Visi Sekolah Penggerak: Pengertian, Manfaat & Implementasi

Visi Sekolah Penggerak

Visi Sekolah Penggerak – Visi Sekolah Penggerak merupakan salah satu program unggulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Program ini dirancang khusus untuk memajukan pendidikan di daerah terpencil, perbatasan, dan pulau-pulau terluar yang seringkali sulit dijangkau.

Kemendikbud melalui Visi Sekolah Penggerak berupaya untuk menggugah semangat seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memperjuangkan pendidikan yang berkualitas. Program ini dilakukan dengan cara mengajak para guru, kepala sekolah, komunitas, dan pemerintah daerah untuk menjadi bagian dari Visi Sekolah Penggerak.

Melalui program ini, para guru diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, membuat aktivitas belajar lebih menarik dan kreatif, serta mengajak siswa untuk lebih aktif dalam berpartisipasi di dalam kelas. Selain itu, para kepala sekolah juga diharapkan dapat mengelola sekolah dengan lebih baik serta mampu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan nyaman untuk siswa.

Sementara itu, komunitas dan pemerintah daerah diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara memberikan dukungan secara finansial, logistik, dan moral. Komunitas dan pemerintah daerah juga bisa ikut berperan aktif dalam menjalin kerja sama dengan pihak sekolah untuk memperjuangkan pendidikan yang lebih baik.

Pengertian Visi Sekolah Penggerak

Pengertian Visi Sekolah Penggerak

Visi Sekolah Penggerak merujuk pada program yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia untuk mengembangkan mutu pendidikan di Indonesia melalui sekolah-sekolah yang menjadi motor penggerak keberhasilan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan membantu membangun karakter serta keahlian siswa. Visi Sekolah Penggerak merupakan upaya strategis pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan yang berkualitas.

Menurut data yang dirilis oleh Kemendikbud pada tahun 2021, terdapat lebih dari 65.000 negeri dan swasta yang menjadi bagian dari program Visi Sekolah Penggerak. Sekolah-sekolah tersebut tersebar di seluruh pelosok Indonesia dan mewakili beragam tingkatan pendidikan, dari SD hingga SMA.

Agar dapat mengembangkan program ini, Kemendikbud melakukan berbagai upaya, antara lain memberikan bimbingan teknis dan mentoring kepada kepala sekolah, guru, dan staf sekolah. Program ini juga didukung oleh dana hibah dan insentif bagi sekolah yang berhasil mencapai target yang telah ditentukan.

Target Utama Visi Sekolah Penggerak

Untuk memastikan kesuksesan program Visi Sekolah Penggerak, Kemendikbud menentukan empat target utama yang harus dicapai oleh setiap sekolah yang terlibat dalam program ini. Keempat target tersebut adalah:

Target 1: Meningkatkan capaian kualitas proses pembelajaran.Mencapai minimal 80 persen siswa dalam setiap sekolah harus memiliki kemampuan membaca, menulis, dan menghitung yang cukup baik.
Target 2: Meningkatkan kompetensi guru dan staf sekolah.Mencapai minimal 80 persen guru dan staf sekolah dalam setiap sekolah harus memenuhi standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud.
Target 3: Meningkatkan efektivitas pengelolaan sekolah.Mencapai minimal 80 persen sekolah dalam setiap kabupaten/kota harus memenuhi standar akreditasi sekolah yang ditetapkan oleh Kemendikbud.
Target 4: Meningkatkan partisipasi dan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan sekolah.Mencapai minimal 80 persen masyarakat di setiap sekolah harus terlibat aktif dalam kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh sekolah.

Manfaat Visi Sekolah Penggerak bagi Siswa dan Guru

Manfaat Visi Sekolah Penggerak bagi Siswa dan Guru

Program ini melibatkan kerjasama antara Kementerian dengan sekolah-sekolah untuk mewujudkan visi sekolah yang akan menjadi penggerak kemajuan pendidikan di Indonesia. Seperti apa manfaat Visi Sekolah Penggerak bagi siswa dan guru? Mari kita simak pembahasannya secara lebih jelas.

1. Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Tujuan utama dari Visi Sekolah Penggerak adalah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, sekolah-sekolah di Indonesia akan diberikan dukungan dan bantuan untuk mengembangkan visi sekolah yang akan menjadi acuan dalam menjalankan aktivitas pembelajaran. Dengan visi sekolah yang jelas dan terarah, diharapkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut dapat ditingkatkan. Hal ini tentu saja akan berdampak positif bagi siswa.

2. Memotivasi Siswa

Salah satu manfaat Visi Sekolah Penggerak bagi siswa adalah dapat memotivasi mereka untuk belajar dengan semangat yang tinggi. Saat siswa merasakan bahwa sekolah mereka memiliki visi dan tujuan yang jelas, mereka akan merasa lebih termotivasi untuk meningkatkan prestasi dalam pembelajaran. Hal ini terjadi karena siswa merasa bahwa apa yang mereka pelajari memiliki nilai dan tujuan yang penting, sehingga mereka merasa termotivasi untuk menjalankan Prodi dengan baik.

3. Meningkatkan Kompetensi Guru

Tidak hanya memperkuat motivasi siswa, Visi Sekolah Penggerak juga memberikan dampak positif bagi guru. Melalui program ini, guru-guru di sekolah akan diberikan pelatihan dan bimbingan untuk mengembangkan kompetensinya di bidang pembelajaran. Dengan demikian, guru-guru tersebut akan dapat memberikan pembelajaran yang lebih efektif dan terarah bagi siswa. Hal ini juga akan berdampak pada peningkatan kinerja guru tersebut yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolahnya.

4. Membuka Peluang Kerjasama

Program Visi Sekolah Penggerak juga membuka peluang untuk kerjasama terhadap sekolah dan instansi lainnya dalam mewujudkan program tersebut. Dengan adanya kerjasama, sekolah-sekolah akan dapat memanfaatkan sumber daya yang ada dan menjadikannya sebagai sebuah program kolaboratif. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi siswa dan guru, karena dukungan dan bantuan dari berbagai pihak akan meningkatkan efektivitas program dan menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik.

Proses Pembentukan Visi Sekolah Penggerak

Proses Pembentukan Visi Sekolah Penggerak

Visi Sekolah Penggerak adalah program yang ditunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelesaikan kesenjangan pendidikan di Indonesia. Ada beberapa tahapan dalam pembentukan visi sekolah penggerak agar dapat memberikan dampak yang positif pada siswa dan masyarakat. Berikut adalah proses pembentukan visi sekolah penggerak.

1. Seleksi Sekolah

Seleksi sekolah merupakan tahap awal dalam pembentukan visi sekolah penggerak. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan seleksi untuk menentukan sekolah mana yang akan dijadikan sebagai Sekolah Penggerak di setiap daerah. Kriteria yang digunakan dalam seleksi ini meliputi kondisi bangunan sekolah, jumlah murid, prestasi akademik dan non akademik, SDM guru dan lain-lain.

2. Pelatihan Guru dan Kepala Sekolah

Sekolah yang terpilih kemudian menjalani pelatihan bagi guru dan kepala sekolah. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pedagogis dan manajerial guru dan kepala sekolah sehingga mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih baik kepada siswa di lingkungan sekolahnya. Melalui pelatihan ini, guru dan kepala sekolah diharapkan dapat lebih memahami konsep visi-misi sekolah penggerak dan mampu mengimplementasikan ke dalam tata kelola sekolah sehari-hari.

3. Pembentukan Tim Sekolah Penggerak

Setelah pelatihan guru dan kepala sekolah selesai, selanjutnya adalah pembentukan tim sekolah penggerak. Tim sekolah penggerak ini diisi oleh guru-guru yang dianggap berkualitas dan memiliki kemampuan yang baik di dalam bidangnya masing-masing. Tim ini memiliki tugas untuk mengimplemantasikan konsep visi-misi sekolah penggerak ke dalam program pembelajaran sehari-hari.

Pada tahap ini, tim akan membuat program-program inovatif dan kreatif dalam bidang pendidikan yang akan dilaksanakan di sekolahnya. Program-program ini bisa berupa kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan remidial untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar, program pengembangan karakter siswa dan lain-lain. Tim sekolah penggerak akan terus melakukan evaluasi terhadap program yang telah dilaksanakan sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi siswa dan lingkungan sekitar.

4. Pemantauan dan Evaluasi

Pemantauan dan evaluasi merupakan tahap akhir dari proses pembentukannya. Dalam tahap ini, Kementerian dan Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap program-program yang telah dilaksanakan di sekolah penggerak. Evaluasi dilakukan untuk mengecek dan menilai kualitas program yang telah dijalankan serta mencari titik-titik kelemahan yang perlu diperbaiki. Hasil evaluasi ini akan digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan dan pengembangan pada program-program yang telah dilaksanakan sehingga dapat memberikan hasil yang lebih baik bagi siswa dan masyarakat.

Implementasi Visi Sekolah Penggerak dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Implementasi Visi Sekolah Penggerak dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Salah satu implementasi dari program ini adalah penggunaan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif untuk menciptakan atmosfer belajar yang lebih menyenangkan dan efektif bagi siswa. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih detail bagaimana visi sekolah penggerak dapat diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar.

1. Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran

Penggunaan teknologi seperti laptop, proyektor, dan perangkat lunak pendidikan telah diadopsi di banyak sekolah di Indonesia untuk membantu siswa lebih mudah mengakses sumber daya pendidikan. Hal ini dapat membantu guru untuk memfasilitasi pembelajaran secara multimedia yang bisa menjadikan proses belajar lebih menyenangkan. Selain itu, teknologi juga bisa digunakan untuk menyediakan platform pembelajaran online yang dapat menjangkau siswa di seluruh Indonesia, sehingga memberikan kesempatan pendidikan yang lebih fair.

2. Penerapan Metode Pembelajaran yang Inovatif

Dalam implementasinya, metode pembelajaran konvensional seperti ceramah dan bacaan dapat digantikan dengan metode yang lebih inovatif, seperti diskusi, simulasi, dan proyek. Metode pembelajaran yang lebih aktif dapat memicu siswa untuk lebih berpartisipasi dan terlibat dalam proses belajar mengajar, sehingga membantu mereka untuk lebih memahami topik yang sedang dipelajari.

3. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Berkualitas

Guru dan staf pendidikan perlu terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka tentang teknologi dan metode pengajaran yang lebih inovatif. Pemerintah Indonesia telah menyediakan pelatihan dan workshop untuk guru dan staf pendidikan agar mereka dapat mengetahui cara-cara terbaik untuk mengimplementasikan hal ini dalam kegiatan belajar mengajar.

4. Kolaborasi dengan Komunitas dan Industri Lokal

Sekolah-sekolah dapat melakukan kolaborasi dengan komunitas dan industri lokal untuk menciptakan proyek pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dalam hal ini, siswa dapat terlibat dalam proyek yang lebih berorientasi pada penerapan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia nyata. Kolaborasi ini juga memberikan kesempatan untuk mengembangkan koneksi dan jaringan, sehingga memberikan kemudahan bagi siswa dalam mencari pekerjaan di masa depan.

5. Fokus pada Pembelajaran Berbasis Karakter

Pembelajaran tak hanya tentang memahami materi pelajaran, tapi juga berkaitan dengan membentuk karakter siswa agar lebih siap menghadapi kehidupan di masyarakat. Visi Sekolah Penggerak menekankan pentingnya pembelajaran berbasis karakter, yang merangkul nilai-nilai moral dan etika dalam pendidikan. Karakter ini meliputi sikap jujur, peduli, disiplin, dan lain-lain.

Kesimpulan

Dari keseluruhan konten yang telah dibahas, dapat disimpulkan bahwa Visi Sekolah Penggerak adalah sebuah program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Program ini fokus pada tiga aspek penting yakni kepemimpinan sekolah, pengembangan kurikulum, dan peningkatan kompetensi guru.

Melalui program Visi Sekolah Penggerak, diharapkan sekolah-sekolah di Indonesia dapat menjadi pusat pendidikan yang unggul dan mampu memberikan kontribusi positif pada kemajuan bangsa. Dengan keberhasilan program ini, diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Namun, untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat. Semua pihak harus saling bekerja sama dan berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju dan berdaya saing tinggi di bidang pendidikan. Mari bergandeng tangan dan menyongsong masa depan yang lebih baik melalui program Visi Sekolah Penggerak.

Bagikan: