline. Siswa cukup mengunjungi website resmi SMKN 5 Tangerang Selatan untuk melakukan pendaftaran secara online. Namun, jika siswa mengalami kendala, pendaftaran juga bisa dilakukan secara offline dengan mendatangi bagian administrasi di SMKN 5 Tangerang Selatan.

Namun, biaya tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Oleh karena itu, disarankan bagi calon siswa SMKN 5 Tangerang Selatan untuk terlebih dahulu memastikan biaya yang harus dibayar sebelum melakukan pendaftaran.

Jika calon siswa sudah memenuhi seluruh syarat masuk serta sudah membayar biaya pendaftaran, maka calon siswa akan menunggu pengumuman tahap seleksi selanjutnya. Setelah lolos seleksi, calon siswa akan dinyatakan sebagai siswa SMKN 5 Tangerang Selatan.

Jumlah Kuota Siswa Baru di SMKN 5 Tangsel

SMKN 5 Tangsel adalah salah satu lembaga pendidikan menengah kejuruan yang berada di Tangerang Selatan, Banten. Sekolah ini memiliki berbagai pilihan jurusan yang dapat diambil oleh para siswa baru. Adapun kuota siswa baru di SMKN 5 Tangsel setiap tahunnya berbeda-beda. Berikut adalah informasi lengkap mengenai kuota siswa baru dan biaya masuk SMKN 5 Tangsel tahun ajaran baru.

Di mana SMKN 5 Tangsel membuka pendaftaran siswa baru yang terdiri dari enam jurusan yang dapat dipilih. Berikut adalah daftar jurusan beserta kuota siswa baru dan biaya masuk untuk tahun ajaran baru:.

JurusanKuota Siswa Baru
Teknik Komputer dan Jaringan40 siswa
Teknik Elektronika Industri36 siswa
Teknik Otomotif34 siswa
Teknik Instalasi Tenaga Listrik32 siswa
Teknik dan Bisnis Sepeda Motor28 siswa
Teknik Konstruksi Kayu26 siswa

SMKN 5 Tangsel memiliki biaya masuk yang berbeda-beda sesuai dengan jurusan yang dipilih. Adapun biaya masuk tersebut sudah termasuk biaya pengembangan sekolah dan administrasi. Selain itu, SMKN 5 Tangsel juga memberikan fasilitas yang memadai untuk menunjang proses belajar mengajar seperti ruang laboratorium dan perpustakaan yang lengkap.

SMKN 5 Tangsel terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan agar para siswa menjadi lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi dunia kerja. Selain itu, para siswa juga akan mendapatkan pembekalan softskill agar dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja di masa depan.

Jika kalian tertarik untuk mendaftar di SMKN 5 Tangsel, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik mengingat kuota siswa baru yang terbatas. Selain itu, pastikan juga untuk memahami persyaratan dan tahapan pendaftaran yang harus dilalui sebelum melaksanakan registrasi.

Bantuan Biaya Pendidikan dan Beasiswa di SMKN 5 Tangsel

Pendidikan adalah hak bagi seluruh rakyat Indonesia. Meski demikian, biaya pendidikan tidaklah murah. Dengan begitu SMKN 5 Tangsel sediakan bantuan biaya dan beasiswa untuk para siswa yang berprestasi dan membutuhkan. Adapun untuk bantuan biaya pendidikan dan beasiswa itu sendiri diantara lainnya:

1. Program Indonesia Pintar (PIP)

PIP adalah program pemerintah yang memberikan bantuan biaya pendidikan untuk siswa-siswa yang kurang mampu. Bagi siswa SMKN 5 Tangsel yang terdaftar di PIP, akan mendapat bantuan sebesar Rp 450.000,- per semester.

2. Beasiswa Prestasi

SMKN 5 Tangsel memberikan beasiswa bagi siswa-siswa yang memiliki prestasi akademik atau non-akademik yang sangat baik. Beasiswa Prestasi ini meliputi potongan biaya masuk hingga 50%, dan potongan biaya SPP hingga 100%.

3. Beasiswa Siswa Berprestasi (BSB)

Bagi siswa yang memiliki prestasi akademik yang baik dan membutuhkan bantuan biaya pendidikan, SMKN 5 Tangsel memberikan Beasiswa Siswa Berprestasi (BSB) sebesar Rp 400.000,- per semester.

4. Bantuan Khusus (BK)

Bantuan Khusus (BK) diberikan untuk siswa yang membutuhkan bantuan biaya pendidikan tambahan. Beberapa kriteria penerima BK di antaranya anak yatim piatu, anak korban bencana alam, atau anak dari keluarga miskin yang tidak mampu membayar biaya pendidikan penuh.

5. Beasiswa Siswa Berprestasi (Bidik Misi)

Bagi siswa-siswa yang kurang mampu dan berprestasi sangat baik, SMKN 5 Tangsel juga memberikan Beasiswa Siswa Berprestasi (Bidik Misi). Beasiswa ini merupakan program dari pemerintah yang memberikan bantuan biaya pendidikan hingga 100% bagi siswa-siswa yang memenuhi kriteria yang ditetapkan.

6. Beasiswa untuk Anak Guru dan Pegawai

SMKN 5 Tangsel memberi kesempatan kepada anak guru atau pegawai untuk mendapat beasiswa. Beasiswa ini diberikan sebesar 50% dari biaya SPP selama satu tahun ajaran.

7. Beasiswa Siswa Berkebutuhan Khusus (ABK)

SMKN 5 Tangsel memberikan beasiswa bagi siswa-siswa berkebutuhan khusus (ABK) yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, maupun sosial. Beasiswa ini diberikan sebesar Rp 400.000,- per semester.

Akhir Kata

Melihat dari biaya di atas, bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan biaya pendaftaran SMK Kal 1 Surabaya atau biaya masuk di sekolah setingkat lainnya di Indonesia. Di mana untuk besaran tersebut, akan disesuaikan dengan program studi atau jurusan yang dipilih maupun diambil saat pendaftaran.

Bagi calon siswa yang berminat untuk mendaftar di SMKN 5 Tangsel, pastikan untuk memperhatikan semua informasi yang telah kami sampaikan di atas. Selalu pertimbangkan baik-baik apakah sekolah ini sesuai dengan minat dan kemampuan kalian dan pastikan untuk penuhi semua persyaratan pendaftaran.

Seperti itulah kiranya pembahasan dapat stkipmktb.ac.id sampaikan mengenai biaya masuk SMKN 5 Tangsel beserta informasi terkait lain seputar SMKN 5 Tangerang Selatan mulai dari fasilitas, program studi, syarat dan cara daftar masuk untuk para calon siswa baru. Semoga dengan adanya pembahasan cara di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Bagikan:

Insureka1