Insureka1

Biaya Kuret di RS Hermina Terbaru : BPJS & Tanpa BPJS

Biaya Kuret di RS Hermina Terbaru BPJS & Tanpa BPJS

Biaya Kuret di RS Hermina – Biaya kuret di Rumah Sakit Hermina menjadi perbincangan setelah ramainya keluhan dari masyarakat terkait harga yang dianggap terlalu mahal. Pasien yang melakukan kuret dikabarkan harus merogoh kocek hingga beberapa juta rupiah di RS Hermina.

Namun, RS Hermina membantah dan menyebut bahwa biaya kuret yang diberikan sesuai dengan standar pelayanan yang ada. Kuretasi merupakan sebuah tindakan medis yang dilakukan untuk mengeluarkan hasil konsepsi di dalam rahim pada kehamilan yang tidak diinginkan atau mengalami komplikasi.

RS Hermina sendiri dikenal sebagai salah satu rumah sakit swasta yang memberikan pelayanan berkualitas, termasuk layanan Kuretasi. Dalam hal ini, Kuretasi tergolong sebagai operasi besar yang membutuhkan peralatan dan obat-obatan yang berharga mahal.

Selain itu, pasien juga dikenai biaya pemeriksaan penunjang seperti biaya USG dan apabila terjadi komplikasi, pasien juga harus membayar biaya rujukan ke rumah sakit yang lebih besar. Lantas, berapa biaya yang harus dikeluarkan jika melakukan Kuret di RS Hermina?

Pengertian Kuret / Kuretasi

Seperti kami sebutkan diatas bahwa Kuretasi atau kuret adalah salah satu prosedur medis yang dilakukan untuk menghilangkan jaringan rahim, seperti pada keguguran, pendarahan, atau kelainan pada rahim. Prosedur ini dibutuhkan jika ada jaringan abnormal yang tumbuh di dalam rahim, atau saat kandungan tidak mengeluarkan sendiri.

Insureka

Kuretasi sangat diperlukan untuk menghindari komplikasi serius dari kondisi seperti keguguran yang tidak berhasil. Dalam beberapa kasus, jaringan abnormal meningkatkan risiko infeksi pada rahim atau mengakibatkan masalah pada masa depan ketika seorang wanita hendak hamil. Proses kuretasi ini merupakan satu-satunya solusi untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi.

Untuk melakukan Kuretase, seorang dokter spesialis kandungan akan memakai alat khusus yang disebut Kuret. Alat ini akan dimasukkan ke dalam rahim melalui serviks yang telah dibuka terlebih dahulu dengan Spekulum. Kuret kemudian dijepit dan diputar-putar untuk mengangkat jaringan abnormal atau produk kehamilan yang tidak dikeluarkan sendiri oleh rahim. Proses kuret berlangsung selama beberapa menit dan dilakukan dengan pemberian bius total atau sedasi untuk meminimalkan rasa sakit pasien.

Biaya Kuret di RS Hermina

Biaya Kuret di RS Hermina

Setelah menyimak sedikit penjelasan tentang Kuretasi atau Kuret, selanjutnya mari kita beralih ke pembahasan utama, yaitu mengenai biaya Kuret di RS Hermina. Sebelum itu, perlu diketahui bahwa belakangan ini banyak pasien yang berpendapat jika biaya Kuret di RS Hermina sangat mahal.

Jadi, perlu diketahui bahwa biaya kuret di RS Hermina berbeda-beda, tergantung pada tingkat kesulitan prosedur dan jasa dokter serta tenaga medis lainnya. Pasien disarankan untuk berkonsultasi dan memahami dokumen estimasi biaya sebelum prosedur dimulai.

Berikut adalah informasi biaya Kuret di RS Hermina, mulai dari biaya Konsultasi, jenis bius yang digunakan hingga biaya pasca operasi Kuret di Rumah Sakit Hermina :

No.ProsedurBiaya
1Kuretasi keguguran 45 hari pertamaRp 4.500.000 – Rp 5.500.000,-
2Kuretasi setelah keguguran 45 hari pertama atau kelainan rahimRp 5.250.000,-
3Konsultasi dokter spesialis kandunganRp 300.000,-
4USG kebidananRp 195.000,-
5Jenis biusRp 550.000,-
BiayaDeskripsi
Rp 5.000.000 – Rp 6.000.000Biaya tindakan kuret yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan di ruang operasi.
Rp 1.500.000 – Rp 2.500.000Biaya perawatan pasca operasi, termasuk obat-obatan, perawatan luka, dan pemeriksaan lanjutan.
Rp 500.000 – Rp 1.000.000Biaya administrasi dan lain-lain.

Ketentuan biaya diatas mungkin berlaku untuk menjalani Kuret di RS Hermina Bekasi, Jatinegara, Daan Mogot, Grand Wisata, Bandung, Palembang, Samarinda, Tangerang, Jakarta dan RS Hermina di Kota lain di Indonesia.

Sekali lagi kami tegaskan bahwa daftar biaya Kuret di RS Hermina diatas merupakan perkiraan. Jadi, alangkah baiknya sebelum menjalani Kuretasi di Rumah Sakit Hermina, kalian melakukan Konsultasi terlebih dahulu.

Metode Kuret di Rumah Sakit Hermina

Di Rumah Sakit Hermina, kuret dapat dilakukan dengan teknik dua metode yaitu Kuretasi Vakum Manual dan Kuretasi Vakum Elektronik. Apa perbedaan dari kedua metode Kuretasi tersebut?

Kuretasi Vakum Manual

Pada metode ini, dokter akan memperkenalkan alat kuret berbentuk silinder ke dalam rahim melalui leher rahim. Setelah itu, alat kuret menghasilkan tekanan vakum sehingga jaringan dalam rahim ikut terhisap keluar. Jaringan tersebut kemudian diperiksa oleh dokter untuk diagnosis lebih lanjut.

Kuretasi Vakum Elektronik

Pada kuretasi vakum elektronik, dokter akan menggunakan alat yang sama dengan kuretasi vakum manual namun dengan bantuan mesin penyedot vakum elektronik. Prosesnya lebih cepat dan minim trauma pada rahim dibandingkan dengan metode manual.

Metode Kuretasi yang digunakan juga mempengaruhi biaya, berikut adalah daftar harga Kuret di RS Hermina berdasarkan metode nya :

Jenis KuretHarga
KuretasiVakum ManualRp 3.000.000,-
Kuretasi Vakum ElektronikRp 4.500.000,-

Persiapan Sebelum Melakukan Kuret

Persiapan Sebelum Melakukan Kuret

RS Hermina merupakan salah satu rumah sakit yang menyediakan layanan kuret bagi pasien yang membutuhkan. Sebelum melakukan tindakan medis ini, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh pasien untuk memastikan operasi berjalan dengan lancar. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu dipahami oleh pasien sebelum menjalani Kuretasi :

1. Konsultasi dengan Dokter

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah berbicara dengan dokter yang akan melakukan kuret. Dokter akan memberikan informasi tentang prosedur, risiko yang mungkin terjadi, dan tindakan yang harus dilakukan sebelum dan sesudah tindakan kuret dilakukan. Kalian juga bisa menjalani cek kolesterol terlebih dahulu demi keamanan dan kenyamanan proses Kuret.

2. Menjaga Asupan Makanan dan Minuman

Pasien disarankan untuk tidak makan dan minum selama 6-8 jam sebelum tindakan kuret dilakukan. Hal ini untuk mencegah mual dan muntah selama dan setelah operasi.

3. Membatasi Aktivitas Fisik

Meskipun kuret merupakan operasi kecil, pasien sebaiknya tetap membatasi aktivitas fisiknya sebelum dan sesudah operasi. Dokter mungkin akan membantu menentukan berapa lama pasien harus beristirahat.

4. Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan

Sebelum melakukan tindakan kuret, pasien harus menjaga kebersihan area kewanitaannya. Pasien juga disarankan untuk tidak menggunakan tampon, pembalut, atau melakukan hubungan seksual selama beberapa waktu setelah tindakan kuret.

Perawatan Setelah Kuret

Pasien yang melakukan kuret di RS Hermina harus mengetahui bahwa biaya kuret tidak hanya mencakup prosedur kuret itu sendiri, namun juga perawatan setelahnya. Pasien yang menjalani kuret harus mendapatkan perawatan dan pengawasan dari tenaga medis selama beberapa jam.

Selain itu, pasien biasanya akan diberikan obat untuk mengurangi rasa sakit dan menghindari infeksi. Biaya perawatan tersebut juga harus dipertimbangkan oleh pasien ketika menghitung total biaya kuret di RS Hermina.

Apakah Ada Cara untuk Mengurangi Biaya Kuret?

Salah satu cara untuk mengurangi biaya kuret di RS Hermina adalah dengan memastikan bahwa pasien memiliki asuransi kesehatan yang mencakup tindakan kuret. Beberapa jenis asuransi kesehatan dapat menutup biaya kuret secara penuh atau sebagian. Selain itu, pasien juga dapat melakukan negosiasi dengan rumah sakit untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Dalam kesimpulannya, biaya kuret di RS Hermina tergantung dari tipe kuret yang dipilih dan kondisi pasien. Pasien harus memperhitungkan tidak hanya biaya kuret, tetapi juga biaya perawatan setelahnya. Menggunakan asuransi kesehatan dan melakukan negosiasi dengan rumah sakit dapat membantu mengurangi biaya kuret.

Apakah Biaya Kuret di RS Hermina Bisa ditanggung oleh BPJS?

Bagi pasien yang memiliki kepesertaan BPJS, RS Hermina menyediakan pelayanan Kuretasi yang bisa ditanggung oleh BPJS. Namun, pastikan untuk melakukan verifikasi kepesertaan BPJS terlebih dahulu sebelum memulai pengobatan. Selain itu, biaya tambahan untuk obat-obatan atau tes medis tambahan mungkin diperlukan, tergantung dari kondisi medis pasien.

Alternatif Lain Selain Melakukan Kuret di RS Hermina

1. Obat Penggugur Kandungan

Obat penggugur kandungan adalah alternatif yang cukup populer. Metode ini melibatkan penggunaan pil atau obat yang dapat membuat janin keluar dari rahim dengan cara menginduksi kontraksi. Obat penggugur kandungan harus dikonsumsi di bawah pengawasan dokter, terutama jika ada riwayat penyakit tertentu yang harus diperhatikan. Biaya untuk menggunakan obat penggugur kandungan berkisar antara 1 juta hingga 3 juta rupiah.

2. Operasi Laparoskopi

Operasi laparoskopi dilakukan untuk mengangkat jaringan abnormal, seperti mioma atau endometriosis. Prosedur ini melibatkan pembuatan perut yang kecil untuk memasukkan kamera dan alat operasi ke dalam rahim. Operasi laparoskopi merupakan pilihan yang lebih aman daripada kuretasi karena tidak melibatkan pembedahan open cut. Biaya operasi laparoskopi di Indonesia berkisar antara 15 juta hingga 30 juta rupiah.

3. Terapi Hormon

Terapi hormon adalah pilihan lain selain melakukan kuretasi. Terapi ini melibatkan penggunaan hormon untuk mengontrol siklus menstruasi atau menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. Terapi hormon bisa membantu mengatasi masalah jaringan abnormal dan memperbaiki kesuburan. Biaya untuk terapi hormon berkisar antara 500 ribu hingga 1 juta rupiah per bulan.

4. Akupunktur

Akupunktur adalah teknik pengobatan alternatif yang melibatkan penggunaan jarum untuk menjaga keseimbangan energi dalam tubuh. Teknik akupunktur dapat membantu meredakan kram dan nyeri selama proses menstruasi. Biaya untuk akupunktur bergantung pada wilayah dan jumlah sesi yang diambil.

5. Pil Kontrasepsi

Pil kontrasepsi juga dapat digunakan sebagai pilihan alternatif untuk mengatur siklus menstruasi dan menghindari terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan. Pil kontrasepsi mengandung hormon yang menstabilkan siklus menstruasi dan memperbaiki kesuburan. Biaya untuk pil kontrasepsi berkisar antara 50 ribu hingga 100 ribu rupiah per bulan.

6. Siapkan Diri dengan Konseling

Pilihan untuk melakukan kuretasi bukanlah keputusan yang mudah. Penting untuk mempertimbangkan semua opsi dan mengambil keputusan yang terbaik untuk kesehatan wanita. Belum lagi, ada dampak psikis yang harus dipertimbangkan. Sebelum memutuskan untuk melakukan kuretasi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau konselor untuk mendiskusikan semua opsi dan dampak yang terkait.

KESIMPULAN

Kesimpulannya, biaya kuret di RS Hermina dapat bervariasi tergantung pada jenis kuret yang digunakan dan fasilitas pendukung lainnya. Selain itu, penting bagi pasien untuk mendapatkan konsultasi dokter terlebih dahulu sebelum melakukan kuret.

Beberapa faktor seperti kondisi medis pasien dan lamanya perawatan di rumah sakit juga akan mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan. Namun, dengan memilih RS Hermina yang memiliki reputasi baik dan fasilitas yang memadai, pasien dapat memperoleh layanan kuret dengan harga yang bersaing tanpa mengorbankan kualitas pelayanan medis.

Oleh karena itu, jika Anda memerlukan layanan kuret, Tim stkipmktb.ac.id merekomendasikan RS Hermina sebagai tempat perawatan medis. Saat ini RS Hermina hampir tersedia di seluruh Kota di Indonesia.

Bagikan:

Insureka1