DekorumaShopee

Biaya Merapikan Gigi Tonggos 2024: Metode & Perawatan

Biaya Merapikan Gigi Tonggos

Biaya Merapikan Gigi Tonggos – Masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain untuk meningkatkan kesehatan, gigi yang rapi dan terawat juga memperbaiki penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Salah satu masalah gigi yang sering dihadapi oleh masyarakat adalah gigi tonggos.

Gigi tonggos adalah kondisi di mana gigi tidak sejajar atau tidak berbaris dengan rapi. Kondisi ini dapat terjadi pada gigi depan atau gigi-gigi lainnya. Dari hal gigi tonggos inilah yang menjadikan diri menjadi insecure karena ada yang berbeda pada giginya.

Bagi sebagian orang, gigi tonggos menjadi munculnya masalah yang cukup serius. Ada yang merasa tidak percaya diri karena giginya tidak sejajar, ada juga yang merasa malu ketika harus hadiri acara penting atau pertemuan bisnis karena giginya yang tidak rapi. Kondisi ini dapat mempengaruhi kualitas dari seseorang.

Namun, ada solusi untuk mengatasi masalah gigi tonggos. Salah satunya adalah dengan merapikan gigi tonggos dengan beberapa cara yang umum dilakukan. Lantas berapa besaran biaya merapikan gigi tonggos? Jika bertanya besaran biaya merapikan gigi tonggos, maka simak pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Apa Itu Gigi Tonggos?

Gigi tonggos atau gigi yang tidak selaras, sejajar, tidak rapi adalah kondisi sebuah gigi yang tumbuh tidak beraturan. Dari gigi tonggos inilah bisa menjadi masalah yang cukup besar bagi sebagian orang. Bahkan tidak jarang dengan memiliki gigi tonggos seseorang tidak percaya diri saat keluar rumah. Jenis-jenis perawatan gigi yang dapat memperbaiki gigi tonggos yang kerap digunakan antara lain:

TenzoLiving

1. Kawat Gigi Konvensional

Biaya merapikan gigi tonggos dengan kawat gigi konvensional adalah yang paling terjangkau di antara jenis perawatan lainnya. Seseorang dapat memperbaiki gigi tonggos mereka dengan memakai kawat gigi selama beberapa bulan atau bahkan satu tahunan. Namun, biaya tersebut dapat bergantung pada banyak faktor, seperti kompleksitas kasus dan lamanya perawatan tersebut.

2. Kawat Gigi Transparan (Invisalign)

Kawat gigi transparan atau jenis Invisalign jadi salah satu perawatan gigi yang lebih modern dan estetis dari pada kawat gigi konvensional. Keunggulan kawat gigi transparan adalah tidak terlihat dari jarak jauh dan lebih nyaman dipakai dibandingkan dengan kawat gigi konvensional.

3. Kawat Gigi lingual

Kawat gigi lingual adalah perawatan gigi yang paling mahal dan jarang dipakai, karena biaya yang cukup besar. Namun sebanding dengan harganya, kawat gigi lingual adalah sangat estetis, karena menempel pada bagian belakang gigi sehingga tidak terlihat dari luar.

4. Plat Gigi Transparan

Plat gigi transparan merupakan perawatan gigi yang mirip dengan kawat gigi transparan, namun plat gigi ini berbentuk seperti pelindung gigi yang dapat dilepas pasang. Keunggulan dari plat gigi transparan yakni sangat nyaman dipakai dan estetis, karena hampir tidak terlihat dari luar.

Melihat di atas ada beberapa pilihan jenis perawatan gigi tonggos yang bisa Anda gunakan memiliki biaya merapikan gigi tonggos cukup mahal apalagi jika jenis perawatan yang dipilih adalah yang lebih modern dan estetis. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan gigi, penting untuk mempertimbangkan biaya dan kemampuan finansial dahulu.

Metode Lain Merapikan Gigi Tonggos

Metode Merapikan Gigi Tonggos

Gigi tonggos dapat menjadi masalah bagi banyak orang, baik dari segi estetika maupun kesehatan gigi dan mulut. Namun, dengan berbagai kemajuan teknologi dan metode yang tersedia saat ini, merapikan gigi tonggos tidak lagi menjadi hal yang sulit. Berikut adalah beberapa metode yang dapat digunakan untuk merapikan gigi tonggos:

1. Invisalign

Invisalign adalah metode yang relatif baru dan lebih modern dibandingkan dengan metode tradisional seperti braces. Metode ini menggunakan kawat gigi transparan atau hampir tak terlihat yang dapat diambil dan dipasang kembali setiap waktu.

Selain efektif dalam merapikan gigi, metode ini dikenal karena mudah digunakan dan memiliki kemampuan dalam menjaga estetika mulut dan gigi. Harga Invisalign bervariasi sesuai dengan kompleksitas kasus dan hanya dapat ditentukan setelah konsultasi awal dengan dokter gigi. Namun, perkiraan biaya Invisalign bisa berkisar dari Rp 15 – Rp 30 juta.

2. Braces

Braces adalah metode paling umum dan populer yang digunakan untuk merapikan gigi tonggos. Metode ini menggunakan kawat gigi dan bracket yang terpasang di gigi untuk menarik gigi secara perlahan-lahan ke posisi yang diinginkan. Harga braces bervariasi berdasarkan jenis bracket, kualitas kawat dan tingkat kerumitan kasus yang dibutuhkan, serta dokter gigi yang memasangnya. Namun, perkiraan biaya braces berkisar dari Rp 8 – Rp 25 juta.

3. Clear Correct

Clear Correct adalah metode yang mirip dengan Invisalign, tetapi lebih murah. Metode ini juga menggunakan kawat gigi transparan dan hampir tak terlihat, tetapi hanya dapat digunakan dalam kasus yang lebih sederhana. Harga Clear Correct biasanya berkisar antara 10 hingga 20 juta.

4. Damon System

Damon System adalah metode yang menggabungkan teknologi dan inovasi terkini dalam perawatan ortodontik. Damon System menggunakan penjepit gigi yang bekerja secara mandiri, sehingga memberikan hasil yang lebih cepat dan lebih efektif, tanpa perlu penggunaan kawat gigi yang konvensional. Harga Damon System berkisar mulai dari 20 hingga 35 juta rupiah.

5. Lingual Braces

Metode ini hampir serupa dengan braces konvensional, namun dengan perbedaan tempat pemasangan bracket yang terletak pada sisi gigi yang tidak terlihat. Oleh karena itu, metode ini dianggap lebih estetik, tetapi juga lebih mahal daripada metode braces konvensional. Harga Lingual Braces berkisar mulai dari Rp 25 – Rp 40 juta.

Biaya Merapikan Gigi Tonggos

Jika berhasil tahu jenis perawatan atau metode merapikan gigi di atas, maka selanjutnya mari ke pembahasan terkait harga atau atau biaya merapikan gigi Tonggos. Untuk lebih jelas mengenai biaya merapikan gigi tonggos, maka bisa simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Jenis PerawatanBiaya
Kawat gigi konvensionalRp 7.000.000 – Rp 12.000.000
Kawat gigi transparanRp 15.000.000 – Rp 30.000.000
Kawat gigi lingualRp 25.000.000 – Rp 50.000.000
Plat gigi transparanRp 12.000.000 – Rp 25.000.000
Self-ligating BracesRp 10.000.000 – Rp 16.000.000
Clear AlignersRp 15.000.000 – Rp 20.000.000
Damon SystemRp 20.000.000 – Rp 35.000.000

Biaya tersebut akan berbeda satu sama lain tergantung parahnya gigi yang tonggos, jenis perawatan / metode digunakan, lokasi tempat merapikan (klinik, puskesmas, atau bahkan dokter gigi langsung). Jadi guna antisipasi biaya yang lebih besar, siapkan uang lebih dan tentunya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Proses Rawat Gigi Setelah Merikapan Gigi tonggos

Perapian gigi tonggos adalah proses perapihan gigi yang dilakukan oleh dokter gigi menggunakan beberapa jenis kawat gigi atau pelindung gigi tertentu. Setelah merapikan gigi tonggos, ada beberapa perawatan harus dilakukan untuk menjaga agar gigi tetap sehat dan tidak kembali menjadi tonggos.

1. Rajin Gosok Gigi

Merawat kebersihan mulut, terutama gigi, tetap menjadi sangat penting setelah perapian gigi tonggos dilakukan. Rutin menggosok gigi setidaknya dua kali sehari dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan dan bakteri yang menumpuk pada gigi.

Pilihan sikat gigi yang bersih dan lembut juga bagus. Sikat gigi yang terlalu keras juga bisa merusak gigi dan gusi, sehingga harus dihindari.

2. Gunakan Benang Gigi

Setelah perapian gigi tonggos dilakukan, mungkin saja terdapat celah di antara gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Menggunakan benang gigi dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang ada pada sela-sela gigi paling efektif.

3. Hindari Makanan Keras / Lengket

Setelah perapian gigi tonggos dilakukan, sebaiknya membatasi konsumsi makanan yang keras atau lengket. Jenis makanan ini dapat merusak kawat gigi dan mengganggu hasil perapian gigi yang telah dilakukan.

4. Hindari Minuman Berwarna & Bersoda

Minuman berwarna seperti cola dan minuman bersoda dapat menyebabkan noda pada gigi dan merusak email gigi. Hindari jenis minuman ini dan pilih minuman yang lebih sehat seperti air putih atau jus buah segar.

5. Rutin Periksa ke Dokter Gigi

Rajin memeriksakan gigi ke dokter gigi sangat dianjurkan setelah perapian gigi tonggos dilakukan. Dokter gigi dapat membantu memastikan proses perapian gigi berjalan dengan baik dan gigi Anda tetap sehat selama proses pemulihan.

6. Pakai Pelindung Gigi Saat Olahraga

Menggunakan pelindung gigi saat berolahraga juga penting setelah perapian gigi tonggos dilakukan. Pelindung gigi dapat membantu melindungi gigi dari cedera saat berolahraga, terutama bagi mereka yang sering berpartisipasi dalam olahraga kontak.

7. Perawatan Kesehatan Gigi

Perapian gigi tonggos dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi Anda, tetapi bukan berarti proses ini telah menggantikan perawatan kesehatan gigi harian Anda yang biasa seperti penggunaan pasta gigi yang baik, berkumur dengan obat kumur, and mengonsumsi makanan yang sehat.

Akhir Kata

Mengenai biaya merapikan gigi tonggos mungkin mahal bagi beberapa orang, namun manfaatnya jauh lebih besar. Selain meningkatkan kepercayaan diri, gigi yang teratur juga dapat membantu mencegah masalah kesehatan seperti karies dan periodontitis.

Jadi bagi Anda , sebelum memutuskan untuk lakukan prosedur perapian gigi berkonsultasi dengan dokter gigi profesional adalah salah hal terpenting. Selain dapatkan informasi biaya dan juga untuk pertimbangkan opsi perawatan yang paling sesuai.

Tidak hanya itu, metode perawatan atau merapikan gigi yang dipilih juga akan berpengaruh terhadap besaran biaya yang diperlukan. Bahkan gigi tonggos yang terlalu parah juga akan mempengaruhi besaran biaya merapikannya juga.

Mungkin seperti itu saja pembahasan yang dapat stkipmktb.ac.id sampaikan mengenai biaya merapikan gigi tonggos beserta informasi terkait lainnya. Semoga dengan adanya pembahasan biaya rapikan gigi tonggos di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Bagikan:

DekorumaShopee