Modah Usaha Playground Indoor : Syarat Usaha & Tips

Modah Usaha Playground Indoor

Modah Usaha Playground Indoor – Pada era modern ini, kegiatan bermain anak-anak semakin terbatas di luar ruangan. Faktor seperti cuaca yang tidak menentu dan kurangnya waktu luang membuat orang tua mencari alternatif hiburan yang aman dan menyenangkan bagi buah hati mereka.

Di sinilah Playground Indoor sebagai solusi yang sempurna. Playground Indoor adalah sebuah tempat bermain dalam ruangan yang menawarkan pengalaman bermain yang unik dan menarik bagi anak-anak. Dengan berbagai permainan dan fasilitas yang didesain khusus, Playground Indoor memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bermain sambil tetap berada dalam lingkungan yang aman.

Salah satu keunggulan Playground Indoor adalah keamanan yang diutamakan. Tempat ini didesain dengan menggunakan bahan-bahan yang aman dan berkualitas tinggi, sehingga orang tua tidak perlu khawatir tentang potensi bahaya atau cedera yang mungkin terjadi saat anak bermain.

Selain itu, Playground Indoor juga dilengkapi dengan penjaga keamanan yang terlatih dan pengawasan yang ketat, sehingga anak-anak dapat bermain dengan bebas tanpa harus khawatir tentang keamanan mereka. Nah, buat kalian mungkin yang ingin memulai Usaha Playground Indoor, berikut ini www.stkipmktb.ac.id merangkum ulasan lengkapnya.

Mengenal Bisnis Playground Indoor

Mengenal Bisnis Playground Indoor

Playground indoor atau sering disebut sebagai Indoor Play Center (IPC) merupakan bisnis yang mulai berkembang di beberapa kota di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Bisnis ini sebetulnya sudah sangat populer di Eropa atau Amerika Serikat sebagai tempat bermain anak secara aman dan nyaman dalam ruangan tertutup.

Namun, perkembangan zaman yang semakin moderen telah merambah Indonesia. Bisnis playground indoor biasanya menyediakan permainan yang menghibur anak-anak mulai dari umur 6 bulan hingga 15 tahun dengan aneka permainan seperti jungle gym, trampoline, area mainan balok, area bermain air, dan masih banyak lagi.

Modal Usaha Untuk Membuat Playground Indor Sesuai Ukuran

Modal Usaha Membuat Mini Size Indoor Playground

Berbedan dengan Usaha Rumahan, usaha ini bisa di bilang semi mega proyek, karena membutuhkan budget yang tidak sedikit. Untuk anda para usahawan yang ingin menjalankan usaha Playground Indor, ada baiknya mempertimbangkan terlebih dahulu budget yang sesuai dengan ukuran. Nah berikut ini adalah gambaran Modal Usaha Untuk Membuat Playground Indor.

1. Modal Usaha Membuat Mini Size Indoor Playground

Biaya pembuatan mini size indoor playground dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti ukuran, desain, peralatan, dan bahan yang digunakan. Berikut adalah perkiraan biaya yang mungkin Anda butuhkan untuk membangun mini size indoor playground:

  • Peralatan dan Fasilitas

Biaya ini mencakup pembelian peralatan dan fasilitas bermain seperti perosotan, taman bola, labirin raksasa, kolam bola, dan lainnya. Harga peralatan dapat beragam tergantung pada merek dan kualitasnya. Untuk mini size indoor playground, perkiraan biaya peralatan berkisar antara beberapa juta hingga puluhan juta rupiah.

  • Bahan Konstruksi dan Interior

Biaya ini meliputi bahan konstruksi seperti dinding, lantai, langit-langit, serta bahan interior seperti karpet, lemari penyimpanan, dan peralatan kebersihan. Harga bahan konstruksi dan interior juga dapat bervariasi tergantung pada kualitas dan merek yang digunakan. Untuk mini size indoor playground, perkiraan biaya bahan konstruksi dan interior berkisar antara 30 juta hingga 60 puluhan juta rupiah.

2. Modal Usaha Membuat Medium Size Indoor Playground

Jika Anda berencana untuk membangun medium size indoor playground, penting untuk mempertimbangkan biaya yang terlibat. Berikut adalah rincian lengkap mengenai biaya pembuatan medium size indoor playground:

  • Perencanaan dan Desain

Pertama-tama, Anda perlu merencanakan dan merancang taman bermain indoor yang sesuai dengan ukuran medium. Biaya ini mencakup jasa arsitek atau desainer interior yang akan membantu Anda menghasilkan desain yang optimal. Biaya perencanaan dan desain bervariasi tergantung pada kompleksitas proyek dan tingkat keterlibatan profesional. Perkiraan biaya untuk perencanaan dan desain berkisar antara beberapa juta hingga puluhan juta rupiah.

  • Konstruksi dan Interior

Biaya konstruksi dan interior mencakup bahan bangunan seperti dinding, lantai, langit-langit, serta elemen interior seperti karpet, lemari penyimpanan, dan peralatan kebersihan. Biaya ini juga mencakup tenaga kerja untuk melaksanakan pekerjaan konstruksi. Biaya konstruksi dan interior dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan kompleksitas ruangan, serta jenis dan kualitas bahan yang digunakan. Perkiraan biaya ini berkisar antara puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

  • Peralatan dan Fasilitas

Medium size indoor playground membutuhkan berbagai macam peralatan dan fasilitas bermain yang menarik dan aman. Ini termasuk perosotan, taman bola, labirin raksasa, kolam bola, jembatan gantung, trampolin, dan lainnya. Biaya peralatan dan fasilitas dapat bervariasi tergantung pada merek, kualitas, dan jumlahnya. Perkiraan biaya untuk peralatan dan fasilitas berkisar antara puluhan juta hingga 100 juta rupiah.

  • Keamanan dan Sertifikasi

Keamanan adalah aspek penting dalam membangun indoor playground. Anda perlu mengalokasikan anggaran untuk sistem keamanan seperti pemadam kebakaran, sistem pengawasan CCTV, dan perawatan keamanan lainnya. Selain itu, perlu juga mempertimbangkan biaya untuk sertifikasi keamanan dan perizinan yang diperlukan sesuai dengan regulasi setempat. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada persyaratan dan aturan yang berlaku di daerah Anda.

  • Pemeliharaan dan Operasional

Setelah pembangunan selesai, Anda perlu mempertimbangkan biaya pemeliharaan dan operasional rutin. Ini meliputi biaya listrik, kebersihan, perawatan peralatan, penggantian suku cadang, serta biaya tenaga kerja untuk mengelola dan mengoperasikan indoor playground. Biaya pemeliharaan dan operasional dapat berfluktuasi tergantung pada ukuran dan kompleksitas taman bermain serta tingkat kunjungan pengunjung. Perkiraan biaya ini dapat mencapai beberapa juta rupiah per bulan.

3. Modal Usaha Membuat Large Size Indoor Playground

Untuk menentukan modal usaha dalam membuat Large Size Indoor Playground, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi biaya modal usaha tersebut:

  • Ruang dan lokasi

Anda perlu menyewa atau membeli ruang yang cukup besar untuk membuat Indoor Playground. Biaya sewa atau pembelian properti dapat berbeda-beda tergantung pada lokasi dan ukuran ruangan yang Anda butuhkan.

  • Perizinan dan regulasi

Anda perlu memperoleh izin dan mengikuti regulasi yang berlaku untuk usaha Indoor Playground. Biaya untuk mengurus perizinan ini bisa berbeda-beda tergantung pada peraturan daerah tempat usaha Anda beroperasi.

  • Peralatan dan mainan

Untuk menciptakan pengalaman bermain yang menyenangkan dan aman, Anda perlu menginvestasikan modal dalam membeli peralatan dan mainan yang sesuai. Biaya ini akan bergantung pada jumlah, jenis, dan kualitas peralatan yang Anda pilih.

  • Dekorasi dan desain

Membuat tampilan visual menarik dan menarik bagi pengunjung juga penting. Anda mungkin perlu mengeluarkan biaya untuk dekorasi, furnitur, pencahayaan, dan desain ruangan.

  • Keamanan

Keamanan adalah faktor penting dalam sebuah Indoor Playground. Anda harus mempertimbangkan biaya untuk instalasi lantai anti-benturan, pagar pengaman, pengawasan CCTV, dan tindakan keamanan lainnya.

  • Operasional

Selain biaya awal untuk membangun Indoor Playground, Anda juga harus mempertimbangkan biaya operasional seperti gaji karyawan, listrik, air, kebersihan, perawatan peralatan, dan asuransi.

Pada umumnya, modal usaha untuk membuat Large Size Indoor Playground dapat bervariasi tergantung pada ukuran, lokasi, kualitas, dan konsep yang Anda pilih. Diperlukan analisis yang lebih rinci untuk menghitung modal yang tepat, termasuk estimasi biaya di atas, di perkirakan biaya untuk membuat Large Size Indor mencapai Miliyaran rupihah.

Tips Sukses Memulai Bisnis Playground Indoor

Tips Sukses Memulai Bisnis Playground Indoor

Bisnis playground indoor merupakan bisnis yang saat ini sedang naik daun di Indonesia. Playground indoor atau taman bermain indoor adalah tempat bermain anak-anak yang didesain di dalam ruangan seperti trampolin, wall climbing, jungle gym dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa tips sukses memulai bisnis playground indoor:

  • Lakukan Riset Pasar

Sebelum memulai bisnis ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar. Melalui riset pasar, Anda akan memahami apa yang dibutuhkan oleh konsumen, siapa pesaing Anda, dan bagaimana Anda bisa bersaing di pasar. Pastikan Anda juga memperhatikan tren industri ini sebelum memutuskan untuk memulai bisnis ini.

  • Buatlah Business Plan

Sebelum memulai bisnis, pastikan untuk membuat business plan. Business plan akan membantu Anda membuat tujuan dan rencana bisnis agar bisnis Anda berhasil. Dalam business plan, terdapat beberapa hal penting seperti analisis SWOT, strategi pemasaran, pengeluaran biaya, dan lain-lain.

  • Cari Lokasi yang Tepat

Salah satu faktor penting dalam bisnis playground indoor adalah letak atau lokasi bisnis. Pastikan untuk mencari lokasi yang strategis dan mudah dicapai oleh konsumen potensial, seperti lokasi di pusat perbelanjaan atau dekat kawasan permukiman.

  • Buatlah Desain yang Menarik

Jangan lupa untuk membuat desain taman bermain yang menarik dan sesuai dengan tema bisnis Anda. Buatlah suasana yang menyenangkan dan estetik sehingga konsumen merasa nyaman saat berada di sana. Pastikan juga untuk menyediakan fasilitas yang aman dan terawat dengan baik.

  • Beli Peralatan yang Berkualitas

Peralatan taman bermain, seperti trampolin, wall climbing, dan sebagainya, merupakan faktor penting dalam bisnis ini. Pastikan untuk memilih vendor yang terpercaya dan menyediakan peralatan yang berkualitas. Hal ini akan meminimalkan risiko cedera pada konsumen dan meningkatkan kepuasan konsumen.

  • Rekrut Karyawan yang Professional

Karyawan atau staf yang profesional sangat penting dalam bisnis playground indoor. Pastikan untuk merekrut karyawan yang mengerti tentang industri ini dan mampu memberikan layanan yang ramah serta membantu konsumen dalam berbagai hal.

  • Tentukan Harga yang Kompetitif

Tentukan harga yang kompetitif untuk bisnis Anda. Pastikan untuk menetapkan harga yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah agar bisnis Anda tetap menguntungkan. Lakukan survei pada pesaing Anda dan pastikan untuk menetapkan harga yang sebanding dengan layanan dan fasilitas yang Anda tawarkan.

Kesimpulan

Dalam memulai bisnis playground indoor, pastikan untuk melakukan riset pasar, membuat business plan yang terperinci, mencari lokasi yang strategis, membuat desain yang menarik, memilih peralatan yang berkualitas, merekrut karyawan yang professional, dan menentukan harga yang kompetitif. Dengan menerapkan tips-tips ini, bisnis playground indoor Anda akan semakin sukses dan menguntungkan.

Bagikan: