DekorumaShopee

Biaya Masuk SMK ISFI Banjarmasin Semua Jurusan 2024

Biaya Masuk SMK ISFI Banjarmasin Semua Jurusan

Biaya Masuk SMK ISFI Banjarmasin – SMK ISFI Banjarmasin merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan favorit yang berada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sekolah ini memiliki program pendidikan yang berkualitas dengan fokus pada penguasaan keterampilan dan keahlian di bidang informasi dan teknologi.

Untuk menjadi salah satu siswa di SMK ISFI Banjarmasin, calon siswa harus memperhatikan biaya masuk yang diperlukan. Sama seperti sekolah lainnya di Banjarmasin, dalam menentukan biaya PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) SMK ISFI juga mengacu pada beberapa faktor, salah satunya adalah program studi atau jurusan yang di pilih.

SMK ISFI Banjarmasin menawarkan beberapa jurusan yang bisa dipilih oleh calon siswa. Bagi Anda yang ingin masuk di SMK ini, kami sarankan untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat, agar bisa serius dalam menjalani pembelajaran di Sekolah.

Biaya masuk yang diterapkan SMK ISFI Banjarmasin juga sangat sebanding dengan layanan pendidikan, fasilitas yang tersedia dan beberapa faktor lain yang bakal diperoleh para siswa selama bersekolah disana. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak pembahasan di bawah ini seputar biaya masuk SMK ISFI Banjarmasin, prosedur pendaftaran, program pendidikan, fasilitas dan lain sebagainya.

Sejarah dan Profil SMK ISFI Banjarmasin

SMK ISFI Banjarmasin merupakan sebuah lembaga pendidikan yang menyediakan program pendidikan kejuruan sesuai dengan bidang industri. Selain itu, Sekolah Menengah Kejuruan yang didirikan pada tahun 1997 ini juga merupakan salah satu Sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Fatimatuzzahroh Banjarmasin.

TenzoLiving

Biaya Masuk SMK ISFI Banjarmasin

Biaya Masuk SMK ISFI Banjarmasin

Dalam mempersiapkan siswa-siswi untuk memasuki dunia industri, SMK ISFI Banjarmasin mengadopsi sistem pendidikan berbasis kompetensi dan menerapkan model pembelajaran yang berbasis pada teori dan praktek.

Disamping itu, SMK ISFI Banjarmasin juga memiliki berbagai program kejuruan, diantaranya TKR (Teknik Kendaraan Ringan), TKJ (Teknik Komputer & Jaringan), Industri Kelistrikan serta Pengolahan Kayu & Furnitur. Setiap program kejuruan didesain dengan kurikulum yang akurat dan terstruktur sehingga siswa bisa memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bidang industri yang mereka tekuni.

Tenaga pengajar yang berkompeten, berpengalaman dan sangat memahami karakteristik siswa praktisi juga tersedia di SMK ISFI Banjarmasin. Seluruh guru dan tenaga pendidik akan berperan aktif dalam memberikan pendidikan dan bimbingan siswa-siswi SMK ISFI Banjarmasin untuk mempersiapkan mereka menjadi siswa yang berkualitas dan siap terjun ke dunia industri.

SMK ISFI Banjarmasin menawarkan program keahlian bidang teknologi dan pariwisata, yang terus berkembang di dunia industri saat ini. Siswa dapat memilih program keahlian yang cocok dengan minat dan bakat mereka, dan kemudian memperoleh keterampilan praktis yang dapat membantu mereka memulai karir sukses di masa depan.

Teknik Komputer dan Jaringan adalah program keahlian yang ditujukan untuk siswa yang ingin mempelajari tentang jaringan komputer dan teknologi informasi. Siswa akan mempelajari bagaimana memasang, mengelola, dan memperbaiki jaringan komputer, serta membangun dan mendisain website.

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif adalah program keahlian yang membahas tentang perbaikan dan perawatan kendaraan ringan. Siswa akan mempelajari teori dan praktek tentang mesin, sistem kelistrikan, sistem rem, sistem kemudi, sistem pendingin, dan lain-lain. Program ini cocok untuk siswa yang tertarik dengan dunia otomotif dan ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Teknik Las dan Fabrikasi Logam adalah program keahlian yang menangani pembuatan dan perbaikan berbagai macam logam, seperti baja karbon, baja tahan karat, dan logam lainnya. Siswa akan mempelajari teori dan praktek tentang teknik las dan fabrikasi logam, penggunaan alat dan bahan, pengelasan, pemotongan, dan penggilingan.

Teknik Pemesinan adalah program keahlian yang membahas tentang teknik permesinan. Siswa akan mempelajari tentang mesin perkakas, pengelasan, konstruksi, bahan, dan pewarnaan. Program ini cocok untuk siswa yang ingin menjadi ahli dalam bidang teknik mesin perkakas.

Teknik Listrik adalah program keahlian yang membahas tentang instalasi listrik dan perawatan. Siswa akan mempelajari tentang listrik rumah tangga, sistem kelistrikan industri, dan teknik penerangan. Program ini cocok untuk siswa yang ingin berkarir di bidang teknik listrik.

Usaha Perjalanan Wisata adalah program keahlian yang membahas tentang bisnis pariwisata. Siswa akan mempelajari tentang manajemen usaha perjalanan wisata, pengembangan daerah pariwisata, dan pemasaran wisata. Program ini cocok untuk siswa yang ingin menjadi pengusaha atau bekerja di industri pariwisata.

Seperti kami singgung di awal pembahasan bahwasanya program pendidikan atau jurusan yang di pilih mempunyai ketentuan biaya pendaftaran yang berbeda-beda. Berikut adalah biaya masuk untuk masing-masing program:

Program KeahlianBiaya Masuk
Bidang Industri Pupuk dan PetrokimiaRp. 2.000.000,-
Bidang Industri Pengolahan Kayu dan FurniturRp. 2.500.000,-
Bidang Industri KelistrikanRp. 2.500.000,-
Teknik Komputer dan JaringanRp 1.500.000
Teknik Kendaraan Ringan OtomotifRp 1.500.000
Teknik Las dan Fabrikasi LogamRp 1.500.000
Teknik PemesinanRp 1.500.000
Teknik ListrikRp 1.500.000
Usaha Perjalanan WisataRp 1.500.000

Seperti sekolah lainnya, SMK ISFI Banjarmasin memungut biaya SPP bulanan sebagai sumbangan dari orang tua siswa untuk pembinaan pendidikan. Besarnya biaya SPP yang dikeluarkan pun berbeda-beda, yaitu antara Rp 300.000 sampai dengan Rp 500.000 untuk kelas X, XI dan XII.

Selain biaya pendaftaran dan SPP bulanan, ada beberapa biaya lain yang mungkin harus dikeluarkan oleh siswa SMK ISFI Banjarmasin, seperti biaya seragam, biaya buku, biaya praktik, dan lain-lain. Namun, jumlah biaya tersebut tidaklah sebesar biaya masuk atau SPP bulanan, dan juga bisa disesuaikan dengan kemampuan orang tua siswa.

KebutuhanBiaya
SeragamRp 800.000
PraktikumRp 1.000.000
BukuRp 450.000
Sewa Alat PraktekRp 500.000
InfaqRp 1.000.000

Pilihan Pembayaran untuk Biaya Pendidikan

SMK ISFI Banjarmasin adalah salah satu sekolah menengah kejuruan yang terkenal di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dalam upaya memberikan pendidikan yang terbaik, SMK ISFI Banjarmasin menawarkan banyak pilihan untuk pembayaran biaya pendidikan. Berikut adalah beberapa opsi yang tersedia.

1. Pembayaran Tunai

Opsi pertama adalah pembayaran tunai. Biasanya, pembayaran tunai adalah opsi yang paling disukai oleh orang tua murid karena tidak ada bunga atau biaya tambahan yang dikenakan. Pembayaran tunai dapat dilakukan pada saat pendaftaran maupun setelah murid sudah terdaftar di sekolah.

2. Transfer Bank

Selain pembayaran secara tunai, biaya masuk SMK ISFI Banjarmasin juga bisa dibayarkan melalui transfer Bank ke nomor rekening milik Sekolah. Anda bisa memanfaatkan fasilitas ATM atau Mobile Banking untuk melakukan transaksi ini.

3. Cicilan

Bila orang tua murid belum mempunyai cukup untuk membayar seluruh biaya pendidikan SMK ISFI Banjarmasin, pilihan yang tepat adalah pembayaran dengan cara di cicil. Dalam hal ini, ketentuan tenor, biaya administrasi dan lain sebagainya mutlak kebijakan dari pihak SMK ISFI Banjarmasin.

Fasilitas yang Tersedia di SMK ISFI Banjarmasin

Fasilitas yang Tersedia di SMK ISFI Banjarmasin

Meskipun biaya masuk SMK ISFI Banjarmasin lebih tinggi dibandingkan biaya masuk SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru dan SMKN 5 Tangsel, namun fasilitas dan kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh SMK ISFI Banjarmasin tentu sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Sebagai salah satu SMK unggulan di kota Banjarmasin, Sekolah ini tidak hanya menawarkan pendidikan berkualitas tinggi, tetapi juga menyediakan fasilitas yang lengkap untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di SMK ISFI Banjarmasin :

Laboratorium Komputer
Laboratorium Bahasa
Laboratorium Fisika
Laboratorium Kimia
Ruang Audio Visual
Perpustakaan
Area Parkir
Ruang Kelas
AC
LCD TV
Perlindungan Asuransi

Dari semua fasilitas yang tersedia di SMK ISFI Banjarmasin, para siswa akan merasa lebih aman, karena ada perlindungan asuransi selama belajar di sekolah. Ini adalah salah satu bentuk komitmen sekolah untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh siswa.

Beasiswa SMK ISFI Banjarmasin

Beasiswa SMK ISFI Banjarmasin

SMK ISFI Banjarmasin memberikan kesempatan kepada calon siswa yang berprestasi dan berkeinginan untuk sekolah di SMK ISFI, namun terkendala dengan biaya masuk yang mahal. Jadi, SMK ISFI Banjarmasin menawarkan berbagai jenis program beasiswa, di antaranya:

1. Beasiswa Prestasi

Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik yang tinggi, baik tingkat nasional maupun internasional. Dalam penerimaan beasiswa prestasi, siswa harus dapat membuktikan bahwa mereka memiliki pencapaian tinggi dalam olahraga, seni, atau bidang tertentu lainnya. Beasiswa prestasi dapat memiliki jumlah yang sangat bervariasi, tergantung pada tingkat prestasi yang telah dicapai oleh siswa.

2. Beasiswa Pendidikan

Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang kurang mampu secara ekonomi. Beasiswa ini bertujuan untuk membantu anak-anak yang mungkin tidak dapat membayar biaya pendidikan mereka sendiri. Beasiswa pendidikan dapat memiliki jumlah yang bervariasi, tergantung pada kebutuhan ekonomi siswa dan berapa banyak bantuan keuangan yang dimiliki oleh SMK ISFI Banjarmasin.

3. Beasiswa Olahraga

Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang memiliki keahlian olahraga yang tinggi. SMK ISFI Banjarmasin memiliki program olahraga yang kuat, termasuk sepak bola, voli, dan bola basket. Siswa yang berprestasi dalam salah satu program olahraga ini akan diberikan beasiswa. Beasiswa olahraga ini dapat mencakup biaya masuk yang berbeda-beda.

4. Beasiswa Seni

Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang memiliki bakat seni yang tinggi, seperti seni musik atau seni visual. Siswa yang berprestasi dalam bidang seni ini juga dapat menerima bantuan keuangan dari SMK ISFI Banjarmasin. Beasiswa seni dapat mencakup biaya masuk yang berbeda-beda.

5. Beasiswa Akademik

Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik yang tinggi di kelas. Beasiswa akademik ini bertujuan untuk mendorong siswa untuk terus belajar dan mencapai prestasi yang baik di sekolah. Beasiswa akademik dapat mencakup biaya masuk yang berbeda-beda.

6. Bantuan Sosial

Bantuan sosial diberikan kepada siswa yang memiliki kasus sosial tertentu, seperti siswa yatim piatu atau siswa yang tinggal di bawah garis kemiskinan. Bantuan ini bertujuan untuk membantu siswa dalam memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari di sekolah. Bantuan sosial dapat berupa uang tunai atau barang-barang.

7. Beasiswa Prestasi Non-Akademik

Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang menghasilkan prestasi di luar bidang akademis, seperti bidang kesenian atau olahraga. Beasiswa prestasi non-akademik ini bertujuan untuk mengapresiasi siswa yang memiliki bakat di bidang yang berbeda dan memberi mereka kesempatan untuk terus mempelajari, mengasah, dan mengembangkan bakat mereka. Beasiswa ini dapat mencakup biaya masuk yang berbeda-beda.

KESIMPULAN

Dalam kesimpulan, SMK ISFI Banjarmasin menawarkan kesempatan yang baik bagi siswa untuk mendapatkan pendidikan berkualitas dan siap terjun ke dunia kerja. Tapi seperti stkipmktb.ac.id jelaskan diatas, bahwa biaya masuk SMK ISFI Banjarmasin terbilang cukup mahal jika dibandingkan biaya masuk SMK lain di Kota tersebut.

Meski begitu, mengingat pendidikan adalah investasi jangka panjang bagi masa depan, maka biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas tentu bukanlah sesuatu yang sia-sia. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu dalam memilih sekolah yang tepat bagi masa depan siswa.

Bagikan:

DekorumaShopee