Insureka1

Materi PJOK Kelas 10 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Materi PJOK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Materi PJOK Kelas 10 Kurikulum Merdeka – Kurikulum Merdeka pada saat ini telah menjadi topik pembicaraan yang hangat di kalangan siswa, guru, dan masyarakat. Kurikulum tersebut ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang lebih fleksibel dan efektif bagi para siswa.

Dalam materi PJOK kelas 10, Kurikulum Merdeka menjadi fokus utama yang akan dibahas. Siswa akan diperkenalkan dengan konsep dan tujuan kurikulum tersebut, serta bagaimana implementasinya di dalam kegiatan pembelajaran.

Secara umum, Kurikulum Merdeka membawa semangat untuk memberikan kebebasan kepada siswa dalam menentukan jalur pendidikan yang menjadi prioritas bagi mereka. Konsep ini menempatkan siswa sebagai subjek pembelajaran, sehingga mereka memiliki peran aktif dalam menentukan cara mereka belajar dan berkembang.

Dalam proses implementasi Kurikulum Merdeka, guru juga memegang peranan penting dalam memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa. Dibutuhkan pendekatan yang tepat dan inovatif agar siswa dapat mengembangkan potensi mereka secara optimal. Berikut ini stkipmktb.ac.id telah merangkum apa saja yang terdapat pada Materi PJOK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Pengertian dan Tujuan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJOK) merupakan mata pelajaran atau bahkan bidang studi yang didalamnya terkandung berbagai macam aktivitas fisik serta pengetahuan mengenai kesehatan. PJOK pada tingkat sekolah dasar hingga menengah wajib diikuti oleh setiap siswa. Tujuan utama dari PJOK adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran fisik siswa serta memperbaiki gaya hidup mereka dengan cara yang lebih sehat dan benar.

Insureka

Kesehatan adalah faktor yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena kesehatan yang baik akan menciptakan kualitas hidup yang lebih baik dan mencegah berbagai penyakit. Pembelajaran PJOK sangat penting untuk meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga kesehatan dan menjalani gaya hidup yang sehat. Melek tentang pentingnya mengasah kebugaran fisik serta pentingnya menjaga asupan makanan yang sehat menjadi tujuan tunggal dari PJOK.

Dalam pembelajaran PJOK, siswa dibekali pengetahuan tentang kebugaran dan kesehatan yang sangat membantu mereka dalam menjalankan kehidupan sehari-hari yang lebih sehat. Selain kegiatan fisik, PJOK juga mengajarkan pentingnya menjaga kesehatan mental dan kejiwaan dengan melakukan olahraga secara teratur. Hal ini dikarenakan ketika seseorang olahraga, maka akan membuat tubuh merasa lebih rileks dan efektif menghilangkan stres dan kecemasan.

Materi Olahraga dalam Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Materi Olahraga dalam Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Seperti materi lainnya seperti materi matematika kurikulum merdeka, materi Olahraga menjadi salah satu yang paling penting dalam Kurikulum Merdeka untuk kelas 10. Pendekatan yang diberikan dalam Kurikulum Merdeka lebih pada pengalaman langsung daripada hanya teori. Oleh karena itu, materi olahraga membantu siswa agar lebih aktif dalam belajar ulamaan dan berkembang dalam segi fisik. Berikut adalah materi olahraga dalam Kurikulum Merdeka:

1. BAB I PERMAINAN BOLA BESAR

  1. Permainan Bola Besar Melalui Permainan Sepakbola
    • Variasi Keterampilan Gerak dalam Permainan Sepak Bola
    • Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Sepak Bola
    • Bermain Sepakbola dengan Peraturan yang Dimodifikasi
  2. Permainan Bola Besar Melalui Permainan Bola Voli
    • Variasi Keterampilan Gerak dalam Permainan Bola Voli
    • Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bola Voli
  3. Permainan Bola Besar Melalui Permainan Bola Basket
    • Variasi Keterampilan Gerak dalam Permainan Bola Basket
    • Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bola Basket
    • Bermain Bola Basket Menggunakan Setengah Lapangan Basket
    • Penilaian

2. BAB II PERMAINAN BOLA KECIL

  1. Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Softball
    • Peta Konsep
    • Perlengkapan Permainan Softball
    • Variasi Keterampilan Gerak Permainan Softball
  2. Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Bulu Tangkis
    • Variasi Memegang Raket dan Servis Forehand dan Backhand
    • Variasi Memukul Forehand dan Backhand
    • Bermain Bulu Tangkis dengan Peraturan yang Dimodifikasi
  3. Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Tenis Meja
    • Variasi Servis Forehand dan Backhand
    • Variasi Memegang Bet, Pukulan Forehand dan Backhand
    • Pembelajaran Bermain Tenis Meja dengan Peraturan yang Dimodifikasi
    • Penilaian

3. BAB III ATLETIK

  1. Peta Konsep
  2. Peta Konsep Jalan Cepat
  3. Keterampilan Dasar Jalan Cepat
    • Lari Jarak Pendek
    • Keterampilan Lari Jarak Pendek
    • Variasi dan Kombinasi
    • Tolak Peluru
    • Keterampilan Dasar Tolak Peluru
    • Variasi dan Kombinasi Teknik Dasar
    • Lompat Jauh
    • Peta Konsep Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara
    • Pembelajaran Variasi Keterampilan Gerak Melangkah, Menolak, dan Mendarat

4. BAB IV BELADIRI

  1. Pencak Silat
    • Peta Konsep
    • Perlengkapan yang Dibutuhkan pada Pertandingan Pencak Silat
    • Variasi dan Kombinasi Teknik Pencak Silat
    • Aktivitas Pembelajaran Variasi dan Kombinasi Teknik Dasar
    • Evaluasi

5. BAB V KEBUGARAN JASMANI

  1. Peta Konsep
  2. Kegiatan Pembelajaran Kebugaran Jasmani
  3. Evaluasi

6. BAB VI SENAM

  1. Peta Konsep
  2. Aktivitas Pembelajaran Senam Lantai
  3. Penilaian

7. BAB VII GERAK RITMIK

  1. Peta Konsep
  2. Aktivitas Pembelajaran Variasi Keterampilan Gerak Ritmik
  3. Penilaian

8. BAB VIII RENANG

  1. Peta Konsep
  2. Renang Gaya Bebas
  3. Renang Gaya Punggung
  4. Renang Gaya Dada
  5. Penilaian

9. BAB IX PERGAULAN SEHAT

  1. Peta Konsep
  2. Pergaulan Sehat
  3. Sikap-Sikap dalam Pergaulan Remaja

10. BAB X NARKOBA

  1. Peta Konsep
  2. Bahaya Penyalahgunaan Narkoba
  3. Bahaya Terhadap Kejiwaan
  4. Bahaya Terhadap Lingkungan Masyarakat
  5. Kiat-kiat Menghindari Penyalahgunaan Narkoba
  6. Penilaian

Strategi Pembelajaran PJOK di Kelas 10

Strategi Pembelajaran PJOK di Kelas 10

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan salah satu mata pelajaran yang diperlukan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Tidak hanya memberikan pengenalan tentang olahraga, tetapi juga mengajarkan kepada siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Di kelas 10, materi PJOK terfokus pada warna merah dengan kurikulum merdeka.

Strategi pembelajaran PJOK di kelas 10 perlu dirancang dengan baik dan berorientasi pada siswa. Berikut adalah beberapa strategi pembelajaran PJOK di kelas 10 kurikulum merdeka yang dapat membantu memaksimalkan proses pembelajaran siswa:

1. Pembelajaran Berbasis Proyek

Pembelajaran PJOK di kelas 10 dapat dilakukan dengan metode pembelajaran berbasis proyek. Pada metode ini, siswa belajar melalui pengalaman langsung dan tugas yang menantang. Siswa diberikan tugas untuk membuat proyek dalam olahraga atau tema kesehatan yang relevan dengan kurikulum merdeka. Selama membuat proyek ini, siswa dapat belajar melalui pengalaman langsung dan menumbuhkan kreativitasnya.

2. Pembelajaran Kolaboratif

Pada pembelajaran PJOK di kelas 10, siswa dapat juga membuat kelompok belajar dengan teman sekelasnya. Dengan belajar secara kolaboratif, siswa dapat saling membantu dalam memahami dan menyelesaikan tugas. Selain membuat siswa lebih mandiri, pembelajaran kolaboratif juga dapat mengurangi rasa bosan saat pembelajaran sedang berlangsung.

3. Menyediakan Ragam Permainan

Selain memahami materi tentang olahraga dan kesehatan, pembelajaran PJOK di kelas 10 juga harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Menyediakan ragam permainan bagi siswa dapat menjadi cara yang efektif untuk membuat siswa merasa senang saat pembelajaran sedang berlangsung. Ditambah lagi, permainan yang disediakan harus relevan dengan tema mengenai kurikulum merdeka.

4. Penerapan Media Pembelajaran Interaktif

Siswa kelas 10 kurikulum merdeka perlu ditempatkan sebagai subjek dalam pembelajaran, bukan objek pembelajaran. Oleh karena itu, perlu menerapkan media pembelajaran interaktif yang bisa memperkuat interaksi siswa dengan media tersebut. Media tersebut dapat berupa game online, video, atau aplikasi olahraga yang dikemas dengan penyampai yang menarik. Hal ini bertujuan agar siswa tidak merasa bosan dan lebih mudah menyerap materi.

5. Menyelaraskan Kurikulum dengan Kemajuan Teknologi

Berbagai kemajuan teknologi telah memudahkan banyak bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Oleh karena itu, kurikulum PJOK kelas 10 perlu disesuaikan dengan kemajuan teknologi saat ini. Hal ini agar setiap pelajaran PJOK di kelas 10 dapat dijalankan dengan maksimal. Beberapa teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran adalah barang elektronik, laptop, atau smartphone.

Itulah beberapa strategi pembelajaran PJOK di kelas 10 kurikulum merdeka yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Dengan mengimplementasikan strategi ini, diharapkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif, interaktif dan menyenangkan bagi siswa.

Evaluasi Pencapaian Kompetensi PJOK Kelas 10

Evaluasi Pencapaian Kompetensi PJOK Kelas 10

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) merupakan salah satu mata pelajaran penting dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Bagi siswa kelas 10, materi PJOK Kurikulum Merdeka juga menjadi wajib dipelajari. Evaluasi pencapaian kompetensi PJOK kelas 10 kurikulum merdeka dibutuhkan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi dan mengevaluasi hasil belajarnya. Berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai evaluasi pencapaian kompetensi PJOK kelas 10 Kurikulum Merdeka.

1. Standar Kompetensi Lulusan PJOK Kelas 10

Sebelum melakukan evaluasi, terlebih dahulu perlu diketahui standar kompetensi lulusan PJOK kelas 10. Standar kompetensi ini mencakup lima domain, yaitu domain pengetahuan, keterampilan, sikap, karakter, dan kecakapan hidup. Tujuannya adalah agar siswa dapat memiliki wawasan yang luas terkait PJOK dan dapat menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

2. Evaluasi Pencapaian Kompetensi PJOK Kelas 10

Evaluasi pencapaian kompetensi PJOK kelas 10 dilakukan secara berkala, mulai dari ujian harian, ulangan tengah semester, dan ujian akhir semester. Hasil evaluasi tersebut dilaporkan dalam bentuk rapor dan dapat menjadi bahan evaluasi bagi guru dan siswa untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Selain itu, evaluasi pencapaian kompetensi PJOK juga dapat dilakukan dengan membuat laporan hasil observasi langsung kegiatan olahraga siswa.

3. Jenis Soal Evaluasi Pencapaian Kompetensi PJOK Kelas 10

Jenis soal yang akan diujikan dalam evaluasi pencapaian kompetensi PJOK kelas 10 dapat berupa soal pilihan ganda, isian, dan essay. Soal pilihan ganda umumnya menguji pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, sedangkan soal isian akan menguji kemampuan siswa dalam mengingat fakta-fakta seputar PJOK. Untuk soal essay, siswa akan diminta untuk memberikan jawaban secara tulisan yang membutuhkan analisis atau pemikiran yang lebih mendalam terkait materi PJOK yang telah dipelajari.

4. Proses Evaluasi Pencapaian Kompetensi PJOK Kelas 10

Proses evaluasi pencapaian kompetensi PJOK kelas 10 dilakukan dengan memperhatikan aspek-aspek penting seperti tujuan, alat ukur, waktu, cara, dan hasil. Siswa akan diberikan soal evaluasi yang sesuai dengan materi yang telah dipelajari, kemudian dicatat nilai hasil evaluasi tersebut. Guru dapat memberikan masukan atau rekomendasi agar siswa dapat memperbaiki kekurangan yang masih ada.

5. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Evaluasi

Berbagai faktor dapat mempengaruhi hasil evaluasi pencapaian kompetensi PJOK kelas 10, seperti kondisi fisik atau kesehatan siswa, motivasi siswa dalam belajar, faktor eksternal seperti keluarga, lingkungan, dan budaya. Faktor-faktor ini dapat memengaruhi kemampuan belajar siswa, sehingga evaluasi perlu dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai hal yang mempengaruhi seluruh aspek belajar siswa.

6. Pentingnya Evaluasi Pencapaian Kompetensi PJOK Kelas 10

Evaluasi pencapaian kompetensi PJOK kelas 10 sangat penting karena dapat menjadi bahan evaluasi bagi guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK, serta meningkatkan kemampuan belajar siswa. Selain itu, evaluasi pencapaian kompetensi PJOK juga dapat memberikan gambaran secara objektif terkait kemampuan siswa dalam memahami materi PJOK yang telah dipelajari.

Kesimpulan

Dalam materi PJOK kelas 10 kurikulum merdeka ini, dapat disimpulkan bahwa pendidikan jasmani dan olahraga memiliki peran penting dalam mengembangkan karakter yang kuat dan sehat bagi siswa. Kurikulum merdeka memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan potensi diri secara maksimal dalam berbagai aktivitas fisik yang berkualitas.

Selain itu, implementasi kurikulum merdeka juga memberikan ruang yang luas untuk guru dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam menyajikan materi PJOK. Hal ini dapat memunculkan kegiatan-kegiatan yang menarik dan bervariasi sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Diharapkan dengan adanya materi PJOK kelas 10 kurikulum merdeka ini, siswa dapat lebih tergerak untuk merawat kesehatan dan meningkatkan kualitas fisik melalui berbagai olahraga yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya olahraga dan kesehatan, dapat merangsang minat siswa untuk mengembangkan kualitas fisik dan karakter yang baik dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Bagikan:

Insureka1